Aplikasi

Pilih Mana: Viu atau HOOQ?

Aplikasi streaming video yang semakin populer di ranah Tanah Air ialah Viu dan HOOQ. Keduanya gencar dipromosikan oleh beberapa provider dalam paket internet mereka. Salah satunya yaitu Telkomsel yang sering memberikan kuota khusus untuk menonton film dengan kapasitas lumayan. Mungkin Sobat menjadi salah satu pelanggan setia yang streaming video di Viu dan HOOQ. Lantas apakah Anda tahu perbedaan antar keduanya? Berikut ini kami akan mberitahukan beberapa perbandingan antara Viu dan HOOQ sehingga Anda tidak bingung lagi untuk pilih mana Viu atau HOOQ.

Viu

Viu adalah layanan video Over-the-top (OTT) yang dioperasikan oleh PCCW. Debutnya di Hong Kong pada tanggal 26 Oktober 2015, peluncurannya mengikuti pengalaman PCCW Media yang saat ini dibidang Entertainment seperti nowTV, IPTV Hong Kong pertama dan layanan TV berbayar terbesar, MOOV, platform musik OTT Hong Kong yang pertama, dan selanjutnya memperluas investasi awalnya ke Vuclip, sebuah platform video mobile terkemuka dengan lebih dari 9 juta pelanggan di 12 negara.

Pada Juni 2017, Viu tersedia di Hong Kong, Singapura, Malaysia, India, Indonesia, Filipina, Thailand, Mongolia, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Kuwait, Oman, Bahrain, Mesir dan Yordania. Saat ini, Viu Hong Kong dan Viu Singapore tersedia bagi pengguna dengan alamat IP lokal saja. Drama Korea yang populer dan variety show terbaru seperti ‘Boys Over Flowers’, ‘City Hunter’, ‘I Can Hear Your Voice’, ‘The Heirs’, ‘My Love from the Star’, dan lain-lain dapat ditemukan di Viu Singapore. Sedangkan hak siar dari drama-drama ini di Hong Kong sebelumnya dibeli oleh platform TV lain dan karenanya tidak tersedia di Viu Hong Kong. Sebagai gantinya, ia menawarkan drama dari Jepang, Taiwan dan China, anime Jepang dan program hiburan Korea.

Viu Indonesia kemudian diluncurkan pada tanggal 26 Mei 2016 setelah peluncuran Viu Malaysia dan Viu India pada tanggal 4 Maret 2016. Viu Filipina diluncurkan pada tanggal 17 November 2016. Baca juga Pilih Mana: HOOQ atau iFlix?

Kerjasama Viu yang Menyenangkan Penggunanya

Viu juga menjalin mitra strategis di Indonesia. Yang pertama, Viu bekerja sama dengan Telkom Group, dimana ada IndiHome dan Telkomsel. Untuk pelanggan IndiHome, Anda akan bisa menikmati Viu secara otomatis selama satu bulan, dan bagi pelanggan yang berlangganan dalam kategori 30 Mbps ke atas, bisa menikmati Viu secara otomatis hingga 12 bulan ke depan. Telkomsel juga telah menyediakan bundling antara paket internet dan Viu saat ini.

Bukan hanya itu, kabar baiknya bagi Anda yang ingin membeli smartphone Android Samsung Galaxy dengan tipe apapun, secara otomatis Anda akan mendapatkan layanan premium dari Viu selama 12 bulan. Bahkan, bukan hanya pembeli baru, bagi Anda pengguna Samsung Galaxy dengan berbagai tipe, juga akan dimanjakan hal yang sama selama setahun.

HOOQ

HOOQ adalah video on demand streaming service yang menjadi usaha start up gabungan dari Sony Pictures Entertainment, Warner Bros dan Singtel. HOOQ juga menjadi layanan video-on-demand premium pertama di Asia untuk diluncurkan di Asia Tenggara dan India.

HOOQ memberikan lebih dari 35.000 jam tayang film Hollywood, regional dan lokal kepada pelanggan kapan saja, dimana saja dengan memungkinkan mereka melakukan streaming dan mendownload acara favorit mereka di perangkat atau platform pilihan mereka termasuk komputer, tablet, smartphone dan smart TV melalui Google Chromecast. HOOQ juga baru-baru ini mendapat gelar sebagai Best Mobile App di kategori Media, Film, TV atau Video di GSMA Global Mobile (GLOMO) Awards 2016 di Barcelona. Hingga saat ini, HOOQ sudah beroperasi di Filipina, Thailand, India dan Indonesia dengan jumlah populasi lebih dari 1,6 miliar orang.

Penghargaan GLOMO tersebut menyoroti pencapaian dan inovasi terbesar di industri seluler dan mencakup lebih dari 40 penghargaan di delapan kategori. Penghargaan tersebut menampilkan aplikasi terbaik dan paling menarik di bidang multimedia, terutama dari segi inovatif namun juga mendorong minat pemirsa dari layar tetap ke layar ponsel. Calon lain untuk kategori tersebut termasuk Fjord & Vocento S.A. untuk web mobile ABC, Magisto untuk Editor Video Magisto & Mak, Netgem untuk EETV dan PTCL untuk PTCL Smart TV App.

Lihat juga:  Pilih Mana: Smule atau Starmaker?

Kemitraan Distribusi

HOOQ meluncurkan layanan perdananya di Filipina, sebelum ekspansi ke Thailand, India dan sekarang Indonesia, dengan jumlah populasi lebih dari 1,6 miliar orang. HOOQ tersedia untuk berlangganan bulanan dan mingguan. HOOQ memiliki rencana dalam ukuran bit size dengan harga mingguannya serendah dari USD1.40. Ini adalah pertama kalinya rencana harga semacam itu diperkenalkan di ruang video-on-demand relatif muda mengingat jumlah konten Hollywood tersedia.

HOOQ menandatangani kesepakatan co-produksi dengan merek ponsel nomor satu Filipina Globe Telecom dan studio independent Reality Entertainment untuk menghasilkan serial mini asli berdasarkan film pemenang penghargaan On the Job, atau OTJ yang berkisar pada sebuah hard-hitting topik dalam masyarakat Filipina. HOOQ akan merilis seri enam episode di Filipina terlebih dahulu, diikuti oleh pasar lain seperti Thailand, India dan Indonesia.

Perbedaan antara VIU dan HOOQ

Bagi Anda yang penasaran dengan karakteristik kedua aplikasi tersebut, inilah ulasan lengkap mengenai perbedaan VIU dan HOOQQ!

1. Konten Konten
Pada dasarnya, VIU dan HOOQ memiliki kemiripan sebagai aplikasi smartphone untuk menonton film melalui data streaming. Film yang ada di keduanya juga selalu hadir dengan subtitle Indonesia yang bagus dan benar. Faktor perbedaan utamanya adalah jenis konten film yang ada di kedua layanan ini. VIU lebih fokus menyajikan konten Asia seperti Korea, Jepang, Taiwan, India, dan sebagainya. Bahkan film-film buatan Indonesia juga bisa disaksikan di sini. Sedangkan aplikasi HOOQ berfokus pada penyajian konten dalam bentuk film-film Hollywood.

2. Fitur Berlangganan
Antara VIU dan HOOQ sebenarnya adalah layanan premium, di mana Anda harus mendaftar terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Tentu saja ada biaya berlangganan yang harus Anda bayar setiap periode tertentu. Tapi diam-diam, mereka berdua memberikan percobaan selama 30 hari untuk penggunaan gratis (hanya butuh paket data tanpa berlangganan). Setelah 30 hari masa bebas habis, Anda harus berlangganan HOOQ untuk menonton film di aplikasi ini lagi. Sedangkan VIU relatif lebih baik karena menyediakan fitur ‘freemium’, dimana Anda jika Anda tidak ingin tetap berlangganan yang tidak perlu, namun film yang bisa ditonton adalah film yang diproduksi sebelum 2015.

3. Biaya Berlangganan
Perbedaan terakhir antara VIU dan HOOQ terletak pada biaya berlangganan. Anda bisa melihat sendiri berapa pilihan biaya berlangganan langsung dari aplikasi VIU dan HOOQ yang telah Anda instal. Meski ada selisih perbedaan harga, bukan berarti harga yang lebih murah selalu menjadi pilihan terbaik. Anda harus memperhatikan minat dan kecenderungan Anda menonton film sehingga biaya berlangganan yang Anda gunakan benar-benar bermanfaat karena konten yang Anda sukai benar-benar dapat menghibur.

Pilih Mana: Viu atau HOOQ?

ViuHOOQ
- Berbasis layanan video Over-the-top (OTT) yang dioperasikan oleh PCCW- Merupakan video on demand streaming service
- Lebih fokus menyajikan konten Asia seperti Korea, Jepang, Taiwan, India- HOOQ berfokus pada penyajian konten dalam bentuk film-film Hollywood
- Layanan premium dengan masa percobaan 30 hari, serta layanan freemium untuk film yang diporduksi sebelum tahun 2015- Layanan premium dengan masa percobaan 30 hari

Kesimpulan

Bagaimana, apakah yang akan Anda pilih untuk layanan video-on-demand? Viu atau HOOQ? Pada dasarnya, fitur-fitur dan tampilan di dalam kedua aplikasi tersebut hampir sama, namun perbedaan yang mendasar ialah konten atau isinya. Viu cenderung menomorsatukan film atau drama Asia, sedangkan HOOQ cenderung menampilkan film dan serial Hollywood.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Viu vs HOOQ

VS

Leave a Reply