Smartphone

Pilih Mana: Xiaomi atau Lenovo?

Vendor Lenovo nampaknya sangat ambisius untuk menyaingi Xiaomi di Indonesia yang terbukti sukses menjual seri produk kelas bawah mereka. Oleh karena itu, Lenovo ikut merilis smartphone yang diharapkan mampu menyaingi smartphone dari Xiaomi. Kedua vendor ini juga diketahui menggaet situs penjualan online untuk memberikan kemudahan kepada penggunanya saat ingin membeli smartphone buatannya. Namun, di antara Xiaomi vs Lenovo bagus mana?

Xiaomi

Xiaomi merupakan vendor smartphone yang saat ini memiliki reputasi tinggi dalam menghadirkan smartphone mumpuni dengan harga yang terjangkau. Salah smartphone yang dimilikinya yakni Xiaomi Redmi 2. Smartphone ini mendukung chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 serta prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53. Baca juga Pilih Mana: Lenovo atau Samsung?

Kelebihan Xiaomi yang bisa Anda ketahui:

1. Kerapatan pixel baik
Xiaomi memiliki kerapatan pixel yang cukup maksimal berukuran 312 ppi pixel sedangkan Lenovo hanya memiliki kerapatan pixel sebesar 294 ppi pixel. Fungsi kerapatan layar ini untuk mengukur hasil foto maupun gambar dalam smartphone.

2. RAM besar
Tidak seperti Lenovo yang hanya menyediakan RAM 1 GB untuk smartphonenya. Maka Xiaomi memberikan kelegaan dengan kapasitas RAM 2 GB untuk smartphone miliknya.

Kekurangan Xiaomi yang bisa Anda ketahui:

1. Daya baterai dibawah Lenovo
Xiaomi memiliki daya baterai di bawah Lenovo. Hal ini karena Xiaomi hanya memiliki daya baterai 2200 mAh sementara Lenovo 2300 mAh. Sehingga tenaga baterai Lenovo tergolong lebih kuat hingga 4,55 % dari Xiaomi.

2. Lebih tebal
Smartphone Xiaomi memiliki ketebalan 0,8mm lebih tebal dibandingkan Lenovo. Jika Xiaomi memiliki ketebalan 9mm, sementara Lenovo hanya 8,2mm. Lebih ramping sedikit bukan?

Lenovo

Lenovo merupakan sebuah perusahaan smartphone yang telah diakuisisi perusahaan Amerika, Motorola. Dikutip dari Kompas.com, kemungkinan ponsel-ponsel terbaru Lenovo akan dirilis dengan nama baru “Moto”. Terlepas dari hal itu kami membahas salah satu tipe smartphone Lenovo yakni A6000.

Kelebihan Lenovo yang bisa Anda ketahui:

1. Ukuran layar sedikit lebih besar
Meskipun keduanya menggunakan IPS Display beresolusi 1280 x 720 pixel, namun berbeda dengan ukuran pada layarnya. Ukuran layar yang dimiliki Lenovo sebesar 5 inci, sementara Xiaomi memiliki ukuran layar 4,7 inci.

2. Dilengkapi Dolby Digital Plus
Lenovo telah melengkapi ponselnya dengan sound yang mendukung fitur Dolby Digital Plus sehingga memberikan kesempurnaan suara yang lebih berkualitas dan jernih pada smartphone Lenovo miliknya.

Kekurangan Lenovo yang bisa Anda ketahui:

1. Tidak mendukung pelindung layar
Vendor Xiaomi meningkatkan keamanan smartphone dengan telah memasang pelindung layar Corning Gorilla Glass 2 yang tergolong aman melindungi smartphone dari goresan. Sementara Lenovo tidak mendukung pelindung layar sehingga penggunanya harus berhati-hati dalam menggunakan smartphone dan jika perlu menyiapkan uang tambahan untuk membeli pelindung layar tambahan.

2. Tidak memiliki giroskop
Lenovo tidak memiliki giroskop, sementara Xiaomi memilikinya. Giroskop sendiri merupakan sebuah sensor yang digunakan untuk melacak perangkat, terutama untuk mengukur kecepatan rotasi sudut.

Pilih Mana: Xiaomi atau Lenovo?

XiaomiLenovo
Antarmuka– MIUI buatan Xiaomi– VIBE UI buatan Lenovo
Desain– Terasa nyaman digenggaman– Sudut bodi terasa lebih tajam
Dukungan baterai– Ditenagai oleh baterai 2.200mAh– Didukung oleh baterai 2,3000mAh

Kesimpulan

Kami menyimpulkan keduanya sama-sama unggul. Namun, jika terpaksa memilih karena tidak mungkin untuk membeli keduanya sekaligus, kami ingin memberikan pertimbangan berikut. Lenovo di Indonesia tidak memiliki komunitas yang setia sebaik Xiaomi yang dapat diundang untuk mendiskusikan kapan saja Anda mengalami masalah. Kedua, reputasi Lenovo tidak sebaik Xiaomi dalam hal pembaruan produk perangkat lunak. Ketiga, jika Anda mudah bosan dan gemar “ngoprek”, Lenovo tidak memberikan banyak pilihan. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi vs Lenovo

VS

Leave a Reply