Smartphone

Pilih Mana: Vivo Seri V atau Seri Y?

Di Indonesia, Vivo memiliki pertumbuhan yang sangat baik. Karena Vivo terus berinovasi dalam teknologi dan dalam mempopulerkan serangkaian produk untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar smartphone di Indonesia.  Populer sebagai produsen yang ingin membuat sejumlah smartphone murah, Vivo mengeluarkan Vivo Seri V atau Seri Y.

Namun, diantara Vivo Seri V atau Seri Y tersebut membuat sebagian masyarakat bingung dengan perbedaan diantara keduanya. Tenang saja! Pada artikel kali ini kami akan mengulas kedua seri Vivo V dan seri Y lebih dalam. Yuk langsung saja disimak!

Vivo Seri V

Sebagai salah satu produsen smartphone terbesar di dunia, Vivo walau merupakan pesaing baru selalu menghadirkan inovasi demi inovasi pada produknya. Salah satunya Vivo hadir dengan produk smartphone Vivo V Series terbaru yang hadir dengan berbagai range harga.

Vivo seri V ini dibandrol dengan range harga di sektor entry level sampai dengan range harga di sektor high level,  Pabrikan asal Tiongkok ini juga memiliki berbagai macam ponsel menarik yang dapat menjadi pilihan Anda dalam seri ini. Baca juga Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y95?

Untuk segmen mid range, Vivo hadir dengan smartphone Vivo V Series.

Beberapa Produk Vivo Seri V

1. Vivo V11
Vivo V11 memiliki luas sebesar 6,3” dengan kerapatan pixel sampai dengan 400 ppi. Bekal sistem operasi android 8.1 Oreo dengan sokongan prosesor Helio P60 dari Mediatek dengan GPU Mali G72 menjadikan Vivo V11 semakin nyaman menjadi andalan harian Anda.

Vivo V11 hadir dengan kapasitas simpan mencapai 64 GB dengan memori RAM sebesar 6 GB. Di sektor fotografinya, Vivo V11 hadir dengan kamera berspesifikasi tinggi yaitu memanfaatkan kamera belakang ganda sebesar 16 MP dan 5 MP. Hanya saja kamera depannya belum dual kamera yaitu sebesar 25 MP. Vivo V11 dilengkapi dengan kapasitas baterai sebesar 3315 mAh.

2. Vivo V11 Pro
Vivo V11 Pro dilengkapi dengan sistem operasi android 8.1 Oreo dengan UI Funtouch 4,5. Sementara bagian dalamannya, terdapat CPU dengan prosesor snapdragon 660 bersama kombinasi GPU Adreno 512. Ponsel ini juga ditawarkan dalam dua varian yang kapasitas simpannya sebesar 64 dan 128 GB serta didukung RAM 6 GB.

Pada sektor kamera, Vivo V11 Pro dilengkapi dengan kamera belakang ganda yang memanfaatkan resolusi sebesar 12 MP dan 5 MP. Sementara kamera bagian depannya beresolusi 25 MP.

3. Vivo V9
Vivo V9 merupakan sebuah produk yang dirilis di bulan Maret 2018 dan memiliki layar yang sama dengan adiknya yaitu sebesar 6,3” dengan resolusi sebesar 1080 x 2280 pixels.

Untuk dapur pacu Vivo V9 sedikit lebih rendah karena mendapat dukungan snapdragon 626 dan GPU Adreno 506.

Sedangkan, untuk segi pengambilan gambar, HP android murah yang satu ini hadir dengan kamera belakang 16 MP dan 5 MP, sementara kamera depannya mencapai 24 MP.

Vivo Seri V Harga Per Oktober 2019
Vivo V11Rp. 3.500.000
Vivo V11 ProRp. 4.900.000
Vivo V9Rp. 3.000.000

Kelebihan Vivo Seri V

  • Umumnya memiliki desain yang menarik
    Daya tarik HP Vivo lainnya ada di bagian desain. Vivo memang tidak mengikuti tren desain modern yang tampak mengilap. Namun, desain bodi HP Vivo memang cenderung bagus termasuk seri V ini. Beberapa tipe HP Vivo yang memiliki desain menarik contohnya Vivo V9, Vivo V11 Pro
  • Hadir dengan berbagai inovasi
    Salah satu yang membuat HP Vivo menarik adalah karena Vivo terkenal sebagai vendor yang tergolong inovatif. Betapa tidak, tim pengembangan dan penelitian Vivo tergolong bagus, bahkan bisa jadi pionir dalam menghadirkan berbagai teknologi terkini.
  • Kamera depan dan belakang yang baik
    Sama seperti HP Oppo, HP Vivo umumnya hadir dengan kamera depan yang baik. Bahkan slogan Vivo, Perfect Selfie, menguatkan kalau kamera depan smartphone Vivo  merupakan kamera yang terbaik untuk selfie. Hal ini memang bukan hanya sekedar bualan belaka, Karena memang HP Vivo terkenal dengan kamera depan yang baik, terutama untuk Vivo V seri seperti Vivo V5, Vivo V7, dan Vivo V lainnya.

Kekurangan Vivo Seri V

  • Banyak masih menggunakan bodi plastik
    Meskipun smartphone Vivo memiliki desain yang menarik, Seri V ini banyak yang masih menggunakan bodi plastik. Hal ini kadang membuat smartphone Vivo terasa kurang kokoh. Tidak semua memang tetapi sebaiknya Vivo mulai juga memperhitungkan build quality ponsel yang mereka jual.
  • FunTouchOS yang serupa dengan iOS
    HP Vivo hadir dengan tampilan UI Funtouch yang tentu berbasi Android. UI Funtouch ini sebenarnya tergolong menarik dan memiliki banyak fitur. Sayangnya, tampilan antarmuka Funtouch cenderung mirip dengan iOS. Hal ini membuat Funtouch kurang terasa inovatif dan hanya menduplikasi tampilan iOS saja.
  • Marketing yang berlebihan
    Vivo pernah mengadakan acara peluncuran produk Vivo V9 di Candi Borobudur yang ditayangkan di 12 stasiun televisi swasta nasional. Sebelumnya, Vivo juga mengadakan peluncuran produk Vivo V7 dan menguasai beberapa kanal TV swasta. Strategi ini memang tidak salah tetapi dianggap berlebihan banyak kalangan. Hal inilah yang membuat Vivo dicibir menggunakan marketing yang terlalu berlebihan.
Lihat juga:  Pilih Mana: Vivo Y83 atau Oppo A3S?

Seri Y

Selanjutnya ada Vivo di seri Y yangmenawarkan smartphone dengan harga terjangkau, yang membidik pasar menengah ke bawah. Harga hp Android Vivo di seri ini mulai 1 jutaan hingga 3 jutaan.

Walaupun Vivo seri Y ini memiliki harga yang cukup terjangkau namun smartphone ini juga memiliki beberapa smartphone dengan spesifikasi mumpuni, tidak hanya unggul di sektor kamera tetapi sektor lainnya. Bisa dikatakan tipe yang masuk kategori terbaik.

Beberapa Produk Vivo Seri Y

1. Vivo Y21
Vivo Y21 ini diproduksi untuk memenuhi kebutuhan pasar akan smartphone murah. Smartphoneentry-level Vivo, namun masih membawa spesifikasi yang cukup untuk penggunaan dasar.

Smartphone ini memiliki layar yang terbilang kecil, yaitu 4,5 inci. Layar IPS LCD ini memiliki resolusi 480 x 854 piksel. Karena dirancang untuk penggunaan ringan, Vivo Y21 ini hanya dibekali RAM sebesar 1GB dan ROM 16GB.

Walaupun spesifikasinya rendah, namun Vivo Y21 ini masih memiliki beberapa fitur menarik seperti fitur Smart Wake untuk mengakses aplikasi dengan gestur dan fitur Voice Capture untuk mengambil foto selfie dengan mengatakan “cheese”.

2. Vivo Y53
Smartphone Vivo Y53 ini memiliki layar 5 inci dengan resolusi 960 x 540 piksel qHD. Vivo Y53 ini dibangun dengan desain unibodi, sehingga masih memiliki rasa premium layaknya smartphone mahal dari Vivo.

Spesifikasi Vivo juga terbilang cukup untuk pemakaian ringan, seperti untuk aktivitas media sosial dan streaming video, karena sudah membawa RAM 2GB dan ROM 16GB yang memiliki slot micro SD yang terpisah dari dua slot SIM card.

Di bagian kamera, terdapat kamera depan 5 megapiksel dan kamera belakang 8 megapiksel. Melihat spesifikasinya, memang terasa jauh dari smartphone selfie seperti V7, namun kalian juga masih bisa menikmati fitur kamera andalan Vivo seperti mode Ultra HD dan Face Beauty.

3. Vivo Y65
Vivo Y65 dilengkapi dengan layar 5,5 inci ini memiliki RAM 3GB dan ROM 16GB. Kalian pasti kan lebih tertarik dengan smartphone ini bila melihat sedikit peningkatan spesifikasi di Vivo Y65 ini.

Smartphone dengan baterai 3.000 mAh ini juga sudah memiliki kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel dengan fitur yang tidak jauh berbeda dengan Y55s.

Vivo Seri V Harga Per Oktober 2019
Vivo Y21Rp. 1.500.000
Vivo Y53Rp. 1.700.000
Vivo Y65Rp. 2.200.000

Kelebihan Vivo Seri Y

  • Harga yang terjangkau
    Kelebihan yang pertama pada Vivo seri Y ini yaitu harga yang dibandrol untuk beberapa varian smartphone nya terbilang cukup terjangkau berkisar 1 juta sampai 3 juta, Mengingat memang smartphone ini mengusung pasar di sektor entry level.
  • Spesifikasi yang memupuni
    Walaupun Vivo seri Y ini memiliki harga yang cukup terjangkau tetapi smartphone ini juga memiliki dilengkapi dengan spesifikasi yang baik sehingga kualitas smartphone ini pun tidak kalah dengan seri yang lainnya dari Vivo.
  • Spesifikasi kamera yang fantastis
    Dengan harga yang terjangkau kita pasti tidak menyangka bahwa kamera Vivo pada seri Y ini memiliki kualitas yang sangat baik dan beberapa fitur canggih yang ada pun dapat menunjang kalian selfie dengan cantik.

Kekurangan Vivo Seri Y

  • Umumnya dilengkapi dengan RAM yang standar
    Kekurangan yang pertama pada Vivo seri Y ini yaitu RAM yang dibekali untuk beberapa smartphone nya merupakan RAM yang standar seperti smartphone kebanyakan, Namun, mengingat harganya yang cukup terjangkau mungkin masih bisa dipertimbangkan.
  • Build Quality Masih Perlu Improvement
    Meskipun smartphone Vivo memiliki desain yang menarik, Seri Y ini banyak yang masih menggunakan bodi plastik. Hal ini kadang membuat smartphone Vivo terasa kurang kokoh. Tidak semua memang tetapi sebaiknya Vivo mulai juga memperhitungkan build quality ponsel yang mereka jual.
  • Kapasitas baterai yang tidak bertahan lama
    Untuk sektor daya nya juga Vivo seri Y ini hanya di lengkapi dengan kapasitas baterai yang standar. Sehingga untuk pemakaian sehari-hari terbilang cukup, Namun jika digunakan untuk bermain game cukup boros.

Pilih Mana: Vivo Seri V atau Seri Y?

Vivo Seri V Vivo Seri Y
Kelebihan- Umumnya memiliki desain yang menarik - Hadir dengan berbagai inovasi - Kamera depan dan belakang yang baik - Harga yang terjangkau  - Spesifikasi yang memupuni - Spesifikasi kamera yang fantastis
Kekurangan- Banyak masih menggunakan bodi plastik - FunTouchOS yang serupa dengan iOS - Marketing yang berlebihan- Umumnya dilengkapi dengan RAM yang standar - Build Quality Masih Perlu Improvement - Kapasitas baterai yang tidak bertahan lama

Kesimpulan

Vivo Seri V dan Seri Y merupakan smartphone keluaran Vivo yang pastinya memiliki keunggulannya tersendiri mengingat kedua smartphone ini deibandrol dengan harga yang bersaing, Namun, Untuk harga Vivo seri Y dibandrol dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Vivo seri V, Tetapi, untuk segi spesifikasi tentunya diungguli oleh Vivo seri V. Untuk memilih diantara keduanya sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya guys karena kedua seri ini memiliki varian yang cukup beragam. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Seri V vs Vivo Seri Y

VS

Leave a Reply