Smartphone

Pilih Mana: Vivo Y71 atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Jika kita lihat sepintas, Vivo Y71 dan Xiaomi Redmi 5 Plus terlihat hampir sama. Smartphone ini juga patut dibandingkan karena dirilis dalam jangka waktu yang tidak jauh berbeda dan dengan harga yang hampir sama. Manakah smartphone yang lebih baik? Vivo Y71 atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Pada artikel kali ini, Anda akan melihat beberapa perbedaan antara Vivo Y71 dan Xiaomi Redmi 5 Plus. Perbedaan tersebut dapat Anda lihat dari layarnya, harga, hardware dan spesifikasi lainnya. Agar lebih jelas, Anda bisa menyimak artikel berikut hingga selesai.

Vivo Y71

Vivo Y71 merupakan smartphone yang dirilis oleh brand Vivo pada April 2018. Smartphone ini telah menggunakan OS Android v8.1 OREO dan telah dilindungi corning gorilla glass sehingga layar smartphone ini lebih aman.

Kelebihan Vivo Y71

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y71 yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Utama Lebih Unggul

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo Y71 adalah memiliki kamera utama yang lebih unggul dengan resolusi kamera yang lebih besar. Smartphone besutan Vivo ini memiliki kamera utama dengan resolusi 13 MP sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki kamera utama dengan resolusi 12 MP. Sedangkan untuk kamera depannya, kedua smartphone ini memiliki kamera dengan resolusi yang sama. Selain itu, dikutip dari Tribunnews.com hasil foto semakin tajam dan jernih karena juga sudah dilengkapi Autofocus dan LED flash.

  • Harga Lebih Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y71 adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5 Plus. Bahkan Vivo Y71 ini memiliki harga yang lebih terjangkau daripada dua varian Xiaomi Redmi 5 Plus dengan RAM 3 GB dan RAM 4 GB.

  • Sistem Operasi Lebih Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y71 adalah memiliki sistem operasi yang lebih baik dibandingkan dengan sistem operasi yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus. Vivo Y71 telah menggunakan OS Android v8.1 OREO yang lebih baik daripada Android v7.1 Nougat.

Kekurangan Vivo Y71

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y71 yang perlu Anda ketahui:

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Vivo Y71 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus. Smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 3.60 mAh sedangkan Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki baterai yang lebih besar yakni 4.000 mAh.

  • Resolusi Layar Kurang Baik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo Y71 adalah memiliki layar yang masih kurang baik jika kita bandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus. Vivo Y71 memiliki layar 6 inci dengan resolusi HD+ (1.440 x 720 piksel), berteknologi IPS, dan rasio 18:9. Dengan demikian bisa kita lihat bahwa smartphone ini memiliki layar yang belum full HD dan resolusi yang masih terbatas.

  • Performa Masih Terbatas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y71 adalah memiliki perfoma yang masih terbatas. Vivo Y71 memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core berkecepatan 1,4 GHz, RAM 3 GB, dan storage internal 32 GB. Smartphone ini tidak memberikan variasi pilihan penyimpanan.

Kelebihan Vivo Y71Kekurangan Vivo Y71
- Kamera utama lebih unggul- Kapasitas baterai lebih kecil
- Harga lebih terjangkau- Resolusi layar kurang baik
- Sistem operasi lebih baik- Performa masih terbatas

Xiaomi Redmi 5 Plus

Xiaomi Redmi 5 Plus merupakan salah satu smartphone yang dirilis oleh Xiaomi pada Februari 2018. Smartphone ini menggunakan bahan metal sehingga lebih menarik dan memiliki hardware yang telah mumpuni. Penjelasan lain mengenai Xiaomi Redmi 5 Plus telah kami bahas sebelumnya pada Xioami Mi A1 vs Redmi 5 Plus.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xiaomi Redmi Note 7 atau Samsung M20?

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 Plus

Berikut beberapa Xiaomi Redmi 5 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Resolusi Layar Lebih Baik

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki resolusi layar yang lebih memanjakan dibandingkan dengan resolusi layar yang dimiliki oleh Vivo Y71. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki layar 5,99 inci dengan resolusi yang telah full HD+ (2.160 x 1.080 piksel), berteknologi IPS, aspect ratio 18 : 9.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan Vivo Y71. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki baterai dengan kapasitas 4.000 mAh sedangkan Vivo Y71 memiliki baterai dengan kapasitas 3.360 mAh.

  • Performa Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki performa yang lebih unggul jika dibandingkan dengan Xiaomi Y71. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki prosesor Qualcomm Snapdragon Octa-core 2 GHz. Selain itu, smartphone ini juga memiliki 3 pilihan RAM 3 GB atau 4 GB dan dengan storage internal dengan pilihan 32 GB atau 64 GB.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Utama lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki kamera utama yang lebih kecil dibandingkan dengan Vivo Y71. Meskipun begitu, perbedaan keduanya bisa dikatakan tidak terlalu jauh. Xiaomi Redmi 5 Plus memiliki kamera utama 12 MP dan Vivo Y71 memiliki kamera utama 13 MP. Selain itu, kamera depan kedua smartphone ini memiliki resolusi yang sama, yakni 5 MP.

  • Harga Lebih Mahal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Vivo Y71. Xiaomi Redmi 5 Plus dengan RAM 3 GB dan 4 GB memiliki harga yang lebih mahal dengan rentang harga yang tidak terlalu jauh, berkisar 100 hingga 200 ribu rupiah saja.

  • Sistem Operasi Kurang Baik

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5 Plus adalah memiliki sistem operasi yang kurang update dan kurang baik. Smartphone yang dibesut oleh Xiaommi ini masih menggunakan OS Android v7.1 Nougat sedangkan Vivo Y71 menggunakan Android v8.1 OREO.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5 PlusKekurangan Xiaomi Redmi 5 Plus
- Resolusi layar lebih baik- Kamera utama lebih kecil
- Kapasitas baterai lebih besar- Harga lebih mahal
- Performa lebih baik- Sistem operasi kurang baik

Pilih Mana: Vivo Y71 atau Xiaomi Redmi 5 Plus?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Vivo Y71 dan Xiaomi Redmi 5 Plus. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Vivo Y71Xiaomi Redmi 5 Plus
- Sistem operasi lebih baik- Sistem operasi kurang baik
- Dirilis April 2018- Dirilis Februari 2018
- Kapasitas baterai lebih kecil- Kapasitas baterai lebih besar

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Vivo Y71 dan Xiaomi Redmi 5 Plus dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kedua smartphone yang dirilis oleh dua brand berbeda ini memiliki spesifikasi yang tidak terlalu jauh berbeda. Harga yang ditawarkan keduanya juga tidak terlalu jauh berbeda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y71 vs Xiaomi Redmi 5 Plus

VS

Leave a Reply