Auto TechTechnology

Pilih Mana: WiFi atau LAN ?

Penggunaan internet saat ini semakin tinggi setiap waktu. Distribusi perangkat mobile yang canggih memiliki fitur akses internet dengan mudah membuat angka pengguna internet semakin meningkat. Tentu saja, untuk tersambung kelayanan internet ini membutuhkan perangkat komputer dan jaringan komputer serta pendukung tambahan demi tercapainya penghubungan antar komputer secara efektif.

Seperti yang diketahui bahwa koneksi internet bisa disambungkan ke perangkat dengan dua cara, menggunakan kabel LAN atau yang dikenal sebagai ethernet atau fixed broadband dan cara lainnya yaitu dengan WiFi atau nirkabel.  Jika kalian bingung, Mana yang lebih baik dan perbedaan keduanya? Mari disimak artikel di bawah ini yang akan memberikan seputar informasi mengenai Wifi dan LAN.

Wifi

Wi-Fi merupakan  istilah untuk teknologi jaringan tanpa kabel yang dikeluarkan oleh Wi-Fi Alliance. Definisi Wi-Fi menurut Wi-Fi Alliance merupakan semua produk WLAN (Wireless Local Area Network) yang mengacu pada standard IEEE 802.11.

IEEE : Institute of Electrical and Electronics Engineers

Wifi merupakan teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti misalnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui Wifi. Baca juga Pilih Mana: Laptop HP atau Laptop Asus?

Fungsi Wifi

Mengubah Smartphone menjadi remote control 
Aplikasi remote memungkinkan iTunes dan Apple TV harus dikendalikan menggunakan iPhone, iPod touch, atau iPad melalui jaringan Wi-Fi. Anda dapat memilih playlist, lagu, dan album seolah-olah sedang duduk di depan komputer atau TV berubah menjadi remote control untuk komputer, memungkinkan bagi anda yang memang males/mager.

Streaming film ke TV
WiFi punya potensi untuk menjadi hiburan masa depan rumah, Media server dapat streaming video melalui WiFi untuk setiap HTPC lainnya, Xbox / Playstation-diaktifkan TV di rumah. Ada sejumlah sistem operasi, aplikasi, dan protokol untuk mendapatkan film secara nirkabel dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

Mengirim sesuatu yang akan diprint ke printer
Mungkin ini emang cukup berguna bagi kita yang mau ngeprint tugas langsung dari laptop ke printer. Tapi sayangnya belum ada informasi merk-merk printer apa saja yang sudah menyediakan fitur Wi-Fi ini.

Keunggulan WiFi

Setelah melihat pengertian WiFi diatas, Berikut beberapa keunggulan WiFi yang perlu anda ketahui:

  • Instalasi yang sangat mudah
    Kelebihan yang pertama adalah pada proses instalasinya yang sangat mudah. Karena kita tidak perlu membeli alat dan bahan seperti yang dibutuhkan untuk instalasi jaringan kabel.  Tidak seperti jaringan berkabel, jaringan Wi-Fi cukup dengan memasang hardware seperti Access Point ataupun MiFi (Mobile WiFi). Tentu hal ini jelas mebih murah, lebih mudah, lebih simple memakai jaringan WiFi.
  • Dapat di akses untuk berbagai jenis perangkat
    Saat ini, jaringan Wi-Fi tidak hanya bisa diakses oleh perangkat tertentu seperti PC atau laptop, tetapi dapat juga diakses melalui smartphone, Android, tablet, dan handphone yang memiliki akses terhadap jaringan wireless.
  • Bisa digunakan dimana saja tanpa batasan tempat
    Pengguna dapat berpindah tempat dari satu tepat ke tempat lain. Untuk dapat tersambung, kita hanya perlu satu kali klik maka langsung terhubung. ahkan jaringan WiFi juga sengaja dipasang di tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang, seperti kafe, tempat refreshing, hotel, dan lain-lain.
  • Jangkauan luas
    Jaringan Wi-Fi memiliki cakupan wilayah yang luas. Walaupun memiliki batasan, tetapi selama tersambung dengan Hotspotnya, tidak ada masalah. Toh tidak hanya satu tempat yang memiliki koneksi jaringan nirkabel.

Kekurangan WiFi

Menggunakan WiFi juga punya kekurangannya, Berikut kekurangan yang ada saat menggunakan WiFi agar kalian lebih waspada saat menggunakannya:

  • Keamanan yang kurang
    Jaringan WiFi yang bersifat public dapat digunakan oleh siapa saja, dan bahayanya bisa dipakai oleh pengguna yang memiliki kepentingan negatif. Meskipun jaringan WiFi dapat diperkuat dengan password yang dipasang, tetapi tidak menutup kemungkinan ada orang yang tidak bertanggung jawab yang dapat membocorkan passwordnya.
  • Kelemahan mentransfer data yang besar
    Menggunakan WiFi tidak cocok untuk digunakan untuk mentransfer data yang berukuran besar. Berbeda dengan jaringan kabel yang dapat menyupport data besar dengan menggunakan kecepatan yang besar pula.
  • Kekuatan sinyal bergantung dengan kondisi cuaca
    Jaringan WiFi sangat bergantung pada kondisi cuaca. Jaringan WiFi yang memanfaatkan udara sebagai penghantarnya, sehingga apabila cuaca dalam keadaan buruk, maka hal ini dapat mengganggu proses transmisi data pada jaringan WiFi tersebut, yang Anda alami berupa sinyal yang tidak stabil dan lain sebagainya.

LAN

LAN merupakan suatu jaringan komputer dimana cakupan wilayah jaringannya sangat kecil dan terbatas. Sebagai contoh: jaringan komputer kantor, sekolah, rumah, atau di dalam satu ruangan saja.

LAN : Local Area Network

Saat ini, sebagian besar LAN menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan dilengkapi perangkat switch dengan kecepatan tranfer data 10, 100, atau 1000 Mbits/ second.

Kebanyakaan jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada di dalam wilayah yang kecil atau berdekatan. Misalnya jaringan komputer di dalam ruang laboratorium sekolah yang saling terhubung sehingga proses pertukaran data bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Fungsi LAN

Memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lain
Kalian tidak perlu menggunakan Flashdisk, Hardisk, Cardrider, atau hardware-hardware lain yang bisa digunakan media untuk memindahkan suatu file, apalagi filenya hanya berupa foto atau dokumen. kalian bisa gunakan cara atau metode sharing pada komputer kalian.

Mempermudah komunikasi antar user yang terhubung ke dalam jaringan LAN
Warnet juga merupakan salah satu bisnis yang selalu menggunakan sistem jaringan LAN. Setiap komputer yang terhubung dengan server komputer di sebuah warnet, maka akan saling terhubung juga satu sama lain. Karena itu, setiap komunikasi yang dilakukan oleh user di dalam warnet tersebut akan jauh lebih mudah untuk dilakukan.

Mempermudah pengecekan database yang ada di dalam server
Terkadang kita sebagai user biasa tentu saja tidak paham dan kurang mengetahui tentang isi dari database yang sudah tesimpan didalam server utama. Dengan adanya jaringan dan juga konektivitas LAN ini, maka setiap user kini bisa mengetahui data apa saja yang tersimpan di dalam server utama.

Lihat juga:  Pilih Mana: AC LG atau AC Samsung?

Mengenai ini juga melibatkan pernanan database manajemen sistem untuk mengatur semua keperluan database secara lebih rinci dalam basis data, agar data yang telah tersimpan dapat mudah di akses oleh user lebih teritegrasi.

Kelebihan LAN

Jika kalian ingin menggunakan LAN, Berikut beberapa kelebihan yang di unggulkan dari jaringan LAN:

  • Data terpusat
    Dengan menggunakan file server, data pada seluruh komputer yang terhubung pada jaringan LAN tersimpan pada satu tempat yaitu server. Hal ini memudahkan user untuk saling mengakses file yang dimiliki oleh komputer lainnya. Selain itu, hal ini juga membantu untuk membackup data user apabila misalnya terjadi kesalahan sehingga menyebabkan terhapusnya data pada komputer user.
  • Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif
    Penggunaan LAN membutuhkan kabel untuk salin terhubung yang dimana penggunaaan kabel membuat jaringan lebih cepat terkoneksi dan lebih efisiensi membuat kinerja lebih cepat dan dapat meningkatkan produktifitas.
  • Lebih hemat
    Lebih hemat dalam pemakaian kabel, transfer data lebih cepat karena cakupan wilayah yang tidak terlalu luas, serta tidak butuh operator telekomunikasi. Merk kabel yang sering dijumpai salah satunya BELDEN.
  • Dapat berbagi Resource
    Dengan menggunakan jaringan LAN, Anda dapat dengan mudah berbagi resource dengan komputer lainnya. Hal ini tentu sangatlah efisien, selain itu, dengan berbagi resource, Anda juga dapat menghemat biaya pengeluaran. Ini karena Anda tidak perlu lagi untuk membeli perangkat seperti scanner, printer atau media penyimpanan untuk setiap komputer, anda cukup membeli satu lalu kemudian dibagi untuk dapat diakses pada komputer lainnya.
Berbagi resource bisa di maksud sebagai sebuah metode berbagi perangkat keras oleh semua prosesor yang tersedia untuk digunakan secara bersama-sama. 

Kekurangan LAN

Menggunakan jaringan LAN dibutuhkan perawatan yang tepat agar nantinya dapat digunakan dengan awet dan nyaman tanpa gangguan. Inilah beberapa perawatan yang harus di lakukan jika menggunakan LAN:

  • Perawatan Komputer Server
  • Perawatan Komputer Client
  • Perawatan Kabel Jaringan UTP
  • Perawatan Konektor RJ45
  • Perawatan HUB/Switch HUB

Dari tips di atas dapat kalian lakukan dengan berkala ya agar kabel LAN dapat beroperasi dengan efektif. Berikut beberapa kekurangan LAN yang perlu anda ketahui:

  • Cakupan sempit
    LAN punya batas area yang dapat dicakup, sehingga kamu tidak dapat menggunakan LAN dalam Cakupan Area yang Luas.
  • Biaya instalasi mahal
    Dalam instalasinya LAN memerlukan biaya yang cukup mahal, terlebih jika komputer yang kamu gunakan cukup banyak maka biaya juga bertambah.
  • Rentan
    Tidak menutup kemungkinan bahwa jaringan komputer yang satu ini memiliki banyak celah untuk masuk kedalam jaringannya. Misalnya orang tidak bertanggung jawab (Cracker) sudah memasuki server sebuah LAN, maka mereka bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan pada jaringan LAN tersebut, misalnya menghapus semua data yang ada dan lainnya.

Perbedaan Wifi dan LAN

Sebelum melihat perbandingkan kedua jaringan Wifi dan LAN, dapat kita lihat terbeih dahulu pada tabel di bawah masing-masing keunggulan jaringan tersebut yaitu:

WiFILAN
Keunggulan - Bentuknya simpel - Tidak membutuhkan listrik - Kemampuan menerima dan mengirimkan sinyal - Kinerja yang lebih baik di lingkungan outdoor dan area padat - Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif - Perlindungan investasi dan rahasia data karena adanya server pengatur dan password - Bisa menciptakan jaringan hubungan antar sistem dan berbagai merek - Sistem yang terhubung ke terminal lebih banyak
  1. Dari segi instalasi
    LAN membutuhkan aplikasi tambahan dan harus setting IP terlebih dahulu. Sedangkan Wifi aplikasinya sudah di sediakan di Windows jadi tidak membutuhkan aplikasi tambahan.
  2. Jangkauan atau Jarak 
    Sinyal WiFi dapat di jangkau dengan jauh karena memiliki settingan pada software maupun hardwarenya, Sedangkan, LAN hanya dapat di jangkau jauh jika menggunakan kabel yang panjang untuk  menempuh jangkau yang dituju.
  3. Kecepatan
    LAN lebih cepat dari WiFi, LAN memiliki kecepatan 1000 mb/s, sedangkan WiFi memiliki kecepatan Max. 10 Mb/s. Kecepatan yang di miliki LAN disebabkan karena  menggunakan kabel jadi lebih memungkinkan kecepatan yang sangat tinggi hingga kecepatan maximal pun LAN sanggup mencapainya.
  4. Kemanan Jaringan
    Untuk keamanan LAN lebih aman dibandingkan Wifi, karena LAN menggunakan Kabel jadi setiap PC terhubung lewat kabel, Dibandingkan dengan Wifi, Wifi kurang terjamin kemanannya karena WiFi menggunakan Wireless jadi seakan Wifi itu bisa dimasuki virus atau di Hack.
  5. Kestabilan Koneksi
    LAN lebih stabil dibandingkan Wifi, karena LAN hanya sedikit kemungkinan mengalami interrensi data/gangguan data. Dibandingkan dengan Wifi yang sering mengalami gangguan.
  6. Biaya
    Dari segi biaya LAN relatif lebih murah dibanding dengan Wifi, tergantung pada merek dan fasilitas yang ditawarkan disetiap bagian komponen jaringan. Selain itu penurunan kualitas komponen-komponen jaringan yang ada dipasaran yang membuat kita harus lebih selektif dalam memilihnya.
  7. Bahan
    Bahan yang dibutuhkan LAN adalah Kabel, Hub, dan lain-lain, sedangkan Wifi membutuhkan Router, Wifi Card, Repeater, dll.

Pilih Mana: WiFi atau LAN ?

WiFiLAN
Kelebihan- Instalasi yang sangat mudah - Dapat di akses untuk berbagai jenis perangkat - Bisa digunakan dimana saja tanpa batasan tempat- Data terpusat - Efektifitas dan efisiensi kerja menjadi lebih produktif - Lebih hemat
Kekurangan- Keamanan yang kurang - Kelemahan mentransfer data yang besar- Cakupan sempit - Biaya instalasi mahal

Kesimpulan

Dari artikel di atas dapat kita simpulkan bahwa kedua jaringan mempunyai keunggulan maupun kekurangannya masing-masing. Jika kalian membutuhkan jaringan seperti diruangan perkantoran atau sekolah baiknya kalian gunakan jaringan LAN. Tetapi jika kalian tipe orang yang tidak mau ribet dan lebih simple, penggunaan WiFi juga dapat menjadi pilihan kalian ya! Semoga dari artikel di atas kalian dapat menambah wawasan mengenasi informasi WiFi dan LAN.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

WiFi VS LAN

VS

Leave a Reply