Smartphone

Pilih Mana: Vivo V15 atau Oppo F11 Pro?

Saat ini persaingan di industri teknologi sangat berkembang dengan pesat termasuk dengan industri smartphone. Di Tanah Air beberapa industri berlomba – lomba merilis produk terbaru dan tercanggih. Salah satunya produsen Vivo dan Oppo yang namanya sudah tidak asing lagi dan sudah menjadi maskot persaingan smartphone yang sengit. Pada artikel kali ini akan kita bahas mengenai Vivo V15 atau Oppo F11 Pro yang mempunyai kualitas yang gahar. Di bawah ini akan kita bahas lebih lanjut mengenai desain dan performanya dan akan kita lihat perbandingan dari kedua smartphone ini.

Vivo V15

Salah satu produsen industri smartphone yang terus memperlihatkan inovasi dalam setiap produknya adalah Vivo. Vendor asal Tiongkok yang menduduki peringkat ke-4 terbesar vendor smartphone di Indonesia (data Canalys 2018Q4) itu resmi memperkenalkan inovasi di model terbarunya yaitu Vivo V15 menjadi smartphone pertama dengan kamera pop-up 32MP yang beredar di Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Oppo F11 Pro atau Vivo V15 Pro?

Desain Vivo V15

Desain Ultimate All Screen pada V15 dengan rasio layar-ke-bodi hingga 90,95% memberikan pengalaman menonton terbaik. Melihat ke desain belakang Vivo V15, kombinasi antara gradasi warna yang unik dan lengkungan 3D menghasilkan desain V15 yang menawan.

Sejajar dengan letak kamera terdapat panel sensor sidik jari. Ketika mencoba, letak fingerprint sangat mudah dijangkau dan sangat responsif. Untuk mengakomodir kebutuhan pengguna dual SIM card, Vivo V15 mempunyai tiga baki dalam satu slot. Pengguna akan bisa menyematkan dua SIM card dan satu kartu microSD sekaligus.Pada bagian bawah, Anda akan menemukan speaker stereo bersama port charging format universal micro-USB juga microphone.

Performa Vivo V15

Vivo V15 menggunakan prosesor octa-core 2.1GHz chipaet MediaTek Helio P70 dilengkapi dengan RAM 6GB dan ROM 64GB sehingga Anda dapat menikmati gameplay yang lancar dan menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan.

Dukungan Android 9.0 dan Funtouch OS 9 terbaru juga mengoptimalkan manajemen daya dan memberikan jangka penggunaan yang lebih lama.Vendor membekali V15 dengan baterai kapasitas 4.000mAh dengan teknologi Dual Engine Fast Charging. Artinya, pengguna tetap bisa mengisi daya secara kilat walaupun menggunakan kabel USB universal (bukan bawaan vendor), asalkan tetap menggunakan kepala charger dari Vivo.

Vivo V15. Perangkat merupakan smartphone pertama di Indonesia yang mengusung selfie pop-up. Bahkan, resolusinya menjadi yang tertinggi saat ini, yakni 32MP
Dengan Pop-Up Camera beresolusi 32MP, V15 dapat menangkap detail wajah Anda dengan jernih dan tajam.

Fitur AI Face Beauty yang mudah digunakan akan membantu menyempurnakan kualitas selfie Anda dan memberikan hasil yang memukau. Sejumlah efek pencahayaan studio akan menambah sentuhan artistik yang memikat. Dapatkan hasil selfie yang sempurna hanya dengan sekali sentuhan tanpa aplikasi tambahan.

Tidak hanya kamera depan yang mengaggumkan, kamera belakang Vivo V15 juga mumpuni. Sesuai namanya, kamera belakang Vivo V15 terdiri dari tiga sensor.
Mereka adalah sensor utama 12MP dengan 24Million Photosensitive, kemudian ada sensor sudut lebar (AI Super Wide-Angle) 8MP serta sensor kedalaman gambar (Depth Camera) 5MP.

Oppo F11 Pro

Oppo Indonesia menghadirkan Oppo F11 Pro untuk pengguna smartphone di Indonesia. Inilah jawaban Oppo untuk menghadapi persaingan smartphone kamera, setelah sebelumnya para musuh menghadirkan lini produk yang dibekali fitur kamera yang luar biasa. Khususnya setelah sang “tetangga” menghadirkan Vivo V15 Pro.

F11 Pro datang dengan dual kamera belakang, yang salah satunya kapasitasnya luar biasa besar, 48 Mpix. Ditambah lagi dengan aperture besar, dan tentu saja, teknologi AI. Yang menarik, Oppo mengatakan seri terbaru ini sebagai smartphone yang punya kemampuan yang luar biasa untuk foto low-light.

Menariknya juga, F11 Pro mengangkat mekanisme pop-up kamera untuk kamera selfie –sama seperti yang dipakai Vivo V15 Pro. Salah satu keuntungan memakai penempatan kamera selfie seperti itu, layar menjadi bersih dari lubang kamera dan lubang-lubang lain.

Lihat juga:  Pilih Mana: iPhone 11 atau iPhone 11 Pro?

Desain Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro hadir dengan desain yang meneruskan tren penggunaan multi warna pada cover belakang. Kali ini, Oppo menerapkan konsep gradasi dengan perubahan warna diagonal yang unik. Merah di sudut kanan atas, berangsur ke warna hitam, dan diakhiri dengan biru tua di sudut kiri bawah. Tetap dibalut dengan efek cermin, yang membuat pantulan cahaya di permukaannya. Oke, dari aspek tampilan ini F11 Pro cukup mengesankan.

Oppo menempatkan lubang kamera belakang pas di tengah, dengan susunan lubang kamera dan lampu flash sejajar ke bawah. Ini memberi sedikit perbedaan dengan smartphone lain yang biasanya meletakkan lubang kamera di sudut. Di bawah lubang kamera ada tombol finger print. Segaris dengan lubang kamera ini, di sisi atas, diletakkan kamera selfie, yang akan muncul ketika diaktifkan.

Sesuatu yang berbeda juga ditemukan pada penempatan tombol power dan tombol volume. Oppo memisahkan kedua jenis tombol itu, dengan meletakkan tombol power di sisi kanan, dan tombol volume di sisi kiri. Desain seperti ini sebenarnya lebih memudahkan jangkauan jari atau dapat meminimalisir resiko salah tekan.

Oppo F11 Pro adalah sebuah smartphone yang “lebar” untuk ukuran telapak tangan rata-rata orang Indonesia. Ditambah lagi dengan bobot yang sedikit berat. Jadinya terasa penuh ketika berada di dalam genggaman.

Performa Oppo F11 Pro

Oppo F11 Pro dibekali jeroan yang cukup tangguh. SoC Helio P70 dari Mediatek yang dibuat dengan teknologi 12 nm semestinya bisa memacu kinerja ponsel dengan baik. Apalagi CPU-nya mempunyai clock speed lumayan tinggi. Pengguna bisa mengharapkan performa ponsel yang bagus untuk segala kondisi.

Salah satu pengujian yang dilakukan untuk mengukur performa F11 Pro adalah dengan AnTuTuBench. Software ini cukup populer digunakan untuk mengukur performa, dan sering dijadikan acuan untuk mengetahui seberapa handal sebuah smartphone.

Untuk F11 Pro, skor yang diperoleh setelah pengujian adalah 147.684, skor yang termasuk tinggi. Skor yang diperoleh ini sebenarnya berada di area skor wajar untuk sebuah smartphone dengan spesifikasi chipset sekelas Helio P70. Ditambah lagi dengan dukungan memori yang dimiliki F11 Pro termasuk tinggi untuk smartphone sekelasnya.

Dalam pengujian dengan menjalankan berbagai aplikasi, mulai aplikasi ringan hingga berat, F11 Pro menunjukkan kemahirannya. Tidak terlihat kepayahan dan tak pula terjadi over heating. F11 Pro sudah disematkan sistem operasi terbaru besutan sendiri, ColorOS 6.0, yang berbasis Android terbaru, versi 9.0 Pie.

Kombinasi itu berhasil membuat user interface dengan desain yang lebih dinamis dan atraktif. Jajaran menu ditampilkan lebih menyeluruh tanpa batas, untuk memudahkan eksplorasi. Serta kompatibel dengan bermacam aplikasi android luaran terbaru yang dirancang untuk Android 9.0 Pie.

Pilih Mana: Vivo V15 atau Oppo F11 Pro?

Vivo V15 Oppo F11 Pro
Kelebihan - Kualitas layar yang baik - Triple kamera yang jernih - Performa lancar- Kinerja lebih halus - Dilengkapi dengan resolusi yang besar - Layar yang luas
Kekurangan- Masih menggunakan USB tipe mikro - Tidak tahan air dan debu - Fitur fingerprint belum ada di layar - Layar masih menggunakan teknologi IP

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan pada artikel di atas bahwa kedua smartphone Vivo V15 dan Oppo F11 Pro mempunyai keunggulan masing – masing. Tetapi Oppo F11 Pro dijual dengan harga yang jauh lebih mahal. Sebenarnya dengan harga yang jauh lebih murah, kalian sudah bisa mendapatkan perangkat smartphone dengan desain yang menawan, kinerja yang mumpuni serta fitur fotografi yang menggoda seperti Vivo V15. Oleh sebab itu dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan dan budget kalian karena fitur yang di tawarkan juga tak jauh berbeda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V15 VS Oppo F11 Pro

VS

Leave a Reply