Aplikasi

Pilih Mana: Website atau Blog?

Website dan blog memiliki peranan penting dalam memperkaya informasi yang disebarkan melalui internet. Meskipun pada dasarnya website dan blog memiliki banyak kesamaan. Tetapi juga website dan blog memiliki beberapa perbedaan mendasar yang perlu Anda ketahui. Jika harus memilih, Anda pilih mana: website atau blog? Simak uraiannya di bawah ini untuk menambah pengetahuan Anda tentang keduanya.

Tentang Website dan Blog

Dikutip dari Liputan6.com, internet hadir tidak hanya sebagai sarana mudah mendapatkan informasi namun juga berpotensi besar untuk mengembangkan peluang bisnis. Blog (weblog) dan situs web adalah media yang bisa Anda gunakan untuk berbagi konten dalam bentuk teks, gambar, video, dan audio ke banyak orang. Pengguna website dan blog selalu meningkat seiring dengan perkembangan teknologi informasi.

Salah satu alasannya adalah kebutuhan terhadap website dan blog yang senantiasa terus meningkat serta kemudahan untuk membuat dan menggunakannya. Meskipun keduanya sepintas seperti sama, namun bisa diartikan blog adalah situs diskusi yang terdiri dari entri diskrit yang diterbitkan di WWW (World Wide Web). Sedangkan situs website adalah sekumpulan halaman website terkait yang disajikan dari satu domain.

Perbedaan Website dan Blog

Setelah mengetahui tentang website dan blog di atas, di bawah ini telah kami rangkumkan beberapa perbedaan antara website dan blog yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan pilihan.

1. Pengguna
Situs website dimiliki oleh satu atau lebih orang yang umumnya kalangan profesional yang membutuhkan situs web sebagai media untuk menginformasikan sesuatu hal kepada banyak orang melalui internet. Sedangkan blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh satu orang saja, yang dibuat untuk keperluan tulis menulis, sehingga pengguna berada di antara orang-orang biasa yang ingin mendistribusikan hasil tulisan kepada banyak orang.

2. Konten
Pada situs website mewakili satu produk, satu orang, dan teknologi yang serupa. Dengan kata lain, situs website memiliki konten dengan genre serupa dan menggunakan bahasa formal untuk mendeskripsikan konten mereka. Di sisi lain, blog bertindak seperti majalah digital yang memberi kejutan kepada pembacanya setiap hari dan biasanya menggunakan bahasa yang lebih sederhana dan informal untuk mendeskripsikan kontennya. Konten topik yang diposting pada blog beragam, misalnya topik teknologi, fashion, produk tertentu, atau tentang aktor, atlet tertentu dan masih banyak lagi sesuai keinginan pemilik blog.

3. Tujuan
Umumnya tujuan komersial-lah yang membuat website dibuat pemiliknya, website tersebut seperti profil perusahaan dan jualan online dari pemilik website. Sementara itu, blog dibuat untuk penggunaan pribadi. Blogger (pemilik blog) biasanya menggunakan blog sebagai media untuk menulis catatan pribadi mereka (seperti diary online) untuk dibagikan dengan teman-teman mereka. Namun fungsi blog bergeser dari yang semula untuk keperluan pribadi meningkat menjadi fungsi media bisnis online akibat perkembangan waktu yang semakin maju. Baca Juga: Pilih Mana: Twitter atau Instagram

Secara umum, desain templat situs website lebih baik daripada desain template blog. Tampilan desain template website lebih bagus dan jarang ada kesamaan antara satu situs website dengan situs website lainnya dikarenakan pemilik website mendesain template website-nya sendiri, sehingga akan sesuai dengan selera pemiliknya. Selain itu, template situs web juga jarang didistribusikan secara gratis karena proses coding script yang sulit. Desain template blog juga banyak digunakan oleh blogger karena template tersebut adalah template dari platform blog standar atau template blog yang didistribusikan secara gratis oleh beberapa situs penyedia template blog.

5. Biaya
Jika menggunakan situs website, Anda perlu mengeluarkan uang untuk biaya sewa webhosting bulanan dan sewa domain tahunan. Namun, biaya untuk membuat situs website dapat dikurangi dengan menggunakan sewa webhosting gratis dan sewa domain, bukan Top Level Domain secara gratis. Lain halnya dengan blog, karena Anda bisa menggunakan blog secara gratis. Ini karena subdomain dan webhosting sudah disediakan oleh setiap platform blog.

Lihat juga:  Pilih Mana : Oppo atau Vivo?

6. Kemudahan
Jika ingin memiliki situs website, Anda perlu menyiapkan beberapa hal seperti domain, webhosting, script untuk diunggah ke webhosting, hinggs perangkat lunak File Transfer Protocol (FTP). Untuk pengguna pemula, Anda akan merasa kesulitan ketika menggunakan situs website untuk pertama kalinya. Sementara itu, blog jelas lebih mudah dibuat dan digunakan daripada situs website. Anda hanya perlu mendaftar dan langsung menggunakan layanan blogging secara gratis. Fitur sederhana dan user friendly akan membuat pemula dapat mengoperasikan blog dengan baik.

7. Kinerja
Dengan tampilan desain template yang bagus dan fitur yang lebih lengkap menjadikan situs website lebih unggul saat digunakan. Situs website yang dibuat oleh programmer akan terlihat lebih profesional dan mampu mengakomodasi kebutuhan pemilik serta pengunjung situs website. Sedangkan blog ditujukan untuk keperluan tulis menulis yang memiliki fitur terbatas dan akan terlihat kaku ketika dipaksa untuk keperluan lain seperti media bisnis online.

8. Tim IT
Biasanya website membutuhkan beberapa orang yang tergabung dalam tim IT, sehingga website akan berjalan lebih optimal dan baik. Kebalikan dari blog hanya memiliki sedikit tim IT, atau bahkan tidak menggunakan tim IT sama sekali, karena blog biasanya memiliki pengaturan yang jauh lebih sederhana daripada website.

9. Search Engine
Setiap kali pengguna mencari menggunakan mesin pencari tertentu, maka blog yang akan dicari lebih banyak daripada website. Karena konten blog terus berubah, itu menyebabkan mesin pencari untuk mencari lebih banyak di blog. Tetapi konten situs website bersifat statis sehingga website memiliki penelusuran yang terbatas.

10. Coding
Ketika berbicara tentang blog dan situs web, orang biasanya takut coding. Jika Anda memilih website maka Anda harus mengerti dan paham pengkodean seperti HTML5, CSS3, PHP, dan lainnya. Lain halnya jika Anda memilih blog Anda tidak perlu seorang ahli di bidang pengodean, karena Anda cukup mengunduh template dan mulai dengan mempelajari dasar-dasar pengkodean saja.

11. Interaksi Pengguna
Pada website biasanya admin memblok fitur komentar sehingga membuat website kurang interaktif. Sementara blog menawarkan kepada pengunjung untuk berkomentar, suka, dan membagikan postingan. Inilah yang membuat blog dianggap lebih interaktif dibanding website.

WebsiteBlog
- Biasanya digunakan oleh kalangan profesional secara pribadi maupun partner- Biasanya digunakan oleh perseorangan secara pribadi sehingga cocok untuk pemula
- Konten website lebih formal dan merujuk pada satu bahasan- Konten blog bisa diselingi dengan bahasan yang santai
- Desain template tidak pasaran dan tidak banyak yang gratis karena proses coding script yang sulit- Desain template standart bisa didapatkan gratis dari situs penyedia template blog
- Interaksi dengan pembaca dibatasi admin karena alasan tertentu- Interaksi dengan pembaca dapat dilakukan dengan berbalas pesan di kolom komentar

Kesimpulan

Dalam hal ini Anda harus selektif sebelum memutuskan untuk menggunakan website atau blog agar nantinya media dapat memfasilitasi pekerjaan Anda. Jika Anda ingin memiliki media yang mampu mengakomodasi kebutuhan dalam menyebarluaskan konten hasil karya Anda, blog yang disediakan secara gratis adalah pilihan yang tepat. Namun, jika Anda membutuhkan banyak fitur dan memiliki cukup dana untuk kebutuhan bisnis online maka website bisa menjadi media yang cocok untuk mewujudkan tujuan Anda. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Website vs Blog

VS

Leave a Reply