Pilih Mana: Vivo Y83 atau Oppo A3S?

Loading...

Dua smartphone yang telah memiliki tampilan kekinian karena telah disematkan di notch di jidatnya dan ditujukan untuk kalangan menengah antara lain yaitu Vivo Y83 dan Oppo A3S. Kedua smartphone dari vendor berbeda ini memiliki target pasar yang serupa. Lantas, manakah smartphone yang lebih baik? Vivo Y83 atau Oppo A3S?

Meskipun telah hadir lebih dahulu di pasaran, Vivo Y83 memiliki performa yang lebih baik daripada Oppo A3S. Selain itu, banyak pula hal lain yang berbeda dari kedua smartphone ini. Perbedaan tersebut dapat Anda simak pada artikel di bawah ini.

Vivo Y83

Vivo Y83 merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh Vivo pada Mei 2018. Smartphone ini telah dibekali dengan hardware yang mumpuni dan dilengkapi dengan sensor finger print dan face unlock untuk keamanannya. Penjelasan mengenai Vivo Y83 telah kami bahas sebelumnya pada Vivo Y71 vs Vivo Y81.

Kelebihan Vivo Y83

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

  • Kinerja Lebih Gesit

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kinerja yang lebih gesit atau lebih cepat jika kita bandingkan dengan kinerja yang dimiliki oleh Oppo A3S. Hal ini dikarenakan Vivo Y83 telah menggunakan hardware yang lebih mumpuni dan lebih gesit sehingga mendukung kinerja dengan baik. Smartphone ini dibekali dengan Chipset Mediatek Helio P22, CPU Octa-core 2,0 GHz Cortex-A53, dan GPU PowerVR GE8320.

  • Kapasitas RAM Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kapasitas RAM yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas RAM yang dimiliki oleh Oppo A3S. Smartphone ini telah dibekali dengan RAM berkapasitas 4 GB sementara Oppo A3S hanya memiliki RAM dengan kapasitas 2 GB.

  • Memiliki Sensor Finger Print

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah telah dibekali dengan sensor finger print sehingga akan lebih memudahkan Anda dalam membuka kunci smartphone tersebut. Tidak hanya itu, Vivo Y83 juga telah dibekali dengan sensor face unlock. Dengan demikian, smartphone Anda dapat terproteksi lebih aman.

Kekurangan Vivo Y83

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

  • Masih Menggunakan Material Polycarbonat

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah masih menggunakan material polycarbonat pada perangkatnya. Hal ini tentunya membuat penampilan smartphone ini menjadi kurang menarik. Apalagi saat ini telah banyak smartphone yang menggunakan material metal sehingga lebih baik.

  • Hanya Menggunakan Single Kamera

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah masih menggunakan single kamera pada perangkat ini dan megapixel kamera utama yang dimiliki lebih kecil dibandingkan megapixel kamera utama yang dimiliki oleh Oppo A3S. Jika dilihat dari kamera yang digunakan, Oppo A3S lebih baik daripada Vivo Y83.

Loading...
  • Baterai Berkapasitas Minim

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Oppo A3S. Smartphone ini hanya dibekali dengan baterai berkapasitas 3260 mAh sementara Oppo A3S memiliki baterai yang berkapasitas Li ion 4230 mAh.

Kelebihan Vivo Y83Kekurangan Vivo Y83
- Kinerja lebih gesit- Masih menggunakan material polycarbonat
- Kapasitas RAM lebih besar- Hanya menggunakan single kamera
- Memiliki sensor finger print- Baterai berkapasitas minim

Oppo A3S

Oppo A3S merupakan sebuah smartphone yang dirilis oleh Oppo pada Juli 2018. Smartphone ini memiliki kamera utama yang telah dual kamera sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik. Selain itu, dikutip dari Kumparan.com Oppo A3S memiliki harga yang cukup terjangkau.

Kelebihan Oppo A3S

Berikut beberapa kelebihan Oppo A3S yang perlu Anda ketahui:

  • Kamera Utama Telah Dual Kamera

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki kamera utama yang telah dual kamera. Perangkat ini memiliki kamera utama dengan resolusi 13 MP + 2 MP. Karena itulah, smartphone ini mampu memberikan hasil gambar yang sangat baik.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih besar jika kita bandingkan dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Vivo Y83. Smartphone ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4230 mAh sementara Vivo Y83 memiliki baterai dengan kapasitas 3260 mAh.

  • Memiliki Sensor Face Unlock

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah telah dibekali dengan sensor face unlock. Smartphone ini akan mendeteksi wajah orang yang membuka kunci smartphone Anda apakah telah sesuai dengan wajah penggunanya. Sensor yang dimiliki oleh Oppo A3S ini mampu membuat smartphone Anda lebih aman.

Kekurangan Oppo A3S

Berikut beberapa kekurangan Oppo A3S yang perlu Anda ketahui:

  • RAM Berkapasitas Minim

Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki RAM dengan kapasitas yang lebih kecil daripada kapasitas RAM yang dimiliki oleh Vivo Y83. Smartphone ini hanya dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB sementara Vivo Y83 hanya dibekali dengan RAM berkapasitas 4 GB.

  • Tidak Dilengkapi Sensor Finger Print

Sebenarnya Oppo A3S telah dibekali dengan sensor face unlock untuk keamanan perangkatnya. Namun smartphone ini belum dilengkapi dengan pengaman berupa sensor finger print yang lebih praktis dan lebih cepat dibandingkan dengan sensor face unlock.

  • Kinerja Kurang Gesit

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Oppo A3S adalah memiliki kinerja yang kurang gesit dibandingkan dengan kinerja yang dimiliki oleh Vivo Y83. Hal ini dikarenakan hardware yang disematkan pada perangkat ini memang lebih kecil daripada Vivo Y83. Harware yang digunakan yaitu Chipset Snapdragon 450, CPU Octa-core 1,8 GHz Cortex-A53, dan GPU Adreno 506.

Kelebihan Oppo A3SKekurangan Oppo A3S
- Kamera utama telah dual kamera- RAM berkapasitas minim
- Kapasitas baterai lebih besar- Tidak dilengkapi sensor finger print
- Memiliki sensor face unlock- Kinerja kurang gesit

Pilih Mana: Vivo Y83 atau Oppo A3S?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Vivo Y83 dan Oppo A3S. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Vivo Y83Oppo A3S
- Kinerja lebih gesit- Kinerja sedikit lebih lambat
- RAM berkapasitas 4 GB- RAM berkapasitas 2 GB
- Kamera utama single kamera 13 MP- Kamera utama dual kamera 13 MP + 2 MP
- Cek harga Vivo Y83 online termurah, Klik di sini - Cek harga Oppo A3S online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Vivo Y83 dan Oppo A3S dapat kita lihat bahwa keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Vivo Y83 memiliki hardware dan kapasitas penyimpanan yang lebih baik. Namun, jika dilihat dari kameranya, maka Oppo A3S memiliki megapixel kamera yang lebih baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Y83 vs Oppo A3S

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *