Home

Pilih Mana: Vinilex atau Jotun?

Cat merupakan cairan penting yang berfungsi untuk mempercantik sebuah bangunan dengan warna-warna yang dimilikinya. Cat sendiri memiliki beberapa jenis  seperti waterproof, tahan air, anti timbal dan lain sebagainya. Merek cat yang terkenal di Indonesia sendiri beragam, namun saat ini kita akan membahas lebih dalam mengenai Vinilex dan Jotun.

Vinilex dan Jotun sendiri merek cat yang sebagian besar orang sudah tahu, beberapa kelebihan yang dimiliki oleh kedua cat ini membuat orang tidak enggan untuk mempercayakan warna dari bangunan mereka.

Berbicara mengenai kelebihan tentu saja ada kekurangan juga di dalamnya. Apa saja kekurangan dari kedua cat tersebut? Langsung aja pantengin pembahasan artikel kali ini yang membahas lebih dalam mengenai Vinilex dan Jotun. Stay tune!

Vinilex

Nippon Paint merupakan perusahaan manufaktur cat pertama dan pelopor di industri cat di Jepang. Saat ini Nippon Paint sudah semakin mengukuhkan posisinya sebagai produsen cat terbaik yang ada di dunia. Baca juga Pilih Mana: Kem-Tone atau Catylac?

Bukan cuma di Jepang, Nippon Paint juga sudah dikenal sebagai salah satu merek cat terbaik di Indonesia. Banyak sekali segmen yang dirambah oleh Nippon Paint, mulai dari cat untuk otomotif sampai cat untuk bangunan.

Ada beberapa macam tipe cat bangunan yang ditawarkan oleh Nippon Paint, salah satunya yaitu Nippon Paint Vinilex atau yang biasa disebut dengan Vinilex saja.

Cat Vinilex merupakan salah satu produk cat tembok keluaran Vinilex yang banyak digemari serta sangat laris di pasaran. Cat Vinilex berbahan dasar resin kopolimer vinyl akrilik yang memiliki kualitas tinggi.

Kelebihan Vinilex

  • Memiliki produk yang bebas merkuri dan timbal
    Salah satu keunggulan yang dimiliki cat Vinilex yaitu memiliki produk yang bebas dari merkuri dan timbal. Produk yang dimaksud ini yaitu Nippon Vinilex Fresh. Varian cat Vinilex ini sanggup melindungi dinding rumah interior dari bakteri yang mengganggu kesehatan dan kebersihan. Cat itu juga telah diuji oleh Japan Food Research Laboratories.
  • Mempunyai varian cat yang bisa dicuci
    Cat Vinilex ini juga mempunyai kelebihan yang bisa dicuci ataupun dibersihkan dengan mudah. Sedangkan cat jenis lainnya seperti cat Catylac tidak menyediakan varian ini. Varian cat Vinilex yang dapat dicuci yaitu Nippon Vinilex Super Easy Wash.
  • Mempunyai varian cat yang tahan sikat
    Kelebihan lainnya yang dipunyai oleh cat vinilex ini yaitu cat interior dan eksterior yang memiliki varian cat yang dapat disikat. Varian cat Vinilex itu yaitu Nippon Vinilex yang merupakan cat paling laris nomor 1 di Indonesia.

Kekurangan Vinilex

  • Belum ada produk yang mendapatkan Green Label
    Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh cat Vinilex dari Nippon Paint ini yaitu masih belum memperoleh sertifikat green label. Sertifikat ini dapat diperoleh bila produk dianggap ramah terhadap lingkungan sekitar.
  • Masih memiliki kandungan VOC yang tinggi
    Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh cat Vinilex ini yakni masih memiliki kandungan VOC yang lumayan tinggi. Perihal ini berbeda halnya dengan tipe cat lainnya yang mempunyai kandungan VOC yang rendah.
  • Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau
    Kekurangan berikutnya yang dimiliki oleh Cat Vinilex ini yakni masih belum menyediakan cat yang memiliki warna yang berkilau seperti yang disediakan oleh beberapa jenis merek cat lainnya. Cat Vinilex ini cuma mempunyai varian warna yang matte atau dove saja.
KeteranganVinilex
BrandNippon Paint
Tahun berdiriTahun 1881
Harga cat tembok1 kg Vinilex seharga Rp 44.900, 5 kg Vinilex seharga Rp 149.000, 25 kg Vinilex seharga Rp 719.000,- per September 2019

Jotun

Terbuat dari bahan dasar modified acrylic, Jotun Jotaplast bisa membantu menutupi kekurangan yang ada pada permukaan ruangan dengan lebih efisien. Kamu bisa memakai cat tembok Jotun Jotaplast ini pada bagian dasar dinding rumah maupun langit-langit ruangan. Pengaplikasian cat tembok Jotun Jotaplast ini juga lumayan gampang, dan bisa memberikan coverage yang luas pada ruangan.

Hadir dengan beberapa kemasan, cat tembok ini diklaim bisa memberikan hasil akhir yang halus pada interior ruangan kamu, anti jamur, dan lebih cepat kering. Perihal ini membuat Jotun Jotaplast cocok dipakai untuk mewarnai ruang santai maupun kamar tidur di rumah kamu.

Tidak hanya itu, bahan pembuatan Jotun Jotaplast bebas dari bahan kimia seperti APEO, formaldehida, serta logam berat yang bisa berbahaya untuk kesehatan keluarga kamu.

Lihat juga:  Pilih Mana: TV Samsung atau TV Sharp?

Kelebihan Jotun

  • Bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya
    Bahan kimia tentu saja sangat beresiko bagi kesehatan kita terutama keluarga kita jika ingin mengecat interior rumah. Hal ini merupakan sesuatu yang dihindari oleh Jotun. Maka tak heran bila banyak orang yang memakai Jotun sebagai cat rumah mereka.
  • Harga cukup ekonomis
    Dengan ukuran dan produk sejenis, Jotun cenderung memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan beberapa kompetitornya. Tentu ini menjadi kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk Jotun.
  • Memberikan hasil akhir halus serta menutupi kekurangan pada permukaan ruangan
    Kelebihan yang terakhir dimiliki oleh Jotun yaitu hasil akhir yang halus. Cat lama yang sudah terkelupas dan warna yang sudah mati mampu di cover oleh Jotun, sehingga bisa menutupi kekurangan ruangan menjadi lebih indah dan cantik.

Kekurangan Jotun

  • Masih kurang kuat untuk menahan resapan air
    Cat Jotun WaterGuard memang bisa melindungi bangunan dari resapan air. Namun, dibanding dengan beberapa merek cat lainnya yang juga berperan melindungi bangunan dari resapan air dan kebocoran, Jotun bisa dikatakan masih kalah.
  • Kurang cocok untuk eksterior bangunan
    Meskipun Jotun memiliki jenis cat untuk eksterior suatu bangunan, namun nyatanya hal ini masih belum sesuai dengan standar nya. Hal ini menjadikan kekurangan yang cukup merugikan bagi para pemakainya.
  • Varian kurang banyak
    Kekurangan yang terakhir adalah kurangnya varian dari cat Jotun. Kebutuhan cat sebuah rumah atau bangunan yang cukup tinggi tidak bisa dimanfaatkan oleh Jotun yang cenderung memiliki varian cat yang kurang banyak.
KeteranganJotun
BrandJotun
Tahun berdiriTahun 1926
Harga cat tembok5 kg Vinilex seharga Rp 119.000, 25 kg Vinilex seharga Rp 551.000,- per September 2019

Tips memilih cat yang baik

  1. Mulai dari daerah yang kecil untuk warna cat rumah yang bagus
    Pilih area yang gampang ditinjau, sehingga kamu dapat melihat hasil secara mudah dan secepat mungkin. Cara paling mudahnya, pilih warna dasar yang senada dengan motif properti dan furniture yang ada Fungsinya, untuk meningkatkan aksen keindahan ruangan tersebut.
  2. Perhatikan pencahayaan buat corak cat rumah yang bagus
    Saat sebelum membeli sekaleng cat, pasti pedagang cat itu hendak membuktikan light boxes buat memandu corak cat yang kalian seleksi. Gunanya buat membuktikan corak asli dari cat itu dalam situasi wajar.
  3. Uji warna pilihanmu untuk menunjukkan warna cat rumah yang bagus
    Tingkatkan percaya dirimu dengan menguji warna pada papan poster di salah satu tembok rumahmu yang mempunyai area yang besar.
  4. Pertimbangkan perbedaan warna cat rumah yang apik antar ruangan
    Rumahmu tidak cuma sekedar satu ruangan saja. Kamu mesti memilih warna cat rumah yang bagus untuk setiap ruangan. Tidak hanya bagus, tentu keserasian jadi perihal yang penting untuk diperhatikan.
  5. Untuk warna cat rumah yang bagus, pilih warna finishing cat yang berbeda
    Pemakaian warna cat untuk finishing yang berbeda akan membawa hasil yang signifikan untuk menghasilkan warna cat rumah yang bagus.

Pilih Mana: Vinilex atau Jotun?

VinilexJotun
Kelebihan- Memiliki produk yang bebas merkuri dan timbal - Mempunyai varian cat yang bisa dicuci - Mempunyai varian cat yang tahan sikat - Bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya - Harga cukup ekonomis - Memberikan hasil akhir halus serta menutupi kekurangan pada permukaan ruangan
Kekurangan- Belum ada produk yang mendapatkan Green Label - Masih memiliki kandungan VOC yang tinggi - Belum menyediakan produk dengan warna yang berkilau - Masih kurang kuat untuk menahan resapan air - Kurang cocok untuk eksterior bangunan - Varian kurang banyak

Kesimpulan

Vinilex dan Jotun merupakan cat yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. Untuk itu kamu bisa tentukan cat untuk rumah atau bangunan lainnya sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Namun saya merekomendasikan Vinilex karena banyaknya jenis atau varian yang ada di dalamnya untuk kebutuhan bangunan kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vinilex vs Jotun

VS

Leave a Reply