Aplikasi

Pilih Mana: WordPress atau Joomla?

Salah satu hal terpenting yang perlu Anda gunakan untuk membuat dan mengembangkan web adalah memilih CMS dengan tepat. Dua CMS yang memiliki banyak pengguna adalah WordPress dan Joomla. Manakah yang paling baik untuk Anda gunakan? WordPress atau Joomla?

WordPress dan Joomla merupakan dua komponen yang dapat membantu membuat blog atau website Anda menjadi komplit. WordPress dikenal sangat mudah untuk digunakan. Para pemula dan orang yang masih baru banyak menggunakan WordPress karena dianggap lebih mudah. Meskipun begitu, Joomla juga memiliki banyak keunggulan sehingga layak untuk dipertimbangkan. Joomla memiliki fitur yang lebih banyak daripada Joomla. Baca juga Pilih Mana: Wps Office atau LibreOffice?

WordPress

WordPress merupakan sebuah aplikasi sumber terbuka yang saat ini memiliki banyak sekali pengguna. Dikutip dari Wikipedia.org WordPress merupakan mesin blog yang dibuat dan dikembangkan oleh WordPress Foundation pada tahun 2003.

Kelebihan WordPress

Berikut beberapa kelebihan WordPress yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Kemudahan Saat Melakukan Instalasi
WordPress hadir dengan instalasi lima menit yang terkenal. Kebanyakan penyedia hosting WordPress juga menawarkan satu klik penginstalan WordPress. Ini membuatnya cukup mudah bagi pengguna baru untuk memulai blog WordPress dalam hitungan menit, bukan jam. Pengalaman pengguna pasca instalasi WordPress juga jauh lebih baik daripada Joomla.

Memiliki Banyak Tema dan Kemudahan Mengakses Tema
WordPress memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan situs mereka menggunakan tema. WordPress hadir dengan beberapa tema bawaan yang sudah diinstal sebelumnya. Setiap saat, Anda dapat mengklik tombol tambah baru dari halaman Anda dan menginstal tema gratis dari direktori tema WordPress.org resmi. Selain memberikan tema gratis, Anda akan menemukan banyak lagi tema WordPress premium yang dikembangkan oleh toko tema pihak ketiga seperti StudioPress , Themify , atau ThemeLab . Ini adalah tema berbayar dan dilengkapi dengan opsi dukungan premium.

Memiliki Banyak Dukungan dan Komunitas
WordPress memiliki komunitas pengguna yang kuat. Anda dapat menemukan bantuan WordPress di forum dukungan resmi, dokumen, buku pegangan, codex, saluran Slack , Stack Exchange, dan hampir semua forum di internet tentang desain dan pengembangan web. Ada banyak situs yang berisi ratusan tutorial, tutorial video , dan artikel yang melayani pengguna WordPress tingkat pemula. Ada banyak cara untuk meminta bantuan dan dukungan secara gratis. Pejelasan mengenai WordPress telah kami bahas sebelumnya pada WordPress.org vs WordPress.com.

Kekurangan WordPress

Berikut beberapa kekurangan WordPress yang perlu Anda ketahui:

Pengeditan CSS hanya bisa melalui WordPress.org
Salah satu kekurangan WordPress jika kita bandingkan dengan Joomla adalah di WordPress Anda hanya bisa melakukan pengeditan CSS di WordPress.org. Jika Anda termasuk orang yang tidak suka mengenai hal ini, sebaiknya Anda tidak menggunakan WordPress.

Struktur Navigasi Sesuai Layout Template yang Dipilih
Kekurangan lain yang dimiliki oleh WordPress adalah struktur navigasi sesuai dengan template yang dipilih. Anda tidak bisa mengubah struktur navigasi tersebut. Jika Anda ingin melakukan pengubahan, Anda diharuskan untuk mengubah layout template juga.

Tidak Dapat Mengatur Halaman Hosting
Bagi Anda yang menggunakan WordPress gratis, Anda tidak bisa mengatur halaman hosting blog Anda. Anda tidak bisa membuat script php sendiri.Anda tidak akan bisa mengembangkan blog Anda secara detail dan lebih baik jika menggunakan versi gratisnya.

Kelebihan WordPressKekurangan WordPress
- Memiliki kemudahan saat melakukan instalasi- Pengeditan css hanya bisa melalui Wordpress.org
- Memiliki banyak tema dan kemudahan mengakses tema- Struktur navigasi sesuai layout template yang dipilih
- Memiliki banyak dukungan dan komunitas- Tidak dapat mengatur halaman hosting

Joomla

Joomla merupakan sistem manajemen konten yang bebas dan terbuka. Joomla dikembangkan oleh The Joomla Project Team dan dirilis pada tahun 2015.

Kelebihan Joomla

Berikut beberapa kelebihan Joomla yang perlu Anda ketahui:

Memiliki Banyak Fitur
Salah satu kelebihan Joomla adalah memiliki banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk mendukung Anda memaksimalkan situs web Anda. Karena itulah Joomla banyak disukai dan dipertimbangkan oleh pengguna.

Memiliki Kemampuan untuk Menangani Situs Web Multibahasa
Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Joomla adalah hadir dengan kemampuan yang sangat baik untuk menangani situs web multibahasa tanpa memasang ekstensi apa pun. Cukup buka pengelola bahasa, tambahkan bahasa konten dan mulailah membuat konten multibahasa di situs web Anda. Terjemahan juga tersedia dalam banyak bahasa dan dapat dengan mudah dipasang dari area admin.

Memiliki Keamanan yang Sangat Baik
Joomla sangat mirip dengan WordPress ketika menyangkut keamanan. Mereka secara aktif menanggapi setiap kerentanan keamanan dan sangat cepat untuk memperbaikinya. Namun, memelihara situs web dan menginstal pembaruan masih tergantung pengguna. Anda bisa menggunakan ekstensi yang tersedia untuk membuat cadangan situs Joomla. Anda juga dapat memperkuat keamanan situs Joomla Anda dengan mengikuti praktik terbaik yang sama seperti WordPress.

Kekurangan Joomla

Berikut beberapa kekurangan Joomla yang perlu Anda Ketahui:

Instalasi yang Masih Lambat
Instalasi Joomla tudaklah WordPress, tetapi memiliki langkah yang sangat mirip. Selain itu banyak penyedia hosting berbagi menawarkan satu paket penginstalan klik untuk Joomla juga. Jika dilihat dari kecepatan instalasi, Joomlah memang masih lebih lambat daripada WordPress.

Dukungan Tidak Sebaik WordPress
Joomla juga memiliki komunitas besar dan sangat membantu. Ada dokumentasi ekstensif di situs web Joomla yang merupakan sumber berharga untuk pemula. Untuk dukungan yang lebih interaktif, pengguna dapat bergabung dengan forum, milis, ruang obrolan IRC,dan lain sebagainya. Namun, menemukan bantuan ahli yang terjangkau cukup sulit untuk Joomla. Mempekerjakan pengembang atau pakar untuk pengembangan Joomla, pemecahan masalah, atau bantuan dapat memakan biaya lebih dari WordPress.

Template dan Eksistensi Masih Rendah
Sama seperti WordPress, Joomla juga dilengkapi dengan template dan ekstensi. Ada ekstensi bagus untuk melakukan apa saja mulai dari membuat toko ecommerce hingga mengelola email. Namun, jumlah template dan ekstensi ini tidak setinggi WordPress. Ini bisa membuat menemukan template yang sempurna dan ekstensi yang sempurna agak sulit.

Kelebihan JoomlaKekurangan Joomla
- Memiliki banyak fitur- Instalasi yang masih lambat
- Memiliki kemampuan untuk menangani situs web multibahasa- Dukungan tidak sebaik wordpress
- Memiliki keamanan yang sangat baik- Template dan eksistensi masih rendah

Pilih Mana: WordPress atau Joomla?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara WordPress dan Joomla. Untuk kembali mengingatkan Anda, perbedaan tersebut dapat Anda lihat pada tabel berikut:

WordPress Joomla
- Instalasi lebih cepat- Instalasi lebih lambat
- Memiliki dukungan yang sangat baik- Memiliki dukungan yang tidak terlalu baik
- Memiliki template dan eksistensi yang baik- Memiliki template dan eksistensi yang masih rendah

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai WordPress dan Joomla di atas, dapat disimpulkan bahwa WordPress masih memiliki kemampuan yang sangat baik jika dibandingkan dengan Joomla. WordPress juga sangat mudah untuk digunakan oleh pemula. Hingga saat ini, WordPress masih memiliki lebih banyak keunggulan daripada Joomla.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

WordPress vs Joomla

VS

Leave a Reply