AplikasiTechnology

Pilih mana: WhatsApp vs LINE?

Aplikasi perpesanan kini sedang banyak peminatnya. Ada banyak aplikasi pesan yang menghadirkan fitur lengkap dan kualitas terbaik. Namun, jika Anda bertanya mana yang lebih baik maka kami memiliki opsi seperti WhatsApp dan LINE.

Meskipun keduanya memiliki kelebihan masing-masing. Lantas apa sajakah yang membedakan antara kedua aplikasi perpesanan tersebut? Yuk simak langsung artikel dibawah ini!

Whatsapp vs LINE

WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan untuk smartphone. Dari fungsinya sendiri WhatsApp hampir sama dengan aplikasi SMS yang biasa Anda gunakan di ponsel lama. Tetapi WhatsApp tidak menggunakan pulsa, melainkan data internet. Jadi, di aplikasi ini Anda tidak perlu khawatir soal panjang pendeknya karakter. Tidak ada batasan, selama data internet Anda memadai.

Meskipun merupakan aplikasi pesan instan, ada yang unik dari WhatsApp. Jadi, sistem pengenalan kontak, verifikasi dan pengiriman pesan tetap dilakukan melalui nomor ponsel yang sudah terlebih dahulu didaftarkan.

Cara ini berbeda dengan BBM yang menggunakan PIN, ataupun LINE yang selain nomor ponsel juga mendukung email, dan nama pengguna. Nah, masih banyak kelebihan yang ditawarkan oleh WhatsApp ingin tahu lebih banyak? Berikut penjelasannya! Baca juga: Pilih Mana: Imo atau LINE?

Kelebihan WhatsApp

Berikut ini Kelebihan WhatsApp:

  • Mudah digunakan
    Tentunya kelebihan ini akan sangat membantu Anda. Karena WhatsApp merupakan aplikasi chatting yang mudah digunakan. Bahkan orang yang baru memegang smartphone pun tidak akan kesulitan ketika menggunakan WhatsApp pertama kali. Selain itu, aplikasi ini juga tidak harus membutuhkan registrasi yang rumit dan ribet yang menyita banyak waktu Anda. Anda hanya perlu memiliki nomor aktif yang akan Anda jadikan sebagai nomor WA Anda. WhatsApp juga tidak terbatas pada merk smartphone dan sistem operasi. Semua merk hp dan sistem operasi pun sudah kompatibel karena itu lah WhatsApp paling banyak digunakan di seluruh dunia.
  • Dapat otomatis tersinkron
    Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Whatsapp adalah aplikasi ini akan otomatis melakukan sinkronisasi terhadap kontak Anda. Jadi, ketika Anda selesai menambahkan kontak atau nomor baru dan kemudian ingin menghubungi orang tersebut. Maka Anda tidak perlu menghubungkan atau mensinkronkan antara kontak telepon dengan kontak WhatsApp karena telah secara otomatis tersinkron.
    Tentunya dengan kelebihan seperti ini maka penggunaan WhatsApp menjadi lebih efisien. Dan tidak membuang-buang waktu Anda bukan?
  • Adanya fitur back up pada chat
    Selain penggunaannya yang mudah.WhatsApp juga menyediakan fitur yang mana Anda tidak akan kehilangan riwayat pesan seseorang? WhatsApp sudah menyediakan fitur yang membuat para pengguna bisa mencadangkan atau membackup pesan dari siapapun yang diinginkannya. Artinya, pesan tersebut tidak akan pernah hilang selagi pengguna WhatsApp membackupnya.

Whatsapp vs LINE

Kekurangan WhatsApp

Berikut ini Kekurangan WhatsApp:

  • Sering Minta di update
    Hal yang dinilai sebagai kekurangan dari Whatsapp adalah aplikasi ini kerap minta diupdate. Sebenarnya bukan hanya aplikasi WA saja namun hampir mayoritas aplikasi di android pun juga harus diupdate. Lalu apa tujuannya? Tujuannya adalah untuk meningkatkan performa dari aplikasi tersebut serta menghapus file sampah yang bisa menghambat kinerja WhatsApp. Meskipun begitu, Anda juga harus jeli ketika whatsapp meminta untuk di update. Anda bisa melihat apakah ada fitur terbaru atau hanya sekedar update tanpa memberikan efek apapun.
  • Penggunaan data yang cukup besar
    Kekurangan berikutnya ada pada kuota data Anda. Aplikasi ini menuntut adanya penggunaan data yang cukup besar. Untuk fitur chatting mungkin tidak masalah dan tetap akan menghemat kuota Anda. Namun ketika Anda kerap menonton video atau status Whatsapp yang berupa video. Maka sudah tentu kuota Anda akan terkuras lebih banyak.
  • Memiliki emoticon yang kurang menarik
    Kelebihan lainnya yaitu sejak pertama diluncurkan hingga saat ini emoticon yang digunakan Whatsapp masih sederhana. Jika dibandingkan dengan aplikasi sejenis yang sudah menggunakan emoticon kartun yang menarik. Bagi Anda yang sering menggunakan emoticon saat mengirim pesan chat ke seseorang hal ini mungkin menjadi suatu masalah untuk Anda.
Lihat juga:  Pilih mana: Gmail vs Outlook?

LINE

LINE merupakan sebuah aplikasi yang dapat digunakan oleh pengguna untuk saling berkomunikasi. Aplikasi LINE juga sering disebut dengan aplikasi pengirim pesan instan.

Aplikasi ini juga memungkinkan Anda untuk dapat mengirim teks, mengirim pesan suara, panggilan suara, mengirim gambar, mengirim video maupun mengirim file-file lainnya. Aplikasi LINE sendiri dapat digunakan di berbagai perangkat akan tetapi sangat populer sekali digunakan pada ponsel android.

Anda juga bisa mengunduhnya secara gratis dalam berbagai platform, yakni smartphone, tablet, hingga komputer. Aplikasi LINE juga terbilang sangat populer dimana memiliki banyak sekali pengguna sebagai tolak ukur dari kepopulerannya aplikasi ini, iklan aplikasi yang dilakukan di berbagai negara pun membuat aplikasi LINE menjadi salah satu aplikasi yang sangat laris di 42 negara.

Dengan hadirnya aplikasi LINE ini dapat membantu manusia untuk saling berkomunikasi dengan cara yang tergolong efektif dan efisien. Seperti yang diketahui bahwa aplikasi LINE ini digunakan oleh berbagai kalangan usia. Hanya dengan memanfaatkan internet, pengguna dapat langsung terhubung atau berkomunikasi kepada sesama pengguna baik jarak dekat maupun jauh. Baca juga: Pilih Mana: WhatsApp atau Telegram?

Whatsapp vs LINE

Kelebihan LINE

Berikut ini Kelebihan LINE:

  • Memiliki banyak varian fitur
    Aplikasi ini memiliki kelebihan dimana fitur yang dihadirkannya lengkap dan tentu sangat bermanfaat. Terutama adanya fitur Black List ID pada LINE sehingga jika anda tidak menginginkan kontak yang tidak anda inginkan bisa di block.
  • Memiliki Ragam Emoticon
    Kelebihan berikutnya adalah dalam menggunakan pesan teks Anda bisa menggunakan emoticon dimana emoticon yang tersedia disini sangat banyak sekali untuk Anda gunakan sehingga Anda tidak akan kekurangan ekspresi untuk membalas chat.
  • Didukung oleh banyak perangkat
    Selain, fitur yang lengkap serta emoticon nya yang tersedia banyak. Aplikasi LINE juga mendukung berbagai platform dengan berbagai sistem operasi, seperti iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone, Windows PC, Mac OS X, Nokia Asha Series, dan Firefox OS. Maka Anda akan sangat mudah menggunakannya di berbagai perangkat bukan?

Kekurangan LINE

Berikut ini Kekurangan LINE:

  • Membutuhkan Jaringan internet yang stabil
    Kekurangan dari aplikasi ini adalah ketika penggunaanya Anda harus membutuhkan jaringan internet yang cukup stabil. Sehingga akan sedikit kesulitan jika pengguna terhubung dengan koneksi internet yang tidak stabil.
  • Cukup memakan RAM yang besar
    Ukuran aplikasi LINE cukup banyak memakan memori internal dan RAM yang dapat mempengaruhi kinerja LINE pada perangkat yang memiliki kapasitas memori yang rendah. Setiap update yang tersedia memakan cukup banyak memori sehingga berimbas langsung pada perangkat yang memiliki memori internal dan RAM yang kecil.
  • Tidak mempunyai pilihan privasi
    Tidak seperti saingannya aplikasi ini memiliki kekurangan pada pengaturan privasi. Jika Anda menemukan pilihan ini di aplikasi perpesanan lain maka tidak sama halnya dengan LINE.
AplikasiWhatsApp LINE
Fitur-Chat, status, call, video call -Backup -Privacy Setting -Sidik jari-Chat, Voice Call, Video Call, dan Live - keep, line today, line square, line jobs.
TahunFebruari 2009Juni 2011

Pilih mana: WhatsApp vs LINE?

Keterangan WhatsApp LINE
Kelebihan-Mudah digunakan -Dapat otomatis tersinkron -Adanya fitur back up pada chat-Memiliki banyak varian fitur -Memiliki Ragam Emoticon -Didukung oleh banyak perangkat
Kekurangan-Sering Minta di update -Penggunaan data yang cukup besar -Memiliki emoticon yang kurang menarik-Membutuhkan Jaringan internet yang stabil -Cukup memakan RAM yang besar -Tidak mempunyai pilihan privasi

Kesimpulan

Dari perbandingan diatas antara Whatsapp dan LINE, tentu keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, keduanya memiliki fungsi yang sama kok memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang jauh. Maka apapun aplikasi perpesanan yang Anda pilih. Keduanya memiliki kualitas dan kegunaan yang baik.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

WhatsApp vs LINE

VS

 

Leave a Reply