ElektronikGadgetsTechnology

Pilih Mana: Vivo V17 Pro atau Samsung A70?

Semakin berkembangannya zaman akan semakin banyak elektronik canggih yang beredar di pasaran. Salah satu elektronik yang banyak mengeluarkan spesifikasi yang bagus adalah smartphone. Banyaknya produsen elektronik smartphone mengeluarkan berbagai tipenya seperti Vivo V17 Pro dan Samsung A70.

Vivo V17 Pro dan Samsung A70 tipe smartphone keluaran terbaru dari dua produsen yang berbeda, keduanya memiliki kualitas yang tinggi sehingga dapat membingungkan Anda pilih yang mana yang lebih baik.

Tetapi tenang artikel kami akan membahasnya agar dapat menjadi referensi untuk Anda. Simak penjelasan detailnya di bawah ini.

Vivo V17 Pro

Vivo merupakan produsen smartphone global dengan fasilitas produksi dan pusat R & D di China (Dongguan, Shenzhen, Nanjing, Beijing, Hangzhou dan Chongqing), India, Indonesia dan Amerika Serikat (San Diego). Baca juga Pilih Mana: Realme 5 atau Realme 5 Pro?

Selama bertahun-tahun, Vivo telah meningkatkan pasar smartphone, dengan kehadiran di China, India dan Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia, Vietnam, Thailand, Myanmar, dan Filipina) dan banyak memasarkan smartphone.

Saat ini produsen Vivo banyak mengeluarkan tipe smartphone dengan spesifikasi yang sangat bagus, salah satunya merupakan tipe Vivo V17 Pro yang memiliki kualitas kamera yang sangat bagus dan performa yang bagus.

Kelebihan Vivo V17 Pro

  • Performa yang tangguh
    Smartphone dari Vivo ini mempunyai performa yang sangat tangguh didukung CPU Qualcomm Snapdragon 675 AIE dengan RAM 8 GB dan ROM 128 GB, dengan kapasitas baterai 4.100 mAh yang mempunyai fitur Dual-Engine Fast Charging. Fitur ini mampu mengisi baterai dalam waktu yang sangat cepat dan dilapisi 9 lapis pelindung yang akan melindungi baterai selama proses pengisian daya.
  • Layar dengan kualitas yang bagus
    Vivo V17 Pro ini mempunyai layar S-AMOLED 6,39 inci dengan resolusi 1080 x 2340 pixel dan rasio 19:5:9. Rasio layarnya yang dinilai besar cukup mendukung terdapatnya fitur fingerprint dalam layar. Tidak hanya itu, Vivo V17 Pro juga dilindungi oleh layar berbahan Gorilla Glass seperti yang telah digunakan dalam seri Vivo lainnya.
  • Kualitas kamera sangat tinggi
    Smartphone ini memiliki 48MP AI Quad Camera yang sudah didukung dengan sensor Sony IMX 582. Kamera belakang ini mempunyai fitur Super Wide-Angle Camera, Super Night Mode, dan Super Macro Camera. Sedangkan kamera depan vivo V17 Pro hadir dengan 32 MP Dual Pop-Up Selfie yang dilengkapi fitur Super Wide-Angle Camera, Pose Master, Super Night Selfie, dan Selfie Softlight.
Adanya fitur Pose Master menawarkan pilihan pose yang beragam dan alami untuk memandu pengguna mengambil foto dalam berbagai situasi dan membuat hasil foto lebih menawan.

Kekurangan Vivo V17 Pro

  • Prosesor masih sama dengan tipe sebelumnya
    Prosesor yang dipakai masih Snapdragon 675, yang notabene sama dengan tipe sebelumnya yaitu V15 Pro yang sudah dirilis sejak awal tahun ini. Ponsel lain yang lebih murah bahkan sudah banyak yang menggunakan prosesor yang lebih tinggi.

  • Desain yang monoton
    Meski banyak kelebihan dari smartphone ini tetapi untuk desain smartphone Vivo sepertinya monoton dan itu-itu saja tidak menarik perhatian yang lebih, belum banyak perbedaan desain dari tipe smartphone Vivo lainnya.
  • Pilihan warna hanya dua
    Pilihan warna untuk smartphone ini untuk saat ini hanya memiliki dua pilihan saja yaitu warna ponsel yang hadir dengan warna satin black dan silk white dengan nuansa mengkilap ini dibekali dengan empat kamera yang tersusun secara vertikal.

Samsung A70

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung Chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara dan mempunyai lebih dari 208.000 pekerja.

Hingga saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merk terbanyak di dunia dengan menghasilkan smartphone pintar yang jadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja apalagi di Indonesia.

Samsung saat ini banyak mengeluarkan tipe smartphone yang sangat menarik perhatian khususnya masyarakat Indonesia. Saat ini untuk tipe Samsung A70 sedang banyak menjadi perbincangan, karena kualitas yang dimiliki sangat tinggi serta spesifikasi lainnya yang sangat bagus.

Kelebihan Samsung A70

  • Baterai yang besar
    Baterai Samsung A70 4.500 mAh terbesar di jajaran smartphone Samsung seri A, dapat membuat penggunaan seharian dengan Samsung A70 tanpa rasa khawatir. Ditambah dengan dukungan teknologi fast charging 25 watt yang bisa memberikan daya hingga 100% kepada fitur, tanpa menunggu lama, Samsung A70 dapat kembali dimanfaatkan untuk menjadi partner andalan dalam membuat konten live.
  • Kamera berkualitas tinggi
    Untuk kamera, Samsung A70 dibekali 3 kamera di bagian belakang dengan kamera utamanya 32 MP (F atau 1.7), 8 megapixel ultra wide angle dan 5 megapixel depth camera. Sedangkan itu di bagian depan A70 dilengkapi dengan kamera 32 MP (F atau 2.0). Kamera Samsung A70 juga bisa menangkap video slow motion (gerakan lambat) dan hyperlapse(gerakan dipercepat). Secara penampilan, fungsi-fungsi A70 yang lengkap mudah diakses dan dioperasikan. Hasil keseluruhan dari tipe Samsung ini sangat bagus, dan berkualitas.
  • Performa dan layar yang tangguh
    Memiliki performa yang handal, dimana spesifikasi Samsung A70 diusung prosesor Octa core dengan chipset besutan Qualcomm Snapdragon 675. Ponsel Samsung A70 ini juga didukung kapasitas RAM 6 GB, serta memiliki ruang penyimpanan yang cukup luas sebesar 128 GB. Yang apabila dirasa masih kurang terdapat slot microSD yang dapat dimanfaatkan sebagai memori eksternal dengan kapasitas hingga 512 GB. Layar 6.7 inch Samsung A70 mampu memberikan gambar yang tajam dan kaya warna berkat teknologi Super Amoled. Saat dipegang Samsung A70 relatif pas di tangan dan terlihat premium karena ditunjang bahan pembuatan dari kaca dan metal.
Lihat juga:  Pilih Mana: Oppo F11 atau Oppo F9?

Kekurangan Samsung A70

  • Tidak ada NFC
    Kekurangan Samsung A70 adalah tidak adanya fitur NFC. NFC adalah Near Field Communication. Fungsinya sebagai alat transaksi digital seperti pembayaran e-toll yang disayangkan, teknologi ini gak ada di Samsung A70 jika fitur NFC menjadi bahan tolak ukur Anda dalam membeli ponsel A70, disarankan untuk tidak membelinya.
  • Tidak ada rating anti air
    Sebetulnya desain Samsung A70 secara keseluruhan bagus, hanya saja tidak mengantongi sertifikat anti air dan debu. Walaupun ini bukan kekurangan yang sangat besar, namun terkadang sebagian konsumen mencari Hp samsung anti air terbaik agar dapat dioperasikan dimana saja tanpa khawatir akan cipratan air.
Bagi Anda yang memang mencari smartphone tahan air, Samsung A70 mungkin bukan pilihan tepat, karena tidak didukung rating kedap air dan debu.
  • Fingerprint under display kurang responsif
    Samsung A70 dibekali dengan sensor sidik jari di layar. Kehadiran sensor jari di layar ini tentu patut diapresiasi. Hal yang disayangkan, respon membaca sidik jarinya kurang cepat. Menurut Android Authority, dibutuhkan satu detik penuh atau malah lebih agar sensor bisa membaca jari. Sensor pengenalan wajah malah performanya tergolong lebih cepat jika dibandingkan sensor sidik jari.

Vivo V17 Pro vs Samsung A70

  • Keduanya memiliki kualitas kamera yang sangat tinggi, dengan kamera depan dan belakang yang akan mendapatkan jepretan foto yang bagus cocok sekali untuk Anda yang hobi akan photography. 
  • Vivo V17 Pro dan Samsung A70 memiliki performa yang sangat tangguh smartphone dari Vivo ini mempunyai performa yang sangat tangguh didukung CPU Qualcomm Snapdragon 675 AIE. Sedangkan Samsung A70 memiliki performa yang handal, dimana spesifikasi Samsung A70 diusung prosesor Octa core dengan chipset besutan Qualcomm Snapdragon 675.
Baterai dari keduanya memang memiliki perbedaan Vivo V17 Pro baterai 4.100 mAh yang mempunyai fitur Dual-Engine Fast Charging. Samsung A70 baterai Samsung A70 4.500 mAh terbesar di jajaran smartphone Samsung seri A, dapat membuat penggunaan seharian dengan Samsung A70 tanpa rasa khawatir.
  • Harga dari keduanya tidak berbeda jauh dijual dengan harga patokan angka 5, sekitar Rp. 5.000.000-an Per Oktober 2019. Jadi, bisa Anda sesuaikan dengan selera Anda saja ya.
SpesifikasiVivo V17 Pro Samsung A70
Layar Super AMOLED Super AMOLED
NFCAdaTidak ada
Baterai4.100 mAh4.500 mAh
WarnaSatin black dan silk whiteBlack, blue, white, coral
Fitur KameraLED flash, HDR, panoramaLED flash, HDR, panorama
HargaRp. 5.000.000-an Per Oktober 2019Rp. 5.000.000-an Per Oktober 2019

Pilih Mana: Vivo V17 Pro atau Samsung A70?

Vivo V17 Pro Samsung A70
Kelebihan - Performa yang tangguh - Layar dengan kualitas yang bagus - Kualitas kamera sangat tinggi - Baterai yang besar - Kamera berkualitas tinggi - Performa dan layar yang tangguh
Kekurangan- Prosesor masih sama dengan tipe sebelumnya - Desain yang monoton - Pilihan warna hanya dua - Tidak ada NFC - Tidak ada rating anti air - Fingerprint under display kurang responsif

Kesimpulan

Vivo V17 Pro dan Samsung A70 kedua smartphone yang saat ini banyak menjadi pilihan semua orang, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Untuk membeli sebuah smartphone sebenarnya bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V17 Pro vs Samsung A70

VS

Leave a Reply