Aplikasi

Pilih Mana: WordPress atau Blogspot?

Saat Anda ingin memiliki dan membuat sebuah website. Mungkin Anda masih bingung mana yang sebenarnya baik untuk Anda gunakan. Anda mungkin akan bingung untuk menentukan akan menggunakan WordPress atau Blogspot. Sebab, kedua hal tersebut memiliki banyak perbedaan. Sebenarnya, manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? WordPress atau Blogspot?

Website dan Blogspot memiliki fungsi dasar yang sama dan memiliki banyak sekali manfaat untuk Anda. WordPress merupakan sebuah aplikasi atau sebuah layanan yang digunakan sebagai mesin blog. Sedangkan Blogspot merupakan sebuah situs yang disediakan oleh Google dan memungkinkan Anda untuk melakukan banyak aktivitas.

Baca juga artikel kami sebelumnya: Pilih Mana: Oppo F7 atau Vivo V9?

WordPress

WordPress merupakan sebuah aplikasi atau sebuah layanan sumber terbuka yang saat ini sangat populer digunakan sebagai mesin blog. Anda dapat mempromosikan bisnis Anda dengan sangat baik melalui WordPress sebab Anda bisa memberikan kontrol penuh terhadap blog Anda. WordPres ini dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan basis data MySQL. Karena itulah, untuk menggunakan WordPress ini seseorang sebaiknya mengerti tentang pemrograman. Dikutip dari Wikipedia.org WordPress muncul pertama kali pada tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little.

Kelebihan WordPress

Berikut beberapa kelebihan WordPress yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat Dikembangkan dengan Sempurna

Salah satu kelebihan WordPress adalah dapat dikembangkan dengan sempurna sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. WordPress adalah perangkat lunak open source , sehingga Anda dapat dengan mudah memperluasnya untuk menambahkan fitur baru. WordPress juga menyediakan berbagai plugin untuk mendukung aktivitas yang akan Anda lakukan untuk membuat website Anda berkembang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

  • Dapat Memaksimalkan Tampilan

Kelebihan lain yang dimiliki oleh WordPress ini adalah Anda dapat memaksimalkan tampilan website Anda menjadi lebih baik. WordPress menyediakan berbagai tema, hingga mencapai ribuan tema gratis dan premium. Dengan banyaknya tema tersebut, Anda bisa membuat wesbite Anda tampak lebih profesional.

  • Mudah untuk Memindahkan Situs

Dengan menggunakan WordPress, Anda dapat memindahkan situs Anda ke mana pun Anda inginkan. Anda dapat memindahkan situs WordPress Anda ke host baru , mengubah nama domain , atau bahkan memindahkan situs Anda ke sistem manajemen konten lainnya.

Kekurangan WordPress

Berikut beberapa kekurangan WordPress yang perlu Anda ketahui:

  • Harus Menyiapkan Keamanan Sendiri

WordPress cukup aman, tetapi karena ini adalah solusi yang di-hosting sendiri, Anda bertanggung jawab atas keamanan dan pencadangan . Ada banyak plugin WordPress yang memudahkan Anda.

  • Harus Mengeluarkan Dana

Dengan WordPress, Anda menggunakan penyedia hosting WordPress berbayar untuk meng-host situs Anda sendiri. Anda bebas memutuskan berapa lama Anda ingin menjalankannya dan kapan Anda ingin mematikannya. Anda memiliki semua data Anda, dan Anda mengontrol informasi apa yang Anda bagikan dengan pihak ketiga mana pun.

  • Lebih Sulit Digunakan Pemula

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki WordPress adalah lebih sulit bagi pemula. Sebenarnya WordPress juga mudah digunakan. Tapi jika dibandingkan dengan Blogspot, WorPress memang sedikit lebih sulit dipelajari pemula.

Kelebihan WordPressKekurangan WordPress
- Dapat dikembangkan dengan sempurna- Harus menyiapkan keamanan sendiri
- Dapat memaksimalkan tampilan- Harus mengeluarkan dana
- Mudah untuk memindahkan situs- Lebih sulit digunakan pemula
Lihat juga:  Pilih Mana: Stockbit atau Ipotgo?

Blogspot

Blogspot merupakan layanan yang disediakan oleh Google. Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis dan tidak memerlukan biaya. Google memiliki kontrol penuh terhadap blog Anda untuk mematikan atau tidak mematikan akses Anda.

Kelebihan Blogspot

Berikut beberapa kelebihan Blogspot yang perlu Anda ketahui:

  • Tidak Memerlukan Biaya

Teknologi Google memberikan layanan gratis berupa Blogspot. Layanan ini dapat diandalkan sebagian besar waktu, dan cukup untuk mempublikasikan barang-barang Anda di web. Namun, itu bukan milik Anda. Google menjalankan layanan ini dan berhak untuk mematikannya, atau mematikan akses Anda ke sana kapan saja.

  • Keamanan Dapat Terjamin

Dengan menggunakan Blogspot, Anda memiliki keuntungan tambahan dari platform Google yang kuat dan aman. Anda tidak perlu khawatir tentang mengelola sumber daya server Anda, mengamankan blog Anda, atau membuat cadangan.

  • Mudah Digunakan untuk Pemula

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Blogspot adalah lebih mudah untuk digunakan oleh orang yang masih baru. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkan Blogspot dari Google ini sebagai sarana belajar. Jadi, pemula tidak perlu khawatir tentang hal ini.

Kekurangan Blogspot

Berikut beberapa kekurangan Blogspot yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Template yang Terbatas

Blogspot secara default hanya menyediakan satu set template terbatas untuk digunakan. Anda dapat memodifikasi warna dan tata letak templat ini menggunakan alat bawaan, tetapi Anda tidak dapat membuat tata letak sendiri atau melakukan modifikasi.

  • Sulit untuk Memindahkan Situs

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Blogspot ini adalah lebih sulit untuk memindahkan situs Anda. Memindahkan situs Anda dari Blogspot ke platform yang berbeda merupakan hal yang cukup rumit. Anda memiliki kemungkinan untuk kehilangan traffic. Dalam hal ini, WordPress lebih unggul karena lebih mudah untuk memindahkan situs Anda.

  • Aktivitas dan Kontrol Terbatas

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Blogspot adalah memiliki aktivitas dan kontrol yang terbatas. Layanan ini memiliki alat yang terbatas sehingga memengaruhi aktivitas yang akan Anda lakukan. Anda kadang tidak melakukan semua hal yang dapat mendukung kebutuhan Anda pada website Anda.

Kelebihan BlogspotKekurangan Blogspot
- Tidak memerlukan biaya- Memiliki template yang terbatas
- Keamanan dapat terjamin- Sulit untuk memindahkan situs
- Mudah digunakan untuk pemula- Aktivitas dan kontrol terbatas

Pilih Mana: WordPress atau Blogspot?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan mengenai WordPress dan Blogspot. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

WordPressBlogspot
- Memiliki kontrol penuh- Memiliki kontrol yang terbatas
- Dapat dikembangkan dengan sempurna- Lebih sulit dikembangkan
- Harus memberikan keamanan sendiri- Keamanan telah terjamin

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai WordPress dan Blogspot di atas, dapat diketahui bahwa WordPress memberikan fasilitas dan fitu yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Blogspot. Jika Anda memiliki bisnis, maka lebih tepat bagi Anda untuk menggunakan WordPress daripada Blogspot sebagai media pemasaran Anda. Namun, jika Anda merupakan pemula dan belum mengerti banyak mengenai pemrograman, Anda bisa menggunakan Blogspot sebagai alternatif.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

WordPress vs Blogspot

VS

Leave a Reply