Pilih Mana: Windows 8 Pro atau Enterprise?

Loading...

Seperti yang kita ketahui, Windows 8 resmi dirilis pada 26 Oktober 2012. Sistem operasi besutan Microsoft ini hadir dalam tiga versi Windows 8. Jika Anda masih bingung dengan jenis dan versi Windows 8, maka pada hari ini kami akan membahas bagus mana Windows 8 Pro dengan Enterprise? Berikut ini kami uraikan beberapa kelebihan dan kekurangan dari dua versi Windows 8.

Windows 8 Pro

Windows 8 Pro setara dengan Windows 7 Profesional dan Windows 7 Ultimate. Dikutip dari Wikipedia.org, Windows 8 Pro berisi fitur tambahan yang ditujukan untuk pengguna ahli dan lingkungan profesional yang akan lebih produktif karena dapat menggabungkan domain perusahaan, group policy, dan lain sebagainya.

Kelebihan Windows 8 Pro yang bisa Anda ketahui:

1. Windows Media Center
Versi Windows 8 Pro sudah mendukung sebuah sistem seperti Microsoft TiVo atau disebut dengan Media Center. Media Center ini akan memungkinkan Anda untuk menjeda dan merekam siaran TV yang mungkin di Indonesia. Fitur ini sedikit tidak berguna karena kecepatan koneksi internet yang masih belum memenuhi syarat. Baca juga Pilih Mana: Windows 7 atau Windows 10?

2. Pengguna rumahan
Windows 8 Pro lebih ditujukan untuk para pengguna rumahan, misalnya siswa, mahasiswa, dan masyarakat umum. Sistem operasinya yang dinamis dan fiturnya yang mencukupi sangat cocok untuk para pengguna rumahan yang tidak membutuhkan banyak fitur yang tidak perlu digunakan oleh para pengguna rumahan.

Loading...

Kekurangan Windows 8 Pro yang bisa Anda ketahui:

Fitur yang ada pada Windows 8 Pro masih seadanya dan tidak selengkap fitur yang ada pada Windows 8 Enterprise. Fitur Windows To Go, DirectAccess, Virtualized by RemoteFX, Modern UI Style App deployment, dan Device encryption, semuanya belum ada di Windows 8 Pro.

Windows 8 Enterprise

Windows 8 Enterprise merupakan Windows yang dapat membantu produktifitas kerja dalam satu workstasion. Windows 8 Enterprise bisa digunakan pada tablet, notebook, komputer dan lain sebagainya.

Kelebihan Windows 8 Enterprise yang bisa Anda ketahui:

1. Fitur lengkap
Fitur yang ada pada Windows 8 Enterprise jauh lebih lengkap dibandingkan dengan fitur yang ada pada Windows 8 Pro. Fitur yang tidak ada di Windows 8 Pro namun ada pada Windows 8 Enterprise misalnya Device encryption, Windows To Go, DirectAccess, Virtualized by RemoteFX, dan Modern UI Style App deployment.

2. Cocok untuk perusahaan skala menengah
Dalam versi ini, ada fitur Remote Desktop yang memungkinkan Anda melihat dan mengontrol komputer lain (atau sebaliknya) untuk memberikan demonstrasi atau memecahkan masalah. Pada bisnis, enkripsi data biasanya diperlukan oleh fitur AppLocker, alat enkripsi built-in. Sehingga jika Anda pengguna bisnis yang menangani multi-komputer berkapasitas besar yang bekerja dengan Microsoft maka Windows 8 Enterprise cocok untuk digunakan.

Kekurangan Windows 8 Enterprise yang bisa Anda ketahui:

Meskipun fiturnya lebih lengkap dari Windows 8 Pro, akan tetapi pada Windows 8 Enterprise belum diengkapi dengan Media Center yang sudah bisa digunakan oleh Windows 8 Pro.

Pilih Mana: Windows 8 Pro atau Enterprise?

Windows 8 ProWindows 8 Enterprise
Media Center– Sudah ada– Belum ada
Fitur– Fitur lebih sedikit– Fitur lebih banyak
Pengguna– Cenderung ditujukan untuk keperluan pribadi– Cenderung lebih cocok untuk penggunaan di perusahaan besar

Kesimpulan:

Untuk kesimpulan, Anda harus pahami terlebih dahulu Windows yang Anda gunakan lebih ditujukkan ke mana. Apabila Anda memiliki perusahaan besar yang membutuhkan kinerja multi-komputer atau memerlukan keamanan data, maka versi Windows 8 Enterprise adalah pilihan yang tepat. Namun jika Anda hanya membutuhkan Windows hanya untuk rumahan maka Windows 8 Pro yang harus manjadi pilihannya. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Windows 8 Pro vs Enterprise

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *