Pilih Mana: Windows 8 atau 10?

Loading...

Penurunan performa atau peningkatan tuntutan memori yang diperlukan merupakan hal yang paling tidak disukai pengguna PC atau laptop saat melakukan upgrade sistem operasi. Itulah mengapa sebelum meng-upgrade, sebagian pengguna mencari tahu kelebihan dan kekurangan sistem operasi tersebut. Jika kita bandingkan di antara Windows 8 dan Windows 10, lantas bagus mana Windows 8 atau 10? Mari kita temukan jawabannya.

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Windows 8 dan 10
– Kelebihan & kekurangan Windows 8 dan 10

Windows 8

Dikutip dari Wikipedia.org, Windows 8 merupakan sistem operasi yang antarmuka penggunanya diubah dan dikembangkan Microsoft agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh. Sistem operasi ini pertama kali dirilis pada Oktober 2012.

Kelebihan Windows 8 yang bisa Anda ketahui:

1. Sangat cocok untuk pengguna layar sentuh
Windows 10 sepertinya memang ditujukan untuk pengguna PC atau laptop layar sentuh. Selain itu juga memiliki tampilan yang segar dan enak dipandang. Windows 8 mempunyai desain menu yang tersusun rapi ala desain retro.

2. Sudah dilengkapi dengan Windows defender
Kelebihan lain yang dimiliki Windows 8 ialah sudah dilengkapi dengan Windows defender. Adanya Windows defender pada Windows 8 membuat Windows akan lebih aman untuk digunakan. Baca juga Pilih Mana: Laptop Asus atau Lenovo?

Kekurangan Windows 8 yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak adanya tombol start dan tombol close
Pada Windows 8 tidak dilengkapi tombol start dan tombol close. Hal ini mungkin dikarenakan Windows 8 lebih dianjurkan untuk para pengguna PC berlayar sentuh.

Loading...

2. Adanya file dan aplikasi yang tersembunyi
Adanya file dan aplikasi yang tersembunyi juga menjadi salah satu dari kekurangan yang dimiliki Windows 8. Adanya file dan aplikasi yang tersembunyi pastinya akan membuat pengguna kesulitan mencari atau menemukan file dan aplikasi tersebut.

Windows 10

Windows 10 diperkenalkan pada September 2014 dan dirilis secara resmi pada Juli 2015. Windows 10 merupakan sistem operasi yang dikembangkan Microsoft sebagai bagian dari keluarga sistem operasi Windows NT.

Kelebihan Windows 10 yang bisa Anda ketahui:

1. Mampu dua virtual desktop
Pengguna mampu membuat dua virtual desktop dalam Windows 10. Sehingga dengan demikian pengguna Windows 10 bisa menampilkan dua desktop dalam satu layar yang bisa digunakan tema berbeda. Pengguna juga bisa melakukan perpindahan tampilan dengan cepat dari tampilan desktop ke desktop lain.

2. Memiliki tombol start
Windows 10 memiliki tombol start yang merupakan penggabungan antara tombol Windows 7 dan Windows 8. Selain itu, pengguna juga bisa menjalankan banyak aplikasi dalam satu layar secara bersamaan.

Kekurangan Windows 10 yang bisa Anda ketahui:

1. Belum user friendly
Pengguna pemula PC maupun laptop yang menggunakan Windows 10, akan kesulitan mempelajari dan menemukan berbagai isi ataupun aplikasi yang mereka butuhkan. Perlu cukup waktu bagi pengguna pemula untuk mempelajari segala isi maupun tata letak keperluaannya di Windows 10.

2. Sistem operasi yang sangat mahal
Ketika pengguna tertarik untuk menggunakan Windows 10, maka harus menyiapkan budget yang sangat mahal untuk memilikinya. Dan jika pengguna ingin meng-upgrade Windows 10 ini tentu tidaklah gratis.

Pilih Mana: Windows 8 atau 10?

Windows 8Windows 10
Perilisan resmi– Oktober 2012– Juli 2015
Desain tampilan– Terlihat dinamis dan retro– Lebih keren dan modern
Ditujukkan pada pengguna– Terutama pengguna perangkat layar sentuh– Pengguna professional yang sudah berpengalaman menggunakan perangkat PC ataupun laptop

Kesimpulan

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan di atas dapat kami simpulkan bahwa Windows 8 lebih enak digunakan untuk pengguna perangkat layar sentuh. Sementara jika Anda termasuk yang sudah fasih dengan perangkat PC ataupun laptop, maka Windows 10 bisa menjadi sistem operasi terbaik dan terbaru untuk Anda.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Windows 8 vs 10

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *