BeautyKecantikan

Pilih Mana: Waxing atau Laser Hair Removal?

Perawatan tubuh saat ini banyak cara dan metodenya, banyak sekali tempat kecantikan yang dapat kamu temukan di sekitar tempat kamu tinggal. Seperti zaman sekarang banyak perawatan tubuh yang modern yang bisa kamu coba. Seperti Waxing dan Laser Hair Removal. Apakah kamu tahu mengenai Waxing dan Laser Hair Removal? Perawatan wajah seperti apakah keduanya? Apa manfaat untuk tubuh? Nah, disini saya akan membahas pengertian dari kedua perawatan tubuh hingga manfaat dan kekurangan dari Waxing dan Laser Hair Removal tersebut. Baca penjelasannya dibawah ini ya.

Waxing

Waxing adalah pola penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di-wax tidak akan tumbuh kembali hingga 2-9 minggu. Beberapa bagian tubuh yang memerlukan wax adalah alis, wajah, ketiak, lengan, punggung, perut dan kaki. Jika waxing dilakukan secara teratur, akan terdapat kemungkinan rambut menghilang secara permanen. Namun waxing adalah cara yang menyakitkan, dan akan gatal pada proses penumbuhan rambutnya. Baca juga Pilih Mana: Lulur atau Body Scrub?

Pada umumnya waxing dipraktikkan hanya dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Kemudian menempelkan handuk atau kain kasa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut. Tetapi, terdapat juga waxing yang tidak menggunakan teknik seperti di atas. Dalam kasus tertentu, khususnya untuk yang mempunyai warna kulit sensitif, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain, tetapi hal ini membutuhkan perizinan ahli kecantikan terlebih dahulu.

Manfaat Waxing

Waxing Sebagai Exfoliating
Waxing sendiri memiliki dampak pengelupasan pada kulit lama kamu. Tentunya, hal ini bisa membuat kulit kamu menjadi lebih halus karena kulit mati akan terangkat bersamaan dengan bulu kaki atau tangan yang tercabut akibat proses pelilinan. Setelah melakukan waxing disarankan untuk menggunakan lotion guna mengurangi efek perih atau kemerahan.

Bulu atau Rambut yang Tumbuh Tidak Lebat
Ketika folikel berhenti sejenak menumbuhkan bulu atau rambut, maka biasanya pada saat bulu atau rambut tumbuh kembali ukurannya akan jauh lebih kecil, lebih lembut dan juga halus sehingga ketika tumbuh kembali tidak akan lebat.

Memperlambat Pertumbuhan Bulu Baru
Melakukan waxing bisa membuat proses pertumbuhan bulu baru menjadi lama. Hal ini dikarenakan, waxing sanggup menarik hingga akar bulu yang kamu waxing. Sehingga Kamu akan mendapatkan kulit halus tanpa bulu dalam jangka durasi yang lama.

Tidak Meninggalkan Ruam di Kulit
Biasanya bila kamu menghilangkan bulu atau rambut halus dengan cara dicukur atau dicabut, pasti akan meninggalkan bekas ruam pada kulit. Sementara bila melakukan waxing, ruam pada kulit bisa diminimalisir.

Cepat dan Nyaman
Melenyapkan bulu atau rambut dengan cara waxing juga cenderung cepat dan nyaman. Walaupun bulunya tumbuh lebih lama, tetapi proses waxing berjalan dengan cepat sehingga waktu kamu untuk menjalankan aktivitas yang lain menjadi lebih efisien.

Kekurangan Waxing

Waxing dapat menyakitkan ketika strip dihapus dari kulit. Meskipun rasa sakit ini tidak tahan lama, tetapi akan sangat terasa, terutama di daerah yang lebih sensitif. Kelemahan lain untuk waxing adalah masalah mahalnya biaya untuk melakukan waxing. Ketika waxing dihapus melawan arah pertumbuhan rambut, strip lilin bisa mengganggu pangkal rambut, menyebabkan rambut mulai tumbuh di arah yang berbeda.

Untuk hal itu dapat menimbulkan pertumbuhan rambut menjadi lebih terlihat. Tetapi, hal ini tidak akan terjadi jika waxing dilakukan dengan benar. Oleh karena itu Ladies, sebelum melakukan Waxing pastikan kalau area yang akan di waxing tidak mempunyai luka, seperti jerawat atau ruam kulit. Kamu dapar Waxing di tempat kecantikan seperti Martha Tilaar.

Laser

Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation atau sinar yang dikuatkan dari stimulus emisi atau pancaran radiasi. Laser adalah sebuah alat yang menghasilkan pancaran cahaya radiasi elektromagnetik yang koheren, intensitas tinggi, mudah diarahkan, dan memiliki lintasan lurus.

Cahaya yang koheren adalah sinar-sinarnya dapat memberikan bukit dan lembah secara bersamaan setiap waktu(sama fasa). Pembentukan laser terjadi jika suatu atom yang berada pada tingkat eksitasi disinari dengan foton tertentu yang sesuai sehingga terangsang dan turun ke tingkat energi yang lebih kecil dengan memancarkan foton cahaya tertentu juga.

Sinar radiasi ini dapat berasal dari cahaya inframerah, cahaya tampak, atau ultraviolet. Seperti Laser hair removal merupakan metode perawatan menghilangkan bulu-bulu halus di tubuh. Laser hair removal dapat dilakukan untuk bagian tubuh manapun, tetapi tidak efisien jika digunakan pada bulu yang berwarna terang atau pirang. Umumnya bagian tubuh yang sangat sering diminta untuk dihilangkan bulunya meliputi punggung, dada, perut, dan kaki.

Perawatan ini menggunakan pancaran sinar yang kuat untuk menghancurkan akar bulu, tetapi tidak mematikan folikel-folikel rambut pada kulit. Dengan begitu pertumbuhan rambut akan berhenti dan rambut pun rontok secara alami. Laser hair removal tidak bersifat permanen. Jadi, rambut kamu bisa berkembang lagi sehabis pemeliharaan. Walaupun umumnya perkembangan rambut baru akan lebih lembut dan dengan warna yang lebih pudar.

Manfaat Laser Hair Removal

Walaupun laser hair removal tidak menghilangkan rambut selamanya, namun akan ada perbandingan secara drastis dalam mengurangi perkembangan rambut, dan kamu tidak butuh mencukur setiap minggu, bahkan sampai berbulan-bulan. Kamu dapat melakukan laser hair removal di mana saja di badan. Kaki, punggung, ketiak, bagian kewanitaan, perut, wajah, tidak ada batasannya.

Masalah tingkat rasa sakit, laser hair removal memang sakit, namun tidak sesakit waxing. Para teknisi biasanya memakai es untuk membantu memati rasakan area sebelum dan sesudah perawatan laser, atau menggunakan numbing cream, sehingga tidak akan terasa sakit sama sekali.

Kekurangan Laser Hair Removal

Prosesnya panjang. Sesi penghilangan rambut dengan cara dilaser di ketiak membutuhkan durasi kurang dari satu menit. Tetapi, diperlukan beberapa tahap untuk melihat hasilnya serta Kamu biasanya harus menunggu 6 minggu di antara perawatan tanpa mencukur. Biayanya cukup mahal. Berbeda dengan harga pencukur rambut atau waxing, biayanya berkali-kali lipat lebih mahal.

Karena kontras antara warna kulit dan warna pigmen di folikel rambut adalah apa yang memungkinkan laser untuk dengan mudah memilih apa yang akan ditargetkan, laser hair removal bekerja paling baik pada kulit yang cerah dengan rambut gelap. Pada pasien dengan warna kulit yang lebih gelap, kulit dengan kaya pigmen bersaing dengan folikel rambut untuk laser pada saat dia bekerja.

Ini tidak berarti itu untuk tipe kulit yang lebih gelap laser hair removal tidak akan bekerja. Jika dilakukan oleh teknisi yang tidak berpengalaman, laser hair removal dapat meninggalkan luka bakar atau sisa luka pada kulit. Sayangnya, prosedur perizinan bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lain, serta terkadang tidak terdapat persyaratan sama sekali.

Waspadai tempat laser yang tidak meyakinkan dan pastikan untuk dokter yang akan kamu datangi mempunyai akta resmi serta beroperasi di tempat resmi. Pemeliharaan laser tidak dianjurkan di sekolah kedokteran, jadi dokter yang melakukan perawatan laser juga membutuhkan pelatihan dan sertifikasi.

Pilih Mana: Waxing atau Laser Hair Removal?

Waxing Laser Hair Removal
Kelebihan - Waxing sebagai exfoliating - Bulu atau rambut yang tumbuh tidak lebat - Memperlambat Pertumbuhan Bulu Baru- Lebih mudah prosesnya karena menggunakan alat - Dapat membuat daerah yang di Laser terlihat bersih - Tidak terlalu sakit seperti Waxing
Kekurangan - Akan terasa sakit saat melakukan perawtan tubuh Waxing - Bulu yang akan tumbuh lagi biasanya akan terasa gatal- Prosesnya yang lama - Biaya tidak terbilang terjangkau

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas bahwa keduanya adalah perawatan tubuh yang biasanya untuk membersihkan rambut-rambut halus atau bulu-bulu. Misal bulu alis kamu, lengan, dan bulu kaki kamu. Memang cara Waxing lebih sakit daripada Laser Hair Removal karena keduanya cukup berbeda cara metodenya, Waxing dicabut ketika semua bahan sudah dioleskan di bagian tubuh yang ini di Waxing dengan bantuan alat seperti kain yang disediakan dan akan terasa sakit. Sedangkan Laser menggunakan alat yang mempunyai pancaran sinar radiasi lalu akan menghancurkan bulu-bulu di bagian yang akan di Laser. Jadi yang mana menjadi pilihan kamu guys? Pilih sesuai selera kamu ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Waxing vs Laser Hair Removal

VS

Leave a Reply