Pilih mana: Vitamin atau Suplemen

Loading...

Vitamin dan suplemen sama-sama satu kesatuan zat yang diperlukan oleh tubuh agar tetap sehat dan segar bugar. Tentunya diimbangi dengan olahraga dan makan-makanan yang sehat dan bergizi agar selalu memberikan efek yang positif pada tubuh kita. Kali ini saya akan membahas mengenai Vitamin dan Suplemen. Stay tune ya guys..

Vitamin
Vitamin merupakan zat organik yang banyak ditemui pada makanan dan juga merupakan zat yang amat berarti dalam menolong pertumbuhan raga serta mental manusia. Baca juga artikel sebelumnya Pilih Mana: Ever E atau Natur E

Tanpa vitamin manusia, hewan serta makhluk hidup yang lain tidak mampu melaksanakan kegiatan hidup serta ketiadaan vitamin mampu menimbulkan kesempatan terserang penyakit pada badan kita.

Vitamin yang larut dalam lemak tersimpan pada sel-sel lemak serta membutuhkan lemak supaya mampu diserap. Yang tercantum vitamin larut lemak merupakan vitamin A, D, E, serta K.

Mirip seperti lemak, vitamin yang larut dalam lemak akan disimpan bila jumlahnya telah berlebih serta akan dipakai buat proses berikutnya. Oleh sebab itu, yakinkan kamu cuma konsumsi vitamin-vitamin ini seperlunya aja. Apabila disantap kelewatan, vitamin ini tidak dibuang oleh badan sampai-sampai mampu beresiko untuk kesehatan kamu.

Vitamin yang larut dalam lemak:

Vitamin A
Berperan buat memelihara kesehatan mata serta guna imun, jadi salah satu aspek utama yang menolong perkembangan sel, dan berfungsi dalam proses pembuatan gen serta protein. Indikasi kekurangan vitamin A merupakan kendala penglihatan serta rentan terserang peradangan. Makanan yang mengandung Vitamin A : Cabe merah, pisang, pepaya, wortel, daging, kacang hijau, susu.

Vitamin K
Menolong proses pembekuan darah. Indikasi kekurangan vitamin K antara lain jadi gampang lebam, darah bercorak gelap pekat, serta terdapat bekuan darah kecil di dasar kuku. Makanan yang mengandung Vitamin K: sayuran segar, susu, kuning telur.

Vitamin D
Sanggup menolong penyerapan kalsium serta fosfor yang berarti untuk kesehatan tulang dan memelihara sistem saraf. Indikasi kekurangan vitamin D merupakan rakitis pada anak-anak serta osteomalacia pada orang berusia. Makanan yang mengandung Vitamin D: Keju, ikan, susu, telur.

Vitamin E
Melindungi membran sel, menghindari pembekuan darah yang kelewatan, dan memasok oksigen ke dalam darah. Indikasi kekurangan vitamin E antara lain permasalahan pada sistem peredaran darah, serta sistem reproduksi. Makanan yang mengandung Vitamin E : Kecambah, ayam, kuning telur, ikan.

Loading...

Vitamin yang larut dalam air:

Vitamin B
Dapat sediakan cadangan tenaga (vit B6) serta membebaskan tenaga (vit B12), memelihara sistem saraf. Indikasi kekurangan vitamin B merupakan anemia, peradangan, lemas, paranoid, parestesia, perih, diare, serta lain-lain. Makanan yang mengandung Vitamin B: telur, hati, kacang-kacangan, beras, jagung, daging.

Vitamin C
Berperan buat menolong pembuatan kolagen sekalian melawan radikal bebas yang mampu mengganggu DNA. Hingga, indikasi kekurangan vitamin C di antara lain merupakan tubuh lemas, perih otot serta sendi, kulit kering, lidah pucat, mimisan, cedera lama sembuhnya, serta lain- lain. Makanan yang mengandung Vitamin C: Jeruk, tomat, sayur segar, nanas, jambu.

Suplemen
Suplemen makanan merupakan produk yang dipakai buat memenuhi santapan, memiliki satu ataupun lebih olahan seperti vitamin, mineral, tanaman ataupun olahan yang berasal dari tanaman, asam amino, olahan yang dipakai buat tingkatkan kekebalan tubuh kita.

Suplemen bisa berbentuk produk padat meliputi tablet, tablet hirup, tablet effervescent, tablet kunyah, serbuk, kapsul, kapsul lunak, granula, pastiles, ataupun produk cair berbentuk tetes, sirup atau larutan.

Walaupun suplemen mampu penuhi kebutuhan nutrisi yang kurang, tetapi suplemen tak mampu mengambil alih khasiat dari mengkonsumsi makanan utuh karena kebutuhan nutrisi akan lebih baik dipadati dengan konsumsi makanan utuh, sebab dalam makanan utuh ada banyak serat yang tidak terdapat dalam suplemen.

Suplemen dengan kualitas yang baik dan merek yang terkenal seperti Bayer CDR Calcium-D-Redoxon, Enervon-C, Zevit Grow dan sebagainya.

Yang butuh dipertimbangkan saat sebelum konsumsi suplemen
Saat sebelum kamu memutuskan buat konsumsi suplemen, hendaknya kamu memikirkan perihal berikut:
1. Bila kamu mau penuhi kebutuhan nutrisi, pertimbangkan santapan bergizi terlebih dulu. Ikutilah pedoman gizi seimbang buat penuhi kebutuhan nutrisi badan kamu.
2. Mengkonsumsi multivitamin masih lebih baik dibanding mengkonsumsi suplemen nutrisi khusus.
3. Bila kamu merasa kerutinan pola makan kamu tidak sehat atau tidak memadai nutrisi, mengkonsumsi suplemen bukan jawabannya. Nutrisi wajib diperoleh dari santapan yang sehat.
4. Patuhilah ketentuan mengkonsumsi suplemen, paling utama batasan konsumsi optimal. Mengkonsumsi nutrisi yang melebihi kebutuhan bakal menimbulkan indikasi keracunan.

Pilih mana: Vitamin atau Suplemen

VitaminSuplemen
Jenis - Vitamin A - Vitamin B - Vitamin C - Vitamin D - Vitamin E - Vitamin K- Vitamin D - Zat besi - Vitamin B12 - Kalsium - Folid Acid - Vitamin A dan C
Sumber- Buah - Sayur - Telur - Daging- Suplemen kekebalan tubuh - Suplemen peningkat stamina - Suplemen kesehatan - Suplemen penambah nafsu makan

Kesimpulan:
Vitamin dan Suplemen sama-sama berdampak positif untuk tubuh kita, tentunya dengan konsumsi secara seperlunya karena jika berlebih akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vitamin vs Suplemen

VS

 

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *