ElektronikGadgets

Pilih Mana: Vivo S1 atau Samsung A50?

Vivo S1 dan Samsung A50 adalah kedua smartphone yang saat ini banyak menjadi perbincangan masyarakat Indonesia khususnya untuk anak muda sekarang. Pasalnya kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup bagus dan mumpuni.

Vivo S1 dan Samsung A50 juga sudah banyak dijual di pasaran Indonesia sehingga tidak sulit lagi untuk Anda dapatkan jika Anda ingin membeli smartphone ini. Agar dapat membuat Anda bisa memilih mana yang lebih bagus, baca artikel selengkapnya di bawah ini.

Vivo S1

Vivo S1 adalah smartphone yang dikeluarkan oleh produsen Vivo. Siapa sangka jika smartphone ini diusung dengan berbagai spesifikasi yang sangat bagus dan memiliki harga yang dapat bersaing dengan kompetitor lainnya. Baca juga Pilih Mana: Realme 5 Pro atau Realme X?

Vivo S1 memiliki banyak kelebihan seperti desain yang sangat bagus dengan pilihan yang sangat menarik hal ini menjadi daya tarik bagi banyak orang ketika akan membeli sebuah smartphone dan juga kualitas kamera yang menjadi daya tarik dari smartphone Vivo S1 ini.

Spesifikasi Vivo S1

Kamera
Kamera depan, vivo S1 hadir dengan 32 MP AI Selfie Camera yang dilengkapi fitur cerdas seperti AI Filter, Selfie Lighting, AR Stickers, dan AI Face Beauty. Untuk kamera belakang, vivo S1 mengusung AI Triple Rear Camera dengan kamera utama beresolusi 16MP, 8MP AI Super-Wide Angle Camera untuk hasil foto yang lebih luas hingga 120 derajat.

Desain
Vivo S1 dirancang dengan warna yang lebih cerah. Layar 6.8 incinya dihiasi “notch” atau poni mungil yang membulat di atas layar, sebagai rumah kamera depan. Sementara bagian punggung, berbahan plastik yang dibuat menyerupai kaca sehingga menampilkan efek pantulan.

Ada dua warna yang bisa dipilih, yakni Skyline Blue yang memadukan gradasi warna biru terang dan ungu muda, serta warna Cosmic Green yang memadukan warna biru tua dan hijau.

Baterai
Kapasitas baterai dari Vivo S1 ini memiliki kapasitas yang besar 4.500 mAh dan didukung teknologi Dual-Engine fast charging. Dengan baterai yang cukup besar tersebut maka baterai dari Vivo S1 ini dapat bertahan seharian.

Kelebihan Vivo S1

  • Memiliki spesifikasi yang cukup baik
    Dari penjelasan di atas yang sudah Anda baca maka akan dapat memberikan penjelasan bahwa smartphone Vivo S1 ini memiliki spesifikasi hampir keseluruhan yang sangat cukup baik dan cukup tinggi.
  • Adanya kapasitas baterai yang besar
    Kelebihan lainnya dari smartphone Vivo S1 ini adalah bahwa smartphone ini memiliki kapasitas baterai yang cukup besar sehingga dapat bertahan seharian. Selain itu juga Vivo S1 ini mengusung teknologi fast charging.

  • Desain yang bagus
    Untuk desain sendiri memang biasanya menjadi daya tarik bagi banyak orang untuk memilih sebuah smartphone. Nah, smartphone Vivo S1 ini memiliki desain yang cukup baik dan bagus adanya desain yang dihiasi “notch” atau poni mungil yang membulat di atas layar, sebagai rumah kamera depan.

Kekurangan Vivo S1

  • Masih menggunakan port microUSB
    Meski masuk segmen menengah, sayangnya Vivo S1 tidak dibekali dengan USB Type-C dan malah mengusung microUSB 2.0. Hal ini terbilang ‘ketinggalan’, karena microUSB kalah telak dalam urusan transfer data, akomodasi daya, hingga kegunaannya lainnya.
  • Tidak mendukung NFC
    Near Field Communication (NFC) merupakan teknologi yang cukup penting di era digital seperti sekarang. Salah satu fungsinya yaitu untuk memudahkan transaksi dengan uang elektronik.
  • Bodi rentan kotor
    Walaupun memiliki desain keren dengan gradasi warna yang cantik, bodi Vivo S1 sangat mudah kotor dari jiplakan jari. Sehingga lebih disarankan untuk memakai soft case atau hard case agar lebih higienis.

Samsung A50

Samsung A50 menjadi salah satu smartphone yang banyak dijual pada tahun ini oleh produsen Samsung. Pasalnya, smartphone Samsung A50 memiliki spesifikasi yang sangat tinggi sehingga menjadikan smartphone ini terkenal di pasaran.

Adanya fitur unggul dari Samsung A50 adalah 3 kamera belakangnya dan pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar yang mana dua hal tersebut nampaknya kini sedang menjadi tren di ponsel baru.

Spesifikasi Samsung A50

Kamera
Samsung A50 memakai gabungan kamera utama 25 MP, kamera ultra- wide 8 MP, serta kamera Depth 5 MP. Buat kamera depannya, A50 memakai kamera 25 MP. Kamera ultra wide di A50 dipakai buat mengambil foto dengan sudut yang lebih luas dibandingkan kamera biasa sedangkan kamera Depth dipakai buat membuat efek bokeh. Kamera utamanya kabarnya bisa menangkap gambar dengan lebih jernih kala malam hari. Tetapi sepanjang percobaan, masih kurang puas dengan hasil kamera A50 di malam hari terlebih bila sedikit pencahayaan.

Desain
Dengan ukuran layar 6.4 inci Super AMOLED, screen-to-body ratio 84.9 persen, resolusi 1080 × 2340 piksel dan aspek rasio 19.5:9. Layar dirasa cukup kokoh karena dilapisi Corning Gorilla Glass 3, tetapi sebaiknya dilapisi dengan anti gores atau pelindung benturan tambahan, agar lebih aman. Samsung menggunakan layar Infinity-U Super AMOLED didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design.

Bagian layar terdapat notch kecil berbentuk tetesan air sebagai tempat kamera depan, dan diatasnya terdapat speaker untuk mendengar komunikasi telepon.

Baterai
Baterai yang disematkan dalam Samsung A50 cukup besar yakni 4.000 mAh yang bisa dipakai buat beraktifitas seharian tanpa perlu mengecas baterai. Daya tahan baterainya di aplikasi pengetesan PC Mark menghasilkan skor 11 jam 8 menit. Buat pengisian daya baterainya dari 15% ke 100% membutuhkan durasi 2 jam 15 menit.

Kelebihan Samsung A50

  • Baterai besar dan fast charging
    Dengan baterai yang mempunyai kapasitas besar dan mampu bertahan sampai 11 jam pada jaringan 3G dan 4G, serta 15 jam melalui WiFi Anda tidak perlu takut lagi melakukan aktivitas dengan smartphone Anda. Selain itu, smartphone ini dilengkapi fast charging 15W dan USB Type-C. Sehingga Anda dapat mengisi daya ponsel dalam rentang waktu yang lebih cepat.
  • Kualitas kamera yang bagus
    Memiliki kelebihan dengan spesifikasi kamera yang sangat bagus seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa spesifikasi kamera ini sangat tinggi. Kamera ultra wide di A50 dipakai buat mengambil foto dengan sudut yang lebih luas dibandingkan kamera biasa sedangkan kamera Depth dipakai buat membuat efek bokeh.
  • Desain yang menarik
    Kelebihan lainnya dari Samsung A50 ini adalah memiliki desain yang cukup menarik. Layar dirasa cukup kokoh karena dilapisi Corning Gorilla Glass 3, tetapi sebaiknya dilapisi dengan anti gores atau pelindung benturan tambahan, agar lebih aman.

Kekurangan Samsung A50

  • Tidak anti air
    Samsung Galaxy A Series biasanya dibekali dengan fitur tahan air dan debu. Namun, ketahanan ini tidak diberikan pada Samsung A50. Alasannya tentu sama, yakni agar harganya tidak melambung tinggi mengingat spesifikasi yang diberikan sudah jor-joran.
  • Bodi masih plastik
    Samsung A50 hadir dengan balutan bodi berbahan plastik. Memang hal ini membuatnya terasa seperti ponsel murah saat digenggam. Namun, tujuan dari penggunaan material ini tentunya adalah untuk bisa menekan harganya. Tetapi memang jika dilihat dari sisi harga untuk kekurangan satu ini sangat disayangakan.
  • Tanpa NFC
    Melihat kelebihannya yang mentereng, ada hal kecil yang terlewat pada smartphone ini. Yaitu ketidakhadiran konektivitas Near Field Communication (NFC). Fitur ini memang tidak dirasa terlalu penting oleh semua orang. Namun, membantu untuk mempermudah pembayaran secara digital.
KeteranganVivo S1 Samsung A50
LayarLayar 6.8 incinya dihiasi "notch"Layar 6.4 inci Super AMOLED
KameraKamera super canggih dan jernihKualitas yang tinggih hasil foto bagus
DesainDesain bagus tetapi bodi masih plastikDidesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design
Baterai4.500 mAh4.000 mAh
NFCTidak ada NFCTidak ada NFC
HargaRp. 3.000.000-an per Oktober 2019Rp. 3.000.000-an per Oktober 2019

Pilih Mana: Vivo S1 atau Samsung A50?

Vivo S1 Samsung A50
Kelebihan- Memiliki spesifikasi yang cukup baik - Adanya kapasitas baterai yang besar - Desain yang bagus - Baterai besar dan fast charging - Kualitas kamera yang bagus - Desain yang menarik
Kekurangan- Masih menggunakan port microUSB - Tidak mendukung NFC - Bodi rentan kotor - Tidak anti air - Bodi masih plastik - Tanpa NFC

Kesimpulan

Vivo S1 dan Samsung A50 keduanya smartphone yang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dari segi harga memang keduanya dijual dengan harga yang cukup standar tetapi tidak begitu terjangkau. Dengan demikian Anda mendapatkan smartphone dengan spesifikasi yang baik. Untuk pemilihan keduanya bisa Anda pilih sesuai selera saja. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo S1 vs Samsung A50

VS

Leave a Reply