ElektronikGadgetsSmartphone

Pilih Mana: Vivo S1 Pro atau Z1 Pro?

Vivo merupakan suatu brand elektronik khususnya smartphone yang sudah dikenal banyak masyarakat Indonesia mulai dari orang dewasa hingga orang tua sekalipun. Banyak sekali orang menyukai smartphone dari Vivo kedua diantaranya tipe Vivo S1 Pro dan Z1 Pro.

Mengapa smartphone Vivo S1 Pro dan Z1 Pro menjadi banyak pilihan orang saat ini? Selain memang keluaran terbaru atau baru dirilis oleh pihak Vivo. Kualitas kedua smartphone ini juga cukup canggih dan yang terbaik diberikan oleh Vivo.

Kedua smartphone ini cukup bersaing ketat karena memang spesifikasinya yang cukup mirip. Selebih lagi bahwa kedua smartphone ini Vivo S1 Pro dan Z1 Pro cocok sekali untuk bermain game seharian. Makin penasaran dengan penjelasannya? Baca penjelasannya di bawah ini ya.

Vivo s1 Pro atau Z1 Pro

Vivo s1 Pro

Vivo S1 Pro menjadi salah satu imajinasi terbaru dari Vivo dalam mengembangkan smartphone terbaru mereka. Smartphone android yang kabarnya akan segera hadir di bulan Mei ini, akan hadir dengan mengusung desain bodi yang cukup ciamik dan lebih dinamis.

Smartphone android terbaru dari Vivo ini telah dilengkapi dengan berbagai fitur keren yang akan membuat performa smartphone ini makin handal dalam bermultitasking. Daya baterai yang besar juga menjadikan smartphone ini disukai anak muda masa kini.

Untuk harganya sendiri memang smartphone dari Vivo ini dijual dengan harga yang cukup tinggi. Dengan harga yang cukup tinggi tersebut menjadikan smartphone ini memiliki kualitas yang sangat tinggi dan terbaik. Baca juga Pilih Mana: Samsung Galaxy A20S vs A30S

Kelebihan Vivo s1 Pro

  • Desain yang dinamis
    Ketika memilih salah satu perangkat, tentu aspek desain menjadi hal utama yang perlu dibahas. Desain smartphone juga menunjukkan jati diri brand, terlebih banyak desain smartphone yang tidak jauh berbeda. Vivo S1 Pro menunjukkan gaya desain yang atraktif serta menarik.
  • Kualitas kamera yang terbaik
    Punya kamera yang sangat unik dengan gaya segi empat layaknya permata. Vivo S1 Pro menunjukkan bahwa cita rasa dan khas Vivo bisa tampil melalui sektor kamera. Kamera terkini dari Vivo S1 Pro pun berkualitas dan memukau.
  • Baterai besar dan fast charging
    Kelebihan yang lainnya dari smartphone Vivo S1 Pro ini adalah memiliki kapasitas baterai yang cukup besar dan juga memiliki fitur fast charging hingga 18 watt. Memiliki kelebihan akan kapasitas yang besar juga sangat cocok untuk bermain game.

Kekurangan Vivo s1 Pro

  • Tanpa adanya NFC
    Harga yang ditawarkan memang terjangkau, tapi rasanya posisi Vivo S1 Pro sebagai smartphone kelas menengah kurang jika tidak dibekali dengan fitur NFC. Yang mungkin fitur ini akan sangat berguna dalam waktu ke depan.
  • Masih menggunakan port micro USB
    Untuk harganya yang lumayan tinggi, seharusnya Vivo S1 Pro sudah menggunakan USB Type C sebagai antarmukanya. Namun pada kenyataannya, Vivo masih menggunakan Micro USB pada Vivo S1 Pro.

Vivo s1 Pro atau Z1 Pro

  • Tanpa fitur tahan air dan debu
    Penggunaan smartphone yang tidak pernah lepas dalam keseharian saat ini akan sangat membuat nyaman jika hadirnya fitur tahan air dan debu. Karena kerusakan karena air telah jadi salah satu kasus yang paling sering terjadi. Sayang, Vivo tidak memberi fitur ini pada S1 Pro.

Vivo Z1 Pro

Vivo Z1 Pro ini didesain dengan memadukan lengkungan 3D, sehingga pengguna akan merasa nyaman ketika menggenggam Vivo Z1 Pro. Hadir dalam dua varian warna yaitu Sonic Blue dan Sonic Black.

Smartphone Vivo Z1 Pro merupakan smartphone keluaran terbaru dengan dilengkapi dengan kamera depan berlubang atau yang biasa disebut ‘punch hole camera’. Vivo Z1 Pro adalah smartphone Vivo yang paling teranyar.

Kapasitas baterai dari smartphone Vivo Z1 Pro ini juga memiliki kapasitas baterai yang cukup besar dan juga fast charging mengisi daya perangkat lain melalui port micro USB 2.0. Dan untuk harganya hampir sama dengan Vivo S1 Pro.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

  • Kualitas kamera yang jernih
    Kelebihan yang utama dari Vivo Z1 Pro adalah bahwa smartphone ini dilengkapi atau disematkan dengan kualitas kamera yang sangat jernih dan canggih. Untuk Anda yang suka fotografi boleh juga nih smartphone ini menjadi pilihan untuk Anda.
  • Performa yang tangguh
    Untuk segi performa jangan Anda khawatirkan lagi. Sudah jelas Vivo Z1 Pro memiliki performa yang cukup canggih dan tangguh. Smartphone Vivo Z1 Pro ini sudah dilengkapi dengan chipset Snapdragon 712 AIE. Untuk kelasnya, kehadiran chipset ini tergolong bagus.
  • Kapasitas baterai besar
    Salah satu keunggulan Vivo Z1 Pro daripada smartphone lain yang ada di pasaran. Vivo Z1 Pro dibekali baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh. Dan juga dengan baterai sebesar ini, Anda bisa menggunakannya seharian penuh untuk pemakaian normal.
Lihat juga:  Pilih Mana: Asus X550IU vs Asus X550VX

Kekurangan Vivo Z1 Pro

  • Ukuran bodi terlalu besar
    Kekurangan yang pertama dari Vivo Z1 Pro sebenarnya memiliki desain yang cukup ok dan keren. Bodinya berbahan polikarbonat yang tampak seperti kilauan kaca. Yang jadi masalah bukan soal desain cantik tidaknya tetapi soal ukuran bodinya.

Vivo s1 Pro atau Z1 Pro

  • Tidak dilengkapi dengan gorilla glass
    Kekurangan pertama yaitu Vivo Z1 Pro memang tak dibekali dengan Gorilla Glass besutan Corning dan mengusung pelindung layar buatan pabrikan lain. Meski begitu, ada kemungkinan juga Vivo memberi pelindung layar Gorilla Glass, namun versi yang lebih lama.
  • Belum dilengkapi dengan NFC
    Untuk sebagian pengguna smartphone, NFC mungkin dirasa kurang bisa dimanfaatkan. Tetapi untuk beberapa yang lain teknologi tersebut memang dibutuhkan. Sebagai smartphone kelas menengah, tidak ada salahnya bila teknologi NFC.

Vivo S1 Pro vs Z1 Pro

1. Layar
Dari segi layar kedua smartphone ini Vivo s1 Pro dan Z1 Pro memiliki spesifikasi layar yang sangat cukup berbeda.

Vivo s1 Pro memasang layar FHD + Super AMOLED berukuran 6.38 inci pada Vivo S1 Pro, dengan screen to body ratio 90% dan aspek ratio 19.5:9, sehingga membuat nyaman ketika menonton video. Sedangkan untuk Z1 Pro memiliki layar ayar 6.53 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm dan berat 207 gr memang bukanlah ukuran kecil untuk sebuah smartphone.

2. Desain
Untuk Vivo S1 Pro memiliki desain yang sangat menarik dan juga dinamis hingga sangat cantik Vivo S1 Pro menunjukkan gaya desain yang atraktif serta menarik. Untuk desain Z1 Pro merupakan smartphone pertama Vivo yang diluncurkan dengan tampilan punch-hole atau pin-hole.

3. Kamera
Kualitas kamera yang memiliki cukup perbedaan nih guys, namun keduanya tetap sama oke kok pilih sesuai dengan selera Anda saja ya.

Vivo S1 Pro berkualitas dan memukau. Setidaknya ada 4 kamera utama di belakang serta satu kamera selfie. Ada juga kamera dengan spesifikasi 48 MP dengan teknologi AI Rear Camera. Z1 Pro mengincar target pasar anak muda dengan menyelipkan kamera depan beresolusi 32 MP. Berbicara tentang kamera, kamera depan smartphone ini pun hasilnya memuaskan.

4. Baterai
Dari segi baterai sendiri memang S1 Pro ini diusung dengan kapasitas baterai sebesar 4.500 mAh, penggunaan sehari-hari dalam intensitas normal tentunya tidak akan jadi masalah. Sedangkan untuk Z1 Pro memiliki kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

5. Performa
Performa kedua smartphone ini Vivo S1 Pro dan Z1 Pro cukup sangat bagus sekali dan juga menjadikan kelebihan tersendiri untuk kedua smartphone ini

S1 Pro chipset Qualcomm Snapdragon 665 AIE dan Adreno 610 siap memanjakan dan membuat bermain game jadi lebih lancar. Vivo Z1 Pro dengan dibekali Qualcomm Snapdragon 712, Anda tidak perlu ragu soal performa yang ditawarkan oleh Vivo Z1 Pro.
KeteranganVivo S1 ProVivo Z1 Pro
LayarLayar berukuran 6.38 inci Vivo Z1 Pro memiliki layar ayar 6.53 inci
DesainDesain dinamis Desain elegan
KameraKualitas terbaikKualitas jernih dan terbaik
BateraiKapasitas 4.500 mAhKapasitas 5.000 mAh
PerformaPerforma tangguhPerforma tangguh
HargaRp. 3 sampai 4 jutaan per Desember 2019Rp. 3 sampai 4 jutaan per Desember 2019

Pilih Mana: Vivo S1 Pro atau Z1 Pro?

Vivo S1 ProVivo Z1 Pro
Kelebihan- Desain yang dinamis - Kualitas kamera yang terbaik - Baterai besar dan fast charging - Kualitas kamera yang jernih - Performa yang tangguh - Kapasitas baterai besar
Kekurangan- Tanpa adanya NFC - Masih menggunakan port micro USB - Tanpa fitur tahan air dan debu - Ukuran bodi terlalu besar - Tidak dilengkapi dengan gorilla glass - Belum dilengkapi dengan NFC

Kesimpulan

Kedua penjelasan mengenai smartphone dari Vivo di atas dengan seri Vivo s1 Pro dan Z1 Pro keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya juga memiliki banyak peminat di pasaran Indonesia. Dengan harga yang tidak jauh beda spesifikasi keduanya tidak begitu berbeda juga. Namun jika ingin kapasitas baterai yang tinggi maka Z1 Pro bisa menjadi pilihan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo S1 Pro vs Z1 Pro

VS

Leave a Reply