Kendaraan

Pilih Mana: Wuling Almaz atau Honda CR-V?

Mempunyai mobil dengan desain yang keren dan kualitas mesin yang baik tentu menjadi dambaan orang banyak, apalagi mobil itu disematkan dengan fitur-fitur canggih yang membuat orang makin betah menaikinya. Wuling Almaz dan Honda CR-V menjadi mobil andalan beberapa orang untuk menemani mereka menyusuri jalanan dengan fitur dan spesifikasi yang mumpuni. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan bahas Wuling Almaz dan Honda CR-V. Disini aja ya.

Wuling Almaz

SUV modern produksi industri asal Cina, yakni Wuling Almaz akhirnya ikut memeriahkan pasar otomotif nasional di awal tahun 2019 ini. Mobil gagah produksi PT SAIC General Motors Wuling ini resmi diluncurkan pada 23 Juni 2019 lalu di area Sirkuit Sentul. Dimana, kali ini muncul dengan membawa konsep yang terkesan begitu futuristik, dan segudang fitur yang buatnya nampak lebih dan tidak kalah saing dengan kompetitornya.

Kedatangan Wuling Almaz di pasar otomotif nasional pastinya juga tidak lepas dari atensi para kompetitornya mengingat mobil yang satu ini mempunyai beberapa kelebihan serta tentunya dihargai dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan SUV sekelasnya. Baca juga Pilih Mana: Suzuki Jimny atau Jeep Renegade?

Desain Wuling Almaz

Dari Eksterior, terlihat headlamp LED dengan bentuk lampu utama menyipit seperti style mobil kekinian yang buatnya terkesan begitu galak. Apalagi, grille bergaya modern dengan penyematan fog lamp serta lampu sein di bagian wajah secara simetris juga dapat membagikan opini yang jauh lebih modern dan khas. Sementara itu di bagian samping, Wuling Almaz kiranya memang terbuat dengan konsep yang mengikuti rancangan futuristik yang diperlihatkan pada bagian mukanya.

Interiornya memiliki rancangan dashboard yang didesain begitu elegan serta teratur khas SUV kekinian. Terpaut dengan dashboard, pada komponen center atau tengah terdapat Head Unit dengan layar sentuh berpanel Sophisticated seluas 10.4 inci yang mana dilengkapi setting Auto AC (Air Conditioner) yang bakal memudahkan sang penumpang dalam mengatur sistem entertainment maupun pengaturan AC.

Tidak cuma itu, apalagi pada komponen layar sentuh itu juga dilengkapi dengan bermacam fitur menarik seperti Audio Visual System, konektivitas, MP3/ DVD, serta tombol pengaturan Home serta ON/ Off. Tidak hanya itu, layar sentuh yang diusung Wuling Almaz ini pun juga bakal dilengkapi dengan karakteristik Full Surrounded View 360 derajat kamera yang bakal menolong sang pengendara dalam memarkirkan secara lebih aman.

Mesin Wuling Almaz

Wuling Almaz memakai teknologi DOHC dipadu turbocharged, daya maksimal yang diperoleh Wuling Almaz menggapai 140 hp pada 5.300 rpm. Daya itu bukan yang terbesar dikelasnya, namun torsi 250 Nm menjadikannya mobil ini memiliki respon yang baik dikala berakselerasi. Walaupun masih memakai CVT, saat kita coba akselerasinya terasa halus. Tidak terasa adanya jeda walaupun pedal gas diinjak penuh. Adapun teknologi CVT yang dipakai pada Almaz dari Bosch Holland.

Kedatangan mode manual membagikan sensasi yang menarik buat kita tetapi rasanya bakal jarang dipakai sebab transmisi CVT yang sudah nyaman. Namun apabila Kamu memakai mode manual ini, sanggup menggapai 8-speed dengan speed ratio 2.631-0.378 serta perpindahannya melalui tas perseneling, tidak ada paddle shift.

Sama seperti mobil turbo umumnya, Wuling Almaz juga masih terasa turbo lag kala menggapai 3.000 rpm. Namun Wuling Motors mengklaim teknologi turbocharged yang dipakai pada Almaz merupakan generasi terbaru ciptaan Honeywell yang sanggup mendorong torsi semakin besar. Memang ketika kita rasakan berakselerasi Wuling Almaz terasa responsif kala pedal gas diinjak.

Fitur Wuling Almaz

Segudang fitur ditanamkan buat memperoleh kenyamanan dikala berkendara. Seperti fitur cruise control yang melindungi kecepatan kendaraan secara konstan sehingga pengendara tidak butuh menginjak pedal gas. Fitur ini dapat diaktifkan mulai dari kecepatan 60 km/ jam serta diatur lewat tombol di sisi kiri setir.

Fitur ESC (Electronic Stability Control) memiliki peran besar sebab bekerja melindungi kestabilan berkendara secara otomatis dikala pengemudi kehilangan kendali. Ditambah terdapatnya fitur TCS (Traction Control System) yang membuat mobil tidak kehilangan traksi ketika dalam situasi tersebut.

Belum lagi fitur Electric Parking Brake yang dipakai sebagai pengganti rem tangan ataupun rem parkir. Cukup dengan gesekan buat menon-aktifkannya atau menarik ke atas tombolnya dikala parkir. Fitur berkendara yang lain yang juga hadir yaitu keyless entry mempermudah saat membuka pintu sebab tidak butuh menekan tombol di remote. Terdapat pula mode mengemudi yaitu ECO serta Sport disesuaikan dengan kebutuhan di jalan.

Fitur keamanan sangat mendasar pada suatu mobil modern terdapat pada Wuling Almaz, yaitu ABS (Anti-Lock Braking System), EBD (Electronic Brake-Force Distribution), serta BA (Braking Assist) yang membuat energi pengereman kendaraan semakin baik.

Harga Wuling Almaz

Wuling Almaz ini diprediksi kuat akan dijual pada kisaran harga mulai Rp 367 juta buat pilihan transmisi M/T serta Rp 378 juta buat yang A/T dengan status On The Road Jabodetabek.

Honda CR-V

Honda CR-V yang resmi diperkenalkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) ini memang mempunyai daya tarik tertentu. Alasannya, dari segi konsep eksteriornya saja, kesan elegan serta kemewahannya juga sudah terlihat mencolok dengan sebagian perubahan yang lebih segar serta modern pada tiap bagian bodinya. Apalagi, garis lekukan konsep bodi yang begitu aerodinamis juga kian membuatnya gagah serta terkesan lebih sporty.

Lihat juga:  7 Merk Ban Mobil Terbaik 2020

Alhasil, SUV Honda CR-V ini jadi makin menarik para calon pelanggan. Sementara itu, pada komponen ruang kabinnya pun juga bakal menyuguhkan sisi interior elegan yang telah dilengkapi dengan ragam fitur pendukung canggih seperti disematkannya sistem audio video dengan bekalan layar sentuh seluas 9 inci pada Honda CR-V yang siap memberikan kenyamanan pada para penumpangnya kala berada di ruang kabin.

Desain Honda CR-V

Diawali dari bagian bodi depan di mana terpasang headlamp projector Halogen with auto off yang terbuat dengan konsep unik menyipit tajam sehingga selain sanggup memancarkan cahaya yang maksimal, wujud headlamp yang diusung SUV ini juga pula makin menarik.

Apalagi, teknologi lampu LED DRL serta Halogen Fog Light pun juga ikut disematkan pada Honda CR-V sebagai aksesoris buat mensupport penerangan pada lampu utama. Sehingga, walau dikendarai di cuaca dengan kabut tebal ataupun hujan deras, penerangan juga bakal senantiasa maksimum. Setelah itu, grille terbuat lebih modern dengan baris rapat yang nampak amat seimbang.

Tentu saja dengan longgarnya ruang kabin yang ditawarkan Honda CR-V ini bakal buatnya sanggup menampung 7 orang penumpang sekaligus dengan ruang gerak yang cukup lapang. Perihal ini jadi salah satu nilai plus untuk mobil mewah produksi Honda ini.

Belum lagi pada dashboard yang terbuat dengan style konsep bermutu di mana pada Honda CR-V ini terdapat layar sentuh lebar seluas 7 inci (jenis 2.0 liter) serta 9 inci (jenis turbo 1.5 liter) lengkap dengan sistem navigasi maupun fitur hiburan sistem audio video modern yang dapat dipakai buat memutar CD/DVD, MP3/WMA, serta radio.

Mesin Honda CR-V

Honda ini bakal menawarkan 2 versi mesin handal, yakni 2.0 liter serta 1.5 liter Turbo. Nah, buat versi 2.0 liter ini mengangkat mesin berkapasitas 1.997 liter jenis SOHC berteknologi i-VTEC+DBW 16 katup dengan 4 silinder dimana Honda CR-V sanggup memancarkan daya maksimal sampai 154 PS/6.500 rpm serta torsi 189 Nm/4.300rpm.

Sedangkan itu, buat jenis 1.5 liter Turbo bakal dibekali mesin berkapasitas 1.498 liter bertipe DOHC 4 silinder segaris yang mempunyai 16 katup dan telah dibantu teknologi i-VTEC Turbo+DBW. Mesin jenis 1.5 liter dari Honda CRV ini mempunyai keahlian buat menciptakan energi daya sampai 190 Ps/5.600 rpm serta sanggup menggapai titik torsi sampai 240 Nm/2.000–5.000 rpm. Daya luar biasa yang diperoleh kedua versi itu nantinya bakal sama-sama disalurkan lewat sistem transmisi CVT.

Tidak cukup sampai disana saja, sebagai SUV mewah kelas premium, Honda CR- V ini pula telah dilengkapi dengan sistem injeksi PGM-FI milik Honda. Di mana, dengan berbekal sistem injeksi itu maka konsumsi bahan bakar juga dapat ditekan seefisien mungkin dengan perbandingan 10.6:1 buat jenis 2.0 liter serta perbandingan 10.3:1 buat jenis 1.5 liter Turbo. Sehingga, dapat dipastikan kalau sektor dapur pacu pada detail Honda CR-V ini sanggup memberikan daya power luar biasa gahar tapi senantiasa efisien serta pastinya ramah lingkungan.

Fitur Honda CR-V

Fitur keamanan pada komponen interior yang bakal mengandalkan Dual Front SRS Airbags yang sedia mencegah pengemudi serta penumpang depan Honda CR-V ini dari seluruh hantaman keras.

Tidak hanya itu, pengereman berteknologi ABS+EBD+BA pun juga ikut disematkan buat membagikan keringanan pengemudi dalam melakukan pengereman secara lebih sempurna serta menghindari ban terselip. Sehingga, dengan teknologi pengereman yang dibawanya itu maka kendali laju pada SUV super gahar ini bakal lebih gampang buat dikendalikan.

Sedangkan itu, buat mendukung kenyamanan maka Honda CR-V terbaru ini bakal dilengkapi dengan sebagian fitur mutahir pada ruang kabinnya, sebut saja seperti layar sentuh yang lebar, sistem audio visual, tombol navigasi pada pengendara serta jok berbahan material bermutu yang dipakai Honda CR-V yang begitu empuk.

Tidak tertinggal juga kemampuan daya redam besar pada suspensi MacPherson serta Multi-Link pun juga ikut memberikan rasa nyaman pada para penumpang, terutama kala melintasi jalanan yang bergeronjal serta penuh bebatuan.

Harga Honda CR-V

Honda CR-V 2017 1.5 L Turbo Rp. 466.000.000,-
Honda CR-V 2017 1.5 L Turbo Prestige Rp. 506.000.000,-
Honda CR-V 2017 2.0 L Rp. 432.000.000,-

Pilih Mana: Wuling Almaz atau Honda CR-V?

Wuling AlmazHonda CR-V
Kelebihan - Memiliki Transmisi CVT - Memiliki desain eksterior modern - Memiliki fitur yang banyak- Memiliki fitur yang canggih - Memiliki mesin turbo ber-cc kecil - Memiliki pengaturan kursi elektrik sangat memanjakan
Kekurangan- Belum memiliki versi 7-seater - Wuling membutuhkan waktu lama untuk menyaingi pabrikan dari jepang- Tidak memiliki lampu dan wioer otomatis di varian tertinggi - Jaringan dealer yang masih sedikit

Kesimpulan

Wuling Almaz dan Honda CR-V memiliki spesifikasi mesin dan detail yang sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnaya. Namun jika kamu menginginkan mobil yang banyak orang pakai dan sudah jelas kualitasnya, maka Honda CR-V jawabannya. Tentukan mobil kamu sesuai selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wuling Almaz vs Honda CR-V

VS

Leave a Reply