KesehatanLayanan

Pilih Mana : Watsons atau Guardian?

Jika Anda kebetulan sedang jalan-jalan ke beberapa mall besar, mungkin Anda akan menjumpai salah satu dari dua toko yaitu Guardian atau Watsons. Kedua jenis retailer ini dikelompokan dalam sebuah grup khusus yaitu “Drug Store” atau dikelompokan dalam “Speciality Store”. Kedua brand toko tersebut menjual beberapa kategori jenis barang yaitu pharmaceutical (obat-obatan), personal care (hair care, soap, body fragrance, facial care, skin care, dll), paper product (tissue, sanitary napkins, dll), dll.

Kedua brand toko ini biasanya mengkhususkan diri hanya pada kategori produk yang terkait dengan health and beauty. Berikut kami membahas perbedaan antara Watsons dan Guardian sebagai berikut, yuk simak!

Watsons

Watsons merupakan retail yang menjual produk kesehatan dan kecantikan. Watsons sudah memiliki cukup banyak branch yang tersebar di Indonesia. Watsons berada di bawah naungan PT Duta Intidaya Tbk yang mana toko pertama Watsons sudah didirikan sejak tahun 2006. Saat ini, Watsons telah mengoperasikan lebih dari 5200 toko dan lebih dari 1.400 apotik di 12 pasar Asia dan Eropa seperti Hongkong, Cina Daratan, Taiwan, Macau, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Indonesia, Korea, Turki, dan Ukraina. Baca juga Pilih Mana : Transmart atau Hypermart?

Kelebihan Watsons

Berikut kelebihan Watsons yang perlu Anda ketahui :

  • E-Commerce & Mobile Aplikasi Watsons

Baru-baru ini Watsons melaunching e-commerce & mobile aplikasi Watsons yang artinya Anda sudah dapat membeli produk-produk yang ada di Watsons secara online. Hal ini tentu memberikan dampak positif bagi Watsons, karena para konsumen akan sangat terbantu dari berbagai aspek seperti waktu, tenaga, dll. Dampak positif lain yang dapat diambil adalah kelengkapan barang yang tersedia. Berbeda halnya jika Anda datang ke salah satu toko Watsons, namun barang yang diinginkan sedang out of stock. Dengan online, semua barang dari brand-brand yang terdapat di Watsons semuanya lengkap dan tersedia.

  • Promo Eksklusif

Watsons menawarkan promo-promo yang sangat eksklusif dan hanya bisa didapatkan via online saja. Dimulai dari diskon up to 70%, Hot Deals, Spesial Satu, Spesial Dua, hingga info produk terlaris di Watsons.

  • Gratis Ongkos Kirim

Bagi Anda yang akan berbelanja di Watsons tak perlu khawatir dengan ongkos kirim karena Watsons menawarkan promo gratis biaya kirim dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Kekurangan Watsons

Berikut kekurangan Watsons yang perlu Anda ketahui :

  • Produk Kurang Bervariasi

Salah satu yang menjadi kekurangan Watsons adalah produk yang kurang bervariasi. Watsons dinilai memiliki kelengkapan produk dari berbagai merek jika dibandingkan dengan Guardian. Namun, baru-baru ini Watsons mengeluarkan produk perawatan kulit berbahan organik yang berbahan natural dari alam, dapat Anda baca selengkapnya di Kompas.com.

  • Harga Produk Relatif Mahal

Selain kurang bervariasi, produk-produk di Watsons dinilai lebih mahal dibandingkan produk yang dijual di Guardian. Meskipun begitu, Watsons sering mengadakan promo bahkan sampai diskon 70%.

  • Gratis Ongkir Hanya di Jawa dan Bali

Promo gratis biaya pengiriman ternyata hanya berlaku bagi pelanggan yang berdomisili di Jawa & Bali. Hal ini sedikit menyulitkan untuk pelanggan yang berada di Indonesia selain domisili Jawa dan Bali.

Kelebihan WatsonsKekurangan Watsons
- E-Commerce & mobile aplikasi Watsons- Produk kurang bervariasi
- Promo eksklusif- Harga produk relatif mahal
- Gratis ongkos kirim- Gratis ongkir hanya di jawa dan bali

Guardian

Guardian merupakan retail kesehatan dan kecantikan terkemuka di Indonesia yang tidak hanya menyediakan obat-obat apotek, tetapi juga produk kesehatan dan kecantikan untuk masyarakat di Indonesia. Guardian telah hadir di Indonesia sejak tahun 1990, dan sekarang sudah mencapai lebih dari 300 outlet di bawah PT Hero Supermarket Tbk yang tersebar di seluruh Indonesia.

Kelebihan Guardian

Berikut kelebihan Guardian yang perlu Anda ketahui :

  • Harga Produk Murah

Dibandingkan dengan pesaingnya Watsons, Guardian memiliki harga produk yang lebih murah. Selain murah, Guardian memiliki promo paling terkenal yaitu “+1000 get two”. Promo ini hanya ditawarkan oleh Guardian, dimana jika Anda membeli 1 produk, Anda bisa mendapatkan 2 produk sekaligus hanya dengan menambah Rp. 1.000 dari harga produk tersebut.

  • Koleksi Produk Lengkap

Guardian diklaim memiliki berbagai koleksi produk kesehatan dan kecantikan yang sangat lengkap mulai dari merek hingga variasi merek tersebut. Produk yang ditawarkan Guardian bukan hanya produk yang berada di pasaran, tetapi juga produk eksklusif yang unik dan tidak dimiliki oleh pesaing lain serta produk tersebut merupakan produk impor yang kualitasnya sangat terjamin.

  • Pelayanan Juara

Guardian memiliki pelayanan yang patut diacungi jempol. Guardian memiliki karyawan yang teredukasi dan sangat mengenal produk-produk yang dijual sehingga karyawan tidak hanya dapat melayani konsumen tetapi juga dapat menjelaskan serta memberikan konsultasi terkait penggunaan suatu produk.

Kekurangan Guardian

Berikut kekurangan Guardian yang perlu Anda ketahui :

  • Belum Tersedia Dalam Mobile Aplikasi

Sayangnya, Guardian belum tersedia dalam mobile aplikasi seperti pesaingnya Watsons. Guardian hanya menyediakan e-commerce via website yang dinilai kurang praktis dibandingkan mobile aplikasi.

  • Tidak Tersedia Member Card

Saat ini Guardian belum memiliki member card, sementara ini Group corporate ini menyediakan kartu Permata Hero Card yang bekerjasama dengan Bank Permata dengan banyak benefit khusus untuk costumer.

  • Sulit Ditemukan

Guardian sulit ditemukan karena biasanya hanya terdapat di dalam mall-mall besar. Guardian memiliki segmen dan target pasar khusus yang mana produknya tidak di konsumsi oleh seluruh masyarakat Indonesia. Maka dari itu, Guardian hanya membuka cabang di beberapa tempat yang masyarakatnya merupakan target Guardian, sehingga Guardian terbilang lamban dalam memperbanyak cabang toko.

Kelebihan GuardianKekurangan Guardian
- Harga produk murah- Belum tersedia dalam mobile aplikasi
- Koleksi produk lengkap- Tidak tersedia member card
- Pelayanan juara- Sulit ditemukan

Pilih Mana : Watsons atau Guardian?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Watsons dan Guardian. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan antara Watsons dan Guardian tersebut pada tabel berikut ini :

WatsonsGuardian
- E-Commerce & mobile aplikasi Watsons- Belum tersedia dalam mobile aplikasi
- Produk kurang bervariasi- Harga produk murah
- Harga produk relatif mahal- Koleksi produk lengkap

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai perbedaan Watsons dan Guardian dapat disimpulkan bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun kami lebih merekomendasikan Guardian karena harga produk murah dan koleksi produknya lengkap.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Watsons vs Guardian

VS

Leave a Reply