Elektronik

Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020?

Jika anda sedang mencari smartphone untuk kebutuhan bermain game, browsing internet dan anti lelet dan lag, Kami memiliki dua pilihan terbaik yaitu Vivo Z1 Pro dan Oppo A9 2020. Kedua smartphone ini memiliki harga dan spesifikasi yang unggul di kelasnya.

Jika kalian bingung, smartphone mana yang sebenarnya menjadi unggulan dan layak dipilih? Simak dulu perbandingan lengkapnya di artikel dibawah ini!

Vivo Z1 Pro atau Oppo A9

Vivo Z1 Pro

Vivo Z1 Pro merupakan ponsel Vivo terbaru yang diperuntukan untuk orang yang memiliki mobilitas tinggi namun tidak meninggalkan aspek performa gaming dan fotografi. Baca juga Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Vivo S1?

Vivo Z1 Pro didesain dengan memadukan lengkungan 3D, sehingga pengguna akan merasa nyaman ketika menggenggam Vivo Z1 Pro. Hadir dalam dua varian warna yaitu Sonic Blue dan Sonic Black.

Sebagai smartphone kelas menengah ke atas, Vivo juga menyematkan spesifikasi hardware yang cukup kencang, yakni chipset Snapdragon 712 dan RAM berkapasitas 6 GB atau 4 GB. Berikut spesifikasi lengkap dari Vivo Z1 Pro:

Spesifikasi Vivo Z1 Pro

Desain
Smartphone ini hadir dengan konsep desain yang beda dari smartphone Vivo sebelumnya yang telah hadir di Indonesia. Vivo Z1 Pro menggunakan desain Ultra O Screen atau punch hole yang menempatkan kamera depan pada lubang layar yang terletak pada sisi kiri atas layar.

Bezel sekeliling layar Vivo Z1 Pro ini cukup tipis dan nyaris bezelless seperti Vivo V15. Tetapi, bezel bahwa Vivo Z1 Pro ini sedikit agak tebal. Casing belakangnya terbuat dari polikarbonat dengan finishing glossy yang menawan. Saat terkena cahaya, casing belakang Vivo Z1 Pro mampu menghasilkan pantulan cahaya yang dinamis dan menawan.

Performa Vivo Z1 Pro
Smartphone ini sudah ditenagai oleh chipset kelas premium keluaran terbaru, yakni Qualcomm Snapdragon 712 octa-core yang tak lain adalah refreshment dari Snapdragon 710. Penggunaan chipset atau SoC kelas premium ini cukup mengejutkan Laptophia karena selama ini Vivo terkenal agak pelit soal pemilihan SoC di jajaran smartphone andalannya.

Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020

Vivo Z1 Pro adalah  salah satu smartphone andalan para gamer di kelas 3 juta-an berkat dukungan Qualcomm Snapdragon 712 AIE SDM712 yang mengusung prosesor octa-core 64-bit yang terdiri dari dual-core Kryo 360 Gold 2,3GHz dan hexa-core Kryo 360 Silver 1,7GHz dan dibekali dengan memori RAM sebesar 4GB, serta diperkuat grafis tangguh dari GPU (Graphics Processing Unit) Adreno 616.

Kelebihan Vivo Z1 Pro

  • Memiliki kapasitas baterai yang besar
    Kapasitas baterai Realme 3 Pro ditopang baterai 4.045 mAh yang dibantu fitur VOOC 3. 0 baru dengan energi pengisian 20W (5V4A). Dengan fitur VOOC 3. 0, proses pengisian daya Realme 3 Pro cukup kilat hanya membutuhkan durasi 80 menit dalam kondisi dibawah 20% hingga 100%.
  • Performa yang cukup tangguh
    Realme 3 Pro dibekali dengan chipset Snapdragon 710. Dengan menggunakan chipset “flagship menengah” ini, Realme 3 Pro menawarkan kinerja yang sangat baik, baik disisi CPU maupun GPU-nya. Bahkan, dengan ketangguhan kinerjanya, Realme 3 Pro termasuk smartphone menengah ke bawah pertama yang dapat digunakan untuk bermain game Fortnite.
  • Dilengkapi dengan sistem operasi terkini
    Vivo Z1 Pro dibekali dengan sistem operasi Android 9.0 Pie dan Funtouch Os 9. Funtouch OS juga mengantarkan beberapa perubahan desain, mulai dari tampilan UI lebih mirip dengan iOS, hingga apps Action yang memudahkanmu dalam melakukan tugas sehari-hari.

Kekurangan Vivo Z1 Pro

  • Tidak dilengkapi dengan gorilla glass
    Kekurangan pertama yaitu Vivo Z1 Pro memang tak dibekali dengan Gorilla Glass besutan Corning dan mengusung pelindung layar buatan pabrikan lain. Meski begitu, ada kemungkinan juga Vivo memberi pelindung layar Gorilla Glass, namun versi yang lebih lama. Akan tetapi, soal keamanan layar, kamu bisa menutupinya dengan memberikan tempered glass berkualitas.
  • Masih menggunakan port microUSB
    Tidak menggunakan port USB Type-C sebenarnya masih biasa bagi Vivo. Biasanya untuk menekan harga atau karena charger dengan port USB Type-C masih belum terlalu populer. Namun, fakta kalau banyak smartphone yang harganya lebih murah dari smartphone ini sudah menghadirkan USB Type-C, tentu sektor ini jadi kekurangan Vivo Z1 Pro tersendiri.
  • Belum dilengkapi dengan NFC
    Untuk sebagian pengguna ponsel pintar, NFC mungkin dirasa kurang bisa dimanfaatkan. Tetapi untuk beberapa yang lain teknologi tersebut memang dibutuhkan. Sebagai smartphone kelas menengah, tidak ada salahnya bila teknologi NFC dibenamkan pada Realme 3 Pro. Hal itu bisa menjadi nilai jual tertentu untuk kalangan khusus yang telah mulai menilai pentingnya NFC pada suatu smartphone.

Oppo A9 2020

Oppo resmi meluncurkan seri terbarunya yaitu A9 2020 di Indonesia. Anggota terbaru di keluarga seri A ini mengusung segudang peningkatan dari model terdahulunya (Oppo A5s).

Bukan lagi mengusung spesifikasi yang standar, Namun Oppo A9 2020 dibekali dengan fitur-fitur terkini. Mulai dari 4 kamera, RAM besar, baterai raksasa dengan USB Type C, sampai chipset kencang Snapdragon. Bahkan, fitur yang hanya ada di perangkat premium Reno, juga dihadirkan Oppo di produk A9 2020 yaitu Dolby Atmos dengan dual speaker, serta reverse charging. Berikut spesifikasi lengkap dari Oppo A9 2020:

Lihat juga:  Pilih Mana: Realme 5i vs Redmi Note 8

Spesifikasi Oppo A9 2020

Desain

Pilihan warna yang menarik yang di siapkan Oppo yakni Mica Green, Ice Jade White dan Fluorite Purple bakalan membuat smartphone ini tampil sangat menarik.

Sedangkan pada bagian depan smartphone ini akan menggunakan desain layar dengan notch yang membuatnya terlihat semakin menarik dan elegan.

Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020

Pada bagian layar pada smartphone ini kalian akan menemukan smartphone ini hadir dengan layar yang sangat lebar yakni 6.53 Inchi. Dimana layar tersebut merupakan layar dengan panel IPS dengan resolusi FULL HD+ 1080X2340 pixels perfoma layarnya sangat mengesankan.

Selain lebar namun memiliki desain yang proposional karena menggunakan aspek rasio layar 19.5:9 Rasio Sehingga sangat mempuni untuk digunakan bermain game ataupun menonton Video.

Performa
Performa dari smartphone Oppo A9 2020 ini dipastikan lebih lancar dan mulus jika dibandingkan seri A sebelumnya. Pasalnya, ponsel ini merupakan seri A pertama yang menggunakan Snapdragon seri 6 besutan Qualcomm.

Chipset Snapdragon 665 ini dibangun dengan prosesor 8-core 64-bit, yang terdiri dari 4-core Cortex-A73 dan 4-core Cortex-A53.

Digabungkan dengan RAM 8GB LPDDR4x dan penyimpanan 128GB UFS 2.1, Jadi, pasti pengguna akan merasa lancar saat multi-tasking di smartphone, bahkan bermain game berat sekalipun. Terlebih, penyimpanannya dapat diekspans melalui kartu microSD sampai 256GB.

Kelebihan Oppo A9 2020

  • Performa tangguh untuk bermain game
    Oppo A9 2020 ini dibekali dengan spesifikasi Adreno 610 dan Snapdragon 665, Oppo A9 2020 juga dilengkapi fitur Touch Boost dan Frame Boost.  Fitur Frame Boost sendiri berguna untuk meminimalisir latensi dan lag akibat sinyal yang lemah, sedangkan Touch Boost untuk meningkatkan sensitivitas respons sentuhan layar saat bermain game.
  • Kapasitas baterai besar
    Dari akses multimedia, gaming, hingga kamera dapat ditunjang dengan adanya kapasitas baterai yang besar Li-Po sebesar 5.000 mAh. Baterai ini juga dibekali dengan fitur Reverse Charging untuk penghematan dan alur baterai yang fleksibel.
  • Memori besar dan memiliki kualitas layar terbaik
    Smartphone Oppo A9 2020, memori internal sebanyak 128 GB ditawarkan untuk menunjang kegiatan yang beragam, baik dari bermain game, hasil foto kamera dan kebutuhan aplikasi. Tidak hanya memori juga layar masih menjadi nilai yang ditonjolkan dari Oppo A9 2020. Meskipun hanya beresolusi HD+, layar perangkat satu ini diperkuat dengan teknologi IPS dan sunlight screen.

Kekurangan Oppo A9 2020

  • Tidak ada fitur NFC
    Oppo A9 2020 masih belum membawa fitur NFC. Memang tidak menjadi suatu keharusan untuk menghadirkan fitur tersebut, di samping harganya yang mahal. Tetapi, sebuah smartphone akan lebih berfungsi dengan kehadiran fitur NFC, apalagi dengan pertukaran data yang sangat cepat di era serba modern saat ini.
  • Resolusi standar
    Kekurangan lainnya yaiti, OppoA9 2020 menempatkan panel beresolusi HD+ (1.600 x 720 piksel) dalam layar 6,5 incinya. Padahal dengan harga yang dibandrolnya hampir mendekati Rp 4 jutaan, smartphone lainnya dengan harga tersebut sudah bersaing ketat dengan menghadirkan resolusi yang lebih tinggi.
  • Tidak ada fitur VOOC
    Terakhir kekurangan pada Oppo A9 2020  yaitu, fitur VOOC yang menjadi andalan Oppo dalam berbagai macam perangkat andalannya tampaknya tidak hadir pada perangkat ini. Padahal fitur ini akan sangat membantu saat mengisi daya ke baterai Oppo A9 2020 yang sangat besar itu.
SpesifikasiVivo Z1 ProOppo A9 2020
PerformaSnapdragon 712 MediaTek Helio P70
Penyimpanan 64 GB 128 GB
Kamera 16MP + 8MP + 2MP 16 MP + 2 MP
Baterai 5000 mAh 4020 mAh
Ram 4 GB 4 GB
Ui Kustom Funtouch OS ColorOS
Grafik Adreno 616 Mali-G72 MP3

Pilih Mana: Vivo Z1 Pro atau Oppo A9 2020?

Vivo Z1 ProOppo A9 2020
Kelebihan- Memiliki kapasitas baterai yang besar - Performa yang cukup tangguh - Dilengkapi dengan sistem operasi terkini - Performa tangguh untuk bermain game - Kapasitas baterai besar - Memori besar dan memiliki kualitas layar terbaik
Kekurangan- Tidak dilengkapi dengan gorilla glass - Masih menggunakan port microUSB - Belum dilengkapi dengan NFC - Tidak ada fitur NFC - Resolusi standar - Tidak ada fitur VOOC

Kesimpulan

Dapat kita tarik kesimpulan bahwa Vivo Z1 Pro dan Oppo A9 2020 memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri, Namun jika kalian mencari smartphone dengan resolusi kamera besar hingga 48MP tanpa terlalu memikirkan prosesor dan layar yang lega, maka Oppo A9 2020 dapat mendijadi pilihan yang tepat. Tetapi, untuk kalian yang mencari resolusi layar yang tajam dan luas, prosesor generasi terbaru plus adanya sokongan baterai besar yang dilengkapi fast charging Vivo Z1 Pro dapat menjadi pilihanmu. Semoga bermanfaat!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Vivo Z1 Pro vs Oppo A9 2020

VS

Leave a Reply