Kendaraan

Pilih Mana: Wuling Almaz atau Toyota Kijang Innova?

Mobil keluarga tentunya bakal disematkan dengan Toyota Kijang Innova, mengingat dari tahun ke tahun mobil ini selalu menjadi sahabat keluarga untuk menemani mereka menelusuri jalanan. Namun sekarang juga sudah pesaing yang mengutamakan kenyamanan keluarga yakni Wuling Almaz yang tidak kalah keren dengan Toyota Kijang Innova. Penasaran dengan spesifikasi dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Wuling Almaz dan Toyota Kijang Innova. Stay tune ya.

Wuling Almaz

Di awal tahun 2019 ini, Wuling Motors kembali membuktikan keseriusannya dengan meluncurkan produk terbaru yaitu Wuling Almaz. SUV pertama dari Wuling buat Indonesia ini sebenarnya sudah sempat dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu. Dikala itu SUV Wuling ini berdampingan dengan mobil listrik Wuling yaitu E100 yang jadi pusat atensi di booth Wuling.

Menariknya, saat sebelum Wuling Almaz dipublikasikan, Chevrolet Captiva terbaru juga dipublikasikan di Kolombia. Konsep bagian depannya mirip sekali dengan Wuling Almaz dan cuma berbeda pada komponen gril saja. Dalam acara perkenalan perdana alias soft launching di area Sentul, Jawa Barat.

Wuling Motors juga berikan kesempatan pada kita serta media yang muncul buat mencoba langsung mobil terbarunya itu. Sirkuit sentul juga menjadi saksi perdana pengetesan Wuling dengan bermacam fiturnya. Baca juga Pilih Mana: Wuling Almaz atau Mitsubishi Xpander?

Desain Wuling Almaz

Wuling Almaz ini tergolong cukup ideal serta berkesan khas SUV kekinian. Perihal itu pula tidak lepas dari ukurannya yang mana mempunyai dimensi 4655 x 1835 x 1760 mm dengan jarak sumbu roda 2750 mm. Tentu saja, bila melihat dimensi itu maka sudah barang pasti mobil ini mempunyai kesan SUV yang cukup kuat.

Tidak cuma soal dimensi, bahkan SUV dengan bekalan kapasitas tangki bahan bakar 52 liter ini pun juga dipastikan akan mengangkat suspensi handal berbentuk Mcpherson Strut Coil Spring di bagian depan serta Multi-link Trapezoidal, Independent buat bagian belakang.

Sementara itu di satu sisi, velg sporty tipe Alloy Wheel Machining berdimensi 17 inci juga terlihat begitu keren terbalut ban berdimensi 215/60 R17 yang buatnya makin begitu menarik. Tidak hanya itu, buat mendukung keamanan serta keselamatan maka pada komponen kaki- kaki dari detail Wuling Almaz ini pula sudah dibekali dengan rem cakram (Disc) yang cukup handal serta mumpuni dalam mengatur laju kecepatan mobil.

Mesin Wuling Almaz

Wuling Almaz memakai mesin 1.451 cc DOHC DVVT dengan turbocharger, sistem operasi Wuling Almaz 7-Seater 2019 sanggup menghasilkan daya maksimum 140 daya kuda pada 5.200 rpm serta torsi maksimum 250 Nm pada 1.800–3.600 rpm.

Dengan transmisi CVT 8 percepatan Manual Simulation, pengendaraan Almaz sama sama semacam versi lama yang dimunculkan awal tahun ini. Mesin turbo yang dikembangkan khusus buat Almaz mendorong torsi semakin besar, dan akselerasi Almaz masih terasa responsif kala pedal gas diinjak. Cukup menawan buat dibawa berkendara di dalam kota.

Fitur Wuling Almaz

SUV biasa ciptaan industri asal Cina yang satu ini diklaim juga mempunyai tingkatan kenyamanan ataupun keamanan yang cukup memadai. Perihal itu pula tidak lepas dari bekalan fitur berbentuk rem cakram yang walaupun belum dilengkapi ABS tetapi terhitung sudah cukup mumpuni dalam mengatur laju dari mobil ini.

Tidak hanya itu, pada Wuling Almaz ini pun juga telah dibenamkan fitur berupa Electric Parking Brake EPB+ Automatic Vehicle Holding (AVH) yang sedia menjamin pengendalian serta kemudahan dikala akan memarkirkan mobil.

Sementara itu, buat membagikan kenyamanan maka dalam ruang kabin dari SUV ini pula telah dibekali dengan bermacam fitur hiburan yang tersedia di head unit lewat layar sentuh seluas 10. 4 inci yang dilengkapi beberapa fitur entertainment audio visual system yang sedia memanjakan para penumpang.

Apalagi, untuk membuat para penumpang senang, Wuling pun juga sudah sediakan sistem audio Infinity HK speakers series yang begitu mumpuni serta handal dalam soal menjamin suara bass dikala mendengar lagu kesukaan. So, dengan bermacam fitur-fitur penting pada detail Wuling Almaz itu maka sudah pasti bila mobil ini sanggup membagikan tingkatan kenyamanan yang begitu lengkap serta terjamin.

Harga Wuling Almaz

Wuling Almaz ini diprediksi kuat akan dijual pada kisaran harga mulai Rp 367 juta buat pilihan transmisi M/T serta Rp 378 juta buat yang A/T dengan status On The Road Jabodetabek.

Toyota Kijang Innova

Bila kamu diminta mengatakan salah satu jenis kendaraan paling legendaris di Indonesia, bisa jadi yang langsung timbul di benak kamu adalah Toyota Kijang. Betul, selama nyaris 40 tahun Toyota Kijang setia menemani keluarga Indonesia. Sampai akhirnya Kijang juga didaulat jadi‘ mobil sejuta umat’.

Dari generasi Kijang ‘kotak’ yang pertama kali muncul di Tanah Air pada tahun 1970-an lalu, kemudian ada generasi Kijang Super, Kijang Grand Extra, Kijang‘ kapsul’, hingga saat ini sampai generasi Toyota Kijang Innova, mobil varian multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota itu senantiasa jadi primadona keluarga Indonesia.

Selama berpuluh-puluh tahun itu juga Toyota Indonesia sukses melindungi konsistensi Kijang sebagai MPV nomor satu untuk keluarga Indonesia. Merambah generasi ke 4 dari Kijang, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku pemegang hak merek mobil Toyota di Indonesia, memperkenalkan Toyota Kijang Innova dengan wajah baru.

Desain Toyota Kijang Innova

Pada bagian fascia depan Toyota Kijang Innova, kamu bakal melihat konsep lampu utama yang kini mempunyai bentuk persegi panjang dengan sudut yang lebih tegas. Bentuk lampu utama pada New Kijang Innova ini terlihat lebih modern serta berkelas melalui penempatan lampu heksagonal multireflektor yang lebih tajam.

Kemudian buat front grill Toyota Kijang Innova sendiri masih dibentuk dengan cukup besar dipadukan dengan frame bertingkat beraksen krom. Buat bumper depan, didesain sejalur dengan lampu kabut yang berbentuk minimalis.

Lihat juga:  Pilih Mana: Xpander Cross vs Rush

Beranjak buat komponen samping mobil, rancangan konsep komponen sisi Toyota Kijang Innova memanglah tidak terlalu banyak ubahan. Konsepnya masih menggantungkan bentuk body sisi yang tidak banyak lekukan serta cenderung boxy. Penyegaran komponen samping terlihat pada konsep kaca komponen belakang yang saat ini berbentuk lebih runcing bagian atasnya.

Lalu mengenai Interior, Toyota Kijang Innova seperti Jenis V M/T, setir kemudi serta armrest driver diberi aksen ornamen kayu yang nampak elegan seperti mobil premium. Sebaliknya pada New Kijang Innova Jenis V serta Luxury kamu juga bakal menemukan segudang fitur modern yang tertata rapi di dalam kabin.

Beranjak ke bangku penumpang di dalam kabin Toyota Kijang Innova, semua sudah dilengkapi dengan seat belt buat menjamin keselamatan penumpangnya. Kemudian pada komponen bagasinya sendiri pula telah diatur cukup luas. Tidak hanya itu, Toyota pula menyematkan Cargo Net dan Luggage Tray yang dapat digunakan sebagai bonus bagasi.

Mesin Toyota Kijang Innova

Buat tipe bensin, New Toyota Kijang Innova dibekali dengan mesin jenis 4 Silinder Segaris, 16 Katup, DOHC, VVT-i. Mesin berkapasitas 1998 cc itu sanggup mengeluarkan daya maksimum sebesar 136 Ps pada 5. 600 rpm serta torsi maksimum sebesar 18, 6 Kgm pada 4. 000 rpm.

Buat bagian MPV bermesin bensin 2.0L, power yang diperoleh oleh New Toyota Kijang Innova ini merupakan salah satu yang sangat besar di kelasnya. Jadi tidak heran bila akhirnya Kijang Innova tipe mesin bensin amat disukai pelanggan, bagus yang tinggal di kota besar ataupun di daerah.

Sementara itu, buat New Toyota Kijang Innova tipe kedua dibekali dengan mesin diesel jenis 4 Silinder Segaris, 16 Katup, DOHC, VVT- i berkapasitas 2.494 cc. Mesin itu merupakan mesin D- 4D yang kerap kita dengar sebagai tipe ataupun seri mesin diesel Direct Injection, 4- langkah. Mesin itu memakai sistem suplai bahan bakar tipe Common Rail Diesel, berbeda dengan tipe diesel yang memakai EFI.

Tipe mesin common rail pada Toyota Kijang Innova ini merupakan generasi ke 2 yang dipunyai Toyota dengan salah satu ciri secara umum yakni mempunyai tekanan bahan bakar yang terletak di common rail amat tinggi, alhasil suplai amat terkontrol. Mesin ini sanggup mengeluarkan daya maksimum sebesar 102 Ps pada 3.600 rpm serta torsi sebesar 26, 5 Kgm pada 2600 rpm. Dari kedua mesin yang disematkan pada masing- masing versi Toyota Kijang Innova itu sama-sama sanggup menciptakan daya yang amat powerful dengan konsumsi BBM yang cukup efisien.

Buat masing- masing tipenya juga Toyota juga telah memakai sistem Electric Power Steering sehingga bakal sangat memudahkan pengemudinya. Terakhir buat detail Toyota Innova pada komponen mesin, sistem penggerak yang dipakai yakni 5 percepatan buat tipe otomatis, dan 4 percepatan buat versi dengan transmisi manual.

Fitur Toyota Kijang Innova

Karena muncul dalam beberapa opsi tipe, pasti fitur-fiturnya pun juga berbeda. Namun buat detail unggulan semacam kerangka GOA (Global Outstanding Assessment) Body yang menjamin proteksi menyeluruh pada penumpang sudah ada buat seluruh jenis. Setelah itu, buat sistem keselamatan Toyota Kijang Innova telah dibekali dengan Dual SRS Airbags, Side Impact Beam, serta Collapse Steering Column, New Seatbelt dengan Pretensioner dan Force Limiter buat seluruh jenis Toyota Kijang Innova.

Sebaliknya buat fitur penunjang kenyamanan dan hiburan, sudah ada fitur semacam 2 DIN CD with MP3, USB/ AUX, WMA players, Integrated Rear Blower Air Conditioner buat penumpang baris kedua, dan terdapat tambahan berbentuk monitor 8 inci yang terdapat di bagian atap buat Toyota Kijang Innova jenis V dan di atasnya. Buat New Kijang Innova jenis teratas pun juga telah dibekali dengan Automatic Gate Type Transmission dan juga Shift Position Indicator.

Terakhir, tidak hanya fitur kenyamanan serta keamanan yang lengkap, pada New Kijang Innova juga telah muncul dengan detail di komponen keamanan yang lengkap. Seperti contohnya yaitu fitur Integrated Key yang dilengkapi dengan Toyota Auto Alarm, Wireless Door Lock, Power Windows dan Power Door Lock.

Memenuhi detail Toyota Innova jenis G pula didatangkan Rear Parking Sensor yang bakal mempermudah pengendara dikala mau memarkir kendaraan. Sementara itu fitur lain seperti Corner Sensor dan Other Mirror With Turning Signal Lamp pula muncul buat Kijang Innova jenis V.

Harga Toyota Kijang Innova

Kijang Innova Type G A/T Bensin Rp. 290.600.000,-
Kijang Innova Type G M/T Bensin Rp. 276.900.000,-
Kijang Innova Type G M/T Diesel Rp. 292.100.000,-
Kijang Innova Type G A/T Diesel Rp. 306.000.000,-
Kijang Innova Type V M/T Bensin Rp. 314.050.000,-
Kijang Innova Type V A/T Bensin Rp. 328.050.000,-
Kijang Innova Type V A/T Diesel Rp. 344.050.000,-
Kijang Innova Type V M/T Diesel Rp. 330.150.000,-
Kijang Innova Type E A/T Bensin Rp. 269.200.000,-
Kijang Innova Type E M/T Bensin Rp. 255.900.000,-
Kijang Innova Type E M/T Diesel Rp. 272.600.000,-
Kijang Innova Type J M/T Bensin Rp. 233.650.000,-

Pilih Mana: Wuling Almaz atau Toyota Kijang Innova?

Wuling AlmazToyota Kijang Innova
Kelebihan - Memiliki transmisi CVT - Desain interior yang modern - Memiliki mesin turbo menghasilkan tenaga dan torsi besar - Bengkel servis yang berlimpah - Irit BBM - Ac menggunakan triple bower
Kekurangan- Ukuran roda yang kecil - Belum disematkan transmisi manual - Memiliki suspensi cukup keras - Radius putar yang terlalu besar

Kesimpulan

Wuling Almaz dan Toyota Kijang Innova sama-sama mobil keluarga yang bisa kamu pakai untuk menelusuri jalanan kota. Kedua mobil ini juga bisa kamu pakai untuk perjalanan jauh mengingat spesifikasi dari kedua mobil ini sangat mumpuni. Tentukan pilihan mobilmu sesuai dengan selera dan kebutuhan kamu guys. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wuling Almaz vs Toyota Kijang Innova

VS

Leave a Reply