Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6 Pro atau Vivo Y83?

Loading...

Baru-baru ini Xiaomi mengeluarkan Xiaomi Redmi 6 Pro yang hadir dengan tampilan berponi. Kali ini kita akan membandingkan smartphone ini dengan Vivo Y83 yang merupakan smartphone berponi dari Vivo yang dikeluarkan beberapa bulan sebelum Xiaomi Redmi 6 Pro. Manakah smartphone yang memiliki kualitas terbaik? Xiaomi Redmi 6 Pro atau Vivo Y83?

Xiaomi Redmi 6 Pro dan Vivo Y83 merupakan dua smartphone berponi yang dapat menjadi pilihan Anda. Keduanya juga dirilis dalam waktu yang cukup dekat, karena itulah keduanya patut untuk dibandingkan agar kita mengetahui perbedaan keduanya.

Xiaomi Redmi 6 Pro

Xiaomi Redmi 6 Pro merupakan smartphone yang telah menggunakan bahan metal sehingga memiliki tampilan yang baik dan memiliki dimensi 149.3 x 71.7 x 8.8mm. Penjelasan mengenai Xiaomi Redmi 6 Pro telah kami bahas pada Xiaomi Redmi 6 Pro vs Asus Zenfone 5.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6 Pro

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 6 Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Cukup Ekonomis

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro adalah memiliki harga yang lebih ekonomis dan lebih terjangkau jika dibandingkan dengan Vivo Y83. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan smartphone yang memiliki spesifikasi cukup baik dengan harga yang lebih terjangkau.

  • Memiliki Hardware yang Lebih Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro adalah memiliki hardware yang lebih baik dan lebih mumpuni jika dibandingkan dengan Vivo Y83. Smartphone ini dibekali dengan Chipset Snapdragon 625, CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53, dan memiliki GPU Adreno 506.

  • Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro adalah memiliki kapasitas baterai yang lebih besar jika dibandingkan Vivo Y83. Smartphone ini dibekali dengan baterai yang berkapasitas 4.000 mAh. Sedangkan kompetitornya, yakni Vivo Y83 memiliki baterai dengan kapasitas 3.260 mAh.

Kekurangan Xiaomi Redmi 6 Pro

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 6 Pro yang perlu Anda ketahui:

  • Layar Lebih Kecil

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro adalah memiliki layar yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Vivo Y83. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar Layar 5.85 inci sedangkan Vivo Y83 memiliki baterai dengan kapasitas Layar 6,2 inci. Meskipun memiliki ukuran layar yang lebih kecil, tapi Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki resolusi dan kerapatan layar yang lebih baik.

  • Belum Didukung Fast Charging

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro adalah belum didukung fast charging. Karena belum didukung fast charging ini, Anda akan membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dalam mengisi daya baterai sampai penuh.

Loading...
  • Baterai Non-Removable

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro adalah memiliki baterai yang non-removable. Karena hal ini, Anda akan lebih sulit untuk mengganti ataupun memperbaiki jika terjadi masalah atau kerusakan pada baterai smartphone ini. Namun, baterai yang non-removable ini juga dimiliki oleh Vivo Y83 sehingga keduanya seimbang dalam hal ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6 ProKekurangan Xiaomi Redmi 6 Pro
- Harga lebih terjangkau dan cukup ekonomis- Layar lebih kecil
- Memiliki hardware lebih baik- Belum didukung fast charging
- Kapasitas baterai lebih besar- Baterai non-removable

Vivo Y83

Vivo Y83 merupakan salah satu produk Vivo yang dirilis pada Mei 2018. Dikutip dari Gsmarena.com Smartphone ini memiliki layar dengan ukuran 6,2 inci, rasio 19:9, IPS LCD, dan telah dilindungi corning gorilla glass.

Kelebihan Vivo Y83

Berikut beberapa kelebihan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

  • Layar Sedikit Lebih Lebar

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki layar yang sedikit lebih lebar jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 6 Pro. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar 6,2 inci sedangkan Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki layar dengan lebar 5.85 inci.

  • Kamera Belakang Cukup Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki kamera belakang dengan kapasitas yang cukup baik. Smartphone ini memiliki kamera belang dengan resolusi 13 MP, dilengkapi Phase Detection Autofocus dan telah memiliki LED Flash.

  • Memiliki Sensor yang Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki sensor yang cukup baik. Smartphone ini telah dibekali dengan sensor Accelerometer, Proxymity, Compass, Gyro, Face Unlock dan Finger Print Sensor. Sensor yang dimiliki oleh Vivo Y83 ini sama dengan sensor yang telah dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro.

Kekurangan Vivo Y83

Berikut beberapa kekurangan Vivo Y83 yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 6 Pro. Kedua smartphone ini memiliki selisih harga sekitar 200-400 ribu rupiah. Hal ini juga menjadi salah satu hal yang harus Anda pertimbangkan dengan baik.

  • Hardware Kurang Baik

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki hardware yang kurang mumpuni atau kurang gesit jika kita bandingkan dengan hardware yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6 Pro. Vivo Y83 hanya memiliki hardware dengan Chipset Mediatek Helio P22, CPU Octa-core 2,0 GHz Cortex-A53, dan GPU PowerVR GE8320.

  • Kapasitas Baterai Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Vivo Y83 adalah memiliki baterai dengan kapasitas yang lebih kecil atau lebih rendah jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 6 Pro. Smartphone ini memiliki baterai dengan kapasitas 3260 mAh sedangkan Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki baterai dengan kapasitas 4000 mAh.

Kelebihan Vivo Y83Kekurangan Vivo Y83
- Layar sedikit lebih lebar- Harga relatif mahal
- Kamera belakang cukup baik - Hardware kurang baik
- Memiliki sensor yang baik- Kapasitas baterai lebih kecil

Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6 Pro atau Vivo Y83?

Di atas telah dijelaskan perbedaan antara Xiaomi Redmi 6 Pro dan Vivo Y83. Berikut merupakan rangkuman perbedaan kedua smartphone tersebut:

Xiaomi Redmi 6 ProVivo Y83
- Memiliki harga yang relatif terjangkaul- Memiliki harga yang relatif mahal
- Hardaware dan baterai lebih mumpuni- Hardware dan baterai masih terbatas
- Layar sedikit lebih kecil- Layar sedikit lebih lebar
- Cek harga Xiaomi Redmi 6 Pro online termurah, Klik di sini- Cek harga Vivo Y83 online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xiaomi Redmi 6 Pro dan Vivo Y83 di atas, dapat disimpulkan bahwa Xiaomi Redmi 6 Pro memiliki spesifikasi yang lebih unggul dibandingkan dengan Vivo Y83. Selain itu, Xiaomi Redmi 6 Pro juga hadir dengan harga yang lebih terjangkau.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi 6 Pro vs Vivo Y83

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *