Kendaraan

Pilih Mana: Wuling Cortez atau Mitsubishi Xpander?

Memiliki mobil keluarga tentu menjadi dambaan untuk setiap orang, apalagi mobil tersebut sudah disematkan fitur keselamatan, keamanan dan sebagainya untuk menunjang kenyamanan keluarga kita dalam mobil. Wuling Cortez dan Mitsubishi Xpander hadir memberikan jawaban itu. Mobil dari kedua produsen raksasa tersebut sekarang menjadi dambaan untuk setiap orang apalagi yang mempunyai keluarga kecil. Penasaran dengan detail dari kedua mobil tersebut? So kali ini saya akan bahas mengenai Wuling Cortez dan Mitsubishi Xpander. Disini aja guys.

Wuling Cortez

Geliat model MPV Menengah terus bertambah seiring kebutuhan kendaraan masyarakat Indonesia, begitu juga dengan Wuling Cortez 2018. Sebelumnya, Wuling sebagai produsen mobil asal Negeri Tiongkok yang masih berumur jagung itu sudah lebih dahulu meluncurkan MPV lainnya; Confero S. MPV yang cukup menyita atensi khalayak sebab harganya yang amat ekonomis itu menjadi awal eksistensi Wuling di Tanah Air.

Wuling Cortez 2018 jadi pionir pertumbuhan angka penjualan Wuling saat ini. Selain itu juga Cortez diprediksi bakal jadi rival yang amat berat untuk para pesaing di kelas yang sama. Dari informasi yang dikumpulkan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), terkini 2 bulan (Januari dan Februari 2018) peredarannya, Wuling Cortez 2018 telah sukses bertengger di peringkat 3 dari 5 model yang bersaing di jenis MPV menengah dengan torehan 816 unit terjual di semua Indonesia. Baca juga Pilih Mana: Daihatsu Sigra atau Toyota Calya?

Desain Wuling Cortez

Dari luaran mungkin sepintas tidak terlihat besar, tetapi nyatanya dimensi Wuling Cortez 2018 ini lumayan gambot juga. Format secara keseluruhan nyaris mendekati Toyota Kijang Innova tapi agak lebih kecil. Ukuran itu karena konstruksinya telah monokok alias body serta sasis sudah jadi satu. Ditambah lagi, dimensi ban yang cuma 16 inchi ditaksir sangat kecil buat body bongsornya.

Tema dual tone di dalam kabin membagikan kesan besar daripada yang sebenarnya. Kembali bicara material, walaupun memakai bahan yang didominasi oleh bahan soft touch tapi terdapat beberapa detail yang kurang apik terutama di bagian storage tertentu.

Mesin Wuling Cortez

Harga Wuling Cortez bakal tergantung dari dapur pacunya. Wuling menjual mobil ini dalam 2 varian mesin. Yang pertama mengangkat mesin 1. 5 Liter dengan transmisi manual 6 percepatan. Sedangkan yang kedua memakai mesin 1. 8 Liter dengan opsi transmisi manual dan i-AMT (Intelligent Automated Mechanical Transmission).

Bila kamu membeli varian 1. 8 Liter, maka sobat bakal memperoleh mesin 4 silinder In-Line DOHC VVT-i yang sanggup menghasilkan daya maksimum sebesar 129 Horsepower pada 5.800 rpm serta torsi puncak menggapai 174 Nm yang dapat dicapai pada putaran mesin 4.600 rpm hingga 5.600 rpm.

Mesin berkapasitas 1.798cc dengan bahan bakar Gasoline ataupun bensin jadi salah satu daya tarik mobil ini. Mesin itu tergolong bertenaga serta dapat melampaui mobil MPV sekelasnya. Terlebih Wuling Cortez dilengkapi transmisi i-MT yang mempunyai mode berkendara Eco (E) serta Sport (S). Tidak hanya itu, sistem transmisi i-AMT pula dilengkapi bentuk manual 5 percepatan yang membuat kenyamanan berkendara semakin maksimal.

Fitur Wuling Cortez

Rasanya tidak akan ada habisnya buat mengulas fitur Wuling Cortez ini. Saking banyaknya fitur yang tersematkan, rasanya ini jadi “over spec” buat MPV menengah dengan harga amat miring. Mungkin lebih mudahnya dapat menyebutkan fitur apa saja yang belum ada. Kekurangan pertama belum terdapatnya keyless entry, start-stop button, serta setir teleskopik.

Untuk safety, Cortez dilengkapi dengan 4 airbag di depan serta samping depan. Di sistem pengereman, semua roda depan belakang telah memakai cakram dengan ABS, EBD, BA, HHC, AVH dan ESC. Tidak tertinggal, 2 titik ISOFIX pun melengkapi safety Cortez ini.

Harga Wuling Cortez

Harga Wuling Cortez L Lux Plus MT Rp. 254.000.000.-
Harga Wuling Cortez L Lux Plus i-AMT Rp. 264.000.000.-
Harga Wuling Cortez C MT Rp. 218.000.000.-
Harga Wuling Cortez C i-AMT Rp. 228.000.000.-
Harga Wuling Cortez C Lux Plus i-AMT Rp. 233.000.000.-
Harga Wuling Cortez 1.5L S Rp. 193.000.000.-

Mitsubishi Xpander

Bertajuk sebagai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), Mitsubishi Xpander mencapai pencapaian luar biasa di pasar otomotif Indonesia. Konsepnya juga tergolong istimewa dengan menggabungkan esensi artistik MPV dan pesona jantan Sport Utility Vehicle (SUV). Dimensi format panjang di angka 4.475 mm seolah mengisyaratkan kelegaan ruang kabinnya.

Publik juga merespons positif. Sejak perkenalannya pada Agustus 2017 berhasil menggiring para peminatnya dengan Market Share sebesar 27% pada bulan Januari 2018 lalu. Sampai sekarang, pemesanannya mencatat pemesanan sebanyak 55.000, melewati perkiraan PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Desain Mitsubishi Xpander

Dari sisi bentuk fisiknya tersebut, mobil garapan pabrik berlogo 3 berlian ini mempunyai rekaan konsep yang mengadopsi dari konsep mobil SUV lalu diimplementasikan secara sempurna alhasil memberikan visualisasi konsep yang berbeda dari MPV lain.

Di samping itu, Mitsubishi Xpander ini pula nampak dari rancangan desain fascia Dynamic Shield pada bagian depan yang mengusung headlamp LED DRL yang begitu menawan dengan bentuk menyipit disambung grille berlapis krom sehingga kesan elegan juga kian tampak begitu kokoh.

Tidak hanya eksterior, Mitsubishi Xpander pula terdapat pada bagian interiornya di mana kali ini pihak produsen sudah mengangkat bentuk interior cukup elegan dengan ruang kabin lega. Di samping itu, Kesan elegan pada interior mobil ini dapat kita lihat dengan pemakaian material interior yang baik dan konsep dashboard yang modern dengan tata letak panel yang begitu rapi serta bagus.

Mesin Mitsubishi Xpander

Seluruh bentuk Mitsubishi Xpander memakai mesin bertipe 4A91 dengan kapasitas 1.5 Liter berteknologi MIVEC. Dengan daya 104 PS pada putaran 6.000 rpm, jelas lebih cukup buat mengantar Kamu bersama semua keluarga. Tipe Ultimate cuma dibekali opsi transmisi otomatis 4-speed.

Mobil ini terasa kalau daya diperoleh mesin ini amat mumpuni. Antaran tenaga dikala stop-n-go halus, dan sanggup berakselerasi dengan bagus. Respons mesin serta transmisi dikala dibawa melahap tanjakan juga bisa diandalkan.

Kemantapan serta kenyamanannya pula amat bagus. Dimensi besar serta fokus pada kenyamanan memang membuat buritan mobil seperti ketinggalan dikala menikung dalam kecepatan sedikit tinggi. Namun, patut diketahui kalau ini Xpander, bukan Mitsubishi Lancer Evolution. Yang berarti, bukan limbung apalagi buat mual semua keluarga Kamu.

Fitur Mitsubishi Xpander

Menelusuri masalah pengereman, Mitsubishi Xpander bakal tampak unggul dalam performa manuver melalui adanya racikan teknologi Anti-lock Braking System (ABS) serta Electronic Brakeforce Distribution (EBD). Dan Brake Assist (BA) serta Hill Start Assist (HSA) pada Mitsubishi Xpander Ultimate.

Aspek hiburan pada Mitsubishi Xpander, nampak sangat banyak serta beraneka ragam dengan adanya sebagian multifungsi yang sanggup menyokong sensasi praktis Kamu dalam berkendara. Teknologi Engine Start/ Stop misalnya, menghasilkan Mitsubishi Xpander tampak bergaya dengan nuansa modern serta futuristik yang mana Kamu bisa menghidupkan mesin dengan satu sentuhan saja.

Harga Mitsubishi Xpander

Xpander Ultimate A/T Rp. 260.900.000
Xpander Sport A/T Rp. 252.200.000
Xpander Sport M/T Rp. 242.200.000
Xpander Exceed A/T Rp. 240.000.000
Xpander Exceed M/T Rp. 229.600.000
Xpander GLS A/T Rp. 233.600.000
Xpander GLS M/T Rp. 222.600.000
Xpander GLX M/T Rp. 206.100.000

Pilih Mana: Wuling Cortez atau Mitsubishi Xpander?

Wuling CortezMitsubishi Xpander
Kelebihan - Interior cukup modern - Fitur-fitur yang lengkap - Memiliki fitur rear kamera- Fitur kenyamanan yang mumpuni - Layar MID berukuran besar - Desain modern
Kekurangan - Sistem keamanan yang kurang mumpuni - Sparepart dan aksesoris masih susah dicari- Spare part mahal - Wiper kerap berisik

Kesimpulan

Seperti yang sudah diulas diatas bahwasanya Wuling Cortez dan Mitsubishi Xpander memiliki spesifikasi dan fitur yang cukup mumpuni. Sesuai dengan harganya, kedua mobil ini termasuk kedalam golongan kelas menengah. Namun jika kalian menginginkan spesifikasi dan performa mesin yang lebih mumpuni, maka saya rekomendasikan Mitsubishi Xpander untuk dijadikan mobil keluarga kamu. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Wuling Cortez vs Mitsubishi Xpander

VS

Leave a Reply