Pilih Mana : Vivo V11 atau Oppo F9?

Loading...

Seolah tidak ada habisnya, Vivo dan Oppo terus bersaing ketat dalam menghadirkan perangkat terbaru mereka di ranah Tanah Air. Jika Vivo merilis Vivo V11 pada awal September 2018 ini, maka Oppo siap menyaingi dengan perangkatnya, Oppo F9. Dua smartphone ini membawa perubahan dengan berbagai trend masa kini. Namun di antara keduanya, yang manakah yang lebih baik? Vivo V11 atau Oppo F9?

Vivo V11 dan Oppo F9 merupakan dua smartphone yang berada dalam kelas high-end atau jajaran kelas atas. Meskipun berasal dari negara yang sama pula, namun keduanya memiliki perbedaan masing-masing, mulai dari dapur pacu, kamera, memori penyimpanan, hingga harga yang ditawarkan. Agar lebih jelas, bacalah artikel ini hingga selesai agar Anda bisa menentukan pilihan dengan tepat.

Vivo V11

Vivo V11 merupakan generasi terbaru dari V9 yang telah diluncurkan lebih dulu. Penjelasan soal V9 juga telah kami bahas di perbandingan antara Vivo Y81 dan Vivo V9 pada bulan Juli lalu. Sebenarnya untuk Vivo V11 sendiri direncanakan akan meluncur tanggal 12 September mendatang di Jakarta, berdasarkan bocoran foto undangan yang telah beredar.

Kelebihan Vivo V11

Berikut ini beberapa kelebihan Vivo V11 yang perlu diketahui:

  • Water Drop Display

Bocoran pertama yang sudah beredar di media sosial resmi Vivo, Vivo V11 akan mengusung water drop display yang mirip Oppo F9. Desain layar yang mengusung teknologi ini dikabarkan akan tahan terhadap tetesan air, meski namanya ini hanya mengacu pada desain layar penuh yang memang terlihat ramping. Anda bisa membaca lebih jelas tentang Vivo V11 disini.

  • Hardware Mumpuni

Selain memiliki layar lebar 6.4 inch dengan panel Super AMOLED, Vivo V11 kabarnya akan diperkuat oleh hardware mumpuni berupa chipset Snapdragon 660. Chip ini akan dipadukan dengan RAM GB dan memori internal 64 GB yang masih dapat diperluas hingga 256 GB dengan slot microSD.

  • Kamera 25 MP dukungan AI

Kelebihan lainnya dari Vivo V11 terletak pada fitur kameranya. Selain disematkan kamera ganda pada bagian belakang sebesar 12 MP dan 5 MP, Vivo V11 juga menyematkan kamera tunggal sebesar 2 5 MP pada bagian depan. Bukan hanya itu, kamera ini juga didukung oleh AI. Selain untuk foto, kamera selfie juga digunakan dalam fitur face unlock yang mampu membuka kunci layar dalam keadaan gelap sekalipun.

Kekurangan Vivo V11

Berikut beberapa kekurangan Vivo V11 yang perlu diketahui:

  • Baterai cukup Kecil

Untuk ukuran smartphone 6.41 inch, Vivo V11 memiliki baterai yang cukup kecil yaitu 3.400 mAh. Kapasitas baterai tersebut dinilai belum cukup menopang segala aktivitas di ponsel layar pablet ini. Meskipun informasi tentang spesifikasi tersebut belum dikonfirmasi dari Vivo, namun setidaknya kita cukup mendapatkan bayangannya dari sekarang.

Loading...
  • Tidak Support NFC

Vivo V11 termasuk smartphone premium karena berbagai spesifikasi di dalamnya sudah sangat mumpuni dan pastinya akan bisa memuaskan para penggila gadget masa kini. Namun sayangnya, Vivo V11 tidak dilengkapi fitur NFC sebagai pertukaran data yang lebih efisien.

  • Harga Cukup Mahal

Tidak mengherankan bila Vivo V11 dibanderol dengan harga mahal. Smartphone ini telah memberikan spesifikasi kelas atas yang begitu menggiurkan. Namun untuk sebagian masyarakat, harga yang cukup tinggi cukup membebani faktor ekonomi mereka. Vivo V11 dibanderol sekitar Rp 5.2 jutaan.

Kelebihan Vivo V11Kekurangan Vivo V11
- Water drop Display- Baterai cukup Kecil
- Hardware Mumpuni- Tidak Support NFC
- Kamera 25 MP dukungan AI- Harga Cukup Mahal

Oppo F9

Walaupun Oppo F7 masih sangat sukses di pasaran, namun Oppo sudah merencanakan untuk menghadirkan generasi selanjutna yaitu Oppo F9. Dilihat sekilas, ponsel ini masih mengadopsi desain yang sama seperti F7 dengan notch di bagian poninya. Oppo memangkas poni habis-habisan pada F9 sehingga hanya menyisakan segitiga kecil yang berada di tengah atas display.

Kelebihan Oppo F9

Berikut beberapa kelebihan Oppo F9 yang perlu diketahui:

  • Desain Kekinian

Tak perlu diragukan jika Oppo F9 akan mengusung desain kekinian yang sedang ngetren di kalangan smartphone kelas atas. Di bagian depan, hampir semuanya diisi oleh layar sebesar 6.3 inch. Bingkai disemua tepinya juga dipangkas sehingga dapat menghasilkan rasio layar ke bodi mencapai 90.8 persen dan aspek rasio 19.5:9.

  • Kamera Mantap

Oppo memang dikenal sebagai vendor smartphone yang mengedepankan soal kamera. Begitu pula dengan Oppo F9. Pada bodi belakang perangkat ini tersusun konfigurasi dual kamera 16 MP + 2 MP. Kamera sekunder ini menghasilkan foto dengan efek bokeh. Sedangkan pada kamera depannya telah terpasang kamera beresolusi 25 MP, sama seperti Vivo V11.

  • Performa Lancar Tanpa Hambatan

Bukan hanya soal kamera, Oppo F9 juga didukung oleh dapur pacu yang mumpuni berupa chipset dari MediaTek Helio P60 yang mempunyai spesialisasi teknologi AI atau kecerdasan buatan. Performanya semakin lancar berkat dua model RAM yang disediakan yaitu 4 GB dan 6 GB.

Kekurangan Oppo F9

Berikut beberapa kekurangan Oppo F9 yang perlu diketahui:

  • Bahan Plastik Polycarbonat

Body belakang pada Oppo F9 masih memakai bahan plastik polycarbonate sehingga terkesan kurang mewah ketika digenggam. Namun hal ini tentunya tidak terlalu menjadi masalah karena Anda bisa menggunakan hardcase atau softcase.

  • Baterai cukup kecil

Sama seperti Vivo V11, Oppo F9 juga memiliki kapasitas baterai yang cukup kecil untuk ukuran ponsel phablet yaitu sebesar 3.500 mAh. Namun jangan khawatir karena Oppo F9 telah dibenamkan fitur pengisi daya cepat VOOC atau Voltage Open Loop Multi-step Constant Current Charging.

  • Harga Cukup Tinggi

Salah satu toko online digital telah membuka PO khusus Oppo F9 dengan kisaran harga sekitar Rp 4,5 jutaan. Harga tersebut bisa jadi lebih mahal lagi jika sudah tersedia pada toko offline yang tersebar di toko elektronik seluruh Indonesia.

Kelebihan Oppo F9Kekurangan Oppo F9
- Desain Kekinian- Bahan Plastik Polycarbonat
- Performa Lancar Tanpa Hambatan- Baterai cukup kecil
- Kamera mantap- Harga Cukup Tinggi

Pilih Mana : Vivo V11 atau Oppo F9?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Vivo V11 dan Oppo F9. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel di bawah ini:

Vivo V11Oppo F9
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Kinerja lebih cepat dan performa mantap- Pengisian daya cepat VOOC
- Kamera ganda resolusi lebih kecil- Kamera ganda utama dengan megapixel lebih besar
- Cek harga Vivo V11 online termurah, Klik di sini- Cek harga Oppo F9 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Vivo V11 dan Oppo F9 di atas, dapat disimpulkan bahwa dua perangkat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tapi Oppo F9 mempunyai kelebihan lebih banyak dibandingkan Vivo V11 sehingga kami lebih merekomendasikan Oppo F9 untuk Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V11 vs Oppo F9

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *