Aplikasi

Pilih Mana: Wechat atau Beetalk?

Saat ini Anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan hadirnya berbagai layanan chatting yang dapat Anda download dari smartphone yang Anda miliki. Diantara banyaknya aplikasi layanan chatting, WeChat ataupun BeeTalk masih menjadi aplikasi favorit masyarakat tanah air saat ini. Kedua aplikasi ini di fasilitasi “People Nearby” dan “Look Around” yang dapat mengetahui orang-orang yang terdapat di sekitar tempat tinggal Anda sesame pengguna aplikasi WeChat ataupun BeeTalk.

Tapi layanan chatting ini bekerja dengan menggunakan GPS atau Location untuk mendeteksi orang-orang yang juga menggunakan aplikasi ini , jadi dapat dipastikan aplikasi ini akan membuat baterai smartphone Android Anda menjadi lebih boros. Dan perlu diwaspadai juga aplikasi ini juga menjadi sarana orang yang tidak bertanggung jawab dalam melancarkan modus penipuan, jadi Anda yang baru menggunakan aplikasi ini pastikan berhati-hati dan jangan mudah percaya kepada orang yang belum benar-benar Anda kenal. Namun, kira-kira mana yang terbaik dari kedua aplikasi tersebut. Mari kita temukan jawabannya dibawah ini. Baca juga Pilih Mana: WhatsApp atau WeChat?

WeChat

WeChat merupakan layanan chatting yang berasal dari Negara China perusahaan China Tencent Technology (Shenzhen) Company Ltd yang telah resmi diluncurkan pada tahun 2011. WeChat langsung mencuri perhatian pengguna smartphone, bahkan WeChat telah tersedia dihampir semua jenis perangkat smartphone baik itu Android, Windows Phone, iOS, Blackberry dan juga Symbian. Banyak fitur yang telah disiapkan oleh WeChat seperti free call menggunakan internet, Group Chat, Audio Sharing, Photo Sharing, Video Sharing, Walkie Talkie Mode up to 40 friends and Emoticon Message.

Sama dengan halnya BBM, Wechat menawarkan fitur pengirim pesan seperti gambar, pesan teks, pesan video, pesan suara yang tentunya juga gratis. Fitur yang juga gratis adalah fitur telephone dan juga free video call. Bagi Anda yang termasuk pemain games WeChat menambahkan berbagai games ringan dimana games ini memunculkan skor terbaik dari teman di kontak WeChat Anda yang juga ikut memainkannya.

Fitur moments layaknya seperti timeline di twitter, tempat Anda dapat berbagi status maupun foto kepada teman-teman di aplikasi WeChat. Wechat juga dapat memudahkan Anda untuk mencari teman baru. Bahkan ada tiga cara untuk menemukan teman baru seperti dengan Friend Radar (melacak pengguna lain dalam radius terdekat), shake (cari teman dengan menggoyangkan HP) dan People Nearby (persis friend radar tapi jangkauannya lebih luas).

Saat ini Anda pun bisa memindahkan aplikasi layanan chatting ini ke komputer. Karena layanan instant messaging China ini telah menyajikannya. Tapi berbeda dengan Line, pengguna tak perlu repot-repot mendownload versi desktop. Cukup dengan scan QR code Anda dapat langsung switch ke PC. (Baca juga : Pilih Mana: Imo atau LINE?)

We love, we share, we chat. Ini merupakan slogan dari aplikasi WeChat. Dan baru-baru ini WeChat menggandeng salah satu mega bintang dunia terkenal, yakni Lionel Messi untuk menjadi bintang iklan sekaligus tanda perang ditingkat global melawan layanan-layanan chatting sejenis.

Sebelumnya memiliki aplikasi WeChat di Android Anda, cari dan download di Play store dengan kata kunci WeChat, namun hati-hati memilihnya karena jenis aplikasi dengan nama serupa ada lebih dari satu di play store.

Setelah terinstal di dalam smartphone, register dengan menggunakan nomor handphone Anda, tunggu sampai SMS kode verifikasi dikirimkan ke handphone Anda. Setelah kode pesan masuk tunggu karena secara otomatis terdeteksi di WeChat Anda. Proses selanjutnya adalah membuat Akun dengan mengisi jenis kelamin dan nama ID yang digunakan (user name). Proses ini sangat simpel dan mudah Anda hanya butuh mengikuti langkah-langkahnya saja.

BeeTalk

BeeTalk pun menjadi populer saat ini karena iklan yang sangat gencar di beberapa stasiun televisi khususnya di Indonesia yang di bintangi oleh Alghazali (Al) dan Ariel Tatum. Agar semakin mempopulerkan BeeTalk di Indonesia perusahaan yang bermarkas di 18 Murray Street, #03-01, Singapore 079527 ini bahkan telah mengandeng Ringgo Agus Rahman. Meskipun aplikasi ini bisa dibilang pendatang baru dibanding aplikasi layanan chatting lainnya karena BeeTalk di luncurkan pada bulan Mei 2014 dan hingga saat ini Aplikasi ini sudah di unduh lebih dari 10 juta penggunanya.

Lihat juga:  Pilih Mana: Kredivo atau Akulaku?

Sama seperti WeChat aplikasi BeeTalk pun dilengkapi dengan fitur multimedia messenger (mengirim gambar, video dan pesan suara). Aplikasi BeeTalk jauh lebih menarik dari pada WeChat karena di BeeTalk setiap pesan yang telah Anda kirim dan juga telah terbaca, Anda dapat pemberitahuan yang sama persis seperti pada aplikasi WhatsApp. BeeTalk juga menyediakan fitur telephone gratis, namun sayangnya tidak menyediakan fitur video call.

Untuk menambah fitur BeeTalk pun menyediakan beraneka sticker yang disediakan gratis dan ada pula yang berbayar namun dengan variasi yang lebih sedikit dari pada WeChat, namun mungkin saja versi update dari aplikasi ini akan memiliki jumlah sticker lebih banyak dan bervariasi.

Fitur lainnya yang menarik dari BeeTalk disebut dengan “Look Around”, yang memudahkan Anda mendapat teman baru yang berada di jarak 100 hingga 1 Km dari tempat tinggal Anda. Jarak jangkauan dari BeeTalk hampir sama dengan jangkauan dari WeChat.

Dari data yang didapat pada Play Store, BeeTalk yang terbilang masih fresh dalam layanan chatting ini telah tercatat baru memiliki satu juta unduhan saja. Tapi meskipun baru, BeeTalk bisa dibilang paling lengkap fiturnya dibanding yang lain. Berbagai macam fitur telah ada di Beetalk mulai dari stiker lucu, free call, games, moments, doodle dan find friend yang unik. Tampilan BeeTalk juga lebih menarik dengan lebah sebagai maskotnya.

Untuk mendapatkan dan menikmati aplikasi ini Anda hanya perlu mendownload di Play store Android maupun smartphone lain dengan kata kunci BeeTalk.

Setelah terinstal lakukan registrasi dengan nomor handphone Anda, lalu tunggu hingga mendapat sms yang berisi arahan untuk verifikasi, selanjutnya masukkan nomor tersebut atau tunggu hingga BeeTalk mendeteksi secara otomatis arahan tersebut. Setelah sukses mendaftar Anda mampu membuat profil dengan memasukkan jenis kelamin, umur, pendidikan, hobi, serta lokasi Anda. Setelah akun selesai Anda buat, Anda sudah siap untuk menemukan orang atau teman di sekitar Anda.

Dan bila Anda pengguna Tablet Samsung Galaxy Tab fitur ini akan aktif dikala Anda menyalakan menu Turn On jadi pastikan settingan Location di Tab Anda sudah pada posisi On. Selanjutnya klik menu Look Arround lalu pilih sahabat berdasarkan jenis kelamin yang ingin Anda jadikan teman. Tekan tombol yang berupa simbol arahan kelamin, atau jika pilih jenis kelamin perempuan Anda hanya perlu menekan menu View Females Only.

Pilih Mana: Wechat atau Beetalk?

WechatBeetalk
- Telpon dan video call gratis dengan menggunakan internet- Belum tersedia layanan video call
- Sudah memiliki banyak pengguna- Belum terlalu banyak pengguna
- Dapat akses aplikasi chatting dari PC Komputer- Biasanya dapat digunakan di smartphone atau tablet
- Memiliki layanan games pada aplikasinya untuk menemani pengguna dikala bosan- Beetalk memiliki banyak stiker lucu, layanan free call dan games

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat kami simpulkan bahwa keduanya memiliki kesamaan, namun sedikit bedanya apalagi untuk Anda yang selalu menggunakan aplikasi layanan chatting sebagai video call secara gratis sebaiknya Anda lebih memilih WeChat dikarenakan pada BeeTalk hanya tersedia layanan telepon gratis saja. Tidak hanya itu karena BeeTalk masih terbilang baru, membuat peggunanya pun tidak terlalu banyak dan memungkinkan Anda sedikit mendapatkan teman baru. Namun, meskipun kami mengunggulkan WeChat untuk menjadi pilihan chatting Anda, tapi pada akhirnya semuanya tergantung pilihan masing-masing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wechat vs Beetalk

VS

Leave a Reply