Aplikasi

Pilih Mana: WhatsApp atau Telegram?

Tak dapat dimungkiri lagi jika WhatsApp menjadi aplikasi perpesanan terbaik untuk Android atau perangkat berbasis sistem operasi lainnya. Namun, jika Anda bertanya apakah ada aplikasi saingan WhatsApp yang juga memiliki keunggulan mumpuni, maka Telegram adalah jawabannya. Lantas apa sajakah yang membedakan antara kedua aplikasi messenger tersebut? Mari simak artikel pilih mana: WhatsApp atau Telegram berikut ini.

WhatsApp vs Telegram

Sebelum memasuki faktor-faktor apa saja yang membedakan antar keduanya, mari simak pengertian singkat dari aplikasi WhatsApp dan Telegram secara singkat di bawah ini.

WhatsApp adalah aplikasi messenger gratis untuk di download pada smartphone. WhatsApp menggunakan internet untuk mengirim pesan, gambar, audio atau video. Layanan ini sangat mirip dengan layanan pesan teks atau SMS biasanya, bedanya WhatsApp menggunakan internet untuk mengirim pesan, sehingga biaya penggunaan WhatsApp lebih hemat dari SMS. Anda juga bisa menggunakan Whatsapp di desktop Anda, cukup masuk ke situs Whatsapp dan download ke Mac atau Windows. Aplikasi satu ini sangat populer di kalangan remaja karena fitur didalamnya seperti obrolan kelompok, pesan suara dan berbagi lokasi. Baca juga Pilih Mana: WhatsApp atau WeChat?

Sedangkan Telegram, secara pribadi hampir sama dengan WhatsApp namun Telegram merupakan layanan pesan cepat berbasis cloud yang didirikan oleh pengusaha Rusia Pavel Durov. Aplikasi klien Telegram tersedia untuk Android, iOS, Windows Phone, Windows NT, macOSdan Linux. Pengguna dapat mengirim pesan dan bertukar foto, video, stiker, audio dan file dari jenis apa pun.

Lantas apa bedanya?

Faktor perbedaan Whatsapp vs Telegram

1. Pesan Keamanan
Tidak seperti WhatsApp yang mengirim pesan melalui server, Telegram benar-benar mengenkripsi pesan dari pengguna dengan fitur Chat Rahasia. Pesan yang dikirim via Telegram tidak akan diketahui oleh server, karena bisa dienkripsi dan hanya bisa dibaca oleh penerimanya saja. Pesan yang dikirim melalui Telegram juga bisa dilengkapi fitur self-destruct, sehingga pesan bisa hilang dalam jangka waktu tertentu.

Mungkin karena alasan inilah ISIS menggunakan Telegram untuk berkomunikasi antar penggunanya. Hal tersebut membuat mereka bisa merencanakan aksi terorisme tanpa diperhatikan oleh server. Selain itu, jika penerima pesan yang mengambil screenshot dari pesan yang kita kirim, maka akan ada notifikasi pada pengirim pesan.

2. Fitur Kelengkapan
Telegram dan WhatsApp mengizinkan pembagian gambar dan video, selain pesan teks, namun ternyata keduanya memiliki fitur tambahan. Telegram memiliki dukungan multi-perangkat penuh dan tersedia di iOS, Android, Windows, dan Linux. Aplikasi ini juga menawarkan fitur sinkronisasi awan pada penyimpanan server permanen. Ini berarti pengguna dapat menginstal dan menggunakan klien desktop Telegram tanpa menginstal aplikasi pada ponsel cerdas mereka, dan obrolan dan pengaturan secara otomatis dicadangkan ke server aplikasi.

Saat pengguna memigrasikan perangkat, chat dan pengaturan Telegram mereka dapat didownload secara otomatis ke perangkat baru mereka terlepas dari platformnya.

Tidak seperti Telegram, WhatsApp mengharuskan pengguna menyetel cadangan awan secara manual dan tidak mendukung migrasi dari Android ke iOS. Telegram juga dilengkapi saluran dan bots, yang memungkinkan pengguna membuat chat room yang disesuaikan dengan selera tinggi.

Integrasi aplikasi telegram berbasis open source, yang memungkinkan pengembang menambahkan dukungan Telegram ke aplikasi mereka sendiri. Kedua aplikasi memungkinkan Anda menghapus pesan terkirim, sementara Telegram juga memungkinkan Anda untuk mengedit pesan terkirim.

Sementara itu, Telegram menawarkan banyak fitur tambahan yang menarik bagi penggunanya, sedangkan WhatsApp lebih mudah diakses oleh pengguna umum dan memiliki antarmuka dan alat yang lebih sederhana.

3. Privasi Pengguna
Seperti diketahui, WhatsApp merupakan layanan pesan instan pertama yang memperkenalkan metode menambahkan kontak langsung dari nomor telepon pengguna. Itu berarti siapa saja yang mendaftarkan nomornya di WhatsApp akan secara otomatis dapat dihubungi oleh orang-orang yang menyimpan nomornya. Hal ini terkadang sangat mengganggu.

Telegram juga melakukan langkah yang sama dengan WhatsApp, namun perbedaan Telegram juga menyediakan fitur username. Yang jika Anda tidak ingin orang lain mengetahui nomor Anda, Anda bisa memberi mereka nama pengguna Telegram Anda. Nantinya Anda tetap bisa bertukar pesan seperti biasa.

Lihat juga:  Pilih Mana: Off-Page SEO atau On-Page SEO ?

4. Jumlah Pengguna
Dengan 900 juta lebih pengguna, WhatsApp adalah layanan pesan instan dengan basis pengguna terbesar di dunia. Tak heran jika Anda lebih mudah mencari kontak pengguna WhatsApp daripada pengguna Telegram. Kontak di smartphone rata-rata masyarakat Indonesia hampir 75% pengguna WhatsApp, dan di antara mereka ada sekitar 20% yang juga menggunakan Telegram.

Namun, Telegram lagi-lai memiliki sisi unggul dibanding WhatsApp. Dengan banyaknya pengguna, sayangnya WhatsApp hanya mengizinkan grup hingga 256 anggota, sementara Telegram mendukung grup hingga 1.000 pengguna. Sekalipun tidak cukup, Telegram menyediakan fitur supergrup untuk mengundang hingga 5.000 pengguna dalam 1 grup.

5. Aplikasi ekosistem
Bicara dengan ekosistem aplikasi, WhatsApp pasti juaranya. Bagaimana tidak jika WhatsApp telah menjadi aplikasi favorit yang tersedia di berbagai platform. WhatsApp tersedia untuk pengguna Android, iPhone, Windows Phone, BlackBerry (OS dan BB10), Nokia S40, hingga Symbian. Tak heran bila jumlah pengguna WhatsApp dapat sebesar itu. Hebatnya lagi, WhatsApp sekarang bisa digunakan di PC desktop dalam bentuk WhatsApp Web. Sayangnya, untuk keperluan desktop PC tetap saja tidak dalam bentuk aplikasi, hanya portal web.

Sementara Telegram baru tersedia untuk pengguna Android, iOS, dan Windows Phone, seolah tidak mau ketinggalan oleh WhatsApp. Untuk layanan desktop PC, Telegram juga menyediakan layanan portal web seperti WhatsApp.

6. Biaya Layanan
Siapa yang tidak suka gratis? Bagi Anda yang jadi penggemar gratisan, tentu saja Telegram pantas dipilih karena Telegram tidak mengambil sepeser pun untuk semua jasanya! Keren, bukan? Mengingat WhatsApp hanya gratis di tahun pertama, dan tahun depan harus membayar untuk penggunaannya. Namun ternyata itu hanya masa lalu, karena WhatsApp tidak ingin ketinggalan dari Telegram, sehingga mereka juga menggratiskan seluruh layanannya sehingga penguna bisa menggunakannya hingga bertahun-tahun.

7. Layanan Pendukung
Ada sesuatu yang menarik dari Telegram, yang merupakan pelayanan Jaconda. Jaconda adalah chatbot Telegram yang bisa digunakan sebagai sistem pribadi untuk mencari gambar atau informasi tertentu langsung dari Telegram. Untuk bersaing dengan Jaconda, WhatsApp juga mengembangkan layanan chatbot.

Tak hanya Jaconda, Telegram juga unggul karena memiliki fitur stiker. Lebih keren lagi, Anda bisa membuat stiker sendiri dengan dibantu oleh Chatbot Stiker. Apakah ada di antara kalian yang pernah membuat stiker di Telegram?

8. Backup Pesan
WhatsApp memiliki kemampuan untuk melakukan backup chatting sejak lama namun baru-baru ini meningkatkan fitur ini dengan menghadirkan integrasi Google Drive. Anda dapat membuat cadangan obrolan ke akun Google Drive pilihan Anda, sehingga bahkan saat Anda mengganti ponsel, Anda dapat memulihkan obrolan yang lebih lama. Ada pula kemampuan untuk , mengarsipkan obrolan, mengunduh obrolan atau memberi pesan khusus kepada Anda, yang terkadang berguna. Sedangkan Telegram, seperti yang diketahui, aplikasi ini juga didukung oleh layanan cloud sehingga pesan akan tersimpan otomatis jika Anda menyambungkannya dengan akun cloud.

WhatsAppTelegram
- Pengiriman pesan melalui server- Pengiriman pesan dan data benar-benar melalui enkripsi pesan dari pengguna dengan fitur chat rahasia
- WhatsApp mengharuskan pengguna menyetel cloud secara manual dan tidak mendukung migrasi dari Android ke iOS- Telegram menawarkan fitur sinkronisasi cloud pada penyimpanan server secara permanen
- WhatsApp hanya mengizinkan grup hingga 256 anggota- Telegram mendukung grup dengan member hingga 5.000 pengguna

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa WhatsApp dan Telegram sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika mempertimbangkan faktor-faktor di atas, jelas Telegram lebih unggul dibandingkan WhatsApp. meskipun demikian, hingga saat ini pengguna WhatsApp masih setia untuk tidak berpindah ke lain hati berkat antarmuka simpel dari aplikasi ini.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

WhatsApp vs Telegram

VS

Leave a Reply