Aplikasi

Pilih Mana: Windows atau Linux?

Operating System (OS) adalah perangkat lunak yang biasanya user-friendly atau mudah digunakan oleh penggunanya. Jika dihadapkan dengan dua pilihan OS, pilih mana: Windows atau Linux? Semuanya tentu berguna untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan komputer. Perlu Anda ketahui bahwa Windows memiliki berbagai jenis Windows dari Windows NT hingga Windows 10 terbaru. Dan pada Linux memiliki berbagai jenis varian, tetapi dari segi kernel yang digunakan tetap sama.

Tentang sistem operasi

Sistem operasi menjadi jembatan antara pengguna dengan perangkat komputer, sehingga pengguna dapat melakukan pekerjaan dengan aplikasi tertentu yang dapat berjalan di sistem operasi. Menurut Kompasiana.com, Linux adalah sistem operasi terbuka (open source) yang artinya sistem ini gratis dan dapat dikembangkan oleh siapa saja. Sedangkan Windows adalah sistem operasi tertutup (komersial) yang artinya dalam sistem ini Anda harus membeli lisensi dari perusahaan yang membuatnya (Microsoft) jika Anda ingin menggunakannya.

Sejarah Singkat Kedua OS

Windows merupakan salah satu OS yang diciptakan dan dikembangkan oleh seorang Bill Gates. Nama Windows terinspirasi dari artinya sendiri yakni “jendela”, yang berarti Windows menjadi jendela dari program tersebut.

Linux meupakan salah satu OS yang diciptakan dan dikembangkan oleh Linus Benedict Torvalds yang merupakan seorang insinyur software Finlandia. Kombinasi unik antara nama penciptanya dan nama sistem yang menjadi targetnya (UNIX), inilah yang menjadi cikal bakal nama Linux. Baca Juga Pilih Mana: iOS atau Android?

Perbedaan Kedua OS

Meski dikatakan hampir sama, tetapi terdapat beberapa perbedaan antara kedua OS ini. Mari simak perbedaannya di bawah ini.

Tampilan
Windows pada umumnya sangat unggul dalam hal grafis dan tampilan karena itu permainan grafis yang tinggi banyak dikembangkan untuk OS Windows. Windows memiliki tampilan yang sangat bagus dan bisa diubah sesuai keinginan, selain itu tampilannya juga mudah dimengerti sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh penggunanya. Sedangkan pada tampilan di Linux tidak berbeda jauh dengan tampilan di Windows, hanya saja tampilan linux sedikit monoton. Tampilan di Linux juga sangat mudah dimengerti oleh pengguna, tetapi Linux tidak unggul dalam hal grafik dan masih banyak coding yang dipakai untuk menggunakannya dengan benar.

Kelengkapan Program
Windows sangat minim program ketika diinstal. Saat menggunakan windows, Anda perlu waktu ekstra untuk menginstal program-program lain sebagai pelengkap. Sedangkan setelah Anda menginstal Linux akan mendapatkan berbagai jenis program untuk internet, multimedia, dan lain sebagainya.

Kehandalan
Mungkin ini salah satu kelemahan Windows, karena sistem operasi ini perlu di-restart secara berkala. Kehandalan yang relatif lebih andal dan stabil pada Linux, tidak perlu di-restart selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun sehingga kebanyakan distro Linux dapat menyala terus menerus.

Dukungan Hardware
Sebagai sistem operasi yang paling banyak digunakan Windows telah didukung oleh sebagian besar produsen perangkat hardware. Meskipun sebagian besar perangkat hardware sudah bisa digunakan di Linux, namun beberapa produsen perangkat hardware masih kurang mendukung Linux, ini mungkin karena pengguna Linux masih sedikit dibanding Windows.

Sistem File
Dalam hal ini, Windows menggunakan FAT dan NTFS. Windows tidak membedakan penggunaan nama file dengan huruf besar dan huruf kecil (case insensitive). Windows juga mengenali istilah drive untuk device dan partisi. Windows tidak bisa membaca file sistem Linux (tanpa menggunakan program terpisah). Namun Windows memiliki MyComputer sebagai root, dimana ada berbagai drive dan device. Dalam sistem file, ekstensi nama file di Windows memainkan peranan penting.

Sementara pada Linux menggunakan ext2, ext3, reiserfs, xfs, jfs dan sebagainya. Linux dapat membaca dan menulis ke FAT32, dan dapat membaca dan menulis NTFS (eksperimental dan mengambil keuntungan dari proyek terpisah). Linux membedakan antara kapitalisasi dan huruf kecil dalam berbagai aspek penggunaan sistem operasi. Linux memiliki direktori root (disimbolkan dengan /), di mana terdapat berbagai direktori dan device. Di Linux, ekstensi nama file tidak memainkan peranan penting.

Lihat juga:  Pilih Mana: Opera Mini atau Opera Browser?

Sistem Distribusi
Windows hanya mengetahui satu distribusi yaitu Microsoft. Lain halnya dengan Linux yang mengetahui banyak distribusi yang merupakan kumpulan kernel Linux, pustaka-pustaka sistem, dan perangkat lunak yang dibungkus dalam prosedur tertentu.

Program Aplikasi
Sangat diakui bahwa Office Windows sangat unggul, karena Microsoft Office termasuk alat yang sangat bagus untuk bekerja pada PC seperti menyiapkan presentasi, makalah, laporan, agenda dan lain sebagainya. Tetapi pada Linux lebih unggul pada aplikasi Webserver, server proxy, firewall, mail server, Samba dan lain-lain.

Penggunaan
Windows sering digunakan untuk pekerjaan kantor, sekolah, dan juga untuk bermain game. Begitu banyak orang yang memilih Windows karena tampilannya yang telah dipahami oleh orang-orang kantor dan siswa serta fungsinya yang dapat membantu mereka dalam melakukan pekerjaan mereka. Sementara Linux sering digunakan untuk administrator dalam suatu LAN, menjadi server di internet, dan menyediakan layanan web proxy.

Keamanan
Karena sifat komersial (tertutup) pada Windows, membuatnya lebih rentan terkena virus bahkan Windows juga rentan terhadap serangan hacker. Oleh karena itu, Anda membutuhkan antivirus untuk melindungi agar komputer tidak terinfeksi virus. Bahkan antivirus pun bisa mengalami kebobolan sehingga menjadikan OS Windows kurang dalam segi keamanan.

Lain halnya dengan Linux yang telah dikenal dengan keamanannya dari virus dan hacker. Itulah sebabnya banyak public server yang menggunakan OS Linux karena alasan keamanan yang tinggi. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa Linux bisa diserang oleh virus juga.

Segi Harga
Windows adalah OS yang populer dan cukup mahal dalam segi harga bahkan bisa mencapai 4 juta saja untuk OS asli. Akan tetapi tetap saja karena kebutuhan dan sifat user friendly pada Windows yang membuat Windows tetap laris di pasaran sekalipun harganya cukup mahal. Namun seperti yang Anda ketahui saat ini sudah ada banyak versi bajakan dari Windows. Berbanding terbalik, harga Linux cukup terjangkau. Ini karena sifat open source di Linux atau bisa dikembangkan oleh siapa saja. Biaya yang perlu dikeluarkan hanyalah biaya untuk akses internet yang digunakan untuk mengunduh OS linux tersebut. Pengembang juga dapat mengembangkan OS Linux ini tanpa takut akan sanksi hak cipta.

WindowsLinux
- Bersifat closed source yang mengharuskan pengguna membeli lisensi- Bersifat open source yang bisa dikembangkan oleh siapa saja
- Memiliki tampilan design grafis yang user-friendly- Hadir untuk membantu kegiatan coding dan programming
- Lebih rentan terkena virus - Keamanan cukup tinggi tidak mudah terinfeksi virus maupun hacker
- Harga cenderung lebih mahal- Harga relatif murah bahkan bisa didownload gratis

Kesimpulan

Walaupun kedua OS ini memiliki beberapa perbedaan, pada dasarnya kedua OS itu sama karena jika tidak ada OS kita tidak akan bisa mengoperasikan komputer kita. Jika Anda sering bermain game di komputer atau laptop, maka Windows akan lebih cocok untuk Anda gunakan daripada Linux. Sementara itu, jika Anda ingin menjadikan komputer atau laptop Anda sebagai komputer server maka bisa jadi Linux lebih tepat untuk Anda gunakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Windows vs Linux

VS

Leave a Reply