Smartphone

Pilih Mana: Vivo V15 atau Samsung A50?

Vivo V15 dan Samsung Galaxy A50 di luncurkan pada waktu yang sama mempunyai spesifikasi unggulan pada sektor kamera serta media penyimpanan aplikasi yang besar. Oleh sebab itu kali ini akan kita bandingkan kedua nya Vivo V15 dan Samsung Galaxy A50 dari sisi desain dan performanya yang akan di bawah lebih lanjut di bawah ini untuk melihat perbandingannya.

Vivo V15

Vivo merupakan industri smartphone yang berasal dari Cina ini kembali mengenalkan inovasi terbarunya di hadapan pecinta gadget di Indonesia. Vivo baru saja meluncurkan Vivo V15 yang datang dengan serangkaian teknologi menarik di dalamnya, salah satunya kamera depan model pop-up.

Seperti yang sudah kita ketahui, sebelumnya Vivo pernah membawa Vivo V11 Pro dengan dukungan fingerprint under display. Ini adalah smartphone pertama yang melenggang di pasar Indonesia dengan pemindai sidik jari di dalam layar.

Kehadiran Vivo V15 juga jadi yang pertama bagi Vivo untuk menghadirkan kamera pop-up ke Indonesia. Menariknya lagi, teknologi ini bisa kalian rasakan pada gadget yang harganya masih terjangkau, alias bukan flagship. Baca juga Pilih Mana: Vivo V15 atau Oppo F11 Pro?

Desain Vivo V15

Dengan kamera pop-up otomatis membuat layar V15 jadi terlihat lebih menawan. Bagaimana tidak, Bagian depannya didominasi layar, punya bezel tipis alias bezel-less di sisi kiri, kanan dan atas serta tidak ada poni atau tompel di bagian atas layar.

Tetapi, bezel di bagian dagu masih terlihat lebih tebal. Bisa kalian maklumi karena Vivo V15 datang sebagai smartphone Android. Layar yang luas sudah pasti memanjakan kita yang punya hobi streaming film atau main game. Saat mencobanya, sama sekali tidak ada kekurangan untuk kualitas tampilannya.

Hadir dengan panel Incell dan resolusi FullHD+, kita pun bisa menikmati seluruh gambar di layar dengan warna yang enak dipandang mata. Berbeda dengan V11 Pro yang punya fingerprint under display, Vivo V15 tidak dilengkapi dengan fitur keamanan seperti itu.
Jadi, sensor pemindai sidik jarinya ditempatkan di bagian belakang perangkat.

Pada perangkat ini.jangan harap kalian bisa menemukan fitur Face Unlock. Meski begitu, smartphone ini tidak kehilangan rasa kecanggihannya. Kecepatan dan akurasi fingerprint-nya sama dengan kebanyakan smartphone sekelasnya.

Untuk bahan bodinya Vivo masih setia untuk menggunakan material polikarbonat. Namun Vivo pintar untuk memberikan kesan finishing dan pilihan warna yang disodorkan, eye catching ada gradasinya. Ada dua pilihan warna yang yang ditawarkan, yakni Glamour Red dan Royal Blue.

Buat para wanita mungkin akan lebih tertarik dengan warna Glamour Red, sedangkan buat pria sepertinya cocok dengan pilihan warna Royal Blue. Mungkin Vivo memang sengaja mempersiapkan dua warna tersebut agar lebih banyak menjangkau konsumennya.

Performa Vivo V15

Vivo V15 hadir dengan AI Triple Camera atau tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama dengan 12MP (24 juta unit fotosensitif), kamera kedua AI Super Wide-Angle beresolusi 8MP dengan cakupan objek luas hingga 120 derajat, dan kamera 5MP Depth Camera untuk efek bokeh. Untuk aperturenya sendiri, tiga kamera belakang ini memiliki f/1.78+f/2.2+f/2.4.

Vivo V15 menggunakan prosesor AI Octacore 2,1 GHz yang dilengkapi RAM 6GB, ROM 64GB yang bisa diperluas hingga 256GB melalui microSD eksternal, dan didukung Android 9.0 Pie, serta Functouch OS 9 terbaru yang mengoptimalkan daya pengguna baterai sehingga semakin efisien.

Pada versi Vivo V15 terbaru ini hadir Game Cube yang memiliki fitur Game Assistant yakni dapat menolak panggilan masuk, menutup pemberitahuan pesan masuk, dan tetap menjalankan aplikasi ketika layar dimatikan, serta menjalankan dua fitur sekaligus secara bersamaan.

Enaknya fitur ini juga bisa digunakan pada aplikasi streaming, media sosial, hingga online marketplace sesuai keinginan. Dan juga tersedia Competition Mode yang mampu mengalokasikan sumber daya dan memprioritaskan performa game, dan untuk performa lebih cepat pun, hadir fitur Dual-Turbo. Keduanya sanggup membuat gaming menjadi lancar.

Samsung A50

Samsung telah merilis ponsel Galaxy A50 di Indonesia. Ini adalah ponsel keluarga Galaxy A pertama yang diluncurkan di tahun ini di Indonesia dan juga pertama yang menggunakan penamaan dengan 2 angka.

Lihat juga:  Pilih Mana: Redmi 3S atau Redmi 3X?

Fitur unggul dari Galaxy A50 adalah 3 kamera belakangnya dan pemindai sidik jari yang disematkan di dalam layar yang mana dua hal tersebut nampaknya kini sedang menjadi tren di ponsel baru.

Selain itu juga, Galaxy A50 menawarkan baterai yang cukup besar yaitu 4.000 mAh yang dikombinasikan dengan fast charging agar penggunanya lebih bebas menggunakan ponselnya untuk waktu yang lama.

Desain Samsung A50

Samsung A50 memiliki desain dengan bodi yang cukup ringan dengan bobot 166 gram, dan memiliki dimensi 158,5×74,7×7,7 milimeter.Setiap sudut ponsel itu memiliki lengkungan sehingga membuat nyaman ketika digenggam, bagian belakangnya didesain dengan bahan plastik yang mengkilat, membuat bodi ponsel seperti kaca. Hal itu rentan terhadap bekas sidik jari yang kotor, jika tidak rajin dibersihkan, ponsel akan terlihat jorok.

Dengan ukuran layar 6,4 inci Super AMOLED, screen-to-body ratio 84,9 persen, resolusi 1080×2340 piksel dan aspek rasio 19,5:9. Layar dirasa cukup kokoh karena dilapisi Corning Gorilla Glass 3, tetapi sebaiknya dilapisi dengan anti gores atau pelindung benturan tambahan, agar lebih aman.

Samsung menggunakan layar Infinity-U Super AMOLED didesain dengan bentuk 3D Curved Edge Design. Bagian layar terdapat notch kecil berbentuk tetesan air sebagai tempat kamera depan, dan di atasnya terdapat speaker untuk mendengar komunikasi telepon.
Sementara di bagian bawah terdapat tiga tombol ketika ponsel dalam kondisi menyala, seperti tombol ‘home’ di tengah, tombol ‘kembali’ di kanan dan sebelah kiri tombol untuk melihat aplikasi yang pernah Anda buka.

Bagian sisi kanan bodi Galaxy A50, dipasang tombol pengaturan volume dan power atau pembuka kunci. Sedangkan di sisi kiri terdapat satu slot sebagai tempat dual SIM card dan microSD. Di bagian sisi bawah terdapat lubang USB Type C di tengah, didampingi speaker suara dering pesan dan panggilan masuk di kanan dan lubang jack earphone. Sedang di sisi atas, Samsung tidak memasang fungsi apapun.

Performa Samsung A50

Samsung Galaxy A50 didukung dengan chipset Exynos 9610 (10 nanometer), dan grafis chip Mali-G72 MP3. Chip tersebut dilengkapi unit penglihatan dan pemrosesan gambar berdasarkan mesin jaringan saraf. Exynos 9610 adalah prosesor yang menampilkan modem LTE dan konektivitas nirkabel yang beragam untuk pengalaman seluler yang lebih cepat dan lancar.

Chip tersebut didampingi dengan kapasitas RAM 4 GB dan memori internal 64 GB, Galaxy A50 juga menghadirkan kapasitas RAM 6 GB/ 128 GB. Exynos 9610 juga memungkinkan Galaxy A50 memberikan pengalaman gaming tanpa hambatan, seperti 3D gaming, serta menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dengan lancar.

Fitur lain yang kurang adalah pemindai sidik jari. Galaxy A50 memiliki sensor fingerprint di bagian layar, tapi dalam penggunaannya, sensor tersebut kurang responsif. Tempo harus beberapa kali menempelkan jari untuk menyesuaikan posisi jari agar ponsel bisa terbuka.

Pilih Mana: Vivo V15 atau Samsung A50?

Vivo V15Samsung A50
Kelebihan - Kamera berkualitas - Baterai hemat - Dual SIM + dedicated microSD- Tampilan layar memukau - Baterai tahan lama - Fitur kamera melimpah
Kekurangan - Tidak mendukung face unlock - Casingnya gampang kotor oleh sidik jari- Pemindai sidik jari kurang responsif - Kamera kurang bagus di kondisi gelap

Kesimpulan

Dapat kita ambil kesimpulan dari pembahasan artikel di atas bahwa kedua smartphone ini mempunyai keunggulan dan mempunyai pasar maupun penggemarnya masing-masing. Jika kalian lebih senang dengan smartphone yang fitur yang lebih lengkap kalian bisa memilih Samsung A50 dan jika kalian ingin memilih harga yang lebih bersahabat Vivo V15.
Vivo V15

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V15 atau Samsung A50

VS

Leave a Reply