Aplikasi

Pilih Mana: WhatsApp atau WeChat?

Berbagai aplikasi buatan Amerika hingga ke China juga berusaha memancing pengguna di Indonesia. Setidaknya banyak aplikasi yang hadir untuk merebut hati penggunanya namun Anda pilih mana: Whatsapp atau WeChat karena keduanya mengklaim dan menawarkan layanan yang berbeda dan unggul satu sama lain. Agar Anda dapat memilih mana yang terbaik, simak yang kami rangumkan di bawah ini.

Instant messanging (pesan instan) merupakan sebuah aplikasi yang menggunakan jaringan internet dan memungkinkan penggunanya untuk mengirim pesan-pesan secara langsung serta saat bersamaan pengguna lainnya terhubung di jaringan yang sama. Instant messaging memiliki kemampuan mengirim pesan secara cepat sesuai dengan kekuatan jaringan internet Anda. Hal inilah yang menjadi pilihan banyak pengguna beralih dari SMS ke instant messaging.

Salah satu dampak dari popularitas ponsel pintar ialah semakin banyaknya aplikasi instant messaging yang bermunculan. Semua aplikasi tersebut menawarkan berbagai macam keunggulan yang terkadang dapat membuat pengguna ponsel bingung untuk memilihnya. Aplikasi chatting yang Anda gunakan sehari-hari memberikan berbagai manfaat misalnya mengirim pesan teks, mengirim foto, video, pesan suara, file bahkan juga melakukan panggilan secara gratis yang hanya membutuhkan koneksi internet saja.

WhatsApp

Menurut Wikipedia.org, WhatsApp didirikan pada 24 Februari 2009 dan telah menjadi aplikasi chatting populer yang telah banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. WhatsApp didirikan oleh Brian Acton dan Jan Koum yang merupakan mantan pegawai Yahoo. WhatsApp mempermudah penggunanya menemukan pengguna WhatsApp lain dengan kontak telepon yang telah tersinkron langsung di ponsel.

Keunggulan yang ada pada aplikasi WhatsApp:

1. Status WhatsApp
Ini adalah salah satu fitur terbaru WhatsApp yang digunakan oleh banyak orang untuk berbagi sesuatu tentang dirinya dan sesuatu yang ingin ia publish, bisa dibilang fitur ini mirip dengan Instagram Story. Baca Juga Pilih Mana: Twitter atau Instagram

2. Tampilan Menarik
Pengguna Whatsapp dapat mengubah background chatnya sehingga pengguna tidak akan merasa bosan dengan tampilan aplikasi ini. Selain itu, meskipun memiliki nada ringtone default WhatsApp juga dapat menggunakan nada ringtone MP3 sesuai keinginan Anda.

3. Backup Percakapan
Seringkali saat Anda mengganti telepon, Anda akan kehilangan semua memori telepon, pesan, dan percakapan Anda. Pada WhatsApp dapat diatur untuk membackup percakapan, sehingga tetap dapat ditampilkan, sekalipun pengguna mengganti ponsel.

4. Fitur Emoticon
Sejak peluncuran pertama sampai sekarang emoticon yang digunakan Whatsapp masih sederhana. Bila dibandingkan dengan aplikasi chatting yang ada saat ini.

5. Fitur Video Call
Fitur video call saat ini telah ada di WhatsApp, meskipun sebelumnya WhatsApp belum memiliki fitur ini. Fitur ini sangat mempermudah pengguna untuk mengobrol secara antar muka dan membuat obrolan semakin terasa dekat.

6. Fitur Tersembunyi
Beberapa informasi pribadi seperti status dan foto profil Anda bisa bersembunyi dari orang lain. Dengan cara demikian orang lain tidak dapat melihat status dan profil Anda saat membuka kontak di WhatsApp.

7. Fitur Grup
Fitur grup mempermudah satu sama lain mengobrol secara bersama dalam sebuah pesan grup, Anda dapat membuat grup dan memasukkan siapa saja yang Anda ingin ajak bergabung. Jumlah untuk satu grup di Whatsapp terbilang cukup banyak karena mampu menampung hingga 100 anggota.

WeChat

WeChat merupakan salah satu layanan pesan baik berupa text, pesan suara, video call yang dikembangkan oleh Ma Huateng, CEO Tencent di China dan pertama kali dirilis pada tahun 2011. Sama seperti WhatsApp, WeChat juga tersedia untuk Blackberry, Android, iPhone dan lain sebagainya.

Lihat juga:  Pilih Mana: LinkAja atau OVO?

Keunggulan yang terdapat pada aplikasi WeChat:

1. Fitur Pesan Video
Pesan video adalah salah satu fitur menarik di aplikasi ini, dengan fitur ini Anda bisa berinteraksi dengan video, dan Anda harus memilih “Video Call” di halaman obrolan untuk memulai video call dan teman atau lawan chating Anda harus menerima untuk memulai video call.

2. Fitur Pesan Suara
Dalam aplikasi ini ada juga fitur pesan suara, yang memungkinkan Anda mengirim pesan berupa suara, Anda cukup menekan tombol “Hold To Talk” dan rekam suara Anda, lalu kirimkan kepada pengguna yang Anda ingin ajak bicara. Rekaman pesan suara yang Anda kirim ke pengguna lain akan tersimpan otomatis di ponsel bukan di database, dengan kata lain Anda membutuhkan waktu untuk menghapusnya satu persatu jika tidak ingin rekaman tersebut tersimpan di ponsel.

3. Fitur Moment
Moment ini berfungsi untuk menampilkan timeline yang bisa diisi kata-kata atau video, dan bisa juga diberikan komentar baik oleh pengguna atau pengguna lain yang menggunakan fitur ini.

4. Fitur emoticon
Sama seperti aplikasi instant messaging lainnya, tentunya saat sedang ngobrol ada emoticon untuk mewarnai obrolan Anda agar obrolan semakin terlihat keren. Pada aplikasi WeChat terdapat banyak emoticon, yang bisa dikatakan emoticon terlengkap di antara aplikasi chating lainnya. Aplikasi ini memiliki emoticon senyuman, ikon animasi (gambar bergerak), yang pastinya akan menambah suasana asik obrolan Anda.

5. Fitur Grup
Fitur ini tidak jauh berbeda fungsinya dengan aplikasi lain, dengan fitur ini Anda bisa menambahkan orang lain untuk bergabung dengan anggota grup. Fitur ini merupakan obrolan berkelompok untuk mempermudah memberikan informasi dan berinteraksi di sana bersama seluruh anggota grup. Grup WeChat dapat menampung hingga 40 anggota yang artinya tidak dapat menambahkan anggota lebih dari 40 orang.

6. Fitur Shake
Ini merupakan fitur mencari pengguna WeChat lainnya dengan cara menggoyangkan ponsel. Saat menggoyangkan ponsel, lalu aplikasi ini dalam keadaan aktif maka akan secara otomatis aplikasi ini mencari pengguna WeChat yang juga menggoyangkan ponselnya. Fitur ini akan terdeteksi, tidak peduli dimana pun dan di negara manapun yang penting pengguna sama-sama menggoyangkan ponselnya.

7. Fitur Look Around
Fitur ini sangat seru, karena Anda dapat melihat orang-orang yang menggunakan aplikasi ini, di sekitar tempat Anda berada, yang memungkinkan Anda menemukan teman baru yang dekat dengan posisi Anda sekarang.

WhatsAppWeChat
- Didirikan pada 24 Februari 2009- Pertama kali dirilis pada tahun 2011
- Grup WhatsApp berkapasitas maksimal 100 anggota- Grup WeChat berkapasitas maksimal 40 anggota
- Penambahan teman dengan menambah kontak terlebih dahulu- Fitur shake dan look around membuat Anda lebih mudah menemukan dan menambahkan teman

Kesimpulan

Keduanya merupakan aplikasi populer yang telah dapat merebut hati penggunanya dengan berbagai fitur yang dimiliki. Namun, jika harus memilih antara WhatsApp dan WeChat semua sesuai kebutuhan Anda. Jika Anda adalah orang yang sangat senang mendapatkan dan menemukan teman baru mungkin WeChat yang harus Anda pilih. Karena pada WhatsApp Anda tidak akan menemukan teman baru seperti layaknya WeChat yang hanya perlu menggoyangkan ponsel saja. Anda dapat berkomunikasi dengan teman dengan cara memasukkan kontak teman ke dalam ponsel Anda terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

WhatsApp vs WeChat

VS

Leave a Reply