Pilih Mana: Vivo Y81 atau Samsung Galaxy J6?

Loading...

Membandingkan smartphone dari brand yang berbeda merupakan sebuah hal yang perlu dilakukan agar kita bisa mengetahui kualitas masing-masing smartphone dan vendornya. Dua smartphone dengan harga hampir sama yang akan dibandingkan kali ini adalah Vivo Y83 dan Samsung Galaxy J6. Manakah yang lebih baik dari kedua smartphone ini? Vivo Y81 atau Samsung Galaxy J6?

Vivo Y81 dan Samsung Galaxy merupakan dua produk yang dirilis oleh Vivo dan Samsung. Kedua vendor smartphone ini selalu berusaha untuk menawarkan smartphone terbaik mereka untuk menjawab kebutuhan pelanggan. Karena itulah, kedua smartphone ini akan kita bandingkan agar mengetahui perbedaan keduanya. Perbedaan kedua smartphone ini bisa Anda lihat pada artikel di bawah ini.

Vivo Y81

Vivo Y81 merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh Vivo pada Juli 2018. Smartphone ini telah memiliki tampang yang kekinian dengan notch pada bagian jidatnya. Penjelasan mengenai Vivo Y81 telah kami bahas sebelumnya pada Vivo Y81 vs Y83. 

Kelebihan Vivo Y81

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y81 yang perlu Anda ketahui:

  • Ukuran Layar Lebih Besar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki ukuran layar yang lebih besar jika kita bandingkan dengan ukuran layar yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6. Smartphone yang dirilis oleh Vivo ini memiliki layar dengan ukuran 6,3 inci sementara Samsung Galaxy J6 hanya memiliki layar dengan ukuran 5,6 inci.

  • Kinerja Lebih Mumpuni

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki kinerja yang lebih baik dan lebih cepat daripada Samsung Galaxy J6. Hal ini dikarenakan smartphone ini telah dibekali dengan hardware yang lebih baik. Smartphone ini didukung oleh Chipset Mediatek Helio P22, CPU Octa-core 2,0 GHz Cortex-A53, GPU PowerVR GE8320.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh samsung galaxy J6. Smartphone ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 3.260 mAh, sementara Samsung Galaxy J6 memiliki baterai dengan kapasitas 3.000 mAh.

Kekurangan Vivo Y81

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y81 yang perlu Anda ketahui:

  • Sensor yang Dimiliki Masih Terbatas

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah memiliki sensor yang masih terbatas. Smartphone ini belum dibekali dengan sensor finger print dan sensor face unlock. Sementara Samsung Galaxy J6 telah menggunakan sensor finger print.

  • Tidak Dilengkapi Fitur Fast Charging

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Karena hal itulah, Anda memerlukan waktu yang relatif lama dalam mengisi baterai agar bisa terisi penuh.

  • Masih Menggunakan Material Polycarbonat

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y81 adalah masih menggunakan bahan polycarbonat sehingga tampilan kurang menarik. Selain kekurangan yang kami sebutkan di atas, Vivo Y81 memiliki kerapatan layar yang lebih kecil dibandingkan Samsung Galaxy J6, kamera depan smartphone ini juga memiliki megapixel yang lebih kecil.

Loading...
Kelebihan Vivo Y81Kekurangan Vivo Y81
- Ukuran layar lebih besar- Sensor yang dimiliki masih terbatas
- Kinerja lebih mumpuni- Tidak dilengkapi fitur fast charging
- Kapasitas baterai lebih besar- Masih menggunakan material polycarbonat

Samsung Galaxy J6

Samsung Galaxy J6 merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh Samsung pada Mei 2018. Smartphone ini telah menggunakan OS yang terbaru yakni Android v8.1 OREO. Selain itu, smartphone ini juga telah disematkan sensor finger print. Dikutip dari Kompas.com Samsung akan mempersiapkan seri baru Galaxy J6 dengan spesifikasi yang lebih tinggi.

Kelebihan Samsung Galaxy J6

Berikut beberapa kelebihan Samsung Galaxy J6 yang perlu Anda ketahui:

  • Kerapatan Layar Lebih Tinggi

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki layar dengan kerapatan pixel yang lebih tinggi jika kita bandingkan dengan kerapatan pixel layar yang dimiliki oleh Vivo Y81. Ponsel pintar yang dirilis oleh Samsung ini memiliki kerapatan pixel layar sebesar 293ppi sementara Vivo Y81 memiliki kerapatan pixel layar sebesar 270ppi.

  • Megapixel Kamera Depan Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki megapixel kamera yang lebih besar. Samsung Galaxy memiliki kamera depan dengan megapixel 8 MP sementara Vivo Y81 memiliki kamera dengan megapixel sebesar 5 MP. Karena itulah, Samsung Galaxy J6 lebih unggul daripada Vivo Y81.

  • Memiliki Sensor Finger Print

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J5 adalah telah dibekali dengan sensor finger print sehingga Anda akan lebih mudah saat akan membuka kunci smartphone ini. Sementara kompetitornya belum memiliki sensor finger print.

Kekurangan Samsung Galaxy J6

Berikut beberapa kekurangan Samsung Galaxy J6 yang perlu Anda ketahui:

  • Kinerja Biasa Saja

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh samsung Galaxy J6 adalah memiliki kinerja yang biasa saja. Jika dibandingkan dengan Vivo Y81, maka kinerja Vivo Y81 lebih baik jika kita bandingkan dengan Samsung Galaxy J6. Smartphone ini didukung dengan Chipset Exynos 7870, CPU Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53, GPU Mali T830MP1.

  • Tampilan Masih Tertinggal

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki tampilan yang masih tertinggal. Dilihat dari tampilannya, Samsung J6 memang kalah dibandingkan dengan Vivo Y81 yang lebih kekinian dengan notch yang ada di jidatnya.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Samsung Galaxy J6 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Vivo Y81. Smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, sementara Vivo Y81 memiliki baterai berkapasitas 3.260 mAh.

Kelebihan Samsung Galaxy J6Kekurangan Samsung Galaxy J6
- Kerapatan layar lebih tinggi- Kinerja biasa saja
- Megapixel kamera depan lebih besar- Tampilan masih tertinggal
- Memiliki sensor finger print- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Vivo Y81 atau Samsung Galaxy J6?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Vivo Y81 dan Samsung Galaxy J6. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Vivo Y81Samsung Galaxy J6
- Kapasitas baterai lebih besar- Kapasitas baterai lebih kecil
- Belum memiliki sensor finger print- Memiliki sensor finger print
- Tampilan lebih baik- Tampilan kurang baik
- Cek harga Vivo Y81 online termurah, Klik di sini- Cek harga Samsung Galaxy J6 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Vivo Y81 dan Samsung galaxy J6 di atas, dapat kita lihat bahwa kedua smartphone ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan harga yang relatif sama dan tidak terlalu jauh berbeda kedua smartphone ini dapat dijadikan pilihan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, kami lebih menyarankan Anda untuk memilih Vivo Y81.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y81 vs Samsung Galaxy J6

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *