Pilih Mana: Vivo V9 atau Oppo F9?

Loading...

Vivo V9 dan Oppo F9 merupakan dua brand smartphone yang ternama yang sama-sama dirilis pada tahun 2018. Dua brand smartphone ini tentunya memiliki spesifikasi yang menarik, mengingat banyaknya pengguna smartphone yang tertarik untuk memiliki masing-masing smartphone terkenal ini.

Dua brand smartphone ini tentunya memiliki spesifikasi yang berbeda, baik dari segi harga, fitur kamera, kapasitas baterai dan lain sebagainya. Artikel ini akan menjelaskan mengenai perbedaan Vivo V9 dengan Oppo F9. Penejelasan mengenai Oppo F9 dapat Anda baca disini.

Vivo V9

Vivo V9 merupakan salah satu merk smartphone yang dirilis pada April 2018. Ponsel ini menawarkan kinerja yang sangat gesit karena telah didukung dengan Chipset Snapdragon 450 Octa Core dengan RAM sebesar 4GB serta GPU Adreno 506. Sebelumnya kami telah membahas mengenai Vivo V9 disini.

Kelebihan Vivo V9

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan Vivo V9 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Memori Besar

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki memori internal sebesar 64 GB, yang jauh lebih besar dibandingkan Vivo dengan tipe lainnya.

  • Kinerja Gesit

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki kinerja yang lebih gesit atau lebih cepat jika kita bandingkan dengan kinerja Vivo dengan tipe lainnya. Hal ini dikarenakan Vivo V9 telah memiliki hardware yang lebih lebih baik. Smartphone ini telah dilengkapi dengan harware berupa Snapdragon 450, CPU Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53, serta GPU Adreno 506.

  • Kamera Bagus

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Vivo V9 yaitu, memiliki kamera dengan resolusi yang jauh lebih baik jika dibandingan dengan Vivo tipe lainnya. Vivo V9 memiliki kamera utama dual kamera, seta memiliki kamera depan dengan megapixel yang jauh lebih besar untuk kamera depannya. Hal ini tentunya sangat mendukung aktifitas selfie yang kebanyakan orang menyukainya.

Kekurangan Vivo V9

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Vivo V9 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Cukup Mahal

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika kita bandingkan dengan harga Vivo. Selisih atau perbedaan harga antara kedua smartphone ini juga cukup jauh. Namun, meskipun lebih mahal, spesifikasi yang ditawarkan memang lebih unggul.

Loading...
  • Tidak Dibekali Fitur Fast Charging

Kekurangan kedua yang dimiliki oleh Vivo V9 yaitu, belum dibekali dengan fitur fast charging. Hal ini tentunya menuntut Anda untuk melakukan pengecasan dengan waktu yang relatif lama agar baterai agar terisi penuh.

  • Masih Menggunakan Material Polycarbonat

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh Vivo V9 yaitu masih menggunakan material polycarbonat. Dengan harga yang lebih mahal, seharusnya perangkat ini telah menggunakan material atau bahan yang lebih baik selain polycarbonate.

Kelebihan Vivo V9Kekurangan Vivo V9
- Kapasitas memori internal besar- Harga Cukup Mahal
- Kinerja gesit- Tidak Memiliki Fitur Fast Charging
- Kamera bagus- Material masih polycarbonate

Oppo F9

Oppo F9 merupakan salah satu merk smartphone yang dirilis pada Agustus 2018. Smatphone ini telah mengusung layar 6,3 inci, Oppo F9 diklaim sebagai salah satu ponsel dengan rasio screen-to-body terluas, yakni lebih dari 90 persen.

Kelebihan Oppo F9

Berikut ini merupakan beberapa kelebihan Oppo F9 yang perlu Anda ketahui :

  • Memiliki Fitur Fast Charging

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Oppo F9 ini yaitu memiliki fitur fast carghing. Fitur ini merupakan fitur yang mendukung pengisian baterai dengan cepat. Fitur ini tentunya sangat dibutuhkan bagi semua pengguna smartphone.

  • Kamera belakang ganda

Oppo F9 juga telah dilengkapi dengan kamera belakang ganda yaitu 16 megapiksel f/1.8 dan 2 megapiksel f/2.4. fitur kamera ganda belakang ini tentunya menjadi suatu lebihan Oppo F9 dibandingkan dengan Vivo V9.

  • Kapasitas baterai lebih besar

Kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo F9 yaitu sebesar 3500 mAh. Kapasitas ini tentunya lebih besar dibandingkan dengan Vivo V9 yang sebesar 3260 mAh.

Kekurangan Oppo F9

Berikut ini merupakan beberapa kekurangan Oppo F9:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu toko online digital telah membuka PO khusus Oppo F9 dengan kisaran harga sekitar Rp 4,5 jutaan. Harga tersebut bisa jadi lebih mahal lagi jika sudah tersedia pada toko offline yang tersebar di toko elektronik seluruh Indonesia.

  • Bahan Plastik Polycarbonat

Body belakang pada Oppo F9 masih memakai bahan plastik polycarbonate sehingga terkesan kurang mewah ketika digenggam. Namun hal ini tentunya tidak terlalu menjadi masalah karena Anda bisa menggunakan hardcase atau softcase.

  • Baterai kecil

Sama seperti Vivo V11, Oppo F9 juga memiliki kapasitas baterai yang cukup kecil untuk ukuran ponsel phablet yaitu sebesar 3.500 mAh. Namun jangan khawatir karena Oppo F9 telah dibenamkan fitur pengisi daya cepat VOOC atau Voltage Open Loop Multi-step Constant Current Charging.

Kelebihan Oppo F9Kekurangan Oppo F9
- Memiliki Fitur Fast Charging- Harga Lebih Mahal
- Kamera Belakang Ganda- Bahan Plastik Polycarbonat
- Kapasitas Baterai Lebih Besar- Baterai kecil

Pilih Mana : Vivo V9 atau Oppo F9?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan Vivo V9 dan Oppo F9 berdasarkan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini :

Vivo V9Oppo F9
- Kapasitas Memori Internal Besar- Memiliki Fitur Fast Charging
- Kinerja Gesit- Kapasitas Baterai Lebih Besar
- Tidak Memiliki Fitur Fast Charging- Harga Lebih Mahal

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbandingan antara Vivo V9 dan Oppo F9 , maka dapat kita simpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan Oppo F9 karena selain memiliki fitur fast carghing, Oppo F9 juga memiliki kapasitas baterai yang lebih besar.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V9 vs Oppo F9

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *