ElektronikSmartphone

Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Samsung Galaxy A50?

Perusahaan Samsung dan Xiaomi menjadi perusahaan elektronik yang sangat terkenal dikalangan masyarakat bahkan di seluruh negara. Banyak tipe dari kedua merek ini yang menjadi sasaran orang-orang. Tipe yang banyak dijual di tahun-tahun ini adalah Xiaomi Mi 9 SE dan Samsung Galaxy A50. Karena keduanya memiliki spesifikasi dan kualitas yang cukup baik. Penasaran dengan penjelasan lebih mengenai kedua tipe smartphone ini? Yuk, dibaca.

Xiaomi

Xiaomi adalah perusahaan elektronik swasta milik pribadi dari Tiongkok yang berkantor pusat di Beijing yang berdedikasi untuk menciptakan pengalaman pengguna dari segala aspek. Dibuat pada tahun 2010, perusahaan ini dengan cepat sudah menjadi salah satu perusahaan teknologi terkenal di Tiongkok. Xiaomi merupakan distributor telepon pintar terbesar ke- 3 di Dunia yang merancang, mengembangkan, dan menjual telepon pintar, aplikasi seluler, dan elektronik konsumen. Baca juga Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Xiaomi Mi 9?

Sejak merilis telepon pintar pertamanya di bulan Agustus 2011, Xiaomi telah memperoleh pangsa pasar di Tiongkok daratan. Pendiri dan CEO Xiaomi merupakan Lei Jun, yang merupakan orang terkaya ke- 23 di Tiongkok menurut Forbes. Perusahaan ini saat ini bernilai lebih dari 10 miliar USD dan mempunyai lebih dari 5000 karyawan, yang berasal dari Tiongkok, Malaysia, Singapura, India, Filipina, dan Indonesia. Menurut IDC, Xiaomi saat ini merupakan produsen telepon pintar terbesar ketiga.

Tampilan Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE adalah 5.97 inch. Ukuran itu termasuk ukuran layar minimalis yang didesain sebaik mungkin oleh pihak Xiaomi. Xiaomi Mi 9 SE sudah menggunakan teknologi layar Super AMOLED dengan jenis layar tertanam dan mempunyai lengkungan kecil di atasnya. Layar Xiaomi Mi 9 SE juga telah dibalut dengan cantik dengan lapisan Corning Gorilla Glass 5 dan dilengkapi oleh fitur HDR dengan kombinasi berbagai warna yang menarik perhatian.

Kecanggihan fitur layar yang ditawarkan oleh Xiaomi Mi 9 SE ini tidak kalah dari 2 saudaranya. Perbedaan yang bisa kamu temui merupakan ukuran layar yang lebih kecil, dibanding dengan tipe biasa. Tidak hanya mempunyai bentuk bagus, teknologi lain yang dimiliki Xiaomi Mi 9 SE adalah fingerprint yang terdapat di bawah layar dengan chipset Snapdragon 712.

Kamera Xiaomi Mi 9 SE

Fungsi kamera depan pada Xiaomi Mi 9 SE pastinya dapat memberikan pengalaman selfie yang berkualitas berkat dukungan fitur Beautify. Secara umum, kamu akan memperoleh hasil foto selfie yang lebih cantik, tetapi tetap terlihat alami. Perolehan foto yang bagus bisa didapatkan berkat teknologi AI yang sanggup menginterpretasikan kontur di wajah kamu untuk perolehan foto yang sempurna. Fitur ini pastinya tidak akan terlihat berlebihan walaupun ada dukungan Beautify sekalipun.

Baterai Xiaomi Mi 9 SE

Baterai Mi 9 SE memiliki 3.070 mAh dengan fitur fast charging. Xiaomi meniadakan port jack audio 3.5 milimeter, sehingga apabila pengguna mau menggunakan headset, maka bisa menggunakan konektor. Xiaomi Mi 9 SE memperoleh tingkatan daya tahan mencapai 73 jam. Smartphone ini juga mensupport Qualcomm Quick Charge 4+. Perihal itu berarti bahwa kompatibel dengan pengiriman daya USB.

Harga Xiaomi Mi 9 SE

Xiaomi Mi 9 SE dijual dengan harga sekitar Rp 4.100.000 untuk versi dengan media penyimpanan 64 GB dan sekitar Rp 4.800.000 untuk versi 128 GB.

Samsung 

Samsung Group merupakan salah satu industri elektronik terbanyak di dunia. Dibuat oleh Lee Byung- chull pada tanggal 1 Maret 1938 di Daegu, Korea Selatan, industri ini beroperasi di 58 negara serta mempunyai lebih dari 208. 000 pekerja. Sampai saat ini, Samsung juga menjadi salah satu merk terbanyak di dunia dengan menghasilkan handphone pintar yang menjadi pemenang dalam persaingan pasar uang pasar kerja. Samsung merupakan salah satu konglomerat(chaebol) Korea Selatan terbanyak yang bermula sebagai industri ekspor pada tahun 1938 dan dengan cepat bertumbuh ke aspek yang lain.

Sekarang ini, Samsung bekerja dalam 6 sektor bisnis, yaitu telekomunikasi(telepon genggam dan jaringan), perlengkapan rumah tangga digital(termasuk mesin cuci, oven gelombang mikro, kulkas, pemutar VHS dan DVD, dan lainnya), alat digital, LCD, semikonduktor dan kendaraan bermotor(termasuk alat berat). Samsung mempunyai pengaruh yang besar terhadap kemajuan ekonomi, politik, alat dan budaya Korea Selatan dan sudah menjadi kekuatan pendorong penting dibalik fenomena” Keajaiban di Sungai Han”.

Tampilan Samsung Galaxy A50

Samsung menerapkan desain Infinity U untuk Galaxy A50 dengan notch kecil berbentuk U pada bagian atas layar untuk kamera selfie. Setelah itu di atas kamera selfie ada earpiece. Dengan layar besar yang sedikit bezel, para konsumen dapat lebih puas saat menikmati konten video, terlebih Galaxy A50 memiliki aspek rasio 19.5:9.

Lihat juga:  Pilih Mana: GoPro atau DSLR?

Layar Super AMOLED seluas 6.4 inci dengan resolusi full HD+. Membuat bentuk yang tampak di layar smartphone jadi lebih jelas, jernih, dan memanjakan mata. Beralih ke bodi belakang, fitur ini muncul dengan bodi yang mirip dengan material kaca mengkilap, tetapi sesungguhnya dibuat dari polycarbonate. Pada bodi belakang sebelah kiri atas, ada 3 kamera utama lengkap dengan LED flash.

Tidak terdapat tombol sidik jari pada bagian belakang smartphone karena, pemindai sidik jari ditempatkan di layar. Setelah itu pada masing-masing sisinya, bagian kanan Galaxy A50 dibekali tombol Power(yang dapat berperan sebagai tombol Bixby) dan diatasnya ada tombol volume. Kemudian, pada bagian kiri smartphone ada slot SIM Card yang bisa dibuka dengan SIM Card ejector.

Samsung mempersiapkan 2 ruang untuk SIM Card dan sebuah ruang untuk menaruh kartu memori Micro SD Card. Setelah itu, di bodi dasar smartphone, Samsung menempatkan port USB dengan tipe-c untuk mengisi daya yang diapit oleh jack 3.5mm untuk earphone, dan sebuah speaker.

Kamera Samsung Galaxy A50

Kualitas gambar luar biasa yang diperoleh lensa ultra- wide Samsung Galaxy A50 dibantu oleh adanya teknologi artificial intelligence(AI), sehingga kamera kerja ini dapat disebut sebagai kamera super pintar. Dengan teknologi AI Camera, Samsung Galaxy A50 mempunyai kemampuan untuk mengidentifikasi elemen, bagus dalam foto ataupun video, seperti misalnya pemandangan dan subjek, sehingga bias cahaya dapat tertangkap dengan sangat elegan.

Bukan hanya mengidentifikasi, akan tetapi teknologi AI Camera itu bisa melakukan klasifikasi dan memaksimalkan subjek dan panorama alam sekitar secara otomatis. Khusus untuk Samsung A50, AI kamera ini dapat mengklasifikasikan sebanyak 20 kategori. Dengan kemampuan itu, Samsung A50 bisa menciptakan foto atau video yang lebih hidup dengan warna terang dan energik.

Baterai Samsung Galaxy A50

Galaxy A50 juga dibekali sensor fingerprint di dalam layar(in-screen), didukung sistem operasi Android 9. 0 Pie. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh didukung teknologi pengisian daya cepat.

Harga Samsung Galaxy A50

Untuk soal harga, Samsung Galaxy A50 kapasitas RAM 6 atau 128GB dilepas dengan banderol Rp. 4.899.000.

Pilih Mana: Xiaomi Mi 9 SE atau Samsung Galaxy A50?

Xiaomi Mi 9 SE Samsung Galaxy A50
Kelebihan - Kualitas kamera yang bagus - Desain yang mewah dan elegan - Baterai yang tahan lama- Layar yang jernih - Desain yang mewah dan elegan - Kualitas kamera yang bagus
Kekurangan- Layar dibilang cukup kecil - Masih sedikit dijual belum terlalu banyak- Tidak anti air - Bodi masih berbahan plastik

Kesimpulan

Kedua tipe ini sama-sama memiliki spesifikasi yang baik dan kualitas yang baik. Soal harga juga keduanya memiliki harga yang sama. Dijual dengan harga di angka empat jutaan. Jadi untuk memilih antara keduanya disesuaikan saja dengan selera kamu. Jika menyukai merek Samsung maka tipe Samsung Galaxy A50 bisa menjadi pilihan kamu. Begitu juga sebaliknya jika merek Xiaomi lebih kamu sukai maka tipe Xiaomi Mi 9 SE dapat menjadi pilihan kamu, kArena kedua tipe adalah smartphone yang sangat baru dirilis oleh kedua perusahaan.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Mi 9 SE vs Samsung Galaxy A50

VS

Leave a Reply