Smartphone

Pilih Mana: Vivo V9 atau V7 Plus?

Vivo V9 merupakan salah satu smartphone yang dirilis baru- baru ini dengan tampilan dan bodi yang sangat menarik. Smartphone ini dirasa cocok dibandingkan dengan pendahulunya yakni Vivo V7 Plus yang memiliki spesifikasi hampir serupa. Manakah yang lebih baik untuk Anda gunakan? Vivo V9 atau V7 Plus?

Vivo V9 dan Vivo V7 Plus merupakan dua smartphone yang dirilis oleh Vivo yang memiliki banyak spesifikasi hampir mirip. Karena itulah smartphone ini layak untuk dicari perbedaannya. Pada artikel ini, Anda bisa melihat perbedaan keduanya dari berbagai sisi.

Vivo V9

Vivo V9 merupakan smartphone yang dirilis oleh Vivo pada Maret 2018. Smartphone ini menggunakan sistem operasi Android v8.0 OREO dengan Funtouch Os 4.0. Smartphone ini juga memiliki tampilan yang sangat menarik. Penjelasan mengenai Vivo V9 pernah kami bahas sebelumnya pada Oppo F7 vs Vivo V9.

Kelebihan Vivo V9

Berikut beberapa kelebihan Vivo V9 yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Lebih Baik

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki kamera yang lebih baik daripada Vivo V7 Plus. Vivo V9 memiliki kamera utama dengan resolusi 16 MP + 5 MP. Sedangkan Vivo V7 Plus belum memiliki dual kamera dan memiliki kamera utama dengan resolusi 16 MP. Dengan demikian bisa kita lihat bahwa Vivo V9 memiliki kualitas kamera yang lebih baik.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar. Smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 3.260 mAh sedangkan Vivo V7 Plus memiliki baterai dengan kapasitas 3.225. Dengan demikian kita bisa melihat bahwa Vivo V9 sedikit lebih unggul jika dilihat dari baterainya.

  • Resolusi Layar Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki layar dengan ukuran dan resolusi yang lebih baik. Smartphone ini memiliki layar dengan ukuran 6,3 inci dan memiliki resolusi full HD (2.280 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, dengan rasio 19:9 memenuhi bagian depannya. Jika dilihat, Vivo V9 jelas memiliki layar dengan ukuran dan resolusi yang lebih baik.

Kekurangan Vivo V9

Berikut beberapa kekurangan Vivo V9 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki harga yang lebihmahal jika dibandingkan dengan Vivo V7 Plus. Namun kabar baiknya, smartphone ini tidak memiliki selisih harga yang terlalu jauh. Selisih harga antara dua smartphone ini hanya sekitar 100 hingga 200 ribuan rupiah saja.

  • Bodi Belakang Polikarbonat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah memiliki bodi belakang polikarbonat. Dengan harga yang ditawarkan, seharusnya Vivo telah bisa memberikan bodi dengan bahan yang lebih baik lagi untuk smartphone ini. Misalnya menggunakan bodi berbahan logam.

  • Tidak Ada NFC

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo V9 adalah belum dilengkapi dengan NFC. Teknologi ini dapat dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari seperti transfer data, cek saldo emoney, dan banyak lagi hal lainnya. Dengan harga yang ditawarkan, seharusnya Vivo bisa menyematkan teknologi ini pada Vivo V9.

Kelebihan Vivo V9Kekurangan Vivo V9
- Kamera lebih baik- Harga Lebih Mahal
- Kapasitas baterai lebih besar- Bodi belakang polikarbonat
- Resolusi layar lebih baik- Tidak ada NFC

Vivo V7 Plus

Dikutip dari Gsmarena.com Vivo V7 Plus merupakan salah satu produk smartphone yang dirilis oleh Vivo pada September 2017. Smartphone ini menggunakan sistem operasi OS Android v7.1 Nougat dan dengan FuntouchOs 3.2.

Lihat juga:  Pilih Mana: ROG Phone 2 vs Oneplus 7T

Kelebihan Vivo V7 Plus

Berikut beberapa kelebihan Vivo V7 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan Vivo V7 Plus adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Vivo V9. Namun sayangnya, perbedaan atau selisih harga dari dua smartphone ini tidak terlalu jauh berbeda atau tidak terlalu signifikan. Perbedaan harga smartphone ini hanya sekitar 100 hingga 200 ribu saja.

  • Telah Dilindungi Corning Gorilla Glass 4

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah telah dilindungi oleh corning gorilla glass 4 yang telah sangat teruji kualitasnya. Dengan adanya perlindungan ini, smartphone ini akan lebih aman dari benturan jika terjatuh bahkan hingga ketinggian 3 meter.

  • Unibody Full Metal

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Smartphone ini adalah telah memiliki unibody full metal dan dipadukan dengan sisi lengkung 2.5D screen sehingga memiliki tampilan yang lebih baik dan lebih memberikan daya tarik.

Kekurangan Vivo V7 Plus

Berikut beberapa kekurangan Vivo V7 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Resolusi Layar Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah memiliki ukuran dan resolusi layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Vivo V9. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar mencapai 5,99 ini dengan resolusi yang masih HD+ (1.440 x 720 piksel) dan rasio 18:9. Dengan demikian bisa kita lihat bahwa smartphone ini belum full HD dengan rasio yang lebih kecil.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih kecil dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Vivo V9. Smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 3.225 sedangkan Vivo V9 memiliki baterai dengan kapasitas 3.260. Jadi, kapasitas baterai yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus ini sedikit lebih kecil dari Vivo V9.

  • Kamera Masih Terbatas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo V7 Plus adalah memiliki kamera dengan resolusi yang lebih kecil dan belum memiliki dual kamera pada kamera utamanya. Vivo V7 Plus memiliki kamera utama dengan resolusi 16 MP sedangkan Vivo V9 memiliki kamera utama dual kamera dengan resolusi 16 MP + 5 MP.

Kelebihan Vivo V7 PlusKekurangan Vivo V7 Plus
- Harga lebih terjangkau- Resolusi layar lebih kecil
- Telah dilindungi corning gorilla glass 4 - Kapasitas baterai lebih kecil
- Unibody full metal- Kamera masih terbatas

Pilih Mana: Vivo V9 atau V7 Plus?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Vivo V9 dan V7 Plus. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Vivo V9V7 Plus
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Dual kamera belakang 16 MP + 5 MP- Kamera belakang 16 MP
- Kapasitas baterai lebih besar- Kapasitas baterai lebih kecil

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Vivo V9 dan Vivo V7 Plus dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kualitas yang sama baiknya. Tapi kami lebih merekomendasikan kepada Anda untuk memilih Vivo V9 dengan keunggulan yang lebih banyak dan selisih harga yang tidak terlalu jauh berbeda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V9 vs V7 Plus

VS

Leave a Reply