Smartphone

Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y95?

Vivo dari dulu sampai sekarang senantiasa memberikan spesifikasi dan performa smartphone yang cukup mumpuni. Hal inilah yang membuat banyak konsumen mempercayakan smartphone andalan mereka kepada Vivo, seperti halnya Vivo V9 dan Vivo Y95.

Vivo V9 dan Vivo Y95 merupakan smartphone yang memiliki kualitas baik dengan harga yang cukup ekonomis. Buat kamu yang doyan berfoto ria, kedua smartphone ini cocok banget karena memiliki fitur AI pada kamera yang menjadikan hasil foto dan video semakin baik.

Ingin tahu lebih dalam mengenai spesifikasi Vivo V9 dan Vivo Y95? Kalau gitu terus pantengin Selera.id untuk dapatkan info selengkapnya. Stay tune!

Vivo V9

Vivo V9 memakai sistem operasi Android 8.1 Oreo dengan antarmuka Funtouch OS 4.0. Di dapur pacunya, dibenamkan chip prosesor Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core dengan kecepatan 1,8 GHz dan disokong RAM sebesar 4GB dan memori internal 64GB.

Dari segi desainnya, Vivo V9 mempunyai desain yang mirip dengan ponsel andalan Apple, iPhone X. V9 memakai notch atau poni di bagian atas layar dan kamera belakang yang diposisikan secara vertikal.

Dengan bezel di bagian sisi ponsel setipis 1,75 mm, menggenggam V9 yang mempunyai layar cukup besar ini akan terasa seperti memegang smartphone berukuran 6,3 inci. Walaupun begitu, tidak bisa dipungkiri bila bagian belakang ponsel ini terasa licin dan gampang meninggalkan bekas sidik jari. Baca juga Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y91?

Kamera Vivo V9

Pada fitur kameranya, Vivo V9 mengandalkan kemampuan kamera selfie yang mempunyai resolusi sampai 24 MP dengan bukaan lensa f/2.0. Dengan detail tersebut, kamera swafoto Vivo V9 sanggup menghasilkan foto yang cerah dan cukup tajam.

Terlebih kamera depan V9 juga mempunyai tambahan fitur AI Face Beauty yang bertugas seperti make-up artist. Fitur lainnya yaitu AI Selfie Lighting dan AR Sticker untuk menambahkan filter-filter lucu, walaupun pilihannya masih sangat terbatas.

Untuk kamera belakangnya, V9 mempunyai kamera belakang ganda yang ditempatkan di bagian sisi kiri atas. Dengan dua modul kamera yang dipakai disusun secara vertikal, hasil kamera belakang V9 termasuk mengecewakan.

Baterai Vivo V9

Untuk baterainya, Vivo V9 ditanamkan baterai berkapasitas 3.260 mAh. Saat dipakai dengan pemakaian normal untuk aktivitas sehari-hari seperti email, chat, browsing, foto, dan telepon, daya tahan baterainya mencapai sekitar 12 jam lebih.

Untuk menonton video selama satu jam penuh, daya baterai yang dihabiskan cuma sebesar 10%. Sayangnya, Vivo V9 belum dibekali fitur fast charging, sehingga pengisian daya baterai dari 0 persen sampai 100 persen membutuhkan waktu sampai 2 jam.

Fitur Vivo V9

  1. Game Mode
    V9 mampu memblokir semua pesan, panggilan, serta notifikasi saat pemakai sedang bermain game. Sebagai alternatif, kita bisa mengatur sendiri ingin menampilkan panggilan telepon cuma dari kontak pilihan atau white list.
  2. Face Access
    Face Access sanggup memindai wajah dalam waktu kurang dari satu detik dengan menandai karakteristik wajah yang sudah didaftarkan sebelumnya pada smartphone.

Kelebihan Vivo V9

  • Kamera selfie 24 MP
    Walaupun mempunyai resolusi yang sama dengan V7, tetapi Vivo mengklaim bahwa kualitas kamera 24 MP yang dihasilkan oleh Vivo V9 ini lebih baik. Bahkan sanggup menghasilkan efek bokeh (background blur) dengan instan.
  • Dua kamera utama
    Selain kamera depannya yang bagus, Vivo V9 juga akan dibekali dengan dua kamera utama yang mempunyai kualitas baik. Bahkan dengan adanya dukungan dua kamera ini memungkinkan pemakainya bisa mengambil foto dengan efek bokeh (background blur).
  • Baterai 3.260 mAh
    Vivo V9 sendiri mempunyai baterai yang berkapasitas 3260 mAh sehingga daya tahannya lebih lama dibanding dengan miliki Vivo V7 yang memiliki baterai 3000 mAh. Bisa dibilang daya tahan baterainya pun akan bertahan lama berkat adanya prosesor Snapdragon yang hemat baterai.

Kekurangan Vivo V9

  • Bodi belakang polikarbonat
    Untuk smartphone dengan harga kisaran Rp 3 juta sampai Rp 4 juta, Vivo V9 cuma memakai bodi belakang dengan bahan polikarbonat. Sebaiknya Vivo bisa lebih berusaha lagi untuk menyediakan bodi belakang berbahan logam.
  • Tidak tersedia NFC
    Sekarang teknologi NFC mulai dipakai untuk aktivitas sehari-hari, mulai dari transfer data, cek saldo e-money, sampai pengisian e-money. Sayangnya Vivo tidak membekali V9 dengan teknologi NFC yang seharusnya sudah ada di smartphone kisaran Rp 3 juta sampai Rp 4 juta.
  • Baterai tidak bisa dilepas
    Walaupun baterai non-removable banyak dipakai smartphone masa kini, namun jika baterainya tidak bisa dilepas maka akan menyebabkan masalah ketika smartphone sedang mengalami hang. Walaupun bisa menekan tombol power selama 10 detik ketika hang.

Vivo Y95

Vivo Y95 dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 439 delapan-inti yang di tandem dengan 4GB RAM. Untuk menyimpan file, Y95 mempunyai penyimpanan 32GB yang bisa diperluas dengan microSD sampai 256GB. Vivo Y95 sudah mengadopsi Funtouch OS 4. 5 berbasis Android 8. 1 Oreo.

Vivo Y95 mempunyai layar dengan ukuran sebesar 6,22 inchi, yang memberikan rasio layar-ke-bodi lebih optimal 88,6%. Luas layar ini diklaim jauh lebih besar dibanding dengan layar notch biasa. Cocok untuk konsumen yang‘ gemar’ nonton film maupun bermain game.

Lihat juga:  Pilih Mana: Honor 9X vs 9X Pro

Kamera Vivo Y95

Y95 dibekali dengan Dual Camera, dengan konfigurasi kamera belakang utama beresolusi 13MP dan kamera sekunder yang mempunyai resolusi lebih kecil, hanya 2MP.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas selfie, Y95 membawa konfigurasi kamera depan 20MP yang diklaim bisa menghasilkan foto selfie yang jernih dan detail. Tidak lupa, perusahaan juga sudah menanamkan AI untuk semua konfigurasi kamera pada smartphone ini.

Baterai Vivo Y95

Untuk menunjang pemakaian smartphone, Vivo sudah menanamkan baterai sebesar 4.030mAh yang sudah dilengkapi dengan sistem manajemen daya yang cerdas dan eksklusif. Perihal ini memungkinkan konsumen bisa bermain game dengan waktu yang lebih lama lagi.

Fitur Vivo Y95

  1. Auto Gaming
    Terdapat fitur Auto Gaming yang bisa membuat game tetap berjalan walaupun layar terkunci atau saat konsumen keluar sementara dari game.
  2. Jovi Smart Scene
    Banyak perihal yang bisa konsumen lakukan dengan Jovi ini, antara lain menghitung langkah dan kalori, memberi informasi hal hasil pertandingan olahraga, menyampaikan informasi cuaca, dan mengingatkan konsumen untuk istirahat.

Kelebihan Vivo Y95

  • Fitur gaming mode yang menarik
    Konsumen disuguhkan dengan adanya gaming keyboard yang tersemat pada area diperkecil sehingga tidak mengganggu saat bermain game. Selain itu, dengan Gaming Mode, konsumen dimudahkan dengan opsi fitur-fitur yang ingin dihidupkan atau dimatikan sesuai keinginan tanpa mesti meninggalkan game yang sedang berjalan.
  • Terdapat teknologi AI pada kamera
    Kelebihan vivo Y95 juga ada pada bagian kamera depannya yang sudah dibekali teknologi AI (Artificial Intelligence) yang berfungsi untuk mendeteksi karakter wajah seseorang berdasarkan algoritma AI seperti mengenali warna kulit, usia, jenis kelamin, serta mendeteksi kondisi cahaya sekitar, yang kemudian secara otomatis menyempurnakan tampilan wajah konsumen.
  • Layar FullView Display 6,22 inchi
    Layar berukuran besar 6,22 inchi ultra all screen yang memiliki aspek rasio layar ke body sebesar 88,6% dengan resolusi layar 1520 x 720 HD+ tipe Full incell. Tampilannya yang lebih lebar Ini memungkinkan kenyamanan untuk kamu yang suka game ataupun streaming video yang memang membutuhkan layar luas.

Kekurangan Vivo Y95

  • Tidak ada rating tahan air
    Sesungguhnya design tahan air dan debu bukan suatu kelemahan yang signifikan, cuma saja sebagus dan sesolid apapun design suatu ponsel akan sia-sia pula jika tidak tahan air. Inilah yang jadi salah satu kekurangan vivo y95, yakni tidak memiliki rating tahan air dan debu. Baik itu rating IP67, IP65 maupun IP68.
  • Tidak mendukung USB type-C
    Perbedaan antara USB type-C dengan yang biasa USB 2.0 ke atas yaitu dalam hal kecepatan transfer data antara yang satu dengan yang lainnya. Seperti kirim foto, dokumen atau video dari ponsel ke laptop.
  • Baterai tidak didukung fast charging
    Baterai Vivo Y95 sebenarnya sudah lebih dari cukup dengan kapasitas sebesar 4.030 mAH. Namun yang disayangkan, baterai itu tidak didukung teknologi fast charging ataupun wireless charging.
KeteranganVivo V9 Vivo Y95
Dimensi154.8 X 75.1 X 7.9 mm (6.09 X 2.96 X 0.31 inci) 155.1 x 75.1 x 8.3 mm (6.11 x 2.96 x 0.33 in)
Kamera24 MP, f/2.0, 1080p, Dual 16 MP + 5 MP, f / 2.0, Autofokus fase pendeteksian, Flash dual-LED 13 MP, f/2.2, PDAF 2 MP, f/2.4, depth sensor
RAM4GB4GB
Baterai3.260 mAh4.030 mAh
OSAndroid 8.1 (Oreo) Android 8.1 (Oreo)
HargaRp. 3.500.000-an per Oktober 2019Rp. 2.290.000-an per Oktober 2019

Pilih Mana: Vivo V9 atau Vivo Y95?

Vivo V9Vivo Y95
Kelebihan- Kamera selfie 24 MP - Dua kamera utama - Baterai 3.260 mAh - Fitur gaming mode yang menarik - Terdapat teknologi AI pada kamera - Layar FullView Display 6,22 inchi
Kekurangan- Bodi belakang polikarbonat - Tidak tersedia NFC - Baterai tidak bisa dilepas - Tidak ada rating tahan air - Tidak mendukung USB type-C - Baterai tidak didukung fast charging

Kesimpulan

Setelah kita bahas mengenai Vivo V9 dan Vivo Y95 tadi diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua smartphone ini tentunya mumpuni untuk aktivitas kamu sehari-hari. Namun saya lebih merekomendasikan Vivo Y95 untuk jadi smartphone kamu karena memiliki kapasitas baterai yang lebih besar dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo V9 vs Vivo Y95

VS

Leave a Reply