BeautyKecantikanKesehatanLayanan

Pilih Mana: Watson atau Century?

Indonesia saat ini sudah hadir cukup banyak drugstore yang menjual berbagai kosmetik dan produk kesehatan secara lengkap. Mereka pun tersebar di sejumlah pusat perbelanjaan. Seperti Watsons dan Century, Keduanya menjadi pesaing drugstore yang ketat, Produk yang di jual dari Watsons dan Century juga tidak berbeda jauh.

Pastinya banyak dari kalian yang bingung perbedaan dari keduanya, Pada artikel kali kita akan membandingkan keduanya, Apa saja kelebihan dan kekurangan dari Watsons dan Century  tersebut. Yuk langsung saja disimak!

Watsons

Watsons merupakan pengecer produk kecantikan dan kesehatan yang terkemuka di Asia, yang pada saat ini mengoperasikan lebih dari 5.200 toko dan lebih dari 1.400 apotik di 12 pasar di Asia dan Eropa, termasuk Hong Kong, Cina Daratan, Taiwan, Macau, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Indonesia, Korea, Turki dan Ukraina.

Watsons adalah merek farmasi/apotik No. 1 di Asia. Di Eropa, Watsons merupakan pengecer produk kesehatan dan kecantikan di Ukraina. Watsons merupakan merek kesehatan dan kecantikan yang memimpin dari A.S. Watson Group.

Watsons selalu menetapkan standar di pasar kesehatan, kebugaran dan kecantikan, dengan memberikan nasihat dan penyuluhan yang bersifat pribadi pada bidang kesehatan, kecantikan dan perawatan pribadi sebagai tambahan bagi ragam produknya yang memimpin di pasar, yang membuat para pelanggan tetap tampil sehat setiap harinya. Baca juga Pilih Mana : Watsons atau Guardian?

Kelebihan Watson

  • Banyak promo menarik
    Watsons  juga menawarkan banyak promo-promo yang sangat menarik bisa didapatkan via online saja dan yang mempunyai kartu member. Dimulai dari diskon up to 70%, Hot Deals, Spesial Satu, Spesial Dua, hingga info produk terlaris di Watsons.
  • E-Commerce & Mobile aplikasi Watsons
    Watsons mempunyai e-commerce & mobile aplikasi Watsons yang artinya kalian sudah dapat membeli produk-produk yang ada di Watsons secara online. Hal ini juga memberikan dampak positif bagi Watsons, karena para konsumen akan sangat terbantu dari berbagai aspek seperti waktu, tenaga, dll. Dampak positif lain yang dapat diambil adalah kelengkapan barang yang tersedia.
  • Gratis ongkos kirim
    Bagi kalian yang akan berbelanja di Watsons tidak perlu khawatir dengan ongkos kirim karena Watsons menawarkan promo gratis biaya kirim dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Kekurangan Watson

  • Produk obat-obatan kurang lengkap
    Salah satu yang menjadi kekurangan Watsons adalah produk obat-obatannya yang kurang bervariasi . Watsons dinilai memiliki kelengkapan produk makeup dari berbagai merek jika dibandingkan dengan Watson Namun, Jika bersaing dengan kelengkapan produk obat-obatan dari Century, Watson masih terbilang kurang lengkap.
  • Harga produk relatif mahal
    Selain kurang bervariasi, produk-produk di Watsons dinilai lebih mahal dibandingkan produk yang dijual di Century. Meskipun begitu, Watsons sering mengadakan promo bahkan sampai diskon 70%.
  • Gratis ongkir hanya di jawa dan bali
    Promo gratis biaya pengiriman ternyata hanya berlaku bagi pelanggan yang berdomisili di Jawa & Bali. Hal ini sedikit menyulitkan untuk pelanggan yang berada di luar pulau Jawa dan Bali.

Century

PT Perintis Pelayanan Paripurna atau yang dikenal dengan sebutan Century Healthcare merupakan perusahaan ritel yang bergerak di bidang farmasi.

PT Perintis Pelayanan Paripurna atau yang dikenal dengan sebutan Century Healthcare ini berdiri sejak tahun 1993 dan memiliki jaringan apotek yang tersebar di seluruh Indonesia.

Outlet-outlet Century pun hadir di mall-mall, gedung perkantoran, apartemen, perumahan dan tempat pelayanan umum lainnya guna memenuhi kebutuhan konsumennya. Perusahaan yang berkomitmen untuk memberikan kesehatan secara utuh kepada masyarakat ini, selama dua dekade menjadikannya sebagai salah satu pelopor ritel kesehatan dan kecantikan di Indonesia.

Kelebihan Century

  • Bebas dari resiko obat palsu
    Kelebihan pertama Century yaitu bebas dari resiko obat palsu, karena Century merupakan store yang terpercaya dan selalu menjaga kualitas obat-obatan untuk konsumen dan mempunyai jaminan obat yang tersedia di Century sudah di uji coba dan pasti asli.
  • Menerima resep dokter
    Century juga  menerima resep dokter, jika rumah kalian jauh dari apotik dan dekat dengan Century kalian bisa menebus resep dokter langsung,
  • Harga ramah dikantong
    Century menawarkan beberapa produk kesehatan dan kecantikan dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan Watson. Namun, untuk kualitas Century juga tidak kalah dengan Watson.

Kekurangan Century

  • Produk kecantikan yang kurang lengkap
    Dibandingkan dengan Watson yang banyak pilihan produk kecantikan seperti makeup dan skincare. lain halnya dengan Century, Meskipun Century juga menjual produk makeup dan kesehatan namun yang paling menonjol pada Cnetury yaitu produk kesehatannya.
  • Tidak didukung dengan aplikasi e-commerce
    Walaupun Century mempunyai web resmi, namun produk dan tampilan web sangat tidak efektif untuk kita berbelanja, jadi jika ingin berbelanja di Century kita harus datang langsung, Namun di Tokopedia kalian juga dapat menemukan toko Century.
  • Promo yang sedikit
    Meskipun harga produk Century dibandrol lebih murah dibandingkan dengan Watson, namun Century jarang mengadakan promo menarik.
KeteranganWatsons Century
BrandWatsons Century
Nama perusahaanPT Duta Intidaya Tbk , Melalui perizinan tunggal dan eksklusif dengan A.S. Watson Group Hero Group dan dinaungi oleh Dairy Farm
Tahun berdiri Tahun 2006 hadir Indonesia Tahun 1993

Keunggulan Berbelanja di Drugstore

1. Makeup yang mudah dibeli
Drugstore merupakan  istilah Amerika untuk produk kosmetik dengan harga relatif murah yang dirancang untuk menjaring pasar yang luas. Sehingga menggunakan platform jualan yang umumnya mudah ditemukan oleh calon konsumen. Di Amerika, salah satunya adalah toko obat, karena mudah dijangkau dan ada di mana-mana.

Dengan kata lain, Drugstore ini adalah makeup dan keperluan harian yang dibuat secara masal, harganya relarif murah, dan mudah dicari di berbagai toko.

Kalau di Indonesia, beberapa drugstore makeup import bisa dibeli di swalayan besar atau toko obat modern seperti Watsons dan Century, dan toko sejenis lainnya. Sementara drugstore makeup lokal bisa kita beli di toko kelontong sampai swalayan.

2. Harga lebih ekonomis
Selain gampang ditemukan karena menyediakan berbagai kebutuhan perlengkapan sehari-hari seperti produk kecantikan dan makeup, harga drugstore makeup relatif terjangkau dan diasosiasikan sebagai makeup murah.

Jika kalian mau mencoba dan memilih mana yang kualitasnya paling baik jika dibandingkan dengan harganya. Kalian dapat menanyakan dengan ke karyawan yang bekerja disana, mereka juga sangat informatif dalam menjelaskan masing-masing produk. Ini hanya berlaku jika kalian berbelanja langsung ya.

3. Mudah membandingkan harga
Jika kalian berbelanja secara online produk yang ada tersebar banyak pada situsnya, kalian dapat memilih produk secara bebas. Saat kita merasa ragu bahwa di situs yang satunya, harganya cukup besar. Kita bisa mencoba melihat situs satunya yang lain dan dapat membandingkan harga.

Karena Watson dan Century menyediakan berbagai produk yang hampir sama jadi kita mudah dalam membandingkan harga dari keduanya. Jika kalian ingin membandingkan keduanya terlebih dahulu sebaiknya kalian bervelanja secara online ya, karena jika kalian ke store nya langsung pasti akan memakan banyak waktu.

4. Lebih banyak pilihan
Watson dan Century merupakan drugstore yang menyediakan berbagai macam produk sehari-hari dari produk makeup dan kesehatan, Oleh sebab itu jika kalian berbelanja di drugstore kalian tidak perlu ke berbagai tempat untuk membeli beberapa barang, karena di drugstore biasanya menyediakan produk dengan lengkap. Watson dan Century menjual beberapa jenis kategori barang misalnya : 

  • Pharmaceutical ( Medicine – obat-obatan)
  • Personal care ( Hair care, soap, body Fragrance, Facial Care, skin care, dll)
  • Paper Product ( tissue, sanitary napkins dll)
  • dll.

Pilih Mana: Watson atau Century?

WatsonCentury
Kelebihan- Banyak promo menarik - E-Commerce & Mobile aplikasi Watsons - Gratis ongkos kirim - Bebas dari resiko obat palsu - Menerima resep dokter - Harga ramah dikantong
Kekurangan- Produk obat-obatan kurang lengkap - Harga produk relatif mahal - Gratis ongkir hanya di jawa dan bali - Produk kecantikan yang kurang lengkap - Tidak didukung dengan aplikasi e-commerce - Promo yang sedikit

Kesimpulan

Saat ini drugstore sangat membantu kita dalam berbelanja kebutuhan makeup maupun obat-obatan, seperti yang kita bahas pada artikel di atas mengenai kedua drugstore Watson dan Century,  dapat kita tarik kesimpulan bahwa keduanya mempunyai keunggulannya masing-masing. Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa Watson sangat lengkap dengan produk makeupnya sedangkan Century lebih lengkap dengan produk kesehatannya. Oleh sebab itu, dapat kalian sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian ya!

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Watson VS Century

VS

Leave a Reply