Kesehatan

Pilih Mana: Woods atau Siladex?

Bekerja atau beraktivitas di tempat dengan polusi yang tinggi, membuat tubuh rentan mengalami gangguan kesehatan. Umumnya, penyakit yang sering menyerang tubuh adalah batuk. Sebagian besar gejala ini akan hilang atau membaik dalam waktu dua minggu. Namun, jika berlangsung lebih dari dua minggu biasanya disebut sebagai batuk akut.

Batuk merupakan respon alami dari tubuh untuk mengeluarkan benda asing di dalam tenggorokan, seperti kuman, virus, bahkan zat iritatif. Tak jarang batuk juga sering kali menandakan adanya gangguan kesehatan tertentu seperti, ISPA, alergi hingga kanker paru-paru. Baca Juga: Pilih Mana: Sangobion atau Sakatonik Liver?

Umumnya batuk sering hilang sendiri seiring berjalannya waktu, namun beberapa penderitanya akan langsung mengkonsumsi obat batuk agar penyakit ini tidak bersarang lama di tubuh.

Saat ini, produksi obat batuk sudah banyak dikeluarkan oleh para produsennya. Namun, dari banyaknya obat yang telah diproduksi, dua di antaranya menjadi obat batuk favorit di Indonesia, yaitu Woods dan Siladex.

Meskipun dapat menyembuhkan batuk, kedua obat ini pasti memiliki kelebihan serta kelemahan di dalam obatnya. Berikut penjelasannya.

Obat Woods

PT Kalbe Farma Tbk merupakan perusahaan farmasi yang berkantor pusat di Jakarta. Memiliki produk obat yang dijual di 43 negara yang tersebar di 5 benua. Perusahaan ini memproduksi berbagai obat batuk, salah satunya adalah Woods.

Woods merupakan obat yang digunakan untuk membantu meredakan batuk berdahak maupun kering. Obat ini mengandung Bromhexine HCL yang dapat membantu mengencerkan dahak yang susah keluar dari tenggorokan.

Aneka Obat Woods

Obat ini dari woods ini tersedia dalam berbagai jenis kegunaan untuk membantu mengobati batuk. Berikut beberapa jenis dan spesifikasi obat Woods.

  • Woods Peppermint Expectorant

Obat Woods ini dapat membantu meringankan serta meredakan batuk berdahak. Memiliki kandungan Bromhexine HCL yang berperan sebagai mukolitik untuk mengencerkan dahak dan Guaifenesin sebagai expectorant yang dapat meredakan penumpukan dahak pada saluran pernapasan.

Obat variant ini dapat meredakan batuk produktif, Bronkitis dan Emfisema, selain itu juga dapat dikonsumsi oleh anak-anak di bawah 12 tahun dan dewasa di atas 12 tahun, sesuai dengan anjuran dokter.

  • Woods Peppermint Antitussive

Varian ini mengandung Dextromethorphan HBr yang berfungsi untuk meredakan batuk kering. Selain itu, varian ini juga mengandung Diphenhydramine HCl yang dapat meredakan gejala alergi dan batuk pilek.

Woods Peppermint ini dapat mengatasi gejala batuk tidak berdahak yang disertai dengan alergi dan pilek. Diperbolehkan untuk dikonsumsi dari mulai umur 6 sampai lebih dari 12 tahun, sesuai dengan aturan pakai

  • Woods Herbal + Honey Syrup

Varian ini merupakan obat dengan kandungan herbal yaitu daun ivy, ekstrak daun meniran dan daun mint. Dengan kandungan ini, obat woods dapat mengencerkan dahak, meningkatkan daya tahan tubuh dan membersihkan tenggorokan, hidung bahkan paru-paru yang tersumbat.

Woods Herbal dapat membantu meredakan batuk berdahak dan bisa dikonsumsi oleh anak umur 2 sampai lebih dari 12 tahun, sesuai dengan anjuran konsumsi atau dokter.

Kelebihan Woods

Setelah mengetahui tentang dan beberapa varian dari Woods, kami akan menjelaskan mengenai kelebihan dari obat ini.

1.  Mudah Dijumpai

Woods merupakan salah satu obat batuk bebas, yang berarti bahwa obat ini dapat dibeli tanpa menggunakan resep dokter. Karena tergolong obat bebas, menemukan Woods di apotik atau minimarket tidaklah susah.

2.  Memiliki Varian Herbal

Seperti yang kita tahu bahwa Woods memiliki varian obat herbal yang mengandung daun ivy, ekstrak daun meniran dan daun mint. Dengan kandungan herbal ini tentunya dapat memberikan kesehatan secara holistik dan menjaga keseimbangan dalam tubuh.

3.  Kandungan yang Kompleks

Seluruh varian dari Woods memiliki kandungan yang kompleks dan langsung mengobati gejala yang diderita. Tentunya hal ini akan sangat membantu untuk pengidap penyakit batuk ini.

4.  Memiliki Bentuk Permen

Woods juga mengeluarkan obat pereda rasa sakit di tenggorokan dalam bentuk permen padat. Varian ini juga memiliki kandungan daun peppermint yang dapat berperan sebagai penyegar mulut dan menghilangkan bau napas yang tidak sedap.

Kekurangan Woods

Meskipun memiliki kelebihan, Woods juga memiliki berbagai kekurangan pada produknya. Berikut kekurangan dari Woods.

1.  Memiliki Pemanis Buatan

Salah satu varian herbal yang dimiliki oleh Woods, mengandung pemanis buatan aspartame. Selain itu juga mengandung fenilalanin yang tidak boleh digunakan oleh penderita fenilketonuria dan wanita hamil.

Lihat juga:  7 Rekomendasi Obat Nyamuk Paling Ampuh Terbaik 2022

2.  Harga yang Relatif Mahal

Kekurangan dari Woods ini adalah harga yang ditawarkan relatif mahal, namun, hal ini sesuai dengan kegunaan serta manfaat yang ditawarkan oleh Woods.

Obat Siladex

Obat Siladex diproduksi oleh Konimex yang merupakan perusahaan farmasi nasional yang berdiri pada tahun 1967. Selain bergerak di bidang farmasi, Konimex juga merupakan perusahaan perdagangan jual beli obat-obatan, bahan kimia, alat kedokteran dan alat laboratorium.

Siladex merupakan obat yang berperan dalam meredakan berbagai jenis batuk dan gejala lainnya seperti, gatal tenggorokan, hidung tersumbat, pilek dan gejala penyakit tenggorokan lainnya.

Aneka Obat Siladex

Obat ini hadir dalam berbagai varian yang berbeda dan juga kandungan yang dapat disesuaikan dengan gejala penderitanya. Berikut beberapa varian yang umum dijumpai.

  • Siladex Antitussive

Varian obat ini merupakan jenis yang paling banyak dicari oleh penderita batuk. Memiliki kandungan Dextromethorphan HBr untuk membantu meringankan batuk kering dan kandungan Chlorpheniramine Maleate untuk meredakan gejala alergi.

Siladex Antitussive dapat meringankan batuk tidak berdahak maupun batuk kering yang tidak disertai alergi. Dapat dikonsumsi oleh anak-anak usia 6-12 tahun dan dewasa di atas 12 tahun, sesuai dengan anjuran pakai.

  • Siladex Mucolytic & Expectorant

Produk ini memiliki kandungan aktif yaitu Bromhexin HCl dan Guaifenesin yang berfungsi untuk mengatasi batuk berdahak dan membantu dahak keluar dari tenggorokan. Varian obat ini juga dapat mengurangi tumpukan dahak di tenggorokan.

  • Siladex Cough and Cold

Sesuai dengan namanya, varian ini dapat meredakan batuk yang disertai dengan pilek dan flu dengan kandungan dextromethorphan HBr, pseudoefedrin, dan doxylamine succinate. Selain meredakan batuk, Siladex varian ini dapat melegakan pernapasan.

  • Siladex DMP

Varian Siladex ini dapat membantu untuk meredakan batuk yang tidak berdahak atau batuk kering dengan alergi. Obat ini dapat menekan refleks batuk dan dapat menghilangkan rasa gatal pada tenggorokan.

  • Siladex Flu

Siladex ini khusus ditujukan untuk penderita flu dan demam. Memiliki kandungan aktif yaitu parasetamol, guaifenesin, bromhexine HCl, chlorpheniramine maleate, dan pseudoephedrine HCl. Kombinasi dari kandungan ini dapat meredakan gejala flu dan mengobati batuk berdahak.

Kelebihan Obat Siladex

Sama halnya dengan obat batuk lainnya, Siladex memiliki berbagai kelebihan yang dapat dirasakan oleh konsumennya. Berikut penjelasannya

1.  Varian yang Lebih Kompleks

Siladex menawarkan varian obat yang lebih kompleks, tak hanya batuk, Siladex juga dapat meredakan gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat bahkan bersin.

2.  Harga yang Lebih Terjangkau

Obat yang memiliki varian banyak ini, dapat dibeli dengan harga yang lebih terjangkau. Meskipun harga lebih terjangkau, tidak menjadikan Siladex sebagai obat murahan.

3.  Bebas Alkohol dan Pemanis Buatan

Siladex memiliki tingkat alkohol di bawah 1% dan tentunya akan aman jika dikonsumsi dari golongan manapun, ditambah lagi Siladex tidak memiliki kandungan pemanis buatan yang tentunya tidak akan memberikan dampak serius bagi pengidap diabetes.

Kekurangan Obat Siladex

Tak ada satupun yang sempurna di muka bumi ini, sama halnya dengan Siladex yang memiliki beberapa kekurangan. Berikut penjelasannya

1.  Menyebabkan Kantuk

Beberapa varian dari Siladex yang dapat meredakan alergi akan menyebabkan efek kantuk. Pengguna dari obat ini dilarang untuk meminum Siladex saat sedang beraktivitas yang memerlukan konsentrasi tinggi.

2.  Tidak Dapat Dikonsumsi oleh Anak Di Bawah 6 Tahun

Siladex tidak menghadirkan varian obat yang dapat dikonsumsi oleh anak di bawah 6 tahun. Hal ini menjadi poin minus dari Siladex.

Pilih Mana: Woods atau Siladex?

Keterangan WoodsSiladex
Kelebihan - Mudah Dijumpai - Memiliki Varian Herbal - Kandungan yang Kompleks - Memiliki Bentuk Permen- Varian yang Lebih Kompleks - Harga yang Lebih Terjangkau - Bebas Alkohol dan Pemanis Buatan
Kekurangan - Memiliki Pemanis Buatan - Harga yang Relatif Mahal- Menyebabkan Kantuk - Tidak Dapat Dikonsumsi oleh Anak Di Bawah 6 Tahun
Beli DisiniKlik DisiniKlik Disini

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, Anda pasti sudah mengetahui banyak tentang Woods dan Siladex. Kedua obat ini tentunya akan memberikan efek yang baik untuk menyembuhkan batuk ataupun penyakit tenggorokan lainnya.

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua obat ini, setiap obat pastinya dapat meringankan segala penyakit. Tapi ingat, segera konsultasikan ke dokter apabila batuk terus berlanjut. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Woods atau Siladex

VS