Smartphone

Pilih Mana: Vivo Y17 atau Vivo Y95?

Saat ini perusahaan smartphone sedang bersaing secara ketat mengeluarkan smartphone yang paling unggul, salah satunya perusahaan Vivo yang kali ini selalu mengikuti tren dengan mengeluarkan smartphone dengan 3 buah kamera pada satu smartphone. Nah, yang kali ini kita bahas mengenai Vivo Y17 dan Vivo Y95 yang sama-sama mempunyai 3 buah kamera keluaran Vivo. untuk mengetahui perbandingan lebih lanjut akan kita bahas pada artikel di bawah ini.

Vivo Y17

Vivo Y17 dibekali dengan layar IPS LCD 6,35 inchi dengan poni minimalis. Resolusinya HD+ 720 x 1544 pixels pada aspek rasion 19,5:9 yang menghasilkan kerapatan pixel sekitar 268 ppi. Walaupun layarnya masih HD dengan ppi dibawah 300 tapi. Visibilitas luar ruang tidak spektakuler, biasa saja, asalkan layar dalam keadaan bersih maka tidak akan menjadi masalah. Hasil warna secara default yang bagus, warnanya terlihat hidup walaupun tidak cukup akurat. Baca juga Pilih Mana: Vivo Y17 atau Redmi Note 7?

Desain Vivo Y17

Vivo Y17 hadir dengan 2 pilihan warna yaitu Mineral Blue dan Pearl Pink. Warna bodinya dibuat bergradasi agar terlihat lebih premium. Di bagian belakang, kamu bisa menemukan ada 3 buah kamera berjejer rapi secara vertikal di sudut kiri atas. Lalu ada juga sensor sidik jari di belakang.

Sementara itu, tampilan depan hp ini didominasi oleh layar seluas 6.35 inci dengan aspek rasio mencapai 19.3 : 9. Layarnya menutupi hingga 89% area depan hp ini. Kemudian untuk desain layarnya sendiri, hp ini memiliki poni berbentuk tetesan air waterdrop screen pada Oppo. Meskipun desain layarnya bagus, namun resolusinya hanya HD+ 1544 x 722 piksel,

Performa Vivo Y17

Vivo Y17 didukung oleh chipset Mediatek MT6765 Helio P35 (12nm) – SoC kelas menengah bawah dari seri Performance Mediatek. SoC ini dapat mencetak skor Antutu sebesar 86.308. Kalau ngejar performance atau spesifikasi tinggi sebenarnya sih menurut saya jangan ke Vivo, karena di harga 3 jutaan Anda bisa dapat Realme 3 Pro atau Redmi Note 7 yang spesifikasinya lebih tinggi dengan skor Antutu diatas 110.000.

Sebagai gantinya Vivo Y17 menawarkan RAM 4GB dan memori internal yang besar dibanding ponsel lain pada harga sama, yaitu 128GB. Secara keseluruhan kalau buat saya yang kebanyakan main sosmed, chat, browsing, dan aplikasi sehari-hari performanya tidak terganggu dan lancar-lancar saja tidak ada kendala.

Vivo Y17 didukung oleh baterai berkapasitas sebesar 5.000mAh, ini cukup monster dan daya tahannya bener-bener saya suka.Untuk pemakaian sehari-hari saya yang sering buka sosmed, chatting, browsing, youtube dan sedikit bermain games karena saya jarang main games, baterainya ini bisa bertahan sampai 2 harian.

Untuk urusan kapasitas baterai, Vivo Y17 ini menjadi nilai positif. Beberapa orang pasti tidak akan kecewa lah dengan ketahanan baterainya. Tapi tentunya ini relatif, tergantung penggunaan masing-masing.

Salah satu kelebihan Vivo Y17 adalah kemampuan pengisian cepat Dual-Engine fast charging-nya. Dengan charger bawaan yang memiliki output max 9V~2A (18 watt), HP ini bisa diisi dari low batt 0-100% dalam waktu sekitar 2 jam.

Vivo Y95

Setelah menghadirkan VivoY91, masih di bulan yang sama Vivo mengeluarkan Y95 di Indonesia. Kendati sama-sama Y series, Vivo Y95 memiliki spesifikasi dan harga lebih tinggi .Vivo Y95 versi Indonesia dibandingkan negara lain menyediakan storage lebih sempit. Penyimpanan internalnya dipangkas menjadi 32GB (dari 64GB).Kendati menyusut, Vivo Y95 tetap dibekali slot microSD untuk ekspansi memori hingga 256GB.

Lihat juga:  Pilih Mana: Rog Phone 2 vs Samsung Note 10 Plus

Desain Vivo Y95

Vivo Y95 memiliki desain notch yang cukup berbeda dengan kebanyakan smartphone sekarang ini. Ponsel ini mengusung poni mini atau yang dikenal dengan waterdrop notch.
Ini merupakan fitur yang berada di ponsel V11 milik Vivo, namun Y95 dibanderol lebih murah. Didalam poni mini tersebut terdapat kamera yang digunakan untuk selfie maupun wefie.

Bagian kanan ponsel, terdapat tombol power disisi bawah dan tombol volume di atasnya. Pada bagian kiri terdapat slot untuk kartu SIM. Sementara itu, bagian bawah terdapat slot micro USB, speaker dan jack audio

Pada bagian belakang, terdapat dual kamera dengan susunan horizontal, bersama dengan fitur flash dan sensor sidik jari pada bagian tengah. Tampilan warna belakang yang mengusung Starry Night juga cukup menarik, pengguna dapat melihat gradasi warna hitam kebiru-biruan yang mengkilap.

Ukuran layar 6,22 inci yang diusung ponsel juga cukup nyaman untuk digenggam dan ukurannya pun ringan. Namun, bagi pengguna harus menggunakan beberapa tambahan aksesoris seperti casing dan tempered glass pasalnya ponsel cepat kotor dengan sentuhan jari.

Performa Vivo Y95

Vivo Y95 memiliki layar dengan ukuran sebesar 6,22 inci, yang memberikan rasio layar-ke-bodi lebih optimal 88,6%. Luas layar ini diklaim jauh lebih besar ketimbang dengan layar notch biasa. Cocok bagi pengguna yang ‘doyan’ nonton film maupun bermain game.

Vivo Y95 dibekali dengan Dual Camera, dengan konfigurasi kamera belakang utama beresolusi 13MP dan kamera sekunder yang memiliki resolusi lebih kecil, hanya 2MP. Selain itu, demi meningkatkan kualitas selfie, Y95 membawa konfigurasi kamera depan 20MP yang diklaim dapat menghasilkan foto selfie yang jernih dan detail. Tak lupa, perusahaan juga sudah menanamkan AI untuk semua konfigurasi kamera pada smartphone ini.

Untuk mendukung penggunaan smartphone, Vivo telah membekali baterai sebesar 4030mAh yang sudah dilengkapi dengan sistem manajemen daya yang cerdas dan esklusif. Hal ini memungkinkan pengguna dapat bermain game dengan waktu yang lebih lama lagi.

Vivo Y95 dilengkapi dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 439 delapan-inti yang didukung dengan 4GB RAM. Untuk menyimpan file, Y95 memiliki penyimpanan 32GB yang dapat diperluas dengan microSD hingga 256GB. Vivo Y95 sudah mengadopsi Funtouch OS 4.5 berbasis Android 8.1 Oreo.

Pilih Mana: Vivo Y17 atau Vivo Y95?

Realme 3Oppo A3S
Kelebihan - Performa yang mumpuni - Memiliki fitur face unlock - Sudah dilengkapi Color OS 6- Memiliki fitur face unlock - Layar lebar dan responsif - Baterai tahan lama
Kekurangan- Pengisian baterai lama - Noda sidik jari mudah menempel - Belum memiliki fitur fast charging - Baterai non-removable

Kesimpulan

Dari artikel di atas telah kita bahas mengenai smartphone Vivo Y17 dan Vivo Y95. dan yang pastinya Vivo membuat kedua produk menyasar pasar yang berbeda dari kedua smartphone tersebut juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing – masing dan juga harga yang berbeda . Jika kalian ingin membeli varian smartphone dengan harga yang lebih murah kalian dapat memilih Vivo Y95 dan jika ingin memiliki fitur yang sedikit lengkap Vivo Y17 dapat menjadi pilihan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y17 VS Vivo Y95

VS

Leave a Reply