Kamera

Pilih Mana: Webcame atau Camecorder?

Kamera telah menjadi bagian dari berbagai aktivitas manusia, aktivitas tersebut mulai dari mengabadikan momen hingga untuk keamanan seseorang. Dua kamera yang dapat membantu Anda untuk aktivitas tersebut di antaranya yaitu webcame dan camecorder. Manakah kamera yang paling sesuai untuk Anda? Webcame atau camecorder?

Webcame dan camecorder sebenarnya sama-sama memiliki berbagai kelebihan. Webcame memiliki stabilitas yang sangat baik, sehingga camera ini cocok jika Anda membutuhkan kestabilan hasil. Sedangkan webcame lebih cocok untuk Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Galaxy A6 atau A8?

Webcame

Webcame merupakan kamera web merupakan sebutan untuk kamera waktu yang gambarnya bisa Anda lihat melalui Waring Wera Wanua. Waring Wera Wanua merupakan sebuah program pengolahpesan yang cepat atau aplikasi pemanggilan video. Anda juga dapat membaca artikel mengenai kamera sebelumnya pada Mirrorless vs GoPro.

Kelebihan Webcame

Berikut beberapa kelebihan webcame yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Nyaman Saat Digunakan

Salah satu kelebihan webcame adalah lebih nyaman untuk digunakan. Webcame lebih cocok dan ideal digunakan untuk video stationer, konferensi video, serta melakukan obrolan dengan video. Webcame dapat segera digunakan tanpa memerlukan terlalu banyak persiapan dan lain sebagainya.
nyaman.

  • Memiliki Stabilitas yang Sempurna

Kelebihan lain yang dimiliki oleh webcame adalah, Anda tidak perlu mengkhawatirkan stabilitas kamera ini. Anda dapat dengan baik menggunakan kamera ini untuk streaming langsung dan mendapatkan kestabilan yang sempurna. Hal ini dikarenakan webcame dapat menempel dengan baik di monitor laptop Anda.

  • Tidak Memerlukan Pengaturan atau Tripod

Dalam menggunakan webcame ini, Anda tidak diperlukan untuk melakukan pengaturan atau persiapan yang sangat banyak. Hal ini dikarenakan webcame dapat disematkan di laptop tanpa perlu menggunakan tripod. Dengan demikian, Anda tidak akan direpotkan dalam memakai atau menggunakan kamera jenis ini.

Kekurangan Webcame

Berikut beberapa kelebihan webcame yang perlu Anda ketahui:

  • Harus Terhubung ke Komputer Agar Berfungsi

Salah satu kekurangan webcame adalah harus terhubung ke komputer agar bisa berfungsi. Karena itu, Anda harus menghubungkan kamera jenis ini ke komputer setiap kali ingin mengaktifkannya agar berfungsi. Jika webcame tidak terhubung dengan komputer, maka webcame ini belum bisa berfungsi sesuai dengan apa yang kita inginkan.

  • Tidak Ada Mobilitas

Kekurangan lain yang dimiliki webcame adalah tidak ada mobilitas. Kamera jenis ini tidak bisa Anda bawa ke tempat-tempat yang Anda inginkan dan berfungsi. Jika Anda membutuhkan kamera untuk aktivitas dengan mobilitas yang tinggi, sebaiknya Anda menggunakan kamera lain yang lebih sesuai.

  • Memiliki Fitur Lebih Sedikit dan Kualitas Video Rendah

Webcame tertanam sering memiliki fitur yang lebih sedikit dan kualitas video yang lebih rendah. Anda perlu mencermati dengan baik tujuan Anda sebelum memutuskan untuk memilih kamera ini. Jika Anda tidak terlalu mementingkan kualitas video, maka Anda dapat memilih kamera jenis ini. Tapi jika Anda sangat mementingkan kualitas video, sebaiknya Anda tidak menggunakan kamera jenis ini.

Kelebihan WebcameKekurangan Webcame
- Lebih nyaman saat digunakan- Harus terhubung ke komputer agar berfungsi
- Memiliki stabilitas yang sempurna- Tidak ada mobilitas
- Tidak memerlukan pengaturan atau tripod- Memiliki fitur lebih sedikit dan kualitas video rendah

Camecorder

Dikutip dari Wikipedia.org camcorder merupakan sebuah alat elektronik yang memiliki fungsi untuk menggabungkan kamera video dan perekam video dalam satu unit. Camecorder ini dapat Anda gunakan pula dengan menggunakan tripod.

Kelebihan Camecorder

Berikut beberapa kelebihan camecorder yang perlu Anda ketahui:

  • Mendukung Mobilitas Pengguna

Salah satu kelebihan camecorder adalah memiliki ukuran yang kecil, ringan dan kompak. Dengan ukuran yang dimilikinya ini, Anda dapat dengan mudah untuk membawa kamera jenis ini untuk berbagai aktivitas yang Anda lakukan. Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti saat membawa kamera jenis ini.

  • Memiliki Waktu Hingga 2 Jam Rekam Video

Kelebihan lain yang dimiliki kamera jenis ini adalah Anda akan mendapatkan waktu rekam video hingga 2 jam. Dengan kelebihan yang dimilikinya ini, camecorder cocok digunakan sebagai kamera untuk merekam beberapa acara, membuat film pendek, membuat video tutorial dan banyak lagi yang dapat Anda lakukan menggunakan kamera jenis ini.

  • Cocok untuk Berpergian atau Menggunakan Tripod

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh camecorder adalah cocok untuk mengambil video saat bepergian atau menggunakan tripod untuk video stasioner. Banyak kelebihan lainnya dalam menggunakan kamera jenis ini. Jika Anda memiliki aktivitas yang sering berpergian dan ingin mengabadikan momen perjalanan Anda, maka camecorder cocok untuk Anda pakai.

Kekurangan Camecorder

Berikut beberapa kekurangan camecorder yang perlu Anda ketahui:

  • Membutuhkan Banyak Pengaturan

Salah satu kekurangan camecorder adalah membutuhkan lebih banyak pengaturan daripada webcame. Hal ini terjadi jika Anda menggunakan tripod. Anda harus menyesuaikan beberapa pengaturan agar camecorder dapat digunakan secara maksimal dan dapat memberikan hasil yang maksimal pula.

  • Gambar Kurang Stabil

Kekurangan lain yang dimiliki oleh camecorder ini adalah memiliki gambar atau video yang kurang stabil. Hal ini bisa terjadi jika unit camecorder dipindahkan dengan sangat cepat. Karena perpindahan yang sangat cepat tersebut, gambar yang dihasilkan pada video dapat pecah-pecah atau buram sehingga kualitas gambar pada video menjadi berkurang.

  • Tidak Tersambung ke Komputer

Kekurangan camecorder selanjutnya adalah tidak terhubung atau tersambung ke komputer. Tidak seperti webcame yang langsung terhubung ke komputer, Anda perlu untuk melakukan pengunduhan secara manual dari kamera jenis ini karena camcorder tidak terhubung langsung pada perangkat komputer.

Kelebihan CamecorderKekurangan Camecorder
- Mendukung mobilitas pengguna- Membutuhkan banyak pengaturan
- Memiliki waktu hingga 2 jam rekam video- Gambar kurang stabil
- Cocok untuk berpergian atau menggunakan tripod- Tidak tersambung ke komputer

Pilih Mana: Webcame atau Camecorder?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara webcame dan camecorder. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

WebcameCamecorder
- Memiliki stabilitas yang sangat baik- Hasil gambar kurang stabil
- Tidak mendukung mobilitas yang tinggi- Mendukung mobilitas yang baik
- Kualitas video lebih rendah- Memiliki kualitas video yang lebih tinggi

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai webcame dan camecorder di atas, dapat kita lihat bahwa kedua jenis kamera ini sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan. Webcame sangat cocok untuk Anda gunakan untuk Anda yang memiliki aktivitas yang tidak memiliki mobilitas yang tinggi. Sedangkan camecorder sangat cocok Anda gunakan untuk Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Webcame vs Camecorder

VS

Leave a Reply