Elektronik

Pilih Mana: Water Heater Ariston atau Modena?

Pemanas air / water heater merupakan alat yang menggunakan proses termodinamika dengan menggunakan sumber energi untuk memanaskan air di atas suhu awal. Saat ini di kota besar alat pemanas air yang banyak ditemui dan dijual dalam berbagai merk seperti Ariston atau Modena.

Jika kalian ingin menggunakan water heater tapi masih bingung memilih yang mana diantara Ariston atau Modena ? Jangan khawatir, dalam artikel kali ini kami akan membahas lebih lanjut water heater Ariston dan Modena. Selain itu kami juga memberikan informasi beberapa tipe water heater yang ada. Selamat membaca!

Water Heater Ariston

Ariston merupakan nama yang sudah diakui untuk produk pemanas dan pemanas air menawarkan  desain khas Itali, efisiensi dan solusi berkualitas untuk kenyamanan hidup bagi semua orang di dunia.

Ariston adalah merek dagang milik Ariston Thermo Group company, pemimpin global dalam bidang thermo.

Berkat keahlian skala global yang dimilikinya serta pemahaman yang dalam terhadap kebutuhan konsumen, Ariston telah memenangkan kepercayaan jutaan keluarga di dunia selama lebih dari 50 tahun, dan hadir di lebih dari 150 negara.

Para ahli dan profesional mengapresiasi langkah Ariston untuk mendesain ulang rangkaian produknya agar lebih mudah dan cepat untuk  diinstal dan dirawat. Baca juga Pilih Mana: AC Daikin atau AC LG?

Water Heater AristonHarga Per September 2019
Ariston Andris AN 30 R 500WRp 2.350.000
Ariston - Slim 20 Liter 200 watt - Electric Water HeaterRp 3.000.000
Ariston - Pro R 50 L 1200 Watt - Electric Water HeaterRp 2.845.800

Kelebihan Water Heater Ariston

  • Menggunakan daya listrik rendah
    Ariston merupakan pemanas air pertama di Indonesia yang hadir dengan daya listrik rendah 350 watt, Produk Ariston ini memungkinkan penggunanya untuk memakai peralatan rumah tangga lain dalam waktu bersamaan seperti AC, TV dan Microwave.
  • Dilengkapi dengan teknologi dan material unggul
    Sudah menggunakan teknologi Flexomix dan daya tahan ekstra karena elemen pemanas berbahan tembaga. water heater Ariston ini merupakan hasil rancangan Umberto Palermo, seorang designer Italia yang sangat terkenal untuk produk mewah.
  • Dibekali fitur canggih
    Fitur canggih dari Water Heater Ariston ini yaitu New and Modern Design, Compact and Space Saving yang dapat menghemat banyak ruang, Hot Shower Ready Indicator yang berfungsi untuk memberikan sinyal kepada pengguna bahwa suhu sudah siap digunakan serta Time Saving yang dapat menghemat energi.

Kekurangan Water Heater Ariston

  • Biaya yang cukup mahal
    Biaya yang dikeluarkan untuk operasional Unit Water Heater jenis ini cukup mahal harganya jika dibandingkan dengan lainnya
  • Ketersediaan air panas yang terbatas
    Menyesuaikan dengan tabung yang anda gunakan, selain itu Unit Water Heater ini juga hanya bersifat pribadi. Jadi hanya kamar mandi kalian yang dapat menggunakannya.
  • Jasa instalasi dari water heater ini sangat jarang
    Karena tukang AC dan Ledeng tidak semua dapat memasang Water Heater jenis ini, namun beberapa vendor terkemuka sudah menyiapkan teknisi yang siap memasang dirumah kalian.

Modena

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia yang mulai memiliki kesadaran akan gaya hidup sehat, PT Modena Indonesia menghadirkan inovasi baru melalui produk Water Heater Modena Snella ES 20SR.

Pada Tahun 2003 Modena memperkenalkan produk water heater melengkapi lini produk cleaning.

Salah satu produk water heater Modenya yaitu Modena Casella ES 10D yang bertenaga listrik dengan lapisan anti karat productnationAlat dengan kapasitas 10 liter ini memiliki dimensi cukup besar, 397x380x335 mm.

Modena memiliki daya listrik 250 watt, yang dapat memanaskan air hingga suhu 75 derajat celcius. Kamu akan mendapatkan air hangat bertekanan 0.75mpa melalui pipa berukuran 0.5 inci.

Salah satu fiturnya meliputi tangki yang dilapisi porselen titanium dan enamel yang membuatnya anti karat. Instalasi listriknya juga dilapisi bahan yang sama untuk menghindari korsleting listrik.

Water Heater ModenaHarga Per September 2019
Modena RAPIDO GI 6A V Rp 1.150.000
Modena TONDO ES 30 V Rp 2.000.000
Modena TONDO ES 10 V Rp 1.500.000

Kelebihan Modena

  • Sistem pengamanan berlapis
    Kelebihan pertama yaitu water heater Modena memiliki kinerja mumpuni dengan sistem pengamanan berlapis. Water heater gas berkapasitas 10 liter ini dilengkapi teknologi Overheating Safety Device yang berfungsi membatasi suhu air agar tidak terjadi overheat, sehingga terhindar dari resiko terkena air dengan suhu yang sangat tinggi.
  • Dilengkapi dengan Flame Out Safety
    Flame Out Safety guna menutup aliran gas secara otomatis ketika api yang memanaskan air, padam. Water heater berwarna stainless ini juga disertai teknologi Auto Cut Off yang berfungsi menutup aliran gas secara otomatis disaat water heater aktif selama 20 menit namun tanpa intervensi, untuk mencegah resiko buruk ketika pengguna lupa mematikan unit.
  • Memiliki filter yang mampu menyaring kotoran
    Selain itu water heater Modena ini memiliki fitur Oxygen Depletion Safety (ODS) yang bisa mematikan water heater secara otomatis ketika terjadi kekurangan oksigen di dalam kamar mandi. Kemudian, air yang dipakai untuk keperluan mandi terasa lebih bersih karena Rapido GI 10 S memiliki filter yang mampu menyaring kotoran yang terkandung dalam air sebelum masuk ke water heater.
Lihat juga:  Pilih Mana: PlayStation 4 atau 4 Pro?

Kekurangan Modena

  • Pengisian air panas pada bak mandi cukup lama
    Air panas yang dihasilkan dari kran cukup lama jika diukur seberapa besar air yang masuk kedalam tabung water heater, air panas yang dihasilkan dari unit water heater ini sebesar 6 Liter/menit. Maka jika kalian hendak mandi dengan air hangat dalam bak mandi, kalian harus menghabiskan banyak waktu untuk mengisi air hangat dalam bak mandi tersebut.
  • Membutuhkan daya listrik yang besar
    Kebanyakan  sebuah pemanas air tanpa tangki membutuhkan daya atau power sebesar 3000 watt atau lebih dengan voltase sekitar 220V/50Hz. Besarnya daya yang dibutuhkan adalah salah satu kelemahan dari pemanas air model ini.
  • Temperatur air kadang tidak konsisten
    Sekalipun hal tersebut sangat bergantung pada beberapa aspek, namun tidak sedikit merk Modena pemanas air ini memiliki temperaturnya cenderung tidak konsisten. Untuk mengatasinya,kalian harus membeli sebuah pemanas air yang menawarkan jumlah GPM (Galon Per Menit) yang tinggi.

Beberapa Tipe Water Heater

1. Electric Water Heater
Electric Water Heater merupakan alat pemanas air yang mengandalkan energy listrik dikenal dengan water heater listrik atau pemanas listrik. Begitu banyak beredar merk electric water heater, bisa didapatkan di toko toko sanitary dengan harga sangat terjangkau, seperti : electric water heater Ariston, water heater modena. Electric water heater banyak dipakai di rumah tinggal sebagai sarana untuk mandi air panas, hotel, apartement, rumah sakit, villa, dll.

2. Gas Water Heater
Gas Water Heater yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energy gas elpiji, dikenal dengan pemanas air gas , biaya gas elpiji relatif murah, dan kecepatan panas cukup tinggi. Banyak dipakai untuk rumah tinggal, hotel, dan villa.

3. Boiler Water Heater
Boiler Water Heater yaitu alat pemanas air mengandalkan energy boiler,  banyak digunakan untuk kebutuhan air panas dengan kapasitas besar dengan suhu cukup panas kisaran 80 derajat sampai 100 derajat celcius. Bahkan ada yang menghasilkn uap, dikenal dengan nama steam boiler.

Air panas yang dihasilkan diatas suhu 100 derajat celcius dan kebanyakan boiler water heater dan sistem boiler digunakan untuk proses industri, banyak dipakai dipabrik – pabrik yang membutuhkan air panas dengan suhu tinggi, bahkan memerlukan uap panasnya.

Boiler Water Heater digunakan pada hotel – hotel besar untuk memenuhi kebutuhan air panas di kamar2, keperluan kitchen, dan air panas untuk laundry, yang semuanya membutuhkan air panas dengan jumlah besar.

4. Solar Water Heater
Solar Water Heater yaitu alat pemanas air yang mengandalkan energy surya matahari yang dikenal dengan istilah pemanas air tenaga surya , karena menghasilkan air panas, kalau solar sell menghasilkan listrik . Untuk negara Indonesia yang terletak digaris khatulistiwa didaerah tropis, dimana panas matahari sangat mudah didapat.

Pada umumnya alat ini dilengkapi dengan pemanas cadangan (elektrik heater). Produk ini sangat trend di Indonesia, banyak beredar merk pemanas dari tenaga surya, baik produk import maupun produk buatan dalam negeri.

Pilih Mana: Water Heater Ariston atau Modena?

Water Heater AristonModena
Kelebihan- Menggunakan daya listrik rendah - Dilengkapi dengan teknologi dan material unggul - Dibekali fitur canggih - Sistem pengamanan berlapis - Dilengkapi dengan Flame Out Safety - Memiliki filter yang mampu menyaring kotoran
Kekurangan- Biaya yang cukup mahal - Ketersediaan air panas yang terbatas - Jasa instalasi dari water heater ini sangat jarang - Pengisian air panas pada bak mandi cukup lama - Membutuhkan daya listrik yang besar - Temperatur air kadang tidak konsisten

Kesimpulan

Pada artikel di atas sudah kita bahas mengenai water heater Ariston dan Modena, dapat pula kita tarik kesimpulan bahwa keduanya memilki fitur yang canggih dan mempunyai keunggulannya masing-masing. Seperti pada water heater Ariston yang dilengkapi dengan teknologi dan material unggul. Sedadangkan water heater Modena dilengkapi dengan beberapa fitur canggih yaitu Flame Out Safety guna menutup aliran gas secara otomatis ketika api yang memanaskan air, padam. Oleh sebab itu, dapat kalian pilih kedua water heater antara Ariston dan Modena sesuai dengan kebutuhan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Water Heater Ariston vs Water Heater Modena

VS

Leave a Reply