Fashion

Pilih Mana: Wedges atau High Heels?

Selain digunakan untuk melindungi kaki dari sentuhan langsung terhadap lantai, sepatu atau alas kaki juga dapat membantu menunjang penampilan. Dua jenis sepatu wanita yang dapat Anda pilih adalah wedges dan high heels. Jika Anda membutuhkan alas kaki, manakah yang akan Anda pakai? wedges atau high heels?

Wedges dan high heels merupakan sepatu wanita yang saat ini banyak digemari. Wedges pada umumnya digunakan untuk acara yang lebih santai. Orang banyak menggunakan wedges karena lebih nyaman dan tidak sakit saat dipakai. Sedangkan high heels dapat digunakan untuk acara yang formal ataupun santai. High heels dapat memiliki fungsi apapun. Bagi orang yang belum terbiasa, penggunaan high heels dapat membuat kaki terasa lebih sakit daripada wedges.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Lampu Halogen atau LED?

Wedges

Wedges merupakan bagian atau model sepatu wanita yang memiliki alas yang lebih tebal. Wedges juga dapat membantu agar tubuh terlihat lebih tinggi. Pada bagian bawah wedges memiliki tekstur yang rata sehingga tidak akan terlalu menyakitkan kaki Anda.

Kelebihan Wedges

Berikut beberapa kelebihan memakai wedges yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Nyaman Dipakai

Salah satu kelebihan wedges dibandingkan high heels adalah lebih nyaman saat dipakai. Hal ini dikarenakan wedges memiliki bentuk yang lebih besar dan dapat menopang seluruh bagian kaki, bukan hanya bagian tumit saja seperti high heels. Dengan bentuk seperti ini, Anda akan lebih nyaman dalam memakai wedges.

  • Dapat Mendistribusikan Badan Secara Seimbang

Karena memiliki bentuk yang tebal, wedges akan mendistribusikan berat badan Anda secara seimbang antara tubuh bagian depan dengan bagian belakang. Dengan demikian kaki dan punggung tidak akan terlalu sakit saat menggunakannya.

  • Membuat Otot Betis Lebih Rileks

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh wedges adalah dapat membuat otot betis menjadi sedikit lebih rileks. Menurut dr. James Amis (dokter ahli bedah tulang di Cincinnati, Ohio, Canada) yang dikutip dari Liputan6.com wedges memang sedikit mengurangi efek tegang dan membuat otot betis lebih rileks dibanding heels. Hal itu terjadi karena dengan sepatu jenis ini ketegangan pada jalur plantar dapat diminimalisasi.

Kekurangan Wedges

Berikut beberapa kekurangan memakai wedges yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Ukuran yang Lebih Besar dan lebih Berat

Salah satu kekurangan wedges dibandingkan high heels adalah memiliki ukurang yang lebih besar dan lebih berat daripada high heels. Ukuran yang lebih besar dan berat ini akan membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih besar dan akan terasa berat saat digunakan.

  • Tampilan Kurang Elegan

Kekurangan lain yang dimiliki oleh wedges adalah memiliki tampilan yang kurang elegan jika dibandingkan dengan high heels. Kaki akan terlihat lebih elegan dan lebih menarik ketika menggunakan high heels.

  • Kurang Cocok untuk Acara Formal

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki wedges adalah kurang cocok digunakan untuk acara formal seperti ke kantor dan sebagainya. Wedges lebih cocok untuk acara-acara yang lebih santai dan tidak terlalu formal.

Kelebihan WedgesKekurangan Wedges
- Lebih nyaman dipakai - Memiliki ukuran yang lebih besar dan lebih berat
- Dapat mendistribusikan badan secara seimbang - Tampilan kurang elegan
- Membuat otot betis lebih rileks- Kurang cocok untuk acara formal

High Heels

High heels merupakan sepatu wanita yang memiliki hak yang tinggi. High heels pada umumnya memiliki ukuran yang relatif lebih tinggi, selain itu high heels juga memiliki alas atau penopang kaki dengan bentuk yang lebih runcing dan lebih tipis. Dengan memakai high heels tubuh Anda akan ditumpuh oleh bagian tumit dan ujung kaki saja.

Lihat juga:  Pilih Mana: Cotton Combed 40S atau Cotton Combed 20S?

Kelebihan High Heels

Berikut beberapa kelebihan memakai high heels yang perlu Anda ketahui:

  • Cocok untuk Semua Acara

Salah satu kelebihan high heels dibandingkan dengan wedges adalah cocok digunakan untuk semua acara. Anda dapat menggunakan high heels untuk acara santai, acara formal dan acara apapun. Dengan demikian, high heels dapat menjawab semua kebutuhan Anda.

  • Memiliki Ukuran yang lebih Tipis

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh high heels ini adalah memiliki ukuran yang lebih tipis daripada wedges. Dengan ukuran yang dimiliki ini, Anda akan lebih ringan dalam memakainya. Kaki Anda juga terlihat lebih kecil dan lebih elegan sesuai dengan high heels yang dipakai.

  • Dapat Menambah Tinggi Badan

Sama halnya dengan wedges, seseorang menggunakan high heels agar bisa membuat badan terlihat lebih tinggi. High heels dapat membuat orang yang memiliki badan kurang tinggi menjadi lebih tinggi dan akan mempercantik kaki.

Kekurangan High Heels

Berikut beberapa kekurangan memakai high heels yang perlu Anda ketahui:

  • Risiko Cedera Lebih Tinggi

Dibandingkan dengan wedges, risiko cedera saat menggunakan high heels lebih tinggi sebab ujung high heels biasanya lebih runcing dan tipis sehingga dapat membuat pemakainya harus hati-hati dan harus ekstra dalam menyeimbangkan tubuh.

  • Dapat Membuat Kaki dan Punggung Menjadi sakit

Kekurangan lainnya yang dimiliki oleh high heels adalah dapat membuat kaki dan punggung sakit lebih lama daripada menggunakan wedges. Salah satu penyebab rasa sakit yang terasa saat memakai heels adalah bentuk yang terlalu tipis dan runcing.

  • Otot Betis Menjadi Lebih Tegang

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh high heels adalah dapat membuat otot betis menjadi lebih tegang. Otot betis menjadi lebih tegang dikarenakan sepatu jenis ini memiliki ketegangan pada jalur plantar yang tidak dapat diminimalisasi.

Kelebihan High HeelsKekurangan High Heels
- Cocok untuk semua acara - Risiko cedera lebih tinggi
- Memiliki ukuran yang lebih tipis - Dapat membuat kaki dan punggung menjadi sakit
- Dapat menambah tinggi badan - Otot betis menjadi lebih tegang

Pilih Mana: Wedges atau High Heels?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara wedges dan high heels. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

WedgesHigh Heels
- Memiliki ukuran yang lebih tebal dan berat - Memiliki ukuran yang lebih tipis dan ringan
- Cocok untuk acara santai- Cocok untuk semua acara
- Membuat otot betis tidak terlalu tegang- Membuat otot betis menjadi lebih tegang

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai wedges dan high heels, dapat disimpulkan bahwa wedges lebih aman dan memiliki sedikit risiko saat dipakai. Anda sebaiknya menggunakan wedges daripada high heels, atau Anda dapat menggunakan high heels pada waktu-waktu tertentu saja sehingga otot tidak terlalu tegang. Anda tidak dianjurkan terlalu sering menggunakan high heels sebab dapat membuat kaki menjadi tidak sehat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wedges vs High Heels

VS

Leave a Reply