Home

Pilih Mana: Wavin atau Rucika?

Agar kita selalu mendapatkan air bersih dari sumber atau sumur tentunya kita membutuhkan saluran pipa yang memiliki kualitas baik dan tahan lama. Saat ini sudah banyak produsen pipa air yang meluncurkan beberapa produknya, seperti Wavin dan Rucika.

Wavin dan Rucika adalah merk pipa air yang sudah berpengalaman puluhan tahun menyalurkan air ke rumah-rumah, kantor dan beberapa bangunan lainnya. Masyarakat Indonesia pun saat ini sudah mengandalkan salah satu dari kedua merk tersebut sebagai saluran pipa andalannya.

Artikel ini akan mengulik lebih dalam mengenai detail Wavin dan Rucika beserta kelebihan kekurangan mereka masing-masing. Yuk simak terus Selera.id!

Wavin

Wavin Duta Jaya sebagai perusahaan pemegang merek dagang produk Wavin Internasional di Indonesia berdiri sejak tahun 1973. Sebagai perusahaan dengan resmi, produk yang ditawarkan PT Wavin Duta Jaya berada di bawah pengawasan/ lisensi Wavin BV Holland. Wavin BV Holland sendiri merupakan salah satu produsen pipa PVC terbesar di dunia dengan fasilitas produksi yang tersebar di seluruh Eropa.

Pengalaman selama lebih dari seperempat abad dan dukungan teknis penuh dari Wavin BV Holland sudah secara konsisten menghasilkan kualitas hasil produksi yang prima.

Wavin menyediakan beraneka ragam rangkaian lengkap pipa serta fitting dengan dengan merk dagang Wavin dan Rucika. Semua produk didesain dan dibuat untuk memenuhi segala kebutuhan saluran instalasi perpipaan.

Pengalaman puluhan tahun membuat Wavin banyak terlibat dalam hal pemasok ratusan ribu kilometer pipa dan ribuan fitting dari berbagai jenis untuk dipasang di jaringan air minum jutaan rumah tangga di Indonesia.

Tenaga ahli Wavin siap memberikan penjelasan dan pelatihan untuk membantu masalah yang dihadapi pengguna saat pemasangan di lapangan. Selain itu, layanan purna jual Wavin selalu dapat diandalkan untuk mengatasi tiap permasalahan saluran instalasi pipa. Baca juga Pilih Mana: Pompa Air Panasonic atau Pompa Air Shimizu?

Kelebihan Wavin

  • Higienis
    Sistem perpipaan pipa Wavin sudah memenuhi standar internasional mengenai Higienis nya, maka dari itu pipa PPR Wavin Tigris Green memenuhi standar untuk transportasi air minuman, dan sudah teruji tidak menimbulkan resiko terhadap kesehatan.
  • Ringan
    Ringan merupakan unggulan selanjutnya, kata ini amat simpel namun sangat bersinergi. Sebagian Pipa Wavin terbuat dari Material Polypropylene Random (PPR) type 3 yang mempunyai sifat ringan sehingga memudahkan dalam segi transportasi dan instalasi.
  • Daya antar panas yang rendah
    Seluruh material pada pipa ini memiliki sifat rambat panas yang rendah sehingga bisa menyimpan panas lebih lama tanpa mesti dilapisi selubung penahan panas.

Kekurangan Wavin

  • Sensitif pada sinar matahari langsung
    Pada dasarnya pipa Wavin ini tahan sampai suhu 60 derajat celcius, namun bila terlalu sering terhampar sinar matahari maka perihal itu bisa menyebabkan kerusakan pada pipa Wavin tidak dapat dihindari. Untuk itulah sebaiknya pipa Wavin ditanam didalam tanah ketimbang di lingkungan luar.
  • Tidak sesuai untuk menyalurkan air panas
    Kekurangan berikutnya yaitu pipa Wavin tidak sesuai untuk menyalurkan air panas. Pipa Wavin sendiri berbahan food grade dan aman sehingga sering dipilih untuk menyalurkan aluminium dan air dengan suhu yang normal.
  • Tidak cocok untuk menyalurkan limbah
    Limbah umumnya tidak terdiri dari zat cair saja melainkan juga zat padat. Pada saat pemasangan pipa Wavin umumnya akan terjadi lipatan di dalam dan di luar pipa Wavin. Nah jika kamu memakainya untuk menyalurkan limbah maka saluran akan tersendat, karena limbah bisa membuat saluran macet terutama pada bagian lipatan pipa.

Berikut ini adalah daftar ukuran dan harga dari pipa Wavin per Oktober 2019

InchmmAWD
1-1/4″ 42Rp 58.900 Rp 37.000
1-1/2″48Rp 67.600Rp 41.800
2″ 60Rp 86.500 Rp 53.600
2-1/2″76Rp 126.200Rp 72.400

Rucika

Rucika merupakan produk pipa dan fitting plastik uPVC (unplasticized polyvinyl chloride) pertama dengan standard Japanese Industrial standard (JIS) di Indonesia. Hadir dengan bahan premium, Produk ini menawarkan sistem saluran tahan sampai 10 tahun dengan dukungan lebih dari 300 ragam sambungan.

Rucika hadir dan sudah menjadi pilihan produk pipa uPVC sejak 30 tahun lalu di Indonesia. Material premium, membuat Pipa PVC ini menjadi opsi dan standar kebanyakan produk pipa uPVC lain di industri material Indonesia.

Beragam kebutuhan bisa dipakai dengan memakai produk pipa dan aksesoris Rucika. Mulai dari kebutuhan saluran air hujan, air kotor, air bersih sampai ventilasi udara bisa memakai produk terbaik pipa Rucika.

Lihat juga:  Pilih Mana: Bimoli atau Tropical?

Kelebihan Rucika

  • Memakai bahan aditif
    Faktor sinar UV (Ultra Violet) pada sinar matahari sering berpengaruh dan menurunkan kualitas material PVC. Pipa PVC ini dibuat dengan bahan aditif khusus sehingga tahan terhadap pengaruh sinar UV dalam jangka waktu lama.
  • Memiliki varian untuk pipa air bersih dan air buangan
    Produk Rucika dibuat dalam 2 tipe, yakni tipe AW dan tipe D. Aplikasi kedua jenis tipe ini sesuai untuk saluran bertekanan sampai saluran tidak bertekanan. Cocok untuk saluran air bersih sampai air buangan.
  • Dibuat dengan bahan isolator
    Selain untuk saluran air, produk ini juga didesain dengan bahan isolator yang baik sehingga cocok untuk selubung kabel listrik. Sebab tidak menimbulkan api.

Kekurangan Rucika

  • Kalah populer dengan Wavin
    Kekurangan pertama yang dimiliki oleh Rucika adalah merk ini masih kalah populer dengan Wavin. Orang tentu akan lebih memilih merk yang sudah terkenal seperti Wavin ketimbang merk yang belum dikenalnya. Hal ini tentu menjadi kekurangan tersendiri untuk Rucika.
  • Harga lebih mahal
    Kekurangan kedua yang dimiliki oleh Rucika adalah harga yang lebih mahal. Jika dibandingkan dengan Wavin, Rucika cenderung memiliki harga yang sedikit lebih mahal.
  • Kurang baik jika terpapar sinar matahari secara langsung
    Kekurangan yang terakhir adalah kurang baik jika terpapar sinar matahari secara langsung sama seperti Wavin. Untuk itu sebaiknya pipa Rucika ditanam di dalam tanah agar memberikan performa secara maksimal.

Berikut ini adalah daftar ukuran dan harga dari pipa Rucika per Oktober 2019

InchmmAWD
1-1/4″ 42Rp 64.800Rp 40.700
1-1/2″48Rp 74.400Rp 46.000
2″ 60Rp 95.200 Rp 59.000
2-1/2″76Rp 138.900 Rp 79.700

Tips membersihkan pipa air yang tersumbat

1. Dengan memakai bahan kimia
Salah satu bahan kimia yang bisa dipakai untuk mengatasi sumbatan di pipa saluran air yaitu soda api. Soda api ini memiliki sifat basa yang dapat menghancurkan sumbatan. Ada banyak jenis soda api di pasaran seperti berbentuk bubuk, cair atau berbentuk kristal kecil. Yang perlu diingat, baca dulu aturan pakai pada kemasan.

2. Dengan memakai bahan alami
Tidak hanya memakai bahan kimia, saluran yang tersumbat juga bisa diatasi dengan memakai bahan alami. Perihal ini dipilih dengan alasan biasanya bahan alami ini ramah dengan alam. Apa saja bahannya? Siapkan cuka, soda kue, dan air mendidih.

Tuangkanlah secangkir soda kue ke dalam lubang pipa yang tersumbat. Setelah itu tuangkan 2 cangkir air yang mendidih sebagai pendorong soda kue supaya sampai pada pusat yang tersumbat. Tunggulah beberapa menit sebelum menuangkan lagi 2 cangkir soda kue.

Tuangkan juga cuka sebanyak 2 cangkir. Terakhir, tutuplah lubang saluran pipa air yang tersumbat tersebut. Umumnya akan terjadi reaksi munculnya buih dan suara gemuruh dari sumber sumbatan. Tunggu sampai buih nya menghilang. Untuk menuntaskan prosesnya, tuangkan lagi 2 cangkir air panas.

3. Membongkar pipa
Bila memang kedua cara sebelumnya telah dicoba dan tidak ada hasilnya, mungkin berarti penyumbatannya sudah dalam kondisi parah. Maka perihal yang perlu dilakukan adalah melepas atau membongkar saluran air tersebut. Setelah dibongkar, dorong atau hilangkan kotoran yang mungkin menyumbat.

Pilih Mana: Wavin atau Rucika?

Wavin Rucika
Kelebihan- Higienis - Ringan - Daya antar panas yang rendah - Memakai bahan aditif - Memiliki varian untuk pipa air bersih dan air buangan - Dibuat dengan bahan isolator
Kekurangan- Sensitif pada sinar matahari langsung - Tidak sesuai untuk menyalurkan air panas - Tidak cocok untuk menyalurkan limbah - Kalah populer dengan Wavin - Harga lebih mahal - Kurang baik jika terpapar sinar matahari secara langsung

Kesimpulan

Setelah kita membahas mengenai Wavin dan Rucika diatas, dapat disimpulkan bahwa kedua merk saluran pipa terkenal ini memiliki kualitas yang baik dan tentunya diselingi beberapa kekurangan juga di dalamnya. Tentukan pipa air kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wavin vs Rucika

VS

Leave a Reply