Smartphone

Pilih Mana: Vivo V7 atau Oppo F5?

Seperti yang diketahui, Oppo dan Vivo merupakan saudara di bawah naungan perusahaan induk bernama BBK Electronics Corporation asal China. Kedua produsen smartphone ini juga menerapkan teknologi dual camera pada beberapa perangkat buatannya. Terlepas dari penerapan teknologi tersebut, kehadiran Vivo V7 dan Oppo F5 terlihat bersaing ketat di pasar smartphone saat ini. Namun, bagus mana Vivo V7 vs Oppo F5? Temukan jawabannya di bawah ini.

Vivo V7

Dikutip dari Detik.com, Vivo V7 membenamkan kamera berkualitas baik yang mampu menghasilkan gambar yang terlihat lebih tajam. Untuk dapur pacu, Vivo V7 membenamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 450, Octa-core 1.8GHz Cortex-A53, Adreno 506. Vivo V7 memiliki RAM sebesar 4GB dan penyimpanan 32GB.

Kelebihan Vivo V7

1. Unggul pada kamera selfie-nya
Selfie merupakan kegiatan yang paling sering dilakukan pengguna smartphone, terutama kaum hawa. Maka tidak heran banyak produsen smartphone berlomba menghadirkan smartphone dengan resolusi kamera besar. Dalam hal ini terlihat bahwa kamera depan milik Vivo V7 jauh lebih unggul berkat resolusi besarnya mencapai 24 MP.

2. Harga lebih murah sedikit dan hemat daya baterai
Jika dilihat dari harga, perbedaan memang tidak terlalu signifikan yaitu hanya Rp 100-300 ribu. Namun, harga ini sudah cukup baik untuk membayar fitur dari Vivo V7. Selain itu, Vivo V7 juga tergolong hemat daya baterai sekalipun hanya dipasok daya baterai lebih kecil dibandingkan Oppo F5. Baca juga Pilih Mana: Vivo V9 atau Oppo F5?

Kekurangan Vivo V7

1. Kapasitas baterai kecil
Untuk mendukung berbagai spesifikasi yang ada, sayangnya Vivo V7 hanya dipasok tenaga baterai kecil yakni 3000 mAh. Sementara Oppo F5 ditenagai baterai berkapasitas lebih besar yakni 3200 mAh.

2. Bobot lebih berat
Meskipun Vivo V7 memiliki dimensi 155,9 x 75,8 x 7,7 mm, namun bobot yang dimilikinya tergolong lebih berat jika dibandingkan dengan Oppo F5. Bobot yang dimilikinya 160 gram sementara Oppo hanya 152 gram.

Oppo F5

OppoF5 dipersenjatai chipset dari Mediatek MT6763T Helio P23, CPU Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-G71 MP2. Untuk RAM dan penyimpanan, Oppo F5 memiliki dua varian yaitu RAM 4GB dengan RAM 32GB atau 6GB dengan 64GB.

Kelebihan Oppo F5

1. Mengusung desain layar yang menarik
Oppo F5 telah mengusung layar yang lebih menarik berukuran lebih besar yakni 6 inci dengan resolusi Full HD+ 2160 x 1080 pixel. Sementara Vivo V7 hanya memiliki bentang layar 5,7 inci dan masih menggunakan resolusi HD+ 1440 x 720. Sehingga dapat disimpulkan tampilan pada layar Oppo F5 lebih baik dibanding Vivo V7.

2. Prosesor yang lebih unggul
Selain desain layar yang menarik, Oppo F5 juga unggul pada prosesornya. Prosesor yang digunakan oleh Oppo F5 diklaim mampu menemani berbagai aktivitas penggunanya dalam berjelajah internet, menonton video atau bahkan bermain game sekalipun.

Kekurangan Oppo F5

1. Lebih boros daya baterai
Meskipun didukung kapasitas baterai lebih besar, Oppo F5 cenderung lebih boros dalam mengonsumsi daya baterai. Sementara Vivo V7 tergolong lebih hemat baterai sehingga pengguna Vivo V7 tetap merasa aman saat menggunakan smartphone dalam waktu yang lama meskipun memiliki kapasitas baterai kecil yakni hanya 3000 mAh.

2. Kamera selfie kalah
Oppo memang terkenal dengan kamera selfie yang keren, namun sayangnya Oppo F5 harus kalah karena hanya memiliki resolusi 20 MP saja. Sementara resolusi mencapai 24 MP dibenamkan pada kamera selfie smartphone Vivo V7.

Pilih Mana: Vivo V7 atau Oppo F5?

Vivo V7Oppo F5
Harga– Tergolong lebih murah– Lebih mahal sedikit
Penggunaan– Cenderung hemat baterai– Menyedot banyak daya baterai
Kamera depan – Lebih besar 24 MP– Hanya dibenamkan 20 MP saja

Kesimpulan

Jika hanya dilihat dari sisi kamera dan harga, maka dapat dikatakan bahwa Vivo V7 pilihannya. Akan tetapi jika dilihat dari tampilan dan juga spesifikasi lainnya, maka Oppo F5 menjadi juaranya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V7 vs Oppo F5

VS

Leave a Reply