Kendaraan

Pilih Mana: Wuling Almaz atau Honda HR-V?

Memiliki mobil dengan spesifikasi dan performa yang mumpuni tentunya menjadi salah satu impian banyak orang untuk menemani mereka menyusuri jalanan kota. Saat ini juga sudah banyak sekali produsen yang mengeluarkan produknya sebaik mungkin untuk memikat atensi dari masyarakat Indonesia, seperti halnya Wuling Almaz dan Honda H-RV. Kedua mobil ini tentunya memiliki fitur-fitur canggih untuk menyenangkan pemiliknya. Penasaran apa saja fitur dan detail dari kedua mobil ini? So kali ini saya akan bahas mengenai Wuling Almaz dan Honda H-RV. Disini aja ya.

Wuling Almaz

SUV modern produksi industri asal Cina, yakni Wuling Almaz akhirnya ikut memeriahkan pasar otomotif nasional di awal tahun 2019 ini. Mobil gagah produksi PT SAIC General Motors Wuling ini resmi diluncurkan pada 23 Juni 2019 lalu di area Sirkuit Sentul. Dimana, kali ini muncul dengan membawa konsep yang terkesan begitu futuristik, dan segudang fitur yang buatnya nampak lebih dan tidak kalah saing dengan kompetitornya.

Kedatangan Wuling Almaz di pasar otomotif nasional pastinya juga tidak lepas dari atensi para kompetitornya mengingat mobil yang satu ini mempunyai beberapa kelebihan serta tentunya dihargai dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan SUV sekelasnya. Baca juga Pilih Mana: Honda BR-V atau Honda H-RV?

Desain Wuling Almaz

Dari Eksterior, terlihat headlamp LED dengan bentuk lampu utama menyipit seperti style mobil kekinian yang buatnya terkesan begitu galak. Apalagi, grille bergaya modern dengan penyematan fog lamp serta lampu sein di bagian wajah secara simetris juga dapat membagikan opini yang jauh lebih modern dan khas. Sementara itu di bagian samping, Wuling Almaz kiranya memang terbuat dengan konsep yang mengikuti rancangan futuristik yang diperlihatkan pada bagian mukanya.

Interiornya memiliki rancangan dashboard yang didesain begitu elegan serta teratur khas SUV kekinian. Terpaut dengan dashboard, pada komponen center atau tengah terdapat Head Unit dengan layar sentuh berpanel Sophisticated seluas 10.4 inci yang mana dilengkapi setting Auto AC (Air Conditioner) yang bakal memudahkan sang penumpang dalam mengatur sistem entertainment maupun pengaturan AC.

Tidak cuma itu, apalagi pada komponen layar sentuh itu juga dilengkapi dengan bermacam fitur menarik seperti Audio Visual System, konektivitas, MP3/ DVD, serta tombol pengaturan Home serta ON/ Off. Tidak hanya itu, layar sentuh yang diusung Wuling Almaz ini pun juga bakal dilengkapi dengan karakteristik Full Surrounded View 360 derajat Camera yang bakal menolong sang pengendara dalam memarkirkan secara lebih aman.

Mesin Wuling Almaz

Wuling Almaz sendiri bakal dipersenjatai dengan mesin 4 silinder DOHC DVVT dengan sokongan Turbocharger berkapasitas 1.5 liter (1451 cc). Mesin yang diusung oleh SUV produksi Wuling itu pula diketahui bakal dikawinkan dengan sistem transmisi CVT yang diklaim sanggup menghembuskan power sampai 140 Hp per 5200 rpm serta torsi 250 Nm per 1600–3600 rpm. So, tidak heran bila mobil ini ditentukan mampu melampaui berbagai medan jalan curam serta ekstrim dengan kecepatan yang stabil. Dan juga, akselerasinya pun dipastikan sangat mumpuni.

Tidak cuma itu, SUV dengan sistem fuel injection Gasoline ini pula telah mengangkat standar emisi EURO 4. Tentu saja, dengan teknologi itu, selain sanggup membagikan daya ataupun power maksimum pada mesin dari detail Wuling Almaz ini, tentu juga bakal jauh lebih ramah lingkungan.

Fitur Wuling Almaz

SUV biasa ciptaan industri asal Cina yang satu ini diklaim juga mempunyai tingkatan kenyamanan ataupun keamanan yang cukup memadai. Perihal itu pula tidak lepas dari bekalan fitur berbentuk rem cakram yang walaupun belum dilengkapi ABS tetapi terhitung sudah cukup mumpuni dalam mengatur laju dari mobil ini.

Tidak hanya itu, pada Wuling Almaz ini pun juga telah dibenamkan fitur berupa Electric Parking Brake EPB+ Automatic Vehicle Holding (AVH) yang sedia menjamin pengendalian serta kemudahan dikala akan memarkirkan mobil.

Sementara itu, buat membagikan kenyamanan maka dalam ruang kabin dari SUV ini pula telah dibekali dengan bermacam fitur hiburan yang tersedia di head unit lewat layar sentuh seluas 10. 4 inci yang dilengkapi beberapa fitur entertainment audio visual system yang sedia memanjakan para penumpang.

Apalagi, untuk membuat para penumpang senang, Wuling pun juga sudah sediakan sistem audio Infinity HK speakers series yang begitu mumpuni serta handal dalam soal menjamin suara bass dikala mendengar lagu kesukaan. So, dengan bermacam fitur-fitur penting pada detail Wuling Almaz itu maka sudah pasti bila mobil ini sanggup membagikan tingkatan kenyamanan yang begitu lengkap serta terjamin.

Harga Wuling Almaz

Wuling Almaz ini diprediksi kuat akan dijual pada kisaran harga mulai Rp 367 juta buat pilihan transmisi M/T serta Rp 378 juta buat yang A/T dengan status On The Road Jabodetabek.

Honda HR-V

Di Indonesia sendiri, mobil ini muncul perdana pada tahun 2014 serta sukses membuka pasar baru untuk Honda di Indonesia sebagai crossover modern. Honda sendiri lebih suka mengatakan HR-V merupakan mobil tipe Crossover Utility Vehicle. Sejak pertama kali didatangkan di Indonesia pada tahun 2014 kemarin, Honda HRV langsung mencuri atensi khalayak melalui konsep yang gagah serta sporty.

HR- V sendiri pula sanggup menerobos pangsa pasar crossover di mana tadinya didominasi nama-nama populer seperti Mitsubishi Outlander Sport atau Nissan Juke. Kesuksesan Honda HR-V dalam debutnya di Tanah Air pula dibuktikan dengan penjualannya yang amat baik.

Lihat juga:  Pilih Mana: Suzuki Jimny atau G-Class?

Desain Honda HR-V

Apabila kamu melihat wajah mobil ini dari depan, mungkin kamu bakal langsung teringat pada wujud Honda CR-V. Memang betul, detail Honda HRV ini merupakan turunan dari mobil SUV andalan Honda itu. Aroma SUV khas Honda pun praktis dapat kita dapati pada konsep eksterior HR-V.

Honda HR-V sendiri mengangkat konsep desain body ‘Dynamic Cross Solid’ di mana rancangan itu menunjukkan unsur konsep mobil yang sporty, solid, kuat serta berkarakter modern. Perihal ini bisa kita amati dari penggunaan headlamp Honda HR-V yang telah berteknologi LED Projector plus DRL yang memenuhi sektor penerangan dengan bentuk ergonomis namun nampak eksklusif.

Buat sektor interior, konsep desain kabin yang dibawa mobil ini memang pantas diacungi jempol. Alasannya, material yang di dalamnya sudah cukup bagus buat menampilkan opini mobil elegan serta modern. Kabin Honda HR-V sendiri didominasi dengan warna gelap elegan serta buat beberapa jenis dikasih sentuhan warna krem.

Dashboard dari Honda HRV ini penampilannya tampak eksklusif sebab konsep dashboard didesain dengan rancangan minimalis namun elegan berkat penempatan panel instrumen yang simetris. Pada komponen dashboard ada panel instrumen seperti MID LED display, Eco Assist, Audio-Video System, Auto AC, dan setir kemudi yang didesain sporty tanpa meninggalkan kesan murahan.

Mesin Honda HR-V

Honda HR-V sendiri ada dalam 2 pilihan mesin, yakni 1.5 L SOHC serta 1.8L SOHC. Kedua mesin itu merupakan tipe mesin SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC+ DBW. Buat jenis mesin pertama, yakni 1.5L SOHC i-VTEC+ DBW, tertanam pada Honda HRV jenis A, HR-V jenis S,HR-V jenis S CVT, dan jenis E CVT. Mesin berkapasitas 1497 cc itu sanggup mengeluarkan daya maksimum sebesar 120 PS pada 6.600 rpm serta torsi sebesar 145 Nm pada 4.600 rpm.

Sedangkan jenis mesin kedua, yakni 1.8L SOHC i-VTEC tertanam pada Honda HR-V jenis Prestige serta HR-V Special Edition JBL Audio. Mesin berkapasitas silinder 1799 cc itu sanggup menghasilkan daya maksimal sebesar 139 PS pada 6.500 rpm dan torsi sebesar 169 Nm pada 4.300 rpm.

Walaupun berbeda kapasitas, tetapi kedua mesin pada Honda HR-V itu sudah sama-sama memakai sistem suplai bahan bakar PGM-FI sehingga pembakaran di ruang mesin jadi lebih sempurna. Hasilnya, tenaga juga jadi lebih maksimum. Sebaliknya soal efisiensi bahan bakar, kedua mesin yang disematkan pada Honda HRV juga telah menganut teknologi Drive By Wire buat menciptakan performa responsif namun senantiasa hemat bahan bakar.

Mobil ini juga dapat dikatakan sebagai kendaraan ramah lingkungan sebab sudah penuhi standar regulasi Euro 4. Buat transmisi penggeraknya, detail Honda HRV dibagi jadi 2 jenis, yaitu manual 6 percepatan dan juga otomatis 6 percepatan berpenggerak CVT.

Fitur Honda HR-V

Mulai dari bentuk bagan body G-CON+ACE yang bakal membagikan proteksi maksimum pada penumpang Honda HR-V dikala terjadi benturan. Kemudian terdapat juga fitur Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, Seatbelt with Pretensioner and Load Limiter, Seatbelt Reminder, jok ISOFIX, Hill Start Assist, dan juga Emergency Stop Signal.

Setelah itu terdapat pula fitur Motion Adaptive EPS yang muncul buat Honda HR-V seluruh jenis. Sebaliknya buat fitur kenyamanan tersedia fitur Audio Double DIN (HR-V 1.5 A), 6,1 Touchscreen LCD (HR-V 1.5 S,1.5 S CVT serta 1.5 E CVT).

Sebaliknya buat Honda HR-V jenis 1.5 E CVT Limited Edition serta 1.8 Prestige terdapat juga Advanced LCD 7 inci. Kemudian pada versi paling tinggi HR-V 1.8 CVT Special Edition JBL Audio sudah ada Audio System komplit plus JBL Sound System. Sebaliknya fitur kenyamanan semacam AC sudah ada di seluruh jenis. Tetapi buat 4 jenis paling tinggi, detail Honda HRV telah dilengkapi dengan teknologi Smart Touch.

Fitur penunjang Auto Door Loock. Power Windows pula sudah muncul, namun buat fitur Paddle Shift serta Cruise Control cuma ada buat 4 jenis teratas Honda HRV. Terakhir, detail ada pula Advanced 7 inchi pada fitur keamanan juga sudah cukup lengkap dengan terdapatnya fitur Keyless Entry, Immobilizer serta Alarm System buat seluruh jenis.

Harga Honda HR-V

HR-V versi A dihargai sekitar Rp 252.000.000,-
HR-V jenis S diharga sekitar Rp 266.500.000,-
HR-V jenis S CVT dihargai sekitar Rp 276.500.000,-
HR-V jenis E CVT diharga sekitar Rp 297.500.000,-
HR-V Prestige A/T dihargai sekitar Rp 367.000.000,-
HR-V CVT Special Edition JBL Audio diharga sekitar Rp 352.000.000,-

Pilih Mana: Wuling Almaz atau Honda HR-V?

Wuling AlmazHonda HR-V
Kelebihan - Memiliki Transmisi CVT - Memiliki desain eksterior modern - Memiliki fitur yang banyak- Penggunaan BBM yang irit - Memiliki dashboard yang elegan - Memiliki eksterior dengan konsep Dynamic Cross Solid
Kekurangan- Belum memiliki versi 7-seater - Wuling membutuhkan waktu lama untuk menyaingi pabrikan dari jepang- Harga yang mahal - Bahan interior yang kurang baik

Kesimpulan

Wuling dan Honda memiliki beberapa fitur dan detail mesin yang sangat baik untuk menyusuri jalanan kota, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mau pilih yang mana mobil idaman kamu. Namun jika kamu menginginkan detail mesin yang memiliki banyak jenisnya maka Honda HR-V bakal cocok banget buat kamu. Tentukan mobil pilihan kamu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu ya guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wuling Almaz vs Honda HR-V

VS

Leave a Reply