BeautyKecantikan

Pilih Mana: Waxing atau Threading?

Hai ladies, nih untuk kamu yang suka perawatan tubuh apakah kamu tahu atau yang belum tahu mengenai Waxing dan Threading? Perawatan seperti apakah itu Waxing dan Threading? Untuk kamu yang ingin tahu penjelasannya dan perbedaan dari keduanya kamu harus membaca penjelasannya dibawah ini. Sehingga dapat menjadi pilihan kamu ya. Yuk, baca penjelasannya.

Waxing

Waxing adalah pola penghilangan rambut semi permanen dengan teknik mencabut rambut dari akarnya. Rambut yang telah di- wax tidak akan tumbuh kembali hingga 2-9 minggu. Beberapa bagian tubuh yang memerlukan wax adalah alis, wajah, bikini, ketiak, lengan, punggung, perut dan kaki. Jika waxing dilakukan secara teratur, akan terdapat kemungkinan rambut menghilang secara permanen. Namun waxing adalah cara yang menyakitkan, dan akan gatal pada proses penumbuhan rambutnya. Baca juga Pilih Mana: Waxing atau Laser Hair Removal? 

Pada umumnya waxing dipraktikkan hanya dengan mengoleskan campuran lilin di atas kulit. Kemudian menempelkan handuk atau kain kasa di atasnya, ditekan-tekan, lalu ditarik dengan seketika sesuai arah tumbuhnya rambut. Tetapi, terdapat juga waxing yang tidak menggunakan teknik seperti di atas. Dalam kasus tertentu, khususnya untuk yang mempunyai warna kulit sensitif, waxing dilakukan tanpa menggunakan alat bantu seperti handuk atau kain, tetapi hal ini membutuhkan perizinan ahli kecantikan terlebih dahulu.

Manfaat Waxing

Waxing Sebagai Exfoliating
Waxing sendiri memiliki dampak pengelupasan pada kulit lama kamu. Tentunya, hal ini bisa membuat kulit kamu menjadi lebih halus karena kulit mati akan terangkat bersamaan dengan bulu kaki atau tangan yang tercabut akibat proses pelilinan. Setelah melakukan waxing disarankan untuk menggunakan lotion guna mengurangi efek perih atau kemerahan.

Bulu atau Rambut yang Tumbuh Tidak Lebat
Ketika folikel berhenti sejenak menumbuhkan bulu atau rambut, maka biasanya pada saat bulu atau rambut tumbuh kembali ukurannya akan jauh lebih kecil, lebih lembut dan juga halus sehingga ketika tumbuh kembali tidak akan lebat.

Memperlambat Pertumbuhan Bulu Baru
Melakukan waxing bisa membuat proses pertumbuhan bulu baru menjadi lama. Hal ini dikarenakan, waxing sanggup menarik hingga akar bulu yang kamu waxing. Sehingga Kamu akan mendapatkan kulit halus tanpa bulu dalam jangka durasi yang lama.

Tidak Meninggalkan Ruam di Kulit
Biasanya bila kamu menghilangkan bulu atau rambut halus dengan cara dicukur atau dicabut, pasti akan meninggalkan bekas ruam pada kulit. Sementara bila melakukan waxing, ruam pada kulit bisa diminimalisir.

Cepat dan Nyaman
Melenyapkan bulu atau rambut dengan cara waxing juga cenderung cepat dan nyaman. Walaupun bulunya tumbuh lebih lama, tetapi proses waxing berjalan dengan cepat sehingga waktu kamu untuk menjalankan aktivitas yang lain menjadi lebih efisien.

Kekurangan Waxing

Waxing dapat menyakitkan ketika strip dihapus dari kulit. Meskipun rasa sakit ini tidak tahan lama, tetapi akan sangat terasa, terutama di daerah yang lebih sensitif. Kelemahan lain untuk Waxing adalah masalah mahalnya biaya untuk melakukan waxing. Ketika waxing dihapus melawan arah pertumbuhan rambut, strip lilin bisa mengganggu pangkal rambut, menyebabkan rambut mulai tumbuh di arah yang berbeda.

Untuk hal itu dapat menimbulkan pertumbuhan rambut menjadi lebih terlihat. Tetapi, hal ini tidak akan terjadi jika waxing dilakukan dengan benar. Oleh karena itu Ladies, sebelum melakukan waxing pastikan kalau area yang akan di waxing tidak mempunyai luka, seperti jerawat atau ruam kulit.

Threading

Threading merupakan teknik menghilangkan bulu secara temporer yang biasanya digunakan pada alis, selain wilayah bibir, pipi, dan dagu. Namanya berasal dari benang(thread) yang dipelintir untuk mencabut bulu dari akarnya. Teknik ini juga diketahui sebagai teknik”ikat” atau “khite” dalam bahasa Arab dan merupakan tata cara yang sudah dipakai di India pada masa lampau dan sudah menjadi semakin terkenal di beberapa kota.

Threading bisa dicoba sendiri di rumah dengan cukup mudah. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga cara yang satu ini juga dapat menimbulkan iritasi pada kulit. Tidak cuma itu, cara ini juga cukup susah untuk dicoba dan kamu perlu mengunjungi klinik atau salon kecantikan untuk melakukan Threading. Untuk cara Threading ini biasanya untuk orang merapikan bulu alis. Biasanya ditempat kecantikan seperti yang terkenal Martha Tilaar ada proses Threading ini.

Kelebihan Threading

Rapi
Untuk bulu alis kelebihan dari Threading ini dibandingkan dengan jenis treatment yang lain, threading mempunyai keunggulan yaitu hasilnya yang lebih rapi dengan bentuk alis yang presisi karena benang mampu mencabut rambut alis satu-persatu sehingga akan membuat alis menjadi lebih natural.

Lihat juga:  Pilih Mana: Laser atau Dermaroller?

Proses
Dari bidang prosesnya, pengobatan alis dengan metode threading bisa dicoba dalam durasi yang cepat, yaitu kurang dari 10 menit. Walaupun membutuhkan durasi yang amat pendek dibanding dengan metode yang lain, yakinkan kamu tidak melakukan threading saat sebelum menghadiri acara penting, karena sehabis threading kulit mungkin akan mengalami kemerahan meski tidak berjalan lama. Jika mengalami kemerahan pasca threading, kamu dapat menenangkan kulit yang kemerahan karena threading dengan memanfaatkan aloe vera.

Sesuai Untuk Kulit Sensitif
Bila memiliki kulit yang cenderung sensitif, threading adalah treatment yang pas untuk kamu pilih dalam merapikan serta membuat alis karena cenderung lebih aman. Selain tidak memakai bahan-bahan yang mempunyai kandungan kimia, peralatan threading juga terkategori sederhana karena hanya menggunakan benang. Prosesnya juga jadi lebih nyaman untuk Kamu pemilik kulit sensitif karena kecil mungkin menimbulkan iritasi.

Lebih Higienis
Apabila dibanding dengan metode yang lain terutama waxing, threading masih lebih higienis. Kamu tidak butuh khawatir terinfeksi kuman yang bisa saja berada pada wax strip saat waxing atau pinset saat melakukan tweezing, sebab saat melaksanakan threading di klinik kecantikan atau tempat waxing, tiap orang akan di treatment memakai benang baru yang masih bersih atau belum digunakan pada orang lain terlebih dahulu.

Bebas Bahan Kimia
Memilih treatment yang tepat untuk alis di klinik kecantikan tidak hanya terbatas untuk pemilik kulit sensitif saja. Seluruh orang, terlepas dari apapun jenis dan situasi kulitnya tentu membutuhkan pemeliharaan yang aman. Karenanya, apabila membicarakan pemeliharaan yang aman, threading merupakan pilihan yang tepat. Cara membentuk dan merapikan alis dengan teknik threading sama sekali tidak menggunakan bahan kimia yang dapat saja terdapat dalam wax seperti resins, carcinogenic parabens, dan parfum.

Kekurangan Threading

Kekurangan Threading pada alis yaitu
Rasa Nyeri
Rasa sakit atau perih di sekitar alis merupakan efek samping threading alis yang paling umum. Ini karena respon dari alis yang dicabut, membuat kulit jadi lunak dan lebih sensitif. Intensitas rasa perih atau sakit sepanjang atau sehabis prosedur akan berbeda-beda pada setiap orang. Efek samping threading alis ini biasanya tidak berjalan lama dan akan hilang sendiri.

Kulit Menjadi Merah
Sehabis prosedur berakhir dilakukan, area sekitar alis kamu akan menjadi merah dan lebih sensitif. Ketika alis ditarik dari kulit, tubuh akan mendeteksi hal itu sebagai ‘kerusakan’, sehingga menimbulkan berbagai macam respon.

Pembengkakan
Ketika darah mengalir ke area yang rusak untuk mencoba memperbaiki jaringan, kelebihan darah menyebabkan area membengkak serta menjadi merah. Darah membawa sel darah putih, yang bertugas melawan penyakit dan benda asing di dalam tubuh. Gerakan darah meningkat ke daerah untuk memungkinkan lebih banyak sel darah putih untuk memperbaiki folikel yang rusak selama threading. Efek samping threading alis ini bisa berlangsung selama beberapa menit sampai jam. Oleskan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan lebih cepat.

Pilih Mana: Waxing atau Threading?

Waxing Threading
Kelebihan - Cepat dan nyaman - Tidak meninggalkan ruam di kulit - Memperlambat pertumbuhan bulu baru- Sesuai untuk kulit sensitif - Lebih higienis - Bebas bahan kimia
Kekurangan - Waxing dapat menyakitkan ketika strip dihapus dari kulit - Kelemahan lain untuk Waxing adalah masalah mahalnya biaya untuk melakukan waxing- Sehabis prosedur berakhir dilakukan, area sekitar alis kamu akan menjadi merah dan lebih sensitif - Rasa sakit atau perih di sekitar alis merupakan efek samping threading alis yang paling umum

Kesimpulan

Dari perawatan tubuh tersebut memang perawatan tubuh yang biasanya untuk membersihkan bulu-bulu atau rambut halus di tubuh kamu, misal di bagian lengan, kaki bahkan alis rambut kamu. Nah kedua metode perawatan ini yaitu Waxing dan Threading bisa menjadi pilihan kamu, tetapi untuk Threading biasanya dikhususkan untuk di bagian alis guys karena caranya dengan temporer dan juga dengan dicabut menggunakan seperti tali, sedangkan Waxing bisa untuk di alis, wajah, lengan, kaki dengan cara menempelkan atau mengoleskan bahan dari Waxing tersebut lalu ditempelkan kasin lalu dicabut. Jika kamu.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Waxing vs Threading

VS

Leave a Reply