Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6A atau 5A?

Loading...

Sebagai brand yang sudah sangat populer, Xiaomi selalu merilis produknya dengan berbagai kriteria, termasuk produk dengan harga yang terjangkau. Dua smartphone yang dirilis oleh Xiaomi dengan harga terjangkau tersebut yaitu Xiaomi Redmi 6A dan Xiaomi Redmi 5A. Manakah smartphone yang memiliki performa terbaik? Xiaomi Redmi 6A atau 5A?

Meskipun dirilis dari brand yang sama, namun Xiaomi Redmi 6A dan Xiaomi Redmi 5A memiliki banyak perbedaan. Perbedaan antara dua smartphone tersebut akan kami paparkan pada artikel berikut ini.

Xiaomi Redmi 6A

Xiaomi Redmi 6A merupakan smartphone yang dirilis oleh Xiaomi pada Juni 2018. Dikutip dari Gsmarena.com smartphone ini telah dibekali dengan sensor face unlock sehingga memberikan keamanan yang lebih baik pada perangkat ini.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6A

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 6A yang perlu Anda ketahui:

  • OS Lebih Update

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A adalah memiliki OS yang lebih kekinian atau lebih terbaru dibandingkan dengan OS yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A. Smartphone ini telah memiliki OS Android yang berbasis 8.1 Oreo.

  • Telah Dilengkapi Face Unlock

Kelebihan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A adalah telah dilengkapi dengan sensor face unlock. Dengan adanya sensor ini, Anda akan mendapatkan keamanan yang lebih baik. Sedangkan Xiaomi Redmi 5A belum dilengkapi dengan sensor face unlock.

  • Layar Lebih Lebar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A adalah memiliki layar yang lebih lebar atau layar yang lebih luas dibandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A. Smartphone ini memiliki layar dengan lebar 5.45 inci, sedangkan Xiaomi Redmi 5A hanya memiliki layar dengan lebar 5,0 inci.

Kekurangan Xiaomi Redmi 6A

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 6A yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Mahal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A adalah memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 5A. Selisih harga yang ditawarkan oleh smartphone ini mencapai 200 hingga 300 ribu rupiah. Dengan demikian, Anda perlu mempertimbangkan untuk memilih smartphone yang paling tepat untuk Anda.

  • Masih Menggunakan Body Polycarbonat

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A adalah masih menggunakan body polycarbonat. Namun hal ini wajar mengingat smartphone ini dijual dijual dengan harga yang cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal.

Loading...
  • Belum Dilengkapi Fitur Fast Charging

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A adalah belum dilengkapi dengan fitur fast charging. Karena hal ini, Anda akan membutuhkan waktu yang cukup banyak dalam mengisi daya dan membuat baterai bisa terisi dengan penuh.

Kelebihan Xiaomi Redmi 6AKekurangan Xiaomi Redmi 6A
- OS lebih update- Harga lebih mahal
- Telah dilengkapi face unlock- Masih menggunakan body polycarbonat
- Layar lebih lebar- Belum dilengkapi fitur fast charging

Xiaomi Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A merupakan salah satu produk yang dirilis oleh Xiaomi pada Desember 2017. Smartphone ini dijual dengan harga yang sangat terjangkau dan telah dibekali dengan kamera yang cukup mumpuni. Penjelasan mengenai Xiaomi Redmi 5A telah kami bahas sebelumnya pada Xiaomi Redmi 4A vs 5A. 

Kelebihan Xiaomi Redmi 5A

Berikut beberapa kelebihan Xiaomi Redmi 5A yang perlu Anda ketahui:

  • Harga Lebih Terjangkau

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A adalah memiliki harga yang lebih terjangkau jika kita bandingkan dengan harga yang ditawarkan oleh Xiaomi Redmi 6A. Smartphone ini ditawarkan dengan harga yang lebih murah sekitar 200 hingga 400 ribu rupiah.

  • Kamera Cukup Baik

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A adalah memiliki kamera yang cukup baik. Smartphone ini telah dibekali dengan kamera belakang sebesar 13 MP dan kamera depan 5 MP. Kamera yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A ini memiliki kamera yang sama dengan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A.

  • Kapasitas Baterai Cukup Besar

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A adalah memiliki kapasitas baterai yang cukup besar. Kapasitas baterai yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A ini yakni 3.000 mAh. Kapasitas baterai yang dimilikinya ini setara dengan kapasitas baterai yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A.

Kekurangan Xiaomi Redmi 5A

Berikut beberapa kekurangan Xiaomi Redmi 5A yang perlu Anda ketahui:

  • OS Masih Tertinggal

Salah satu kekurangan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A adalah memiliki OS yang masih tertinggal dibandingkan dengan Xiaomi Redmi 6A. Smartphone ini masih menggunakan OS Android v7.1 Nougat. Sedangkan Xiaomi Redmi 6A telah menggunakan OS Android v8.1 Oreo.

  • Belum Dilengkapi Face Unlock

Kekurangan lain yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A adalah belum dilengkapi dengan sensor face unlock. Hal ini menjadi salah satu kekurangan Xiaomi Redmi 5A karena Xiaomi Redmi 6A telah memiliki sensor face unlock yang mampu menambah keamanan smartphone tersebut.

  • Layar Lebih Kecil

Kekurangan selanjutnya yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A adalah memiliki layar yang lebih kecil dibandingkan dengan layar yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 6A. Perangkat ini hanya memiliki layar dengan lebar 5,0 inci sedangkan Xiaomi Redmi 6A telah memiliki layar dengan lebar sebesar 5,45 inci.

Kelebihan Xiaomi Redmi 5AKekurangan Xiaomi Redmi 5A
- Harga lebih terjangkau- OS masih tertinggal
- Kamera cukup baik- Belum dilengkapi face unlock
- Kapasitas baterai cukup besar- Layar lebih kecil

Pilih Mana: Xiaomi Redmi 6A atau 5A?

Di atas telah dijelaskan mengenai perbedaan antara Xiaomi Redmi 6A dan Xiaomi Redmi 5A. Untuk lebih jelasnya, kami telah merangkum perbedaan tersebut pada tabel berikut ini:

Xiaomi Redmi 6A Xiaomi Redmi 5A
- Memiliki layar yang lebih lebar- Memiliki layar yang lebih kecil
- Harga lebih mahal- Harga lebih terjangkau
- Memiliki OS yang lebih update- Memiliki OS yang masih tertinggal
- Cek harga Xiaomi Redmi 6A online termurah, Klik di sini- Cek harga Xiaomi Redmi 5A online termurah, Klik di sini

Kesimpulan

Dari penjelasan mengenai Xiaomi Redmi 6A dan Xiaomi Redmi 5A, dapat kita lihat bahwa keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun jika kita perhatikan, Xiaomi Redmi 6A memiliki keunggulan yang lebih banyak dibandingkan dengan keunggulan atau kelebihan yang dimiliki oleh Xiaomi Redmi 5A.

Kamu pilih yang mana? Vote sekarang dan lihat hasil survey yang jadi selera pembaca lainnya:

Xiaomi Redmi 6A vs 5A

VS
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *