Elektronik

Pilih Mana: Xbox atau Wii?

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perangkat untuk bermain game. Salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah konsol game. Banyak jenis dan ragam konsol game yang dapat Anda gunakan, dua di antaranya yaitu Xbox dan Wii. Manakah yang paling cocok untuk Anda gunakan sebagai konsol game? Xbox atau Wii?

Xbox dan Wii merupakan konsol game yang dapat membantu para gamers dalam melakukan aktivitas gaming. Namun dua jenis konsol game ini juga memiliki banyak perbedaan. Xbox dapat memberikan grafik yang lebih baik jika dibandingkan dengan Wii.

Xbox

Xbox merupakan konsol permainan video yang dibuat oleh Microsoft. Xbox memiliki berbagai jenis dan berbagai tipe yang dikembangkan agar semakin menjadi lebih baik dan dapat mendukung aktivitas gaming. Penjelasan mengenai Xbox telah kami bahas sebelumnya pada PlayStation 4 vs Xbox One.

Kelebihan Xbox

Berikut beberapa kelebihan Xbox yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Koleksi Game yang Lebih Banyak

Salah salah satu kelebihan Xbox adalah memiliki koleksi game yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Wii. Xbox lebih eksklusif dengan halo nya, sedangkan Wii lebih eksklusif dengan super smash brawl. Selain koleksi game, Xbox juga memiliki visual yang lebih baik daripada Wii.

  • Memiliki Grafik yang Paling Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xbox adalah grafik yang dimilikinya. Ketika Anda memainkan blacops Anda akan melihat Xbox dapat menampilkan gambar yang lebih real dengan pencahayaan yang lebih gelap. Sedangkan Wii memberikan grafik yang bisa dikatakan berantakan karena Wii masih menggunakan kabel komponen.

  • Memiliki Prosesor yang Cukup Canggih

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xbox ini adalah memiliki prosesor yang cukup dan lumayan canggih. Dibandingkan dengan Wii, prosesor konsol game jenis ini lebih baik dan lebih mumpuni. Sedangkan Wii memiliki prosesor yang belum bisa melebihi Xbox. Namun jika dibandingkan dengan PlayStation 3, prosesor yang dimiliki PlayStation 3 masih mengungguli. Anda juga dapat melihat kelebihan dan kekurangan Xbox di Kaskus.co.id.

Kekurangan Xbox

Berikut beberapa kekurangan Xbox yang perlu Anda ketahui:

  • Kurang Awet dan Tahan Lama

Salah satu kekurangan Xbox adalah kurang awet dan kurang tahan lama jika dibandingkan dengan Wii. Wii memiliki keawetan dan mesin yang lebih bandel. Tidak diragukan lagi keawetan Wii ini. Karena itulah jika Anda sangat mempertimbangkan masalah keawetan mesin konsol, maka Xbox bukanlah pilihan yang tepat.

  • Memiliki Motion Gaming Kurang Baik

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xbox adalah memiliki motion gaming yang kurang baik jika dibandingkan dengan Wii. Jika menggunakan Xbox, Anda harus membeli tambahan berupa kinect. Sedangkan jika menggunakan Wii, Anda akan langsung mendapatkan Wiimote dan nunchuck.

  • Multiplayer Harus Berlangganan

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xbox adalah kebijakannya yang mengharuskan Anda berlangganan untuk bisa mengakses multiplayer online gaming. Hal ini tentunya agak memberatkan penggunanya, sedangkan Wii memberikan limit 8 player untuk super smash brawl. Dalam hal ini, Wii masih lebih unggul jika dibandingkan dengan Xbox.

Kelebihan XboxKekurangan Xbox
- Memiliki koleksi game yang lebih banyak- Kurang awet dan tahan lama
- Memiliki grafik yang paling baik- Memiliki motion gaming kurang baik
- Memiliki prosesor yang cukup canggih- Multiplayer harus berlangganan

Wii

Wii merupakan konsol permainan video kelima Nintendo. Wii juga merupakan penerus Nintendo Game Cube yang memiliki kontroller dan dapat memberikan respons terhadap letaknya dalam ruang fisik.

Lihat juga:  Pilih Mana: Kulkas Sanken atau Sharp?

Kelebihan Wii

Berikut beberapa kelebihan Wii yang perlu Anda ketahui:

  • Lebih Awet dan Tahan Lama

Salah satu kelebihan Wii adalah memiliki daya tahan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Xbox ataupun PlayStation 3. Wii memiliki daya tahan mesin yang sangat baik dan mesin konsol game ini tidak mudah panas. Jika Anda mencari konsol game yang memiliki daya tahan yang sangat baik, Anda disarankan untuk memilih Wii.

  • Memiliki Motion Gaming yang Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xbox adalah memiliki motion gaming yang lebih baik. Ketika menggunakan Wii, Anda akan langsung mendapatkan Wiimote dan nunchuck. Anda tidak perlu untuk membeli tambahan lagi seperti jika Anda menggunakan Xbox. Ketika membeli Xbox, Anda akan perlu untuk membeli tambahan kinect agar konsol tersebut dapat bekerja dengan baik.

  • Menyediakan Online Gaming Tanpa Berlangganan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Wii adalah menyediakan multiplayer online gaming yang tidak mengharuskan penggunanya berlangganan. Anda dapat mengakses fasilitas ini secara Cuma-Cuma. Namun Wii sudah tidak bisa online lagi sebab telah discontinued dan telah memberikan limit 8 player untuk super smash brawl.

Kekurangan Wii

Berikut beberapa kekurangan Wii yang perlu Anda ketahui:

  • Memiliki Grafik yang Kurang Baik

Salah satu kekurangan Wii adalah memiliki tampilan grafik yang paling buruk jika dibandingkan dengan Xbox dan PlayStation 3. Hal ini dikarenakan Wii masih menggunakan kabel komponen sehingga grafik atau tampilan yang diberikan masih kurang maksimal dan sangat kurang baik. Hal ini berbeda dengan Xbox yang dapat memberikan grafik yang paling baik di antara konsol tersebut.

  • Memiliki Koleksi Game yang Kurang Banyak

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Wii adalah memiliki koleksi game yang kurang banyak jika dibandingkan dengan Xbox. Jika Anda memerlukan konsol game yang memiliki koleksi game yang banyak dan lengkap, Anda sebaiknya tidak menggunakan Wii dan lebih baik untuk menggunakan Xbox.

  • Kadang Sensitifitas Sensor Bar Terganggu

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki Wii adalah terkadang sensor bar terganggu dan kacau ketika memainkan game seperti heatseeker. Dengan demikian, Anda perlu melakukan pengaturan ulang agar semuanya dapat berjalan dengan lancar. Meskipun begitu, hal ini sangat jarang terjadi sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan masalah semacam ini.

Kelebihan WiiKekurangan Wii
- Lebih awet dan tahan lama- Memiliki grafik yang kurang baik
- Memiliki motion gaming yang lebih baik- Memiliki koleksi game yang kurang banyak
- Menyediakan online gaming tanpa berlangganan- Kadang sensitifitas sensor bar terganggu

Pilih Mana: Xbox atau Wii?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Xbox dan Wii. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

XboxWii
- Kurang awet dan tahan lama- Lebih awet dan tahan lama
- Memiliki koleksi game yang lebih banyak- Memiliki koleksi game yang kurang banyak
- Harus berlangganan untuk multiplayer online- Menyediakan online gaming tanpa berlangganan

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xbox dan Wii di atas, dapat disimpulkan bahwa kedua jenis konsol game ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh kedua jenis konsol ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xbox vs Wii

VS

Leave a Reply