ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 atau Samsung Galaxy S10?

Handphone atau smartphone adalah suatu alat elektronik genggam yang memang menjadi wajib untuk orang. Karena memang handphone atau smartphone menjadi alat komunikasi yang membuat mudah. Maksudnya mudah adalah jika kamu berada jauh dengan orang yang kamu sayang, misalnya keluarga. Maka dengan handphone atau smartphone kamu akan berkomunikasi melalui. Perusahaan elektronik juga banyak mengeluarkan jenis atau tipe smartphone, mulai dari harga yang terjangkau hingga harga yang tinggi atau mahal. Merek perusahaan yang menjadi banyak sasaran orang salah satunya Xiaomi dan Samsung. Kedua merek smartphone ini mengeluarkan tipe smartphone yang bagus seperti yaitu Xiaomi Mi 9 dan Samsung Galaxy S10. Nah, disini saya akan menjelaskan mengenai tipe kedua smartphone tersebut.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Baca juga Pilih Mana: Honor 9i atau Honor 8x?

Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan.

Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 rilis dengan tampilan elegan dan warna gradasi Lavender Violet dan Ocean Blue. Makin epic, Xiaomi Mi 9 juga membawa efek hologram yang terbuat dengan menggunakan nano-level laser engraving dan dual layer nano coating. Dari potretnya yang beredar, Xiaomi Mi 9 memiliki warna shimmer yang colorful dengan lekukan berbentuk S pada bagian belakang bodi smartphone ini.

Pada bagian depannya, Xiaomi Mi 9 menggunakan layar 6.39 inci Samsung AMOLED display dengan perbandingan 90.7 persen berkat hadirnya poni water drop pada fitur ini. Xiaomi Mi 9 juga telah dibantu dengan High Brightness Mode( HBM) yang mampu mengoptimalkan kontras dan warna yang ditampilkan saat berada di luar ruangan.

Kamera Xiaomi Mi 9

Kamera menjadi salah satu karakteristik unggulan Xiaomi Mi 9 kali ini. Perangkat ini dirilis dengan menggunakan kamera dari Sony IMX 586 beresolusi 48 MP dengan lensa tele dan lensa ultra wide. Sony IMX 586 yang digunakan Xiaomi Mi 9 ini serupa dengan yang digunakan oleh Honor pada Honor View 20. Makin keren, Xiaomi Mi 9 juga sudah mendukung 960 fps super slow motion untuk video.

Tidak hanya itu, karakteristik super night scene mode pada Xiaomi Mi 9 juga unggul untuk mendukung fotografi dengan cahaya yang minim. 3 kamera utama yang digunakan oleh Xiaomi Mi 9 antara lain beresolusi 48 MP, 16 MP, dan 12 MP. Mengenai kamera depan, Xiaomi Mi 9 menggunakan kamera berkekuatan 12 MP. Setiap kamera Xiaomi Mi 9 sudah dibalut sempurna dengan sapphire glass.

Baterai Xiaomi Mi 9

Menggunakan baterai berkapasitas 3.300 mAh yang disebut hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya hingga 70 persen dan 60 menit untuk mengisi penuh. Menggunakan Qualcomm Snapdragon 855, Xiaomi Mi 9 sudah menggunakan kabel USB type-c.

Harga Xiaomi Mi 9

Xiaomi Mi 9 dengan versi RAM 6 GB dan memori internal 128 GB dijual dengan harga 2.999 yuan atau sekitar Rp 6.200. 000. Sebaliknya untuk RAM 8 GB dan memori internal 128 GB dijual dengan 3.299 yuan atau sekitar Rp 6.800.000.

Samsung

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung- chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208. 000 pekerja. Sampai saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merk terbanyak di dunia dengan menghasilkan handphone pintar yang menjadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja.  Samsung merupakan salah satu konglomerat(chaebol) Korea Selatan terbanyak yang bermula sebagai industri ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat bertumbuh ke aspek yang lain.

Lihat juga:  Pilih Mana: Zenfone 5 atau Redmi Note 5?

Sekarang ini, Samsung bekerja dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi(telepon genggam dan jaringan), perlengkapan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dan lainnya), alat digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat). Samsung mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi, politik, alat dan budaya Korea Selatan dan sudah menjadi kekuatan pendorong penting dibalik fenomena” Keajaiban di Sungai Han”.

Tampilan Samsung Galaxy S10

Layar dynamic amoled milik Samsung Galaxy S10 merupakan tampilan smartphone terbaik di dunia saat ini. Mungkin semua orang sudah berharap bahwa setiap handphone Samsung baru akan menampilkan kemajuan besar dalam perihal kualitas tampilan. Seluruh orang juga tahu bahwa Samsung membuat layar smartphone terbaik di dunia.

Layar baru Samsung Galaxy S10 merupakan layar OLED dinamis pertama di industri dan smartphone pertama yang ditampilkan di planet ini yang mendapatkan sertifikasi HDR10+. Layar ini sama jernihnya dan sama jelasnya dengan AMOLEDs Samsung sebelumnya. Hanya saja, reproduksi warnanya jelas sudah di-upgrade ke tingkat yang lebih besar.

Kamera Samsung Galaxy S10

Tidak hanya meningkatkan jumlah kamera, Samsung juga meningkatkan fitur pendukungnya. Baik kamera belakang maupun depan Galaxy S10 mendukung perekaman video 4K. Khusus untuk kamera depan, karakteristik ini merupakan yang perdana.

Galaxy S10 juga menjadi fitur mobile pertama yang mendukung perekaman video HDR10+. Video tersebut akan menawarkan pengalaman multimedia yang menarik, salah satunya memberikan dynamic range video yang lebih tinggi.

Baterai Samsung Galaxy S10

Model internasional S10 menggunakan sistem-on- chip Exynos 9820, sedangkan model AS, Amerika Selatan serta Cina menggunakan Qualcomm Snapdragon 855. Kedua perangkat ini dijual dengan penyimpanan internal 128 atau 512 GB, dengan S10+ juga dijual dengan model penyimpanan 1-terabyte. Masing- masing berisi baterai 3400 dan 4100 mAh, mendukung pengisian induktif Qi, dan kemampuan untuk mengisi daya perangkat yang cocok dengan perangkat Qi lainnya dengan daya baterainya sendiri.

Harga Samsung Galaxy S10

Rp. 12.999. 000(RAM 8 GB memori penyimpanan 128 GB) Sebenarnya terdapat Galaxy S10 versi RAM 8 GB dan memori 512 GB, tetapi Samsung memastikan model ini tidak masuk Indonesia.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 atau Samsung Galaxy S10?

Xiaomi Mi 9Samsung Galaxy S10
Kelebihan - Kamera yang sangat unggul - Mendukung fast charging - Memiliki variasi warna yang cantik - Desain mewah - Performa kencang - Kualitas kamera yang sangat bagus
Kekurangan- Harga termasuk mahal - Tidak tahan debu dan air - Harga termasuk sangat mahal - Masih slot hybrid

Kesimpulan

Xiaomi Mi 9 dan Samsung Galaxy S10 adalah kedua tipe smartphone yang berasal dari berbeda perusahaan. Kedua tipe tersebut sangat memiliki spesifikasi yang bagus, dan sudah menjadi hal diketahui banyak orang. Keduanya dijual atau dibanderol dengan harga yang sangat tinggi, baik Xiaomi Mi 9 dan Samsung Galaxy S10 dijual dengan harga 6 jutaan hingga 10 jutaan keatas. Hal ini yang membuat orang lebih berpikir untuk membelinya. Apalagi untuk Samsung Galaxy S10 harga mencapai angka 12 juta adalah termasuk sangat mahal, karena jika dibanding dengan Xiaomi masih di angka 6 jutaan. Tetapi bagi orang yang sah-sah saja dengan harga sedemikian, tidak membuat menjadi penghalang untuk membeli. Sebenarnya untuk memiliki smartphone disesuaikan saja dengan kondisi dan selera kamu saja ya.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi 9 vs Samsung Galaxy S10

VS

Leave a Reply