Pilih Mana: Xiaomi atau Samsung?

Loading...

Begitu banyak pertimbangan kita saat ingin membeli sebuah smartphone. Selain pertimbangan yang dilihat dari desain dan spesifikasi smartphone, harga turut menjadi aspek terpenting yang juga perlu untuk dipertimbangkan. Sebagian dari kita mungkin masih ada yang beranggapan bahwa “barang yang mahal pasti lebih bagus”. Namun, sebelum membenarkan anggapan tersebut mari simak terlebih dahulu pembahasan kami kali ini tentang bagus mana Xiaomi atau Samsung?

Pada artikel ini Anda dapat mengetahui:
– Definisi singkat Xiaomi dan Samsung
– Kelebihan & kekurangan Xiaomi dan Samsung

Berikut ini perbandingan antara Xiaomi Redmi 5 dan Samsung J2 Pro:

Xiaomi
Xiaomi Redmi 5 mengusung layar berukuran 5,7 inci, berat 153 gram dan dimensi 151,8 x 72,8 x 7,7 mm. Dilansir dari CNNIndonesia.com, Xiaomi juga mengunggulkan rasio 18:9 yang diklaim dapat memberikan pengalaman yang lebih baik untuk penggunanya saat membaca berita atau bermain game di ponselnya.

Kelebihan Xiaomi yang bisa Anda ketahui:

1. Dapur pacu yang unggul
Xiaomi dibekali prosesor Snapdragon 450 Octa core berkecepatan 1,8 GHz dengan pilihan tiga varian RAM yakni berukuran 2 GB / 3 GB / 4 GB. Sedangkan Samsung hanya disokong prosesor dari Snapdragon 425 Quad core berkecepatan 1,4 GHz yang dipadukan dengan RAM 1,5 GB.

2. Kamera lebih baik
Selain unggul dalam hal dapur pacu, ternyata Xiaomi pun didukung sektor kamera yang lebih baik dibanding Samsung. Xiaomi telah membenamkan kamera depan dan kamera belakang yang masing-masing bereslusi 5 MP dan 12 MP. Sementara Samsung hanya dibenamkan kamera depan dan belakang yang masing-masing beresolusi 5 MP dan 8 MP.

Kekurangan Xiaomi yang bisa Anda ketahui:

Loading...

1. Mengusung baterai non removable
Dengan segala kelebihannya, Xiaomi mengusung baterai non removable untuk smartphone buatannya. Desain baterai non removable atau baterai tanam, sangat riskan ketika smartphone mengalami kondisi hang atau rusak.

2. Teknologi layar standar
Dalam hal ini, Xiaomi harus berlapang dada karena Samsung telah didukung teknologi layar Super AMOLED yang lebih jernih dibanding teknologi layar yang diusung Xiaomi.

Samsung
Samsung J2 Pro memiliki layar berukuran 5 inci, berat 153 gram dan dimensi berukuran 143,8 x 72,3 x 8,4 mm. Selain itu, smartphone Samsung juga telah didukung OS Android v7.0 Nougat yang dipadukan dengan user interface Touchwich UI dari Samsung.

Kelebihan Samsung yang bisa Anda ketahui:

1. Layar Super AMOLED
Samsung memiliki kelebihan dalam teknologi layar yang diusungnya. Jika Xioami hanya mendukung teknologi layar IPS LCD, sementara Samsung mengusung teknologi layar Super AMOLED yang terlihat jernih sehingga dapat menghasilkan cahaya layar yang lebih baik.

2. Baterai tipe removable
Jika Xiaomi mengusung baterai tanam untuk smartphone buatannya. Samsung malah lebih memilih baterai dengan tipe removable yang tergolong aman ketika smartphone mengalami hang. Selain itu saat baterai mengalami kerusakan maka penggunanya hanya perlu mengganti baterai tersebut dengan baterai baru saja.

Kekurangan Samsung yang bisa Anda ketahui:

1. Daya baterai yang tergolong kecil
Samsung hanya mendukung kapasitas baterai tergolong kecil berukuran 2600 mAh. Sementara Xiaomi disokong kapasitas baterai 400 mAh lebih besar yakni 3000 mAh. Sehingga dalam hal ketahanan, smartphone Xiaomi jauh lebih tahan lama menemani aktivitas penggunanya.

2. Layar lebih kecil
Tidak seperti Xiaomi yang memiliki ukuran layar seluas 5,7 inci. Samsung hanya memiliki layar 5 inci yang tergolong kecil untuk golongan smartphone kekinian saat ini.

Pilih Mana: Xiaomi atau Samsung?

XiaomiSamsung
Resolusi kamera belakang– 12 MP– 8 MP
Performa– Lebih unggul– Cenderung standar
Kapasitas baterai– Berkapasitas lebih besar yakni 3000 mAh– Hanya disokong kapasitas baterai 2600 mAh
User interface– MIUI 9.0– Touchwich UI
Ukuran kartu SIM– SIM1: Nano, SIM2: Micro Hybrid– SIM1 dan SIM2 berukuran Nano

Kesimpulan
Dari segala hal, mungkin Xiaomi saat ini menjadi lebih unggul dibandingkan dengan Samsung. Namun ingatlah bahwa popularitas Samsung masih lebih baik dan lebih ungul dibanding segala vendor smartphone lain termasuk Xiaomi. Semoga bermanfaat.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi vs Samsung

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *